Hobi Berpetualang? Ini 10 Rekomendasi Teropong Terbaik untuk Mendukung Aktivitas Outdoor (2021)

Hobi Berpetualang? Ini 10 Rekomendasi Teropong Terbaik untuk Mendukung Aktivitas Outdoor (2021)

Punya hobi di luar ruangan memang sangat seru terutama jika kamu bisa mengamati alam sekitar atau benda langit di malam hari. Untuk mendukung aktivitas outdoor, kamu bisa pilih teropong terbaik untuk membantu pengamatan. Cek rekomendasinya berikut!

Teropong Bisa Sangat Membantu Mengamati Objek dari Kejauhan

Sumber gambar www.bhphotovideo.com

Teropong adalah alat yang digunakan untuk melihat benda dari jauh. Saat ini banyak orang yang menggunakannya dalam berbagai aktivitas. Biasanya teropong digunakan untuk melihat lokasi atau benda jauh misalnya saat berada di gunung, perbukitan, atau pantai. Perangkat optik yang satu ini sudah digunakan sejak abad ke-4 Sebelum Masehi dalam dunia astronomi dan kelautan. Beberapa jenis teropong yang saat ini banyak dikenali di antaranya adalah teropong bintang, teropong bumi, dan periskop. Tentunya untuk beberapa profesi dan dan aktivitas teropong sangat penting dan dibutuhkan.

Fakta Menarik tentang Teropong yang Mesti Kamu Ketahui

Teropong Pertama Kali Diciptakan Dalam Tabung Kayu

Ada beberapa fakta menarik tentang teropong yang bisa kamu ketahui. Tahukah kamu bawa teropong atau teleskop pertama kali diciptakan dengan dua lensa dalam tabung yang terbuat dari kayu? Teleskop pertama ini diciptakan oleh Hand Lippershey yang berkebangsaan Jerman-Belanda pada tahun 1608 dan disebut dengan istilah perspective glass.

Teropong Dibuat oleh Hans Lippershey pada Tahun 1608

Sumber gambar alchetron.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa teropong pertama diciptakan oleh seorang yang berkebangsaan Jerman-Belanda yaitu Hans Lippershey yang juga merupakan seorang pembuat lensa. Lippershey sendiri lahir di di kota Wesel yang berada di bagian barat Jerman pada tahun 1570. Kemudian dia menetap di Middleburg ibukota provinsi Zeeland di Belanda pada tahun 1594.

Meskipun ada beberapa pendapat bahwa teleskop mungkin saja diciptakan oleh orang lain sebelumnya, tetapi Lippershey dipercaya sebagai orang pertama yang menerima paten untuk desainnya tersebut.

The Dutch Perspective Glass, Nama Teropong Saat Itu

Sumber gambar www.tripadvisor.com

Pada saat itu teropong atau teleskop tidak disebut sebagai namanya di saat seperti sekarang. Awalnya teropong dibuat dari dua lensa di dalam tabung kayu yang dikenal dengan nama The Dutch Perspective Glass. Teropong pada saat itu yang ditemukan oleh Lippershey hanya bisa memperbesar objek tiga kali dibanding ukuran aslinya. Lippershey sempat gagal mengajukan dan memperoleh hak paten atas temuannya tersebut namun di kemudian hari kerajaan Belanda menghadiahinya hak paten tersebut.

Galileo Galilei Bukanlah Penemu Teleskop

Sumber gambar www.prensalibre.com

Mungkin banyak yang mengira bahwa penemu teleskop atau teropong pertama adalah Galileo Galilei yang merupakan seorang astronom terkenal. Meskipun saat di sekolah dasar kita sering mengetahui bahwa Galileo Galilei adalah penemu teleskop tetapi nyatanya tidak demikian. Galileo memang menciptakan sebuah teleskop serupa untuk mempelajari bulan tetapi tidak dianggap sebagai teleskop yang pertama ditemukan. Teleskop Galileo sendiri merupakan suatu alat atau teropong yang lebih baik dan merupakan modifikasi teleskop refraksi yang dibuat oleh pendahulunya yakni Lippershey.

Teleskop Terbesar di Dunia Saat Ini

Gran Telescopio Canarias

Sumber gambar www.agenciasinc.es

Siapa sangka jika ada beberapa teleskop raksasa dengan ukuran besar di dunia. Salah satunya adalah Gran Telescopio Canarias yang berarti teleskop besar Canarias. Teleskop yang juga dikenal dengan sebutan GTC atau GranTeCan adalah teleskop cermin 10,4 M yang berada di observatorium Roque de los Muchachos di Pulau Palma, Kepulauan Canary, Spanyol.

Teleskop ini adalah teleskop terbesar di bumi yang memiliki ukuran 34 kaki atau 409 inci. Meski berada di Spanyol, teropong ini dimiliki dan dipelihara oleh tiga negara yakni Spanyol, Meksiko, dan Amerika Serikat.

South African Large Telescope

Sumber gambar www.britannica.com

Teleskop terbesar lainnya yang ada di dunia adalah South African Large Telescope atau SALT. Sesuai namanya teropong ini berada di observatorium astronomi di negara Afrika Selatan. Teropong berukuran 30,6 kaki ini adalah teleskop optik kelas 10 yang dirancang untuk spektroskopi. Terdapat 91 segmen cermin heksagonal yang berdiameter 1 meter di dalamnya.

Terletak di dekat kota Sutherland, teropong ini dapat membantu para ilmuwan untuk meneropong bintang dan melihat galaksi yang tak mungkin dilihat oleh mata biasa. Teropong ini juga memiliki kemampuan untuk melihat quasar atau bintang terang yang berada di tengah galaksi yang merupakan objek terjauh di alam semesta.

Hobby Eberly

Sumber gambar ast.noao.edu

The Hobby-Eberly Telescope (HET) adalah teleskop optik yang juga merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Dengan ukuran 10 meter atau 30 kaki, teleskop ini terletak di McDonald observatory, Davis Mountains, Texas, Amerika Serikat. Teleskop ini punya berbagai fitur yang digabungkan dan membuatnya berbeda dengan teleskop sejenis. Terdapat cermin utama yang dipasang pada sudut 55 derajat dan hanya bisa berputar di sekitar alasnya. Alat ini dapat menyediakan akses ke sekitar 70 hingga 80% langit di lokasinya dan memungkinkan target dilacak hingga 2 jam.

Teleskop yang dinamai sesuai dengan nama mantan Letnan Gubernur Texas yaitu Bill Hobby dan seorang dermawan yaitu Penn State Robert Eberly ini dapat juga digunakan untuk mengukur massa lubang hitam supermasif di galaksi yang berjarak sekitar 220 juta tahun cahaya.

ESO Very Large Telescope

Sumber gambar www.eso.org

Teleskop terbesar di dunia lainnya adalah Very Large Telescope yang dibangun oleh European Southern Observatory atau ESO. Teleskop-teleskop milik ESO tersebut dibangun di gurun yang terisolasi dan kering yakni Atacama di Chile. Langit Chile yang cerah membuat teleskop tersebut dapat bekerja dengan maksimal sehingga pengamat bisa melihat langit malam dengan sangat detail dan jelas.

VLT atau Very Large Telescope tersebut memiliki empat teleskop optik yakni teleskop Antu, Kueyen, Melipal, dan Yepun yang berarti matahari, bulan, salib selatan, dan venus dalam bahasa Mapuche. Setiap teleskop pada VLT memiliki tingkap 8,2 meter atau sekitar 27 kaki. Teleskop tersebut bisa beroperasi secara individu atau bersama-sama sebagai interferometer.

Konstruksi teleskop ini dimulai pada tahun 1991 dan melakukan pengamatan pertamanya di tahun 1998. Sudah banyak penemuan yang dilakukan oleh teleskop ini di antaranya adalah penemuan planet ekstrasurya dan bintang besar R136a1.

Rekomendasi Teropong Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan di Toko Online

Sakura Binoculars HD Night Vision 30x60

Teropong Binokular Sakura HD Night Vision bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang butuh teropong berkualitas. Teropong ini terbuat dari material rubber coating yang tangguh serta dilengkapi dengan lensa anti reflection yang dapat digunakan untuk berpetualang atau melihat objek dengan lebih jelas. Teropong ini juga bisa digunakan untuk melihat di malam hari dengan perbesaran 30 x 60 dan dapat melihat hingga jarak 1000 m.

Harga Rp. 80.101-95.000

SUNCORE Outdoor Magnification 114-1000m 10x25

Butuh teropong yang tangguh untuk dibawa saat berpetualang? Kamu bisa pilih teropong Suncore Binocular Outdoor Magnification. Teropong dengan ukuran 10 x 25 ini dapat mengamati objek pada jarak antara 114 hingga 1000 meter. Dilengkapi pula dengan lensa optical glass yang dapat memberikan hasil optik yang jernih dan jelas.

Harga Rp. 228.000-366.308

Baigish Outdoor Magnification 80x120 A1040

Baigish Teropong Binocular Outdoor Magnification 80 X 120 A1040 juga bisa jadi pilihan untuk melakukan kegiatan outdoor atau profesional. Teropong ini dilengkapi dengan lensa arti reflection yang memberikan hasil bayangan lebih jernih dan bersih serta dapat melakukan perbesaran hingga 80 x 120. Memiliki view angle 9.5, teropong ini terbuat dari material yang ringan tapi tetap kokoh dan kuat sehingga Anda tidak perlu khawatir jika teropong terjatuh saat beraktivitas.

Harga Rp. 127.200-155.000

Teropong Canon 20x50

Teropong keluaran Canon tentu tidak diragukan lagi kualitasnya. Teropong dengan ukuran 20 x 50 ini dapat digunakan pada jarak 56 hingga 1000 meter. Dirancang khusus untuk mereka yang serius dalam melakukan kegiatan outdoor seperti mendaki gunung, berburu, memancing, melihat sekitar pantai, dan lainnya.

Canon 20x50 ini juga memiliki perbesaran yang optimal sehingga kamu bisa mendapatkan hasil bayangan yang jernih dan tajam. Saat membeli teropong ini kamu juga akan mendapatkan tas untuk menyimpan teropong, tisu pembersih lensa, penutup lensa depan dan belakang, serta buku manual berbahas Inggris. Lengkap bukan?

Harga Rp. 509.000-762.000

Bushnell 10X25

Jika bujet tidak memungkinkan untuk membeli teropong mahal, kamu tidak perlu khawatir. Ada banyak teropong dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas yang bisa kamu dapatkan di pasaran.

Teropong Bushnell 10x25 Zoom adalah teropong dengan ukuran panjang 9 cm dan lebar 6,4 cm serta memiliki diameter lensa depan 2,1 cm dan diameter latar belakang 2,7 cm. Teropong ini mampu mencapai jangkauan pandang 98 meter hingga 1000 meter dan memiliki perbesaran 10 kali. Cocok digunakan untuk kegiatan outdoor atau berpetualang maupun digunakan sebagai mainan anak-anak.

Harga Rp. 70.000-111.250

Barska 8X22

Teleskop Barska 8X22 Blue Line Golf Scope Rangefinder adalah teleskop yang diperuntukkan untuk mereka yang profesional dan membutuhkan teleskop dengan kualitas mumpuni. Teleskop ini memiliki fitur tahan air dan lensa optik yang berlapis ruby unik untuk meminimalisir kilau sinar UV. Dengan perbesaran 8x, teleskop ini memiliki lensa objektif berukuran 22 mm dan memiliki jangkauan pandang hingga 1000 meter. Cocok digunakan untuk kamu yang sering melakukan kegiatan outdoor seperti bermain golf atau lainnya.

Harga Rp. 1.975.000-2.528.000

Land & Sky 36050

Suka memandang bintang dan ingin melihatnya dengan lebih jelas? Kamu bisa miliki teropong bintang Land And Sky 36050. Teleskop atau teropong bintang ini cocok untuk kamu yang suka ilmu perbintangan atau astronomi. Teleskop ini memiliki diameter 5 cm dengan lensa berjenis coated optics. Land And Sky 36050 ini juga dilengkapi dengan dua eyepieces dengan ukuran yang berbeda yakni 6 mm dan 20 mm.

Memiliki perbesaran 18 hingga 60 kali sehingga objek akan nampak lebih jelas dan tajam. Meski demikian, teleskop bintang ini tidak bisa digunakan untuk melihat matahari karena bisa merusak mata dan untuk anak dibawah 12 tahun harus ditemani dengan orang dewasa saat menggunakan teleskop ini.

Harga Rp. 785.000-1.326.000

Aomekie Opera Glasses Binoculars 3X25

Teropong Klasik Lipat Opera juga bisa jadi pilihan teropong yang bisa kamu gunakan untuk melihat dari jauh. Teropong ini memiliki perbesaran 3 x 25 dan lensa berukuran 6,25 mm. Alat ini mampu menghasilkan gambar yang jelas sehingga cocok digunakan untuk menonton konser, drama, maupun opera. Dilengkapi dengan rantai yang stylish, teropong ini punya desain yang indah dan awet digunakan.

Harga Rp. 483.000-519.700

Nikon Aculon A211 16x50

Butuh teropong jarak jauh untuk aktivitas astronomi? Kamu bisa gunakan Teropong Jarak Jauh 20000. Teropong ini memiliki sistem lensa A Series dan optik Eco-Glass yang bebas timbal dan arsenik. Alat ini juga memiliki lensa BAK4 Porto Prisma dan optik multicoated sehingga tampilan sudutnya lebih lebar dan dapat menghasilkan gambar yang lebih jelas. Terbuat dari material lapis baja karet yang kuat dan aman digunakan.

Harga Rp. 3.125.000-3.950.000

Celestron AstroMaster 70AZ

Teleskop Celestron AstroMaster 70AZ adalah teleskop refraktor dengan ukuran 70 mm dan dilengkapi dengan lensa berlapis serta tabung yang ringan. Teropong dengan dua lensa mata berukuran 20 mm dan 10 mm ini juga memiliki pengatur gerak altazimuth dengan pengunci untuk menargetkan objek yang lebih halus dan akurat. Kamu juga bisa menggunakan software atau aplikasi Starry Night Basic untuk mendapatkan panduan dan basis data 36.000 objek yang bisa diamati serta peta langit yang dapat dicetak. Tentunya kamu bisa menjelajahi tata surya hanya dengan bermodalkan teropong ini.

Harga Rp. 4.824.300-6.144.000
From our editorial team

Teropong Terbaik untuk Aktivitas Outdoor

Teropong adalah alat yang biasa digunakan untuk mengamati benda dari jauh. Kalau kamu sering melakukan kegiatan outdoor seperti pengamatan burung atau bintang, kamu perlu teleskop atau teropong yang mumpuni. Sebelum memilih teropong terbaik, pertimbangan terlebih dahulu spesifikasi dan keunggulan fitur teropong. Pertimbangkan juga bujet yang kamu miliki agar bisa mendapatkan teropong yang sesuai.