9 Rekomendasi Sepatu Karet Ini Bisa Bikin Penampilan Tetap Keren di Musim Hujan

9 Rekomendasi Sepatu Karet Ini Bisa Bikin Penampilan Tetap Keren di Musim Hujan

Saat musim hujan, sepatu bisa saja basah dan membuatmu kehabisan alas kaki. Menghadapi situasi ini, kamu bisa menggunakan sepatu karet. Sepatu karet lebih cepat kering jika kebasahan dan kamu juga bisa tetap tampil gaya. Jadi, tak perlu khawatir lagi kehabisan stok sepatu di rumah.

Sepatu Karet, Andalan ketika Musim Hujan

Sumber gambar Shutterstock

Sepatu menjadi alas kaki yang banyak dikenakan saat bepergian ke luar rumah. Alas kaki ini dapat melindungi kaki dari cuaca panas, hujan, dan debu di jalanan. Sepatu hadir dalam beragam model dan bahan yang bisa dipilih atau disesuaikan dengan selera.

Umumnya, pengguna sepatu mengenakan alas kaki ini sebagai penunjang penampilan supaya tampak lebih modis. Namun, ada juga sepatu yang dipakai karena kenyamanan dan fungsinya yang tidak dimiliki sepatu lain misalnya sepatu karet.

Sepatu jenis ini mungkin cenderung tidak tampak stylish bahkan penggunaannya pun terbatas. Beberapa pusat perbelanjaan juga melarang pengguna sepatu karet untuk melangkah di eskalator guna menghindari insiden.

Sepatu karet biasanya antiair sehingga kaki lebih nyaman ketika harus melangkah di genangan. Tak hanya itu, permukaannya pun mudah dibersihkan, tak seperti material kain yang menyerap air dan lumpur sehingga butuh waktu saat membersihkan juga mengeringkannya.

Jika kamu ingin mengenakan sepatu karet di musim hujan, dianjurkan memilih sepatu berkualitas baik dan tidak mudah retak sehingga lebih kuat terhadap terjangan air.

Cara Merawat Sepatu Karet

Simpan di Tempat Kering

Sumber gambar Shutterstock

Jika ingin sepatu karet bisa kuat dan awet, tentu kamu harus memperhatikan cara penyimpanannya. Seperti sepatu lainnya, simpanlah sepatu karet di tempat yang kering dan hindari kelembapan tinggi. Tempatkan di rak yang posisinya terhindar dari sinar matahari langsung guna menghindari kerusakan akibat suhu tinggi.

Sebaiknya, tempatkan di ruangan dengan ventilasi baik dan pastikan sepatu sudah dikeringkan sebelum disimpan bersama sepatu lainnya.

Hindari Penyimpanan dengan Cara Menumpuk

Sumber gambar Shutterstock

Meski tampak praktis, menumpuk sandal atau sepatu sebaiknya dihindari karena bisa mengubah bentuk asli dari alas kaki tersebut. Sepatu juga bisa mudah bau atau terkena kotoran dari sepatu lain jika disimpan dalam posisi tumpang tindih.

Kamu dianjurkan menyimpan sepatu secara berjajar dan beri sedikit ruang yang cukup di antara sepatu tersebut. Selain memastikan sepatu dalam keadaan kering sebelum disimpan, kamu juga bisa meletakkan beberapa silica gel kemasan guna menghindari risiko terjadinya jamur yang dapat merusak penampilan sepatu.

Pastikan Sepatu Karet Dalam Keadaan Kering

Sumber gambar Shutterstock

Jangan sampai menyimpan sepatu dengan benar tapi kamu malah memakai sepatu karet dengan cara yang salah misalnya mengenakan alas kaki ini ketika kaki masih dalam keadaan basah. Sisa-sisa air yang tidak dikeringkan dari kaki bisa menyebabkan kelembapan di dalam sepatu dan memungkinkan munculnya jamur.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu mengeringkan kaki dengan handuk terlebih dahulu sebelum mengenakan sepatu. Jika kamu mudah berkeringat, siasati dengan menaburkan bedak tabur yang bisa mengatasi biang keringat agar kaki bisa tetap kering.

Bersihkan Dahulu Sepatu Sebelum Masuk Rak

Sumber gambar Shutterstock

Saat musim hujan, ada kemungkinan kalau alas kaki bisa lebih cepat kotor karena terkena air dan kotoran seperti lumpur. Maka, kamu dianjurkan untuk membersihkannya terlebih dulu sebelum menyimpan di rak.

Selain agar terawat, sepatu yang bersih juga bisa menghindarkan sepatu lain dari kotoran yang mungkin menempel satu sama lain. Terlebih, sepatu karet cukup mudah dibersihkan dan dikeringkan.

Kamu bisa membersihkan sepatu karet dengan cara merendamnya di air hangat supaya kotoran mudah rontok. Lalu, gunakan sikat dengan bulu kaku untuk menggosoknya. Masukkan sikat ke dalam cairan pembersih, misalnya campuran air dan sabun kemudian mulailah menggosok permukaan dan bagian lain dari sepatu karet.

Bilas kembali sepatu dengan air hangat hingga bersih kemudian keringkan sepatu dengan handuk. Supaya lebih pasti, kamu bisa memisahkan dulu sepatu karet dan angin-anginkan agar sisa-sisa kelembapan bisa hilang baru disimpan bersama sepatu lainnya.

9 Rekomendasi Sepatu Karet untuk Pria dan Wanita

Ormano YMD

Sumber gambar Blibli

Jika berencana travelling dan ingin membawa alas kaki yang ringan, kamu bisa membawa sepatu karet. Sepatu satu ini cukup nyaman dikenakan dengan bobot ringan sehingga tidak memberi beban berat pada barang bawaan kamu.

Sepatu karet juga praktis dikenakan terutama dengan model slip-on seperti Ormano YMD Slip On Shoes Sepatu Kerja ini. Tanpa tali dan tinggal pakai, sepatu ini juga memiliki desain yang cocok untuk dipakai ke kantor atau acara formal lainnya. Sepatu ini bisa diperoleh di Blibli dengan harga Rp 79.000.

Homypro Hello 02

Sumber gambar Tokopedia

Ingin tampil trendi tapi bujet ngepas? Kamu bisa mengenakan sepatu karet trendi dengan desain yang tak kalah ciamik dari sepatu lain.

Misalnya seperti Homypro Hello 02 Sepatu Slip On Wanita Black ini. Cocok dikenakan bersama busana bergaya kasual, sepatu ini bisa kamu pakai saat hangout di akhir pekan atau ketika liburan. Terbuat dari kombinasi material PVC EVA, PVC, dan TPR, sepatu ini dibanderol seharga Rp 203.000 di Tokopedia.

AP Boots All Bike

Sumber gambar Tokopedia

Buat kamu yang berkendara dengan moda transportasi umum atau kendaraan roda dua, biasanya akan menghadapi jalanan becek berlumpur saat musim hujan dan kemungkinan akan terkena cipratannya.

Tentunya, kamu tidak ingin sepatu yang kotor merusak penampilan, bukan? Untuk menyiasatinya, kamu bisa membawa sepatu karet untuk dipakai selama perjalanan dan bisa menggantinya dengan sepatu lain yang akan dipakai untuk bekerja.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan Exclusive All Bike By AP Boots Sepatu Ringan Anti Air Untuk Para Bike. Sepatu ini terbuat dari karet berbahan lentur antislip juga waterproof yang bisa kamu kenakan saat berkendara dengan motor atau sepeda. Desainnya pun trendi dan cocok dikenakan saat musim hujan. Pesan melalui Bukalapak dengan harga Rp 97.500.

Others Flip on Stylis Flexible Anti Slip

Sumber gambar Tokopedia

Berencana liburan ke daerah lembah untuk menikmati udara segar? Kamu bisa mengenakan sepatu karet agar lebih santai dan tidak perlu repot mengeringkan sepatu dalam waktu lama.

Cobalah kenakan Others Flip on Stylish Flexible Anti Slip Sepatu Karet Pria warna hitam ini. Desainnya unik dengan material yang breathable dan tidak licin, cocok dipakai saat kamu berjalan di medan seperti lembah, sungai, atau permukaan basah lainnya. Sepatu ini dapat kamu peroleh seharga Rp 152.500 di Tokopedia.

The Little Things She Needs

Sumber gambar Bukalapak

The Little Things She Needs dikenal menghadirkan sepatu-sepatu cantik dalam harga terjangkau. Bahkan, sepatu berbahan karetnya pun bisa memaksimalkan penampilan feminin kamu sehari-hari.

Misalnya dengan Sepatu The Little Things She Needs Size 38 Pink ini. Modelnya imut dengan aksen pita pada bagian depan sepatu. Sepatu berbahan jelly ini bisa kamu dapatkan di Bukalapak seharga Rp 129.000.

Evabu Garden Slipper

Sumber gambar Tokopedia

Sepatu Sandal Slipper Pria Evabu Garden Clog Karet Anti Air Berlubang warna hitam ini memiliki desain yang unik ditunjang dengan bahan kualitas EVA resin yang fleksibel. Lewat modelnya yang didesain dengan rongga udara, sepatu sandal ini menjadi lebih breathable dan memberi rasa nyaman. Kamu bisa memesannya di Tokopedia dengan harga Rp 118.800.

Bara-bara 823 Jelly Silikon Heart Shoes

Sumber gambar Lazada

Buat kamu yang suka tampil feminin tetapi ingin sepatu simpel yang ringan, bisa coba kenakan Bara Bara Sepatu Jelly Sendal Silikon Heart Shoes Cewek Silicone Flat Teplek 823 ini. Sepatu ini terbuat dari bahan karet yang memiliki tampilan cantik dilengkapi manik-manik imut di bagian jari.

Hadir dalam pilihan warna yang bisa kamu sesuaikan dengan selera, sepatu ini ringan dengan model slip-on yang praktis dipakai. Sepatu ini juga memiliki tumit dengan tinggi sekitar 3 sentimeter dan dapat kamu pesan di Lazada dengan harga Rp 68.000.

Steffi Karet Sepatu Boots

Sumber gambar Tokopedia

Kamu bisa menggunakan sepatu seperti Steffi Sepatu Boots Karet Hitam dengan tinggi sekitar 29,5 sentimeter ini. Sepatu ini dilengkapi sol karet antislip dan bahan karet tebal antibocor. Bisa kamu pesan melalui Tokopedia dengan harga Rp 51.000.

Yumeida Pantofel Karet Anti Air Sepatu Pria [YM7091]

Sumber gambar Blibli


Pilihan sepatu karet terakhir dari BP-Guide adalah Yumeida Pantofel Karet Anti Air Sepatu Pria (YM7091). Sepatu ini cocok dikenakan bersama pakaian bernuansa kasual hingga semi formal. Terbuat dari material EVA alias etilena vinyl asetat yang tahan air serta tahan minyak. Bisa dipesan melalui Blibli seharga Rp 69.000.

From our editorial team

Sepatu Karet untuk Tampilan Keren Saat Hujan

Siapa bilang sepatu karet tak bisa membuat tampilanmu tetap keren? Banyak sepatu karet dengan tampilan dan desain keren sekaligus membuat kaki terlindung saat musim hujan. Jangan lupa sesuaikan sepatu dengan tempat yang akan kamu datangi, ya.