Low-Budget di Bawah 300k, Rekomendasi Tripod HP Ini Udah Bisa Melengkapi Hobi Fotomu!

Low-Budget di Bawah 300k, Rekomendasi Tripod HP Ini Udah Bisa Melengkapi Hobi Fotomu!

HP sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam dunia fotografi dan video. Tentunya, untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kamu butuh tripod untuk memastikan HP-mu mengambil gambar dengan stabil. Yuk, cek rekomendasinya di sini!

Foto dan Video Menggunakan HP

Berbeda dari zaman dulu, makin ke sini, kualitas kamera HP tak bisa lagi dientengkan. Bahkan, HP dengan kualitas kamera yang mumpuni sudah bisa digunakan untuk membuat foto dan video berkualitas ultra tinggi. Tak selesai di situ, dunia social media juga banyak bertebaran tips dan trick untuk membuat video dan foto yang bagus menggunakan HP. Sehingga, itu memungkinkan kamu untuk mengembangkan hobi fotografi dan videografi menggunakan HP.

Tak Hanya Kamera, HP Juga Perlu Tripod

Awalnya, tripod memang hanya digunakan untuk kamera. Seiring perkembangan teknologi, para produsen tripod berlomba menawarkan tripod yang dapat menunjang fotografi melalui HP. Kenapa HP juga membutuhkan tripod? Hmm... Tentu kita tahu bahwa beberapa objek foto tak memungkinkan jika kita untuk bergerak saat memfoto. Dengan menggunakan tripod, HP jadi memiliki penyangga yang membuatnya lebih stabil. Tripod juga meringankan kerjamu. Kamu bisa lebih fokus untuk menentukan angle saja. Tripod HP biasanya memiliki ukuran lebih kecil, dengan desain lebih simple dibandingkan tripod kamera, sehingga mudah dibawa ke mana saja dan bisa ditaruh tas.

Tripod HP Cocok Buat Solo Travelling

Saat solo traveling, kadang tidak memungkinkan untukmu meminta bantuan orang lain. Apalagi jika kamu solo traveling ke negara orang. Dengan menggunakan tripod, kamu bisa foto sendiri dibantu dengan timer bawaan HP. Caranya, kamu cukup mencari spot foto menarik. Posisikan tripod dengan angle yang kamu inginkan, lalu pasang HPmu dengan mode selfie. Jangan lupa untuk setel timer ya. Cekrek! Jadi deh foto yang kamu pengin.

Cara Memilih Tripod HP

Pilih yang Paling Simple dan Fleksibel

Tripod yang simpel dan fleksibel punya banyak keunggulan. Selain mudah dibawa di tas, tripod ini juga dapat dipasang pada permukaan tidak rata atau tempat-tempat lain yang tidak bisa dilakukan oleh tripod kebanyakan. Fleksibilitasnya memungkinkan tripod tersebut diletakkan pagar atau cabang pohon lho. Orang-orang menyebutnya dengan gorilla pod atau gorilla tripod. Dengan tripod ini, kamu bisa mengambil gambar dari berbagai sudut pandang, sehingga hasil foto atau videomu tidak membosankan.

Pastikan Tatakan Tripod Sesuai untuk Semua Jenis HP

Memilih tatakan tripod yang bisa digunakan untuk segala jenis HP wajib kamu lakukan. Kenapa? Selain menghindari kemungkinan salah beli tripod, ini akan menguntungkanmu beberapa tahun ke depan jika kamu berganti jenis HP. Sehingga, kamu tak perlu beli tripod baru lagi.
Saat memakainya, pastikan tatapan tersebut mampu memegangmu HP-mu dengan sangat kokoh. Tentu kamu nggak mau kan kalau HP-mu sampai jatuh. Terlebih saat kamu menggunakannya di atas air atau di atas ketinggian.

Pilih yang Ringan dan Mudah Dilepas Pasang

Kalau kamu termasuk rajin bikin video, foto, atau konten-konten menarik untuk social media-mu, jangan lupa pilih tripod yang ringan dan mudah dilepas pasang. Tripod HP yang ringan, memudahkanmu saat harus mobile dengan cepat. Apalagi kalau tripodnya susah untuk bongkar-pasangnya. Malahan bisa menyulitkanmu kan. Tentu kamu nggak mau diribetkan dengan tripod yang cara melipatnya butuh usaha ekstra. Apalagi jika momen yang ingin kamu rekam mendesakmu untuk berpindah cepat.

Kamu juga harus pastikan bahwa tripod itu memiliki kualitas yang baik. Tak hanya asal ringan dan mudah dilepas. Secara psikologis, tripod yang kokoh akan membuatmu lebih percaya diri, karena energimu tidak terkuras untuk mengkhawatirkan kekuatan si tripod.

8 Rekomendasi Tripod HP Simple dan Murah!

Inbex TF-3120

Jika kamu mencari tripod yang biasa digunakan oleh para fotografer, Inbex TF-3120 bisa solusinya. Nggak cuma bisa untuk kamera, tripod ini juga dilengkapi holder U yang cocok untuk semua jenis HP. Dengan spesifikasi yang lumayan oke, tripod Inbex ini punya harga yang cukup terjangkau. Meski murah, bukan berarti murahan ya, guys. Batas maksimum bantalan berat tripod ini adalah 2.5 kg. Cukup banget ya kalo untuk HP.

Layaknya tripod camera, tripod ini memiliki 3 cara pengaturan bagian pan head-nya. Pelepas kunci pada kaki penyangganya juga mudah disetel, tak perlu banyak waktu untuk penggunaan selanjutnya. Kamu juga tak perlu khawatir jatuh, tripod murah ini dilengkapi kaki karet antiselip. Dalam dus pembelian, kamu akan mendapatkan 1 set tripod, 1 holder U, dan 1 carry bag. Menarik, ya... Cek langsung di marketplace favoritmu!

Harga Rp. 85.000-100.000

Mixio Q07

Rekomendasi merek MIXIO tipe Q07 ini merupakan gabungan antara tripod HP dan tongsis (selfie stick). Dilihat dari fitur-fiturnya, tripod HP ini termasuk murah lho. Dengan pegangan yang nyaman dan mudah dibawa-bawa. Pegangannya terbuat dari bahan yang menggunakan antislip. Cocok untuk semua jenis HP apa pun, termasuk juga kamera kecil. Namun, kamu perlu memastikan kembali apakah kameramu cukup untuk space pada tripod ini. Bahkan, tripod murah ini juga sudah dilengkapi lighting yang bisa diatur modenya. Penggunaannya juga sangat mudah, cukup dengan menekan tombol selama beberapa detik, akan muncul pilihan 6 level kecerahan. Kamu bisa sesuai kecerahan dengan kondisi cahaya yang ada di sekitarmu. Tak khawatir perlu bawa lighting tambahan jika kamu akan memfoto atau membuat video kapan saja dan di mana saja.

Pengoperasiannya juga tergolong canggih karena sudah dilengkapi dengan wireless remote control. Remote ini bisa dipakai sampai jarak 10 m. Tinggal tekan tombol shoot-nya, dan gambar yang kamu ambil sudah tersimpan. Fitur ini sangat oke untuk kamu yang solo traveling atau foto bersama yang mengharuskan semua anggota masuk di frame.

Harga Rp. 108.000-200.000

Inone A31

Rekomendasi selanjutnya dari brand INONE A31 tripod. Dengan bahan ABS dan aluminium alloy, tripod HP ini tergolong ringan. Beratnya berkisar 148 gram saja. Tripod Inone A31 menawarkan kelebihan-kelebihan dengan harga terjangkau. Meski harganya tergolong murah, tripod HP satu ini sudah sangat bisa diandalkan untuk menemanimu melakukan video live di social media lho. Saat kamu bersantai, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menonton show dan lain-lain di kasur. Jadi tanganmu tidak lagi pegal karena terlalu lama memegang ponsel.

Pada bagian pegangan HP atau holder-nya bisa diputar hingga 360 derajat putaran. Dengan begini, kamu bisa mengatur rotasi layar secara vertikal atau horisontal, yang secara tidak langsung memandumu untuk menemukan angle yang pas. Tripod HP murah ini memiliki inovasi pada bagian braketnya, yang membuatnya lebih stabil saat menyangga HP. Kamu bisa pakai saat hendak mengambil pemandaan yang lebar. Menarik, bukan. Memang tak semua barang murah sama dengan murahan. Sebelum kehabisan, coba cek aja di marketplace favoritmu!

Harga Rp. 120.000-200.000

Excell Flexy Gorilla Pod

Excell Flexy Gorilla Pod merupakan tripod HP murah yang akhir-akhir cukup banyak digemari. Kenapa? Kaki penopangnya yang sangat fleksibel, memungkinkan tripod ini dapat ditekuk-tekuk. Saking fleksibelnya, bisa lho dipasangkan di cabang pohon. Kalau kamu suka mengambil sudut gambar yang unik-unik, tripod HP ini bisa jadi andalanmu. Misalnya, kamu berencana bikin video time-lapse anak burung di pohon. Pasti keren banget hasilnya. Tak cuma itu, bisa juga digunakan untuk kamera lho, dengan berat maksimal 3 kg. Menarik kan! Langsung kunjungin marketplace favoritmu ya!

Harga Rp. 130.000-200.000

Ulanzi MT 08

Tripod HP murah dan simple satu ini merupakan brand yang sudah banyak digunakan di seluruh dunia, yaitu ULANZI MT-08. Tripod Ulanzi punya tinggi maksimal 12 cm, yang cocok untuk membuat video atau foto di meja. Namun, tak perlu khawatir, kamu juga bisa menggunakan tripod ini sebagai tongsis (selfie stick) untuk memfoto dengan jarak lebih jauh. Terlebih, pegangannya terbuat dari material karet yang lembut dan antislip. Karena ringan dan mudah dibawa ke mana saja, tongsis HP ini oke banget untukmu yang suka bikin video atau foto kapan pun dan di mana pun. Cocok untuk jenis HP lho! Langsung kepoin aja di marketplace ya.

Harga Rp. 105.000-150.000

USAMS ZB064

USAMS US-ZB064 ini tergolong unik dari desainnya. Dari luar tak tampak sama sekali seperti tripod, sekilas mirip tempat pensil mini. Berbeda dari lainnya, tripod HP murah ini punya fitur kaki penyangga yang tersembunyi. Fitur ini punya kelebihan menjadi lebih ringkas saat disimpan. Murah, tapi sangat tidak murahan kan?

Untuk menggunakannya, kamu perlu menyambungkan tripod ini dengan HP-mu melalui bluetooth. Adanya bluetooth ini menjadikanmu tak perlu pakai timer saat selfie. Waw, menarik ya! Semakin menarik lagi, tripod murah ini memiliki panjang 90 meter yang bisa dilipat sampai 19 cm. Holder-nya pun dapat diputar dengan mudah, memungkinkan kamu untuk beralih vertikal dan horisontal saat pengambilan objek. Tripod ini cocok untuk semua HP dengan ukuran maksimal 6 inci. Sudah tersedia di marketplace ya.

Harga Rp. 200.000-250.000

VIVAN ST B01

Tak jauh berbeda dari rekomendasi sebelumnya, fitur-fitur tripod VIVAN ST B01 juga tak bisa kita lewatkan. Tripod HP murah ini juga dilengkapi fitur bluetooth shutter yang memudahkanmu saat berselfie. Namun, jangan lupa untuk memasang baterainya dulu ya. Gunakan baterai lithium CR1632. Tripod Vivan ini memiliki panjang maksimal 55 cm. Kalau kamu tak suka tongsis yang terlalu panjang, pilihan ini akan sangat cocok buatmu. Bagian kepalanya bisa diputar hingga 360 derajat, sehingga kamu bisa mengambil gambar dari berbagai sudut. Desainnya yang kecil, ringan, sangat mudah dibawa. Coba intip dulu aja di marketplace ya!

Harga Rp. 150.000-190.000

Treble TS-01 Tripod and Tongsis

Keunggulan dari Treble TS-01 dibandingkan dengan tripod lain adalah memungkinkan kamu mengambil gambar dan video dari jauh menggunakan remote. Yep, tripod HP murah ini sudah dilengkapi remote bawaan yang membuatmu tak perlu menggunakan timer lagi. Kamu bisa meletakkan tripod ini di sebuah tempat datar untuk mengambil foto dengan latar belakang pemandangan. Trebel TS 01 juga bisa berfungsi sebagai tongsis, yang bisa dipanjangkan hingga 70 cm, tergolong sedang. Materialnya terbuat dari stainless steel yang pastinya anti karat, sehingga tak masalah jika sampai terkena air hujan. Coba cek marketplace favoritmu ya.

Harga Rp. 179.000-200.000
From our editorial team

Tripod HP multifungsi tak boleh ketinggalan saat bepergian!

Kegunaan tripod HP yang krusial saat mengambil foto atau video membuatmu wajib membawanya ke manapun kamu bepergian. Rekomendasi kami di atas terdiri dari tripod HP value for money yang tidak akan mengecewakanmu dengan rentang harganya. Buruan beli salah satunya!