Populer di Kalangan Anak Muda, Ini Dia 10 Skateboard Pemula yang Cocok untuk Berlatih (2022)

Populer di Kalangan Anak Muda, Ini Dia 10 Skateboard Pemula yang Cocok untuk Berlatih (2022)

Olahraga skateboard telah menarik banyak perhatian, terutama di kalangan anak muda. Bagi Anda yang baru mencoba terjun ke olahraga ekstrem tersebut, ini dia 10 rekomendasi skateboard pemula yang cocok untuk berlatih.

Skateboard adalah Olahraga Ekstrem yang Banyak Diminati

Skateboard adalah cabang olahraga yang tengah populer di masyarakat, terutama kalangan anak muda. Menawarkan berbagai trik-trik ekstrem, olahraga ini banyak disukai karena memicu adrenalin. Sayangnya, sejumlah trik-trik ekstrim tersebut berpotensi untuk mengakibatkan cedera.

Agar tidak mengalami cedera, sebagai seorang pemula tentu perlu untuk memahami tata cara bermain skateboard dengan benar. Tak hanya memahami cara bermain, pemilihan skateboard juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Anda yang baru belajar skateboard, sebaiknya memilih skateboard yang memang dirancang untuk para pemula.

4 Tips Memilih Skateboard untuk Pemula

Memahami Jenis Dek Skateboard Sesuai Penggunaan

Tips pertama memilih skateboard pemula adalah memahami jenis deck skateboard yang diinginkan. Sesuaikan dengan penggunaan, apakah untuk street skateboard atau skatepark, permukaan transisi atau jalanan beraspal. Terdapat dua jenis ukuran skateboard yang perlu diketahui, yaitu longboards dan shorter boards.

Longboards memiliki ukuran skateboard deck yang lebih panjang, biasanya digunakan untuk bermain di jalanan. Sementara, shorter boards memiliki ukuran yang lebih pendek, biasanya digunakan untuk bermain di arena bowl, park, atau pool khusus bermain skateboard. Kesesuaikan skateboard dengan penggunaan akan memudahkan Anda ketika meluncur dan melakukan berbagai trik lainnya.

Bentuk Dek Skateboard yang Tepat

Skateboard memiliki bentuk deck yang beragam. Sebelum memutuskan untuk membelinya, sebaiknya Anda mencoba deck skateboard milik teman untuk mengetahui bentuk deck seperti apa yang cocok bagi Anda. Hal ini juga untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan melakukan trik ketika bermain.

Bagi para pemula, skateboard dengan papan konvensional lebih direkomendasikan. Papan konvensional akan memudahkan Anda untuk memahami dan menerapkan berbagai jenis trik dasar. Papan ini memiliki cekungan di antara hidung dan ekor yang sedikit melengkung ke samping.

Mempertimbangkan Ukuran Roda

Ukuran roda juga patut dipertimbangkan sebelum membeli skateboard. Selain ukuran, kekerasan roda juga perlu diperhatikan. Semakin besar roda, maka akan semakin kencang skateboard meluncur. Dalam memilih ukuran roda, Anda bisa menyesuaikan dengan jenis skateboard. Bagi Anda yang memilih street skateboard, maka ukuran roda yang direkomendasikan adalah 49-54 mm.

Sementara, bagi Anda yang hendak bermain di skatepark atau permukaan landai, roda dengan ukuran 65-70 mm lebih direkomendasikan. Namun, untuk bermain di skatepark yang banyak turunan dan lekukan curam, pilih roda berukuran 95a-99a. Untuk skateboard yang meluncur di permukaan yang kasar dan banyak kerikil, direkomendasikan untuk menggunakan roda ukuran 78a-87a.

Sesuaikan Truck dengan Deck Skateboard

Tips penting berikutnya bagi para pemula adalah menyesuaikan truck dengan deck skateboard. Perlu diketahui bahwa truck adalah penyangga antara deck skateboard dan roda. Bagian dalamnya terdapat karet suspensi atau bushing yang berfungsi sebagai bantalan untuk membelok.

Memilih truk tentu perlu disesuaikan dengan ukuran deck skateboard. Skateboard dengan roda yang besar tentu lebih cocok dengan truck yang tinggi, sehingga terdapat ruang yang lebih banyak untuk melakukan berbagai trik skateboard. Truck yang rendah juga memiliki keunggulan, yaitu memberikan kestabilan dan kenyamanan untuk meluncur.

10 Rekomendasi Skateboard Pemula

Silverfox Skateboard Canadian Maple 31X8 Sat.Skull LY-31AE-3LM-6

Para penggemar olahraga skateboard tentu sudah tidak asing dengan Silverfox. Merek ini memiliki berbagai skateboard andalan, salah satunya adalah Silverfox Skateboard Canadian Maple 31X8 Sat.Skull LY-31AE-3LM-6. Terbuat dari kayu pilihan berkualitas, skateboard pemula ini fleksibel dan terjamin kualitasnya.

Produk ini hadir dengan ukuran 31 x 8 inci dengan sembilan lapis china maple. Bagian deck bawahnya dilengkapi stiker dengan desain yang unik. Skateboard keluaran Silverfox ini memiliki desain yang trendy, sehingga membuat permainan tampak semakin stylish.

Harga Rp. 379.000-501.000

Decathlon Oxelo Skateboard Anak Play 120 - 8506165

Rekomendasi skateboard pemula berikutnya adalah Decathlon Oxelo Skateboard Anak Play 120 - 8506165. Deknya terbuat dari kayu, dengan truck skateboard berbahan polyethylene. Bantalan porosnya terbuat dari besi, kemudian rodanya terbuat dari polivinil klorida.

Skateboard ini cocok bagi pemula karena memiliki jarak sumbu roda yang lebih lebar, sehingga stabilitasnya lebih baik. Produk dari Decathlon ini juga mudah dikontrol, karena bushing poliuretannya yang lembut. Skateboard ini memiliki bantalan ABEC 3 yang memberikan kemampuan meluncur dengan mulus.

Harga Rp. 486.000-764.000

SPEEDS Papan Skateboard Sand Remaja 028-2808

SPEEDS adalah merek berikutnya yang mengeluarkan produk skateboard pemula. Salah satu produknya adalah SPEEDS Papan Skateboard Sand Remaja 028-2808. Skateboard ini memiliki panjang 70 cm, lebar 20 cm, tinggi 8 cm, dan ketebalan papan 1 cm.

Produk ini memiliki dudukan roda yang terbuat dari plastik keras. Sementara pada bagian rodanya terbuat dari karet campuran yang tahan gesekan. Skateboard ini tersedia dalam beberapa motif menarik yang disukai anak-anak.

Harga Rp. 81.000-95.000

Addo Xootz Skateboard 28 inch Neutral Swirl

Produk berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Addo Xootz Skateboard 28 inch Neutral Swirl. Skateboard double-kick ini memiliki ukuran penuh 71 cm. Produk ini dilengkapi bantalan ABEC 5 dengan roda PVC grippy yang tahan lama.

Addo Xootz Skateboard 28 inch Neutral Swirl memiliki trcuk aluminium dengan pita pegangan anti selip untuk pengendaraan yang mulus dan nyaman. Dibuat dengan bahan premium berkualitas tinggi membuatnya nyaman dan aman digunakan.

Harga Rp. 359.400-599.000

Satu Keluarga Papan Skateboard Anak O1 Motif Karakter

Skateboard pemula berikutnya yang patut dipilih untuk anak-anak adalah Satu Keluarga Papan Skateboard Anak O1 Motif Karakter. Produk ini terbuat dari bahan kayu pilihan yang memberikan performa maksimal saat memainkannya. Desainnya yang keren membuat permainan jadi semakin keren.

Satu Keluarga Papan Skateboard Anak O1 Motif Karakter memiliki dimensi 79 x 20 x 11.5 cm. Skateboard ini bisa digunakan mulai anak usia 4 tahun atau dengan berat beban maksimal 60 kg. Dudukan rodanya terbuat dari plastik keras dengan roda yang terbuat dari karet campuran tahan gesekan.

Harga Rp. 70.560-126.200

Fakelab X Love Hate Love Freedom Skateboard

Bagi yang tengah mencari skateboard pemula dengan bahan canadian maple, Fakelab X Love Hate Love Freedom Skateboard bisa menjadi pilihan. Skateboard ini memiliki ukuran 8,0 - 8,5 yang nyaman digunakan untuk bermain.

Fakelab X Love Hate Love Freedom Skateboard terbuat dari 100% canadian maple dengan tujuh lapisan. Produk ini dilengkapi heat transfer screen printing. Setiap pembeliannya juga akan dibekali griptape gratis.

Harga Rp. 850.000-1.573.000

Skateboard KINETIC Maple Ukuran 8.0

Skateboard KINETIC Maple Ukuran 8.0 adalah produk berikutnya yang direkomendasikan. Bagian deck-nya terbuat dari kayu maple tujuh lapis yang menawarkan kekuatan dan keamanan saat dikenakan. Griptape-nya berwarna hitam polos, sehingga tidak merusak estetika papan.

Produk ini hadir dengan dimensi 79 x 20 x 95 cm. Tersedia lima pilihan motif yang bisa dipilih sesuai dengan desain favorit. Skateboard KINETIC Maple Ukuran 8.0 kuat dan kokoh serta cocok untuk digunakan oleh para pemula.

Harga Rp. 300.000-350.000

Skateboard Complete Full set WTRMLN Supply Co Dot Logo

Skateboard Complete Full set WTRMLN Supply Co Dot Logo adalah produk yang tepat bagi Anda yang tengah mencari skateboard pemula. Produk keluaran WTRMLN ini merupakan skateboard beginner setup dengan popsicle deck medium concave.

Deck-nya terbuat dari 7 lapisan dengan ukuran 7.75-8.0 inci. Kemudian bagian truck-nya terbuat dari aluminium alloy dengan ukuran 5.0-5.375 inci. Skateboard Complete Full set WTRMLN Supply Co Dot Logo dilengkapi roda berukuran 52mm dan bearing ABEC 9.

Harga Rp. 1.000.000

Berwyn Papan Skateboard anak Double Kick Flat Y17-24

Tak hanya bagi orang dewasa, skateboard juga menjadi olahraga yang menarik bagi anak-anak. Anda yang tengah mencari skateboard untuk anak-anak, Berwyn Papan Skateboard anak Double Kick Flat Y17-24 cocok menjadi pilihan. Produk ini hadir dengan double kick flat dan bentuk truck yang kokoh.

Berwyn Papan Skateboard anak Double Kick Flat Y17-24 terbuat dari material yang berkualitas. Skateboard pemula ini menawarkan keseimbangan yang baik saat bermain. Motifnya juga menarik, sehingga banyak disukai anak-anak.

Harga Rp. 139.000-224.000

Loudnclear - Skate Board Rosemary Deck - Band Series

Produk terakhir yang masuk ke dalam daftar rekomendasi skateboard pemula adalah Loudnclear-Skate Board Rosemary Deck - Band Series. Skateboard ini terbuat dari canadian maple berkualitas yang memastikan keamanan dan kenyamanan saat dimainkan.

Loudnclear-Skate Board Rosemary Deck - Band Series terbuat dari tujuh lapis papan. Produk ini berukuran 8.0 yang sangat ideal untuk dimainkan. Setiap pembelian produk ini akan dibekali dengan griptape yang berkualitas.

Harga Rp. 800.000-1.200.000
From our editorial team

Pilih Skateboard Pemula dengan Harga Terjangkau untuk Berlatih

Banyaknya produk skateboard di pasaran membuat spektrum harganya semakin luas. Bagi Anda yang baru berlatih, sebaiknya pilih skateboard pemula dengan harga yang terjangkau. Kini sudah banyak skateboard dengan spesifikasi yang sesuai untuk pemula, ditawarkan dalam harga yang tidak terlalu mahal. Pertimbangan harga ini untuk memastikan Anda lebih leluasa dalam berlatih, karena tidak terbebani oleh harga yang mahal dan khawatir rusak saat digunakan berlatih trik.