6 Rekomendasi Gimbal Smartphone Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan Recording (2022)

6 Rekomendasi Gimbal Smartphone Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan Recording (2022)

Pusing karena hasil video kamu selalu goyang saat merekam sambil bergerak? Yuk, cek rekomendasi gimbal smartphone terbaik dari BP-Guide.id untuk memastikan hasil rekaman videomu jadi stabil tanpa goyangan!

Gimbal Smartphone? Butuh Ngga Sih?

Bagi mereka yang mengenal dan membutuhkan si gimbal smartphone, tentu sudah pasti jawabannya adalah ya! Lantas, buat kamu yang baru dengar tentang gimbal, atau tahu apa itu gimbal tapi belum pernah menggunakannya, sebenarnya apa sih gimbal smartphone itu? Dan, perlu ngga sih kamu pakai gimbal?

Penjelasan singkatnya, gimbal smartphone adalah alat yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan hasil rekaman yang stabil dan halus, bahkan saat kamu sedang bergerak sekalipun! Nah, tentunya kamu tahu kan bahwa jika kamu merekam suatu hal sambil bergerak seperti berjalan atau berlari, maka hasil rekaman kamu juga bakal bergoyang tak keruan.

Di saat seperti inilah kamu membutuhkan gimbal smartphone! Mengapa? Sebab, smartphone flagship terbaik yang telah dilengkapi stabilizer built-in yang ada di pasaran saat ini pun masih belum mampu menyaingi hasil rekaman dengan menggunakan gimbal!

Jenis Gimbal yang Banyak Dijual di Pasaran

Ada banyak model gimbal smartphone yang ada di pasaran saat ini. Meski begitu, yang paling umum dan sering terlihat di pasaran ada 2 jenis yang dibagi berdasarkan jenis stabilisator yang digunakannya, yaitu gimbal 3-sumbu dan 2-sumbu.

Gimbal 3-sumbu

Gimbal 3-sumbu berfungsi untuk mengompensasi tiga jenis gerakan, yaitu gerakan atas/bawah (yaw), gerakan belok/memutar ke kiri/kanan (pitch), dan gerakan maju/mundur (roll).

Kemampuannya ini menjadikan gimbal tipe 3-sumbu menjadi pilihan utama bagi para independen serta profesional yang ingin menghilangkan guncangan saat merekam menggunakan smartphone sebanyak mungkin.

Gimbal 2-sumbu

Berbeda dengan gimbal 3-sumbu, gimbal 2-sumbu biasanya hanya mengompensasi gerakan pan (kanan/kiri) dan roll. Sekilas, gimbal 2-sumbu terlihat lebih inferior dari 3-sumbu, namun ada beberapa alasan orang memilih gimbal 2-sumbu. Beberapa alasan di antaranya adalah beratnya yang lebih ringan dan harga yang lebih murah dibanding dengan gimbal 3-sumbu.

Jadi, jika aktivitas rekaman kamu sebagian besar hanya membutuhkan gimbal 2-sumbu, tentu tak perlu memilih yang 3-sumbu kan?

Cara Memilih Gimbal SmartphoneTerbaik

Dengan banyaknya pilihan gimbal smartphone yang dijual di pasaran, apa aja sih yang perlu dipertimbangkan ketika kamu hendak membeli gimbal? Yuk, simak beberapa hal di bawah ini!

Tentukan tujuan utama memakai gimbal tersebut

Dalam situasi apakah gimbal smartphone tersebut akan digunakan? Ini adalah pertanyaan utama sebelum kamu memilih gimbal. Jika kamu hanya membutuhkannya untuk merekam adegan-adegan yang tidak terlalu mengharuskanmu melakukan banyak gerakan sambil merekam, maka gimbal 2-sumbu sudah lebih dari cukup. Selain harga yang relatif lebih murah, ukurannya pun lebih ringkas, serta baterai juga lebih hemat dan bisa dipakai lebih lama sebelum kamu perlu mengisi ulang.

Namun jika kamu bakal banyak bergerak selama melaklukan perekaman video, maka tak ada yang lebih baik dari gimbal smartphone 3-sumbu. Kemampuannya untuk mengompensasi pergerakan dari dan ke berbagai arah membuat gimbal jenis ini bisa memberikan stabilitas tinggi. Bahkan, tak sedikit gimbal 3-sumbu yang bisa dibawa sambil berjalan atau berlari kecil dan tetap memberikan hasil yang tidak mengecewakan.

Pikirkan seberapa sering gimbal akan digunakan

Frekuensi penggunaan gimbal smartphone adalah hal kedua yang perlu kamu pikirkan. Mengapa? Mudah saja, sebab semakin sering kamu menggunakan gimbal, maka kamu membutuhkan gimbal yang berkualitas agar awet. Material yang bagus dan kekokohan dalam proses pembuatan akan menghasilkan gimbal yang awet dan tahan lama, serta tidak mudah rusak. Tentunya gimbal seperti ini tidak murah. Ada harga ada kualitas.

Oleh sebab itu, jika kamu akan menggunakan gimbal smartphone dengan frekuensi tinggi atau hampir setiap hari menggunakannya dalam waktu lama, maka kamu wajib membeli gimbal dengan kualitas bagus dan biasanya cukup mahal. Namun jika kamu hanya sesekali saja merekam video saat liburan misalnya, maka gimbal smartphone kelas menengah adalah pilihan terbaikmu.

Pilih gimbal sesuai budget tanpa melupakan kualitas

Seperti yang sudah sedikit disinggung pada poin sebelumnya, gimbal yang bagus biasanya juga tidak murah. Meski begitu, kamu perlu memilih gimbal smartphone yang sesuai dengan nilai uang yang kamu keluarkan, value for money lah istilahnya. Nah, agar tidak kecolongan dan membeli gimbal terlalu mahal, maka kamu wajib melakukan riset terlebih dahulu pada banyak merek dan model gimbal.

6 Rekomendasi Gimbal Smartphone Terbaik untuk Kamu!

DJI OM5

DJI OM5 adalah gimbal smartphone 3-sumbu yang hadir dengan sistem pemasangan magnet terbaru agar lebih mudah dari seri sebelumnya. Stabilisasi yang dihasilkannya amat sangat baik dan mampu memberikan gerakan yang halus dan sempurna. Selain kemampuan utamanya tersebut, ada banyak fitur yang bisa kamu dapatkan dengan menginstal aplikasinya di smartphone kamu.

Dibuat dengan kontrol kualitas yang sama dengan produk-produk DJI lainnya, sudah barang tentu kamu akan mendapatkan build berkualitas sangat baik untuk pemakaian rutin. Yang lebih menggembirakan lagi, budget gimbal ini tergolong terjangkau buat kamu yang ingin menghasilkan video serius dan bebas goyangan.

Harga Rp. 2.299.000

Zhiyun mooth X

Buat kamu yang punya budget di bawah 1 juta rupiah bisa banget memilih Zhiyun Smooth X sebagai gimbal smartphone utama. Baterai yang dibenamkan pada gimbal ini bisa digunakan selama lebih dari 5 jam. Ini biasanya lebih dari cukup untuk satu kali sesi rekaman luar ruang.

Keseluruhan build juga terlihat bagus meski terbuat dari plastik, tentunya karena memang dibanderol harga relatif murah ya. Dan tak perlu khawatir, ada aplikasi penunjang yang memudahkan kamu untuk mengontrol gimbal ini dari smartphone kamu.

Harga Rp. 629.000

Brica B Steady Pro

Sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1995, banyak fotografer dan videografer yang mempercayakan aksesoris mereka pada merek satu ini, tak terkecuali soal gimbal smartphone. Brica B Steady Pro hadir buat kamu yang menginginkan gimbal berkualitas menengah dengan hasil yang sesuai dengan harganya.

Di rentang harga satu jutaan, Brica B Steady Pro dibekali kemampuan tilt dan roll hingga 320 derajat, bahkan super panning hingga 600 derajat! Masih dilengkapi pula dengan kemampuan object tracking, motion tracking, zoom control, timelapse, hingga panorama. Selengkapnya bisa kamu cek di aplikasinya ya! Mengandalkan baterai 3600 mAh, Brica bisa digunakan hingga 11 jam lebih!

Harga Rp. 1.025.000-1.095.000

Moza Mini MI

Ingin bisa charging hape bebas ribet sekaligus merekam dengan gimbal? Ya, Moza Mini MI punya fitur wireless charging agar kamu ngga ribet pakai kabel. Selain itu, fitur dalam aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone juga terbilang sangat lengkap. Cocok buat kamu yang doyan memanfaatkan fitur canggih untuk memperindah hasil rekamanmu!

Pada paket pembeliannya, kamu akan mendapatkan tripod mini yang lumayan kokoh untuk ukuran smartphone. Jadi, dengan semua fitur dan kemampuan rotasi hingga 360 derajat di semua sumbunya, Moza Mini MI cocok juga buat menemanimu menangkap momen-momen terbaikmu!

Harga Rp. 1.049.000-1.350.000

Feiyu Vlog Pocket 2

Didedikasikan sebagai kamera untuk vlogging, Feiyu Vlog Pocket 2 dibuat seringan mungkin dan mudah dimasukkan ke kantong untuk dibawa bepergian. Sama seperti kebanyakan gimbal smartphone lainnya, kamu bisa menginstal aplikasinya di smartphone kamu untuk mendapatkan semua fitur menariknya.

Kapasitas baterainya mampu digunakan untuk beroperasi sekitar 9 jam, pada pemakaian normal. Dilengkapi Gesture Control dan kemampuan berputar 360 derajat di semua sumbu, Feiyu Vlog Pocket 2 akan jadi teman yang emnyenangkan saat kamu melakukan perekaman video.

Harga Rp. 999.000-1.050.000

Xiaomi MiJia 3 Axis Handheld Gimbal

Para pakar videografi sepakat bahwa Xiaomi Mijia 3-Axis Smartphone Gimbal ini terlihat luar biasa. Hal ini salah satunya terlihat dari kapasitas baterai sebesar 5000 mAh, sehingga dapat mendukung pengoperasian hingga 16 jam. Selain itu terdapat beragam fitur jika kamu menginstal aplikasinya seperti AI Smart Track, Static Delay, Slow Motion dan lainnya.

Bentuknya standar seperti kebanyakan gimbal smartphone, namun soal build quality, kamu ngga perlu khawatir, gimbal ini terasa kokoh dan solid sat dipegang. Selain itu, beberapa bagian diberi lapisan karet sehingga memudahkan genggaman dan memastikan gimbal ini tidak akan tergelincir saat tangan kamu setengah berkeringat!

Harga Rp. 2.054.000-2.900.000
From our editorial team

Buang jauh video bergoyang dengan gimbal smartphone berkualitas!

Dengan rekomendasi gimbal smartphone di atas, kamu bisa mendapatkan hasil rekaman video yang bebas getaran dan goyangan. Pastikan kamu memilih yang paling sesuai dengan budget dan seleramu ya!