10 Kopi Robusta Lampung Nikmat, Jawaranya Kopi Robusta

Siapa yang tidak suka dengan kopi? Keharumannya dan rasa nikmatnya yang membawa kesegaran, membuatnya cocok diminum sebelum memulai hari di pagi hari. Juga, untuk menemani waktu luang atau ketika bergadang. Apalagi kopi robusta yang terkenal dengan rasa pahit dan kentalnya. Kamu yang suka begadang, tentu suka dengan kopi yang satu ini. Tahukah kamu, bahwa ternyata Lampung adalah salah satu daerah penghasil kopi robusta, bahkan kopi robusta yang dihasilkan merupakan kualitas yang terbaik. Penasaran? BP-Guide akan memberikan informasinya untuk kamu. Selamat menyimak!

Kopi Robusta Lampung, Penyumbang Ekspor Kopi Terbesar se-Indonesia

Sumber gambar www.alibaba.com

Apakah kamu termasuk pencinta kopi? Tentu kamu tidak asing lagi dengan kopi robusta. Namun, tahukah kamu bila ternyata sebanyak 70 % kopi robusta di Indonesia, berasal dari Lampung. Dan beberapa daerah lain di wilayah Sumatera bagian selatan seperti Jambi dan Bengkulu juga menjadi daerah penghasil kopi robusta. Hal ini membuat Lampung menjadi daerah yang cukup strategis.

Bahkan, di Indonesia, Lampung menjadi salah satu daerah pengekspor kopi robusta yang terbesar. Ini membuat kopi Robusta Lampung terkenal di berbagai negara seperti Afrika Selatan, Aljazair, Amerika Serikat, Armenia, Belgia, Bulgaria, Georgia, Jepang, Jerman, Malaysia, Maroko, Mesir, Hongkong, India, Inggris, Iran, Italia, Portugal, Republik Ceko, Rumania, Rusia, Singapura, Swiss, Swedia, dan Yunani.

Sangat Digemari dan Mendunia, Apa Keistimewaan Kopi Robusta Lampung?

Sumber gambar www.poetramerdeka.com

Kenikmatan kopi robusta ini telah menembus pasar internasional di mana kopi robusta memiliki banyak kelebihan dibandingkan kopi lainnya. Iklim, letak geografis, serta kondisi tanah yang subur mempengaruhi cita rasa kopi robusta Lampung. Bayangkan, biji kopinya ditanam pada lahan sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Ini sebabnya, kopi Robusta Lampung memiliki rasa yang khas dibandingkan kopi robusta lainnya.

Seorang barista dari Lampung, Ndharu Alisaputra, mengatakan bila kopi Robusta Lampung memiliki tingkat kepahitan kopi yang lebih unik apabila dibandingkan dengan kopi robusta lain. Biasanya para pencinta kopi akan dapat merasakannya. Namun, bila kamu ingin mencoba, sebaiknya panggang (roasting) terlebih dahulu biji kopinya dengan tingkat kematangan lebih. Maka, kamu akan merasakan kopi yang lebih padat dan nikmat.

Mengenal Bedanya Kopi Robusta dan Kopi Arabika

Sumber gambar pamitrantours.com

Ada kopi robusta, ada pula kopi arabika. Tidak dipungkiri keduanya memiliki penggemar fanatik. Bahkan, keduanya selalu dibanding-bandingkan. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang sama-sama istimewa. Apa itu? Yuk, cari tahu!

Rasa dan Aroma

Sumber gambar www.menshealth.com

Ada beragam rasa kopi arabika. Tergantung dari jenis kopi, di mana terkadang terasa manis dan lembut, namun juga bisa terasa kuat dan tajam. Bila mencoba kopi arabika, kamu akan merasakan cita rasa asam yang khas, serta tekstur yang halus namun kental. Bila dibandingkan dengan kopi robusta, kopi arabika juga lebih pahit. Ciri khas kopi robusta adalah aroma cokelatnya yang bercampur dengan aroma tanah dan kacang-kacangan.

Bentuk Biji Kopi

Perbedaan lainnya terdapat pada bentuk dan struktur bijinya. Itu sebabnya, keduanya harus dipanggang dengan cara dan proses yang berbeda. Di mana kopi arabika memiliki biji yang lebih besar, agak memanjang, dan gepeng. Berbeda dengan kopi robusta yang bentuk bijinya bulat penuh.

Kadar Kafein

Kopi robusta memiliki kadar kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi arabika. Di mana kadar kafein pada kopi robusta sebesar 2,2% sedangkan kadar kafein pada kopi arabika hanya sebesar sebesar 1,2%. Ini yang membuat kopi robusta lebih pahit rasanya. Di mana kafein yang tinggi dapat membuat rasa kopi lebih pahit.

Kandungan Gula

Sumber gambar www.zmescience.com

Kopi robusta memiliki kandungan lipid dan gula yang lebih rendah dibandingkan kopi arabika. Dalam kopi arabika terdapat kandungan lipid sebanyak 60% lebih besar daripada robusta. Bahkan kandungan gula pada kopi arabika hampir dua kali lebih banyak daripada robusta, sebesar 3-7%.

Ini sebabnya, kopi arabika terasa lebih manis diminum, walau tanpa gula. Ini juga berpengaruh pada tingkat kelarutan kopi. Di mana kopi robusta lebih kental dibandingkan kopi arabika.

Harga

Sumber gambar www.40forty.com.au

Bukan karena rasanya, sehingga lebih banyak yang menyukai kopi arabika, dan membuat harga dari kopi arabika lebih mahal dibandingkan kopi robusta. Semua pencinta kopi memiliki jagoannya masing-masing. Bila yang suka kopi pahit, tentu akan lebih menyukai robusta.

Perawatan pohon kopi arabika lebih rumit. Pohon kopi arabika sangat rentan penyakit dan hama, sehingga perawatannya lebih mahal. Itu sebabnya, harga dari arabika bisa mencapai dua kali dari harga kopi robusta. Akan tetapi, kini telah banyak beredar di pasaran, kopi robusta dengan kualitas premium, yang harganya bersaing dengan kopi arabika.

Penasaran? Yuk Coba 10 Kopi Robusta Lampung di Bawah Ini

Penasaran dengan kenikmatan kopi robusta lampung? Kamu harus cari tahu dulu sebelum membeli. Jangan sampai salah. Jadi, simak terus yang berikut ini!

Kopi Lampung Robusta AKL Spesial

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kopi Robusta Spesial Ahli Kopi Lampung diproduksi dari biji kopi liwa. Biji kopi pilihan ini dirawat oleh para petani Lampung Barat di Pegunungungan Tinggi Liwa. Diproses secara higienis menggunakan peralatan yang tidak hanya modern tetapi juga bersih dari segala kotoran. Kopi ini juga menggunakan teknologi roasting yang modern. Jadilah kopi robusta yang terjaga kualitasnya serta memiliki cita rasa yang tinggi. Ingin mencobanya? Beli saja secara online di Alkstore dan Ahlikopilampung dengan harga Rp 30.000 juga Tokopedia dengan harga Rp 25.000.

Kopi Robusta Lampung Semut

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kopi Robusta Lampung Semut memiliki karakter yang unik dengan bentuk yang kecil-kecil. Hasil olahannya diproses secara higienis, sehingga tercipta kopi bercita rasa nikmat dan berkualitas tinggi. Kopi yang berasal dari Lampung Barat ini juga nikmat bila diseduh dengan campuran kopi arabika. Bisa kamu beli dari harga Rp 7.000 hingga Rp 40.000 di Bukalapak dan Tokopedia.

Super Robusta Lampung Finest Robusta

Sumber gambar www.tokopedia.com

Super Robusta Lampung Finest Robusta bisa menjadi pilihan, bila kamu ingin mencoba kopi dengan rasa pekat, beraroma cokelat atau rempah-rempah. Rasanya tidak terlalu asam, sehingga setelah meminumnya tidak akan terasa haus atau dehidrasi. Bisa dibeli di Tokopedia dan Bekal Kopi dengan harga kisaran Rp 22.000 hingga Rp 135.000.

Kultur Coffee Beans Robusta Lampung

Sumber gambar www.bukalapak.com

Ingin mencoba kopi yang memiliki khasiat khusus untuk pria? Kopi robusta lampung ini bisa menjadi pilihan. Disebut juga peaberry coffee atau kopi lanang (kopi jantan). Kopi ini konon dapat meningkatkan vitalitas pria. Bijinya juga berbeda dengan yang pada umumnya, yaitu tunggal dan bulat. Harganya sekitar Rp 47.000 hingga Rp 103.000 di Bukalapak dan Tokopedia.

Kopi Robusta Lampung ELB-350

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kopi Robusta Lampung Grade ELB-350 terkenal sebagai kopi terbaik selama lebih dari 48 tahun. Memiliki aroma yang segar, kopi ini tersedia dalam bentuk bubuk atau biji. Bisa kamu beli dengan harga kisaran Rp 25.000 hingga Rp 49.000 di Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee.

Kopi Merah AKL -Robusta Lampung Red Cherry-

Kopi petik merah pilihan ini memiliki aroma yang lembut, harum, serta cita rasa yang ringan. Diproses secara higienis, sehingga kualitas kopi speciality grade 1 tercipta. Kopi ini dijual dengan harga Rp 33.500 hingga Rp 50.000 di Shoppe, Kopi Merah Robusta, dan Ahli Kopi Lampung.

Kopi Bubuk Asli Lampung Kompas Dunia

Sumber gambar www.tokopedia.com

Inilah kopi tertua di Lampung. Kopi Kompas Dunia telah diproduksi sejak tahun 1950 secara turun temurun. Rasa dan aromanya sangat unik. Walaupun dijual ke berbagai tempat, namun kemasannya tetap menjaga cita rasa dan keharuman kopi ini. Bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga Rp 20.000 hingga Rp. 27.650 di Tokopedia, Okshoop, dan Bukalapak.

Kopi Robusta Lampung Soultans Coffee

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kopi Premium Soultan Coffee diolah dengan sangat hati-hati. Tidak hanya dari pemilihan bijinya, juga proses roasting. Tingkat kematangan medium, dark roast, serta kehalusan bubuk kopinya, membuat kopi ini memiliki cita rasa kuat. Bahkan, hanya 1 sendok teh saja, kopi ini sudah terasa kenikmatannya. Bisa kamu beli di Bukalapak, Lazada, dan Kedaikuka dengan kisaran harga Rp 18.000 hingga Rp 25.000.

Kopi Jempol Lampung Robusta

Sumber gambar www.bukalapak.com

Untuk pencinta kopi Lampung, Kopi Jempol sudah sangat terkenal. Ini karena cita rasanya yang sedikit lebih keras. Selain itu aromanya yang harum juga memikat. Ini dikarenakan, Kopi "Jempol Sakti" ini dibuat dari biji-biji kopi pilihan, serta memiliki mutu tinggi. Bisa kamu dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 20.000 untuk takaran 300 gram.

Kopi Bubuk Robusta Lampung Brazica

Sumber gambar www.tokopedia.com

Dibuat dari biji Kopi Robusta Lampung pilihan, serta diolah oleh tenaga ahli berpengalaman. Dengan rasa yang nikmat, tanpa menggunakan bahan campuran. Itu sebabnya, Kopi Bubuk Robusta Lampung memiliki aroma caramel dan nutty yang sempurna. Beli sekarang juga di Tokopedia dan Bukalapak dengan harga Rp 40.000.

From our editorial team

Nikmati Cita Rasa Asli Kopi Robusta Lampung

Rasa pahit kentalnya terasa di lidah. Ciri khas kuat dengan aroma dan kesegaranya akan membuat kamu terus ketagihan. Sangat cocok untuk para maniak kopi, atau menemani kala bergadang dengan banyak pekerjaan. Tidak sabar ingin mencoba? Ayo pesan sekarang juga!

Tag