10 Rekomendasi Kopi Robusta Terbaik untuk Anda yang Gemar Kopi dengan Rasa Pekat (2022)

10 Rekomendasi Kopi Robusta Terbaik untuk Anda yang Gemar Kopi dengan Rasa Pekat (2022)

Indonesia adalah salah satu negara penghasil dan pengekspor kopi terbesar di dunia. Kopi robusta merupakan jenis kopi paling banyak yang ditanam di Indonesia. Jenis kopi robusta di Indonesia sendiri sangat banyak. Ada robusta Dampit, robusta Jawa, robusta Lampung, dan lain sebagainya. Nah, simak keunggulan kopi robusta dan juga rekomendasinya dari kami!

Kopi Robusta, Kopi Nikmat Pilihan Pecinta Kopi

Di Indonesia, masyarakat juga sangat menggemari kopi. Bahkan saking gemarnya, di setiap daerah pastilah ada banyak warung hingga kafe yang khusus menyediakan kopi untuk dinikmati dengan berbagai camilan. Ada beragam jenis kopi yang dihasilkan di Indonesia.

Salah satu yang paling banyak disukai dan populer adalah kopi robusta. Jenis kopi yang satu ini begitu nikmat meski rasanya dikenal lebih pahit jika dibandingkan dengan kopi arabika. Kopi robusta memiliki kekhasan sendiri dari segi rasa dan justru itulah yang membuatnya begitu menonjol.

Kopi robusta memiliki tingkat kekentalan yang tinggi. Selain itu, tingkat keasamannya juga tinggi. kopi robusta banyak disuka para pecinta kopi yang gemar rasa lebih pekat. Nah, jika Anda termasuk salah satu pecinta kopi robusta, sudahkah Anda mengetahui berbagai keunggulan kopi robusta? Jika belum, simak di bawah ini, yuk!

Berbagai Keunggulan Kopi Robusta

Tanaman Mudah Ditanam dan Hasilnya Lebih Banyak

Tanaman kopi robusta merupakan tanaman yang mudah untuk ditanam. Pohon kopi robusta tidak butuh perawatan yang rumit dan mahal. Ini karena tanamannya bisa tumbuh di cuaca panas sekalipun. Pohon kopi robusta juga dikenal tahan terhadap serangan hama penyakit.

Kopi robusta bisa tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian kisaran 400 sampai 800 meter di atas permukaan air laut. Suhu optimal yang dibutuhkan tanaman kopi robusta adalah 24 sampai 30 derajat celcius.

Kopi robusta juga bisa dibilang lebih cepat panen karena sudah mulai berbuah pada umur 2,5 tahun. Produktivitas kopi robusta juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan kopi jenis lainnya.

Karakter Biji Kopinya Unik

Dari segi biji kopi, jenis kopi robusta juga begitu unik dan unggul. Biji kopinya kecil, bulat, dan lebih padat dibandingkan dengan biji kopi arabika. Warna biji kopinya hijau ketika masih muda. Biji kopi robusta akan berubah menjadi merah jika sudah matang.

Uniknya, biji kopi yang sudah matang bisa menempel kuat pada tangkainya dan tidak mudah rontok. Kandungan kafein kopi robusta lebih tinggi sehingga rasanya jadi cenderung lebih pahit.

Banyak Sajian Kombinasinya

Kopi robusta merupakan salah satu jenis kopi yang mudah disajikan. Anda bisa mengombinasikannya dengan berbagai bahan untuk menghasilkan kopi yang enak untuk diminum. Sajian paling sederhananya adalah kombinasi kopi robusta dan gula pasir. Namun, Anda juga bisa mengombinasikan kopi robusta dengan gula merah. Paduan ini akan memberikan sensasi rasa yang baru.

Untuk penderita diabetes, Anda bisa menyajikan kopi robusta yang dikombinasikan dengan gula aren. Rasanya tak kalah nikmat dan tentu aman untuk kesehatan. Bagi yang tidak sedang diet atau diabetes, cobalah menambahkan sirup pada campuran kopi robusta dan gula aren. Ini akan bikin rasa kopi lebih unik, segar, dan nikmat.

Mau yang lebih unik? Anda bisa membuat kopi susu robusta dengan tambahan pandan. Dari segi aroma sudah unik. Rasanya juga enak. Paduan kopi pahit dengan susu creamy ditambah aroma pandan membuat ngopi lebih istimewa.

Anda juga bisa memadukan kopi robusta dengan susu, alpukat, dan es batu. Sajian ini tentu menyegarkan untuk disajikan di hari yang panas. Boleh juga jika Anda ingin mencampurkan kopi robusta dengan susu, es batu, dan taburan keju. Pastinya ini akan memunculkan cita rasa baru yang bikin nagih.

Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Kopi robusta banyak manfaatnya untuk kesehatan. Kopi yang satu ini aman dikonsumsi penderita diabetes. Tentu saja jika konsumsinya tidak berlebihan maka bisa membantu menurunkan diabetes. Selain itu, bisa juga dikonsumsi mereka yang mempunyai penyakit darah rendah.

Bagi para pria, konsumsi kopi robusta bisa membantu meningkatkan gairah seksualitasnya. Sementara bagi wanita, kopi robusta bisa membantu meningkatkan kecerdasan.

Ini Dia Rekomendasi Kopi Robusta Terbaik untuk Anda

Beorganik Robusta Coffee 100%

Beorganik Robusta Coffee 100% merupakan rekomendasi pertama kami. Kopi yang satu ini sudah memiliki nomor PIRT sehingga aman dikonsumsi. Rasa kopinya pahit dan tajam namun sangat nikmat. Cocok untuk penikmat kopi pekat.

Produk ini berbahan kopi asli tanpa campuran apapun. Kopi juga dibuat tanpa pengawet sehingga aman dikonsumsi. Bisa diolah menjadi minuman atau makanan. Produk dikemas dalam jar kaca dalam bentuk bubuk kopi halus.

Harga Rp. 50.000-80.000

Kopi Lanang Robusta Pagar Alam Peaberry

Kopi Lanang Robusta Pagar Alam Peaberry juga sudah mengantongi PIRT sehingga tidak perlu was-was dalam mengonsumsinya. Produk kopi robusta terbaik ini biji kopinya ditanam di Pagar Alam di Sumatera Selatan.

Diproses secara natural dengan level roasting medium to dark. Flavor notes dari kopi robusta ini adalah Nutmeg, Cocoa, Cereal, Tobacca, Smoky, dan Milky. Dikemas dalam kemasan alumunium foil dengan isian 500 gram.

Ada juga kemasan isi 100 dan 200 gram. Anda bisa memilih jenis yang diinginkan apakah berbentuk biji kopi, bentuk giling kasar, giling sedang, atau giling halus.

Harga Rp. 99.900

Excelso Robusta Gold

Excelso Robusta Gold merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Kopi hadir dengan teknologi aroma locked. Hal ini membuat kesegaran aroma kopi tetap terjaga. Anda bisa pesan dalam bentuk biji kopi ataupun bubuk kopi.

Produk kopi robusta terbaik ini praktis untuk dimiliki. Bodi kopi tak terlalu tebal. Notes kopi ini adalah Cocoa, Roasted peanut, dan Cereal. Ada kemasan ukuran 10 gram hingga 200 gram yang tersedia.

Harga Rp. 16.000-33.000

Sakha Coffee Biji Kopi Robusta Bali

Sakha Coffee Biji Kopi Robusta Bali tentu saja bisa jadi pilihan tepat. Kopi robusta terbaik ini sudah memiliki nomor PIRT jadi aman untuk dikonsumsi. Produknya terjamin fresh roasted karena maksimal 5 hari resting sejak tanggal pemesanan. Kedaluwarsa produknya 1 Tahun sejak tanggal pemesanan.

Kopi robusta ini asalnya dari Kintamani, Bali. Dengan roasting medium to dark, flavor notes kopi adalah Brown Sugar, Chocolate Malt, dan Roast Peanut. Anda bisa memilih mau bentuk biji kopi, giling kasar, giling halus, atau giling sedang.

Harga Rp. 29.000-124.000

Nestle Nescafe Gold

Nestle Nescafe Gold merupakan pilihan lainnya untuk Anda. Kopi robusta terbaik ini berbentuk bubuk sehingga mudah untuk dinikmati. Cocok disajikan pagi atau sore hari. Produk akan bikin Anda makin konsentrasi.

Kopi robusta ini begitu halus teksturnya. Tidak ada ampas tersisa sehingga lebih nikmat. Anda bisa memilih kemasan 50 gram atau 100 gram.

Harga Rp. 75.000-125.000

Artcofie Kopi Lampung Robusta Tin Box

Artcofie Kopi Lampung Robusta Tin Box tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja. Produk ini berbahan dasar biji kopi robusta Lampung. Memiliki rasa dan aroma manis pahit yang khas. Cita rasanya kuat dengan bodi kopi tebal.

Kopi ini diproduksi PT Erefindo Jaya Indonesia yang sudah berdiri sejak 2014 lalu. Pengolahan dan pengemasan kopi begitu ketat untuk menjaga kualitas aroma dan rasa kopi hingga ke tangan konsumen. Anda bisa pesan dalam bentuk biji kopi atau bubuk kopi.

Harga Rp. 51.000-75.000

Awi Kopi Robusta Sidikalang Premium

Awi Kopi Robusta Sidikalang Premium tentu sayang untuk dilewatkan. Anda bisa menyeduh kopi robusta terbaik dengan cita rasa yang khas ini. Bisa pesan dalam bentuk biji kopi atau bubuk kopi. Produk yang satu ini halal dan alami prosesnya. Kopi juga dibuat tanpa pengawet jadi aman dikonsumsi.

Harga Rp. 34.000-84.000

ARUTALA Kopi Toraja Rantebua Robusta Coffee

ARUTALA Kopi Toraja Rantebua Robusta Coffee adalah kopi yang berasal dari perkebunan kopi di Desa Bokin, Rantebua, Toraja. Kopi robusta terbaik ini rasa pahitnya begitu pas sehingga tidak heran jika banyak disukai. Dikemas dalam ukuran 250 gram.

Kopi robusta ini memiliki notes Dark Cocoa, Caramelized, dan Sweet. Tingkat keasamannya rendah dengan bodi medium. Anda bisa pesan dalam bentuk biji kopi, giling kasar, giling sedang, atau giling halus.

Harga Rp. 32.000-45.000

Otten Coffee Kopi Gold Blend

Otten Coffee Kopi Gold Blend merupakan pilihan lainnya dari kami. Kopi robusta terbaik ini paduan dari kopi arabika dan robusta dengan kualitas premium. Rasanya strong dan lembut bikin nagih. Bisa ditambah krimer untuk menambah cita rasanya.

Produk bisa disajikan panas atau dingin. Cocok untuk pagi, siang, atau malam. kopi hadir dengan roasting medium dark. Notes kopi ini adalah brown sugar and rich, earthy flavour.

Harga Rp. 97.000-135.000

Sakha Coffee Biji Kopi Bubuk Fine Robusta Gayo

Sakha Coffee Biji Kopi Bubuk Fine Robusta Gayo merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk sudah PIRT jadi aman dikonsumsi. Masa kedaluwarsa 1 tahun sejak kopi dipesan karena kopinya freshly made sehingga aman disimpan dalam waktu lama.

Kopi robusta terbaik ini berasal dari Gayo Aceh, Sumatera. Roasting kopinya medium to dark. Produk memiliki notes Brown Sugar, Chocolate, Malt, Sweet, dan Woody. Anda bisa pesan dalam bentuk biji kopi, giling kasar, giling halus, atau giling sedang.

Harga Rp. 64.000-124.000
From our editorial team

Kopi Robusta Cocok dengan Berbagai Camilan

Ngopi terasa kurang lengkap tanpa camilan. Baik di pagi atau sore hari, ngopi sambil ngemil tentu bisa jadi sumber kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang. Kopi robusta cocok diminum dengan berbagai jenis camilan. Anda bisa minum kopi robusta saat ngemil jagung rebus, ubi ungu rebus, singkong, ketan, cake, dan aneka camilan lainnya. Paduan rasa camilan dengan kopi robusta dijamin bikin nagih dan sesuai untuk mengganjal perut sebelum jam makan utama.

Tag