9 Rekomendasi Skateboard Terbaik dan Berkualitas Bagi yang Hobi Main Skateboard (2022)

9 Rekomendasi Skateboard Terbaik dan Berkualitas Bagi yang Hobi Main Skateboard (2022)

Bermain skateboard jadi salah satu hobi yang digandrungi, terutama oleh anak-anak muda. Anda juga? Simak rekomendasi skateboard terbaik dan berkualitas dalam artikel BP-Guide berikut ini ya!

Papan Skateboard yang Tepat Akan Menunjang Hobi Anda

Hobi skateboarding tak lengkap tanpa skateboard deck atau papan skateboard yang sesuai untuk Anda. Ada beberapa gaya skateboard, seperti freestyle skateboard, slalom skateboard, dan downhill skateboard.

Freestyle skateboard mengacu pada gaya skate dengan trik dan gerakan kaki yang dilakukan pada bidang permukaan yang rata. Sedangkan slalom skateboard dilakukan pada suatu lintasan yang dilengkapi dengan cone-cone kecil sebagai rintangannya. Biasanya lintasan ini digunakan pada perlombaan balap skateboard.

Sementara downhill skateboard merupakan olahraga skateboard level tinggi yang permainannya berhubungan dengan kecepatan tinggi.

Jenis-Jenis Papan Skateboard

Popsicle Deck

Popsicle deck disebut juga sebagai shortboard atau standard deck. Sama seperti namanya, ciri khas popsicle deck adalah bentuk bagian nose dan tail yang simetris, seperti stik es krim.

Jenis papan skateboard ini merupakan yang paling umum digunakan, terutama untuk para pemula. Papan ini juga cocok untuk skateboarding di jalan ataupun di taman skateboard. Anda bisa menemukan banyak papan skateboard model ini di marketplace Indonesia.

Cruiser Deck

Cruiser deck ini hampir mirip dengan popsicle deck, namun dengan ukuran yang lebih panjang. Bedanya lagi, cruiser deck memiliki lebih banyak variasi bentuk.

Anda bisa memilih cruiser deck dengan roda yang soft untuk permukaan kasar. Sayangnya model ini terbilang cukup sulit ditemukan di marketplace di Indonesia.

Old School Deck

Sumber gambar amazon.com

Old school deck memiliki ciri khas flat nose dan kicktails dengan bentuk asimetris. Bagian wheelbase-nya lebih panjang dan lebih lebar dibandingkan popsicle deck sehingga model papan ini memberikan keseimbangan yang lebih baik.

Namun, desainnya membuat papan ini kurang cocok untuk street skating dan mungkin akan lebih sulit untuk melakukan ollie atau flip. Papan ini disarankan untuk digunakan di area ramps atau skating pools.

Longboard Deck

Jenis longboard deck tidak dirancang untuk melakukan trik. Papan ini memiliki bobot yang lebih berat dibanding cruiser deck. Anda bisa menggunakan jenis papan skateboard ini untuk menyusuri jalan, bahkan melewati jalan menurun.

Ada dua model longboard deck, yaitu cruiser dan downhill. Bagi para pemula, pilihlah model cruiser karena permukaannya lebih lebar sehingga lebih stabil. Jika sudah expert, Anda dapat menggunakan model downhill untuk meningkatkan kecepatan dalam skateboarding.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Papan Skateboard

Ukuran Papan

Ukuran papan skateboard menjadi poin penting yang patut Anda perhatikan ketika hendak memilih papan skateboard agar dapat menggunakan skateboard dengan lebih nyaman. Ukuran papan yang dimaksud adalah lebar papan yang biasanya diukur dalam satuan inci.

Ukuran papan skateboard ini biasanya terbagi menjadi full size (7,5 - 8 inci) yang cocok untuk orang dewasa dengan ukuran sepatu lebih dari 38, lalu ada mid size (7,25 - 7,4 inci) yang cocok untuk para remaja atau mereka yang memiliki ukuran kaki 35 - 37.

Selanjutnya ada mini size (7 inci) yang lebih pas bagi anak-anak berusia di atas 5 tahun, dan micro size (6,5 - 6,75 inci) yang cocok untuk anak-anak berusia kurang dari 5 tahun.

Di samping itu, mungkin saja Anda menemukan papan skateboard berukuran lebih dari 8 inci. Papan ini dapat Anda gunakan untuk area skating pool, vert, ramp, dan rail.

Bahan Pembuat Papan

Bahan pembuat papan juga perlu untuk Anda pertimbangkan saat akan memilih skateboard. Bahan pembuat papan dapat menentukan ketahanan dan bobot skateboard. Skateboard dapat dibuat dari berbagai macam material.

Kayu maple merupakan salah satu material yang paling umum digunakan untuk membuat skateboard. Sifatnya kuat sehingga lebih tahan benturan. Namun, paparan sinar matahari langsung lama kelamaan dapat menyebabkan materialnya rusak, jadi Anda harus menyimpannya di tempat yang sejuk.

Beberapa skateboard juga dibuat dari plastik yang diproduksi agar tidak selip di alas kaki. Material ini tak begitu banyak digunakan untuk membuat skateboard.

Ada pula skateboard yang dibuat dari carbon fiber atau serat karbon sehingga beratnya menjadi lebih ringan dan Anda pun dapat meluncur lebih cepat pada papan skateboard ini.

Selain bahan-bahan tersebut, ada juga papan skateboard yang menggunakan material aluminum ataupun bambu. Namun, skateboard dari bahan-bahan lainnya ini terbilang cukup sulit ditemukan di Indonesia.

Konstruksi Papan

Skateboard dirancang dengan beberapa jenis konstruksi papan. Secara umum, ada tiga jenis konstruksi papan skateboard yang bisa Anda temui di pasaran, yaitu 7-ply, tech construction, dan slick decks. Anda bisa memilih konstruksi papan yang sesuai dengan trik yang biasa Anda mainkan.

7-ply merupakan konstruksi yang paling umum digunakan dalam sebuah papan skateboard. Papan ini memiliki tujuh lapisan kayu yang dipres dan dilekatkan. Konstruksi ini biasanya digunakan untuk skateboard berbahan kayu maple.

Kemudian ada slick decks yang menggunakan lapisan vinyl pada bagian bawah papan. Lapisan vinyl ini cocok digunakan untuk slide trick.

Selanjutnya tech construction yang mana skateboard dirancang lapisan fiberglass ataupun bahan lainnya. Lapisan ini berfungsi untuk meningkatkan kekuatan skateboard. Pilihlah konstruksi ini jika Anda sering melakukan trik ollie atau flip trick.

Rekomendasi Skateboard Terbaik Buat Anda

Decathlon Bruce Deck Skateboard

Bruce Deck Skateboard diklaim memiliki daya lambung yang lebih tinggi. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan trik. Menggunakannya di jalanan ataupun tempat latihan khusus skateboard juga tetap nyaman. Anda dapat memilih papan bergambar atau berwarna biru ataupun kuning untuk menemani skateboarding Anda.

Harga Rp. 700.000-1.000.000

Santa Cruz Screaming Hand Skateboard Deck

Apabila Anda sedang mencari papan skate dengan permukaan matte, Anda dapat memilih produk Santa Cruz ini. Merek yang satu ini menawarkan grafis bertema pop yang lebih berwarna, dengan gambar tangan bermulut khas Santa Cruz yang ikonis. Grafis pop menjadi incaran dan disukai oleh para pemain skateboard masa kini.

Harga Rp. 800.000-1.000.000

Maven I'm Fine

Apabila Anda menyukai warna pastel, Anda dapat memilih produk skateboard dari Maven ini. Brand ini menyediakan koleksi skateboard dengan warna-warna pastel yang sangat menggemaskan. Detail gambar dan tulisannya juga menarik dengan model gambar tangan. Koleksi yang satu ini merupakan koleksi terbatas dari Maven. Jadi, Anda tak bisa kalah cepat dari yang lain.

Harga Rp. 1.000.000-2.500.000

Wtrmln Supply Co Pintail Longboard

Skateboard ini termasuk jenis longboard deck yang memiliki bentuk seperti surfboard. Ukurannya yang lebar akan memberikan keseimbangan ekstra saat Anda menggunakan skateboard saat menyusuri jalan. Wtrmln Supply Co selalu menawarkan desain yang fresh dengan pilihan warna dan gambar yang tampak ceria agar Anda pun lebih bersemangat.

Harga Rp. 1.500.000-2.500.000

Blank Deck

Sesuai dengan namanya, blank decks adalah tidak memiliki desain yang ramai. Jadi, papan skateboard ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari papan skateboard sederhana. Anda bebas berkreasi pada papan ini untuk menuangkan entah itu gambar atau tulisan pada papan, sehingga papan skateboard Anda pun tidak akan sama dengan orang lain.

Harga Rp. 250.000-500.000

Raisa x Darbotz Skateboard Deck

Bagi Anda yang merupakan YourRaisa, produk ini tentu akan memikat Anda. Tunjukkan bahwa Anda memang penggemar Raisa dengan menggunakan papan skateboard ini. Produk ini adalah hasil kolaborasi Raisa dengan Darbotz dari Juni Goods. Papan skateboard ini didesain dengan tema hitam putih sehingga menjadikannya tampak lebih dramatis.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000

Flofa Deck Skateboard

Meski Flofa tergolong merek lokal yang baru di bidang skateboard dibandingkan dengan merek yang lain, namun dapat memproduksi papan skateboard yang tak kalah berkualitas. Dari segi desain, papan skateboard Flofa ini memiliki desain futuristik. Ada empat desain yang ditawarkan Flofa, yaitu Glitch, Angel, Jakartans, dan Mural.

Harga Rp. 500.000-800.000

Scratch Skateboard Deck

Bagi Anda yang memiliki badan besar atau gemuk, tidak perlu takut untuk menggunakan papan skateboard ini. Sebab, papan skateboard ini memiliki tujuh lapis kayu canadian maple yang sangat kokoh. Produk ini tersedia dalam beberapa ukuran, mulai dari 7,8 inci, 8 inci, serta 8,25 inci. Scratch Skateboard Deck ini juga menawarkan banyak pilihan warna yang dapat Anda pilih.

Harga Rp. 500.000-650.000

Globe G3 Bar Deck

Tak hanya terbuat dari kayu maple saja, Globe juga menambahkan bahan carbon fiber dalam bentuk laminate disc, sehingga papan ini pun menjadi lebih tahan lama. Papan ini juga dirancang dengan permukaan yang bertekstur metalik sehingga membuat tampilannya menjadi lebih keren. Anda dapat memilih produk ini untuk mendapatkan papan yang awet dan keren.

Harga Rp. 800.000-1.200.000
From our editorial team

Gabung Dengan Komunitas Skateboard Agar Punya Banyak Pengalaman dan Teman

Selain memiliki skateboard terbaik seperti yang direkomendasikan oleh BP-Guide di atas, yang tidak kalah penting adalah bergabung dengan komunitas. Dengan demikian, Anda akan bisa bertukar pengalaman dengan mereka yang lebih senior. Tidak hanya itu, Anda juga akan punya banyak teman!

Tag