Tetap Trendi saat Naik Gunung dengan 10 Jaket Outdoor Keren Ini

Tetap Trendi saat Naik Gunung dengan 10 Jaket Outdoor Keren Ini

Saat beraktivitas di luar ruangan, apalagi saat naik gunung, jaket adalah hal yang wajib digunakan. Salah pilih jaket, kamu bisa terkena hipotermia dan bahaya lainnya. Yuk, simak tips memilih jaket outdoor serta rekomendasinya!

Jaket outdoor yang oke bikin perjalanan kamu makin oke

Sumber gambar blog.theclymb.com

Bagi orang yang menyukai kegiatan di luar ruangan, terutama yang hobi mendaki, jaket merupakan kebutuhan yang sangat penting. Memakai jaket ketika berada di luar atau saat mendaki akan melindungi kulit dari sengatan matahari secara langsung dan melindungi tubuh dari hawa dingin. Jadi dengan kata lain, jaket merupakan item yang wajib kamu punya saat melakukan perjalanan atau pendakian.

Karena jaket dipastikan akan dipakai selama perjalanan, maka banyak orang yang memilih jaket outdoor dengan style menarik agar penampilan mereka semakin oke. Apalagi saat ini jaket gunung sudah memiliki desain, model, bahan dan warna yang beragam.

Namun, satu hal yang harus diingat, ketika memilih jaket jangan sampai hanya mempertimbangkan dari sisi desainnya saja karena yang lebih penting dari sebuah jaket gunung adalah memberikan rasa nyaman dan melindungi kamu selama dalam perjalanan.

Tips memilih jaket outdoor yang pas dan nyaman

Jaket harus pas di badan

Sebagus apa pun sebuah jaket, jika tidak nyaman maka pasti akan membuat pemakainya risih. Oleh karena itu, pilihlah jaket yang nyaman untukmu. Salah satu tolok ukur kenyamanan dalam berpakaian adalah ukurannya yang pas di badan.

Jaket yang terlalu kecil atau ketat akan membuatmu sesak dan tidak leluasa untuk bergerak. Sebaliknya, jaket dengan ukuran kebesaran akan membuatmu terlihat aneh. Saat membeli jaket, pastikan kamu mencobanya terlebih dahulu apakah jaket tersebut pas di badan dan memberikan kenyamanan untuk ruang gerakmu.

Warna terang bikin kamu mudah dikenali

Kebanyakan pendaki cenderung lebih suka memilih jaket dengan warna gelap dengan alasan agar tidak mudah kotor. Alasan ini tentu saja logis. Namun memilih jaket dengan warna terang membuatmu tidak terlalu kepanasan saat siang terik karena warna terang tidak mudah menyerap panas.

Memakai jaket warna terang juga akan membuatmu lebih mudah untuk dikenali. Ketika kamu berada di hutan dan pada malam hari atau cuaca sedang mendung, warna terang membuatmu mudah terlihat dan dikenali.

Kerah tinggi dan topi sangat berguna untuk melindungi kepala dan leher

Sumber gambar filipinolifemagazine.com

Cuaca di alam bebas bisa berubah sewaktu-waktu. Memilih jaket dengan kerah dan hoody dapat membantumu melindungi kepala ketika hujan deras atau panas menyengat. Kerah yang tinggi dan hoody juga dapat berfungsi sebagai penutup telinga dari tiupan angina kencang dan melindungi leher agar terasa lebih hangat.

10 Rekomendasi jaket outdoor terbaik yang bisa dijadikan pilihan

Consina Equator

Consina terkenal sebagai brand lokal yang khusus memproduksi keperluan outdoor seperti tenda, tas gunung, webbing, sepatu, sleeping bag, jaket dan sebagainya. Meski brand lokal, Consina sudah bisa menembus pasar luar. Salah satu produksi andalannya adalah jaket gunung consina equator.

Jaket waterproof ini memiliki hoodie yang bisa dilepas sesuai keperluan, dilengkapi juga dengan beberapa kantong. Jaket ini bisa kamu beli langsung di toko Consina yang sudah tersebar di seluruh kota-kota di Indonesia. Atau kamu juga bisa membelinya di tokopedia.com, harganya sekitar Rp 450.000.

Consina Maverick

Sumber gambar s2.bukalapak.com

Selain seri equador, consina juga punya jaket gunung seri Maverick. Konsep outdoor tetap dipertahankan pada jaket ini meskipun sebenarnya maverick adalah model distro. Perpaduan konsep outdoor dan distro ini menjadikan maverick jaket yang bisa dipakai untuk mendaki dan melindungi dari cuaca tak bersahabat, namun tetap cocok jika dipakai untuk nongkrong dan santai karena bahannya yang tidak terlalu tebal.

Maverick terbuat dari bahan yang stretch, wind breaker dan inner yang polos. Dilengkapi juga dengan hoodie yang bisa melindungi kepala saat panas terik atau hujan. Harganya lebih murah jika dibandingkan dengan Consina Equator, yaitu sekitar Rp 185.000 di bukalapak.com.

Jack Wolfskin FRASER CANYON

Sumber gambar www.jack-wolfskin.com

Jaket gunung dari brand luar yang cukup populer di kalangan pendaki adalah Jack Wolfskin. Salah satu koleksi pabrikan Jerman ini adalah Fraser Canyon. Jaket ini akan memberikan kenyamanan saat digunakan karena dapat melindungi dari angin kencang dan hujan. Kerahnya yang tinggi juga akan melindungi leher sehingga akan memerikan kehangatan pada bagian leher. Pada situs amazon.com Fraser Canyon dijual seharga Rp 3.500.000.

Jack Wolfskin TROPOSPHERE MEN

Sumber gambar cdn.idealo.com

Troposphere merupakan jaket outdoor dari Jack Wolfskin yang memiliki 100% serat alami dan ramah lingkungan. Sangat cocok digunakan pada cuaca dingin karena jaket ini tahan air dan sekaligus dapat melindungi tubuhmu dari terpaan angin. Jaket ini memberikan kelancaran sirkulasi udara dari tubuh sehingga tidak mudah lembab. Bahannya juga sangat ringan. Jack Wolfskin Men's Troposphere Jacket dijual di amazon.com dengan harga Rp 3.600.000.

Jack Wolfskin WESTPOINT ISLAND

Sumber gambar mosaic01.ztat.net

Koleksi jaket outdoor lainnya dari Jack Wolfskin adalah westpoint island. Jaket ini memiliki potongan long cut zip dengan flap angina. Dilengkapi juga dengan kantung pada bagian dada dan resleting. Bahannya yang waterproof menjadikan westpoint island sangat cocok digunakan untuk mendaki dalam cuaca hujan sekalipun. Jaket ini dijual di planet-sports.com dengan harga Rp 1.700.000.

Eiger Hardshell Clement Jacket

Sumber gambar s2.bukalapak.com

Siapa sih yang tidak kenal brand lokal bernama Eiger? Bagi kalangan pendaki dan pencinta kegiatan outdoor, nama Eiger tentu saja sudah tidak asing lagi. PT Eigerindo Multi Produk Industri ini didirakan oleh Ronny Lukito pada tahun 1993 dan fokus pada bidang manufaktur serta ritel peralatan bertualang.
Salah satu jaket gunung produksi Eiger yang sangat recommended adalah Hardshell Clement Jacket.

Jaket berbahan polyester ini memiliki kantong pada bagian dada dan di samping kiri-kanan. Dilengkapi juga dengan hoodie yang bisa dilepas sehingga membuat jaket ini sangat keren. Di bukalapak.com Hardshell Clement Jacket dijual dengan harga Rp 450.000.

Eiger Jacket Lifestyle Parka Uno

Sumber gambar bukalapak.com

Jaket outdoor lainnya dari Eiger yang tak kalah keren adalaha Lifestyle Parka Uno. Berbeda dari Hardshell Clement Jacket, jaket Lifestyle Parka Uno ini terbuat dari bahan katun yang adem. Terdapat 2 buah kantong pada bagian dada dan 2 kantong lainnya ada bagian perut.

Sesuai dengan namanya, jaket ini lebih cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari di luar ruangan, pola regular dan aksesori berbahan kulit imitasi menjadikan jaket ini memiliki kesan heritage. Selain itu ada juga hoodie yang dapat diatur. Kamu bisa membelinya langsung di store Eiger yang tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia, atau bisa juga membelinya di eigeradventure.com seharga Rp 550.000.

The Northface MEN'S VENTRIX HOODIE

Jika kamu mencari jaket model hoodie yang ringan, memiliki sirkulasi udara yang cukup dan memberikan kehangatan, maka Men’s Ventrix Hoodie dari The Northface adalah pilihan cocok.

Jaket yang dijual seharga Rp 2.600.000 di situs resminya thenorthface.com ini memberikan keleluasaan bagi kamu untuk bergerak aktif tanpa takut kepanasan dan berkeringat. Ventrix Hoodie juga baru mendapatkan penghargaan dari Editor Choice pada dari Majalah Backpacker pada tahun 2017 kemarin.

The Northface MEN'S APEX FLEX GTX JACKET

Sumber gambar www.thenorthface.com

The Northface juga memiliki jaket outdoor lainya yang diberi nama Men’s Apex Flex GTX Jacket. Sebenarnya konsep dari jaket ini adalah perpaduan rompi tahan hujan dengan penutup kepala apex flex yang diberikan pelrindungan Gore-Tex®.

Terbuat dengan bahan polyester dengan kantong pada bagian dada dan resleting, jaket ini sangat nyaman digunakan karena dapat menghambat kelembapan sehingga kamu akan selalu merasa kering. Kainnya yang ringan juga dapat membantu mengatur suhu tubuh. Jika tertarik dengan Men’s Apex Flex GTX Jacket kamu bisa membelinya di situs resmi the north, yaitu thenorthface.com seharga Rp 2.000.000.

The Northface MEN'S VENTURE 2 JACKET

Sumber gambar images.prod.meredith.com

Koleksi lainnya dari The North Face adalah men’s Venture 2 jacket. Jaket ini sangat cocok dipakai ketika kamu bepergian ke daerah pedesaan atau gunung dengan cuaca ekstrem. Bahannya yang ringan, tahan air dan angina serta sirkulasi udara yang baik untuk mengatur suhu tubuh. Pada situs amazon.com, Venture 2 dijual seharga Rp 1.500.000 dengan garansi seumur hidup.

From our editorial team

Naik Gunung Tidak Lengkap Tanpa Jaket Outdoor Ini

Jaket outdoor keren pastinya akan membuat kamu tambah gaul pada saat beraktivitas di luar ruangan. Selain aman, model jaket outdoor pastinya keren-keren. Tunggu apa lagi? Yuk, coba jaket outdoor-nya!

Tag