Rekomendasi 10 Topi Rimba yang Nyaman Dipakai untuk Aktivitas Outdoor Anda

Rekomendasi 10 Topi Rimba yang Nyaman Dipakai untuk Aktivitas Outdoor Anda

Naik gunung pasti butuh peralatan yang memadai. Salah satunya adalah topi rimba yang akan memberikan perlindungan maksimal ketika Anda berada di tengah belantara. Topi rimba yang pas ukurannya pasti dapat memberikan kenyamanan untuk Anda.

Bagi Anda yang Suka Naik Gunung, Topi Adventure atau Topi Rimba Adalah Peralatan Wajib

Topi merupakan salah satu aksesoris wajib yang perlu Anda bawa ketika melakukan perjalanan atau petualangan di luar ruangan. Dengan adanya topi, Anda pasti tetap nyaman saat berjalan di tengah teriknya matahari maupun cuaca yang kurang bersahabat.

Topi rimba atau lebih dikenal dengan topi adventure merupakan salah satu jenis topi yang pasti Anda lihat di etalase toko peralatan outdoor. Topi jenis ini banyak diminati oleh para petualang atau orang-orang yang gemar melakukan travelling ke alam bebas. Bahan utama pembuat topi rimba mudah kering dan memiliki sirkulasi udara yang lancar bagi kepala merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh topi ini.

Topi rimba ini bentuknya hampir menyerupai bucket hat namun memiliki tambahan tali dan brim yang melingkar penuh dan menutup kepala. Topi ini kerap digunakan oleh penjaga kebun binatang atau para pasukan militer. Beberapa jenis topi lainnya yang memiliki kesamaan bentuk dengan topi rimba adalah bucket hat, topi sombero dari Meksiko, hingga topi pantai. Anda pasti bisa membedakan satu dengan yang lainnya.

Bucket hat memiliki ciri topi yang hampir sama dengan topi rimba namun memiliki bibir yang lebih kecil dan bagian kepalanya tegak dan kaku ke bagian atas. Sedangkan topi sombero memiliki pinggiran yang sangat lebar dan topi pantai memiliki pinggiran yang lebih luas namun lucu dengan tambahan aksen dan detail yang variatif.

Tips Memilih Topi Rimba yang Baik

Mengingat model topi yang sangat beragam, Anda dapat menyesuaikan topi yang hendak dibeli dengan kebutuhan. Jika Anda hendak melakukan perjalanan, maka pilihlah topi yang lebih mudah kering ketika terkena hujan maupun keringat akibat panas matahari yang menyengat. Pilihlah jenis topi yang benar-benar mampu melindungi kepala Anda. Nah, berikut ini merupakan tips memilih top rimba yang baik untuk Anda!

Pilih Topi dengan Bahan Drill atau Ripstook

Bahan utama pembuat topi merupakan aspek pertama yang harus Anda perhatikan ketika hendak membeli topi rimba. Anda dapat memilih topi yang berbahan dasar kain drill atau ripstook.

Drill merupakan salah satu jenis kain yang kerap kali digunakan sebagai material utama pembuat topi. Drill sendiri terdiri dari beberapa jenis, hisoft merupakan jenis drill yang memiliki tekstur yang hampir sama dengan japan drill namun hisoft lebih halus dan lemas.

Selalin hisoft drill, bahan ripstook merupakan salah satu bahan topi rimba yang direkomendasikan. Bahan ini terbuat dari nilon yang memiliki ciri khusus berupa kotak benang yang berfungsi sebagai pengencang kain sehingga topi ini tahan sobek. Bahan ini memiliki empat tingkatan, yaitu excelent, standar, executive, dan victor.

Jangan Sampai Salah Membeli Topi, Perhatikan Jenisnya

Menyesuaikan topi yang akan dikenakan dengan medan yang hendak ditempuh selama travelling merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan.

Sama-sama berfungsi sebagai topi yang berfungsi untuk melindungi kepala, jenis topi lapangan dibagi menjadi dua. Topi rimba merupakan jenis topi yang melindungi dari sengatan matahari dan binatang atau serangga yang menyerang bagian kepala Anda. Selain topi rimba, jenis topi lapangan baiaciava merupakan jenis topi yang menjaga agar kepala Anda tetap hangat.

Sesuaikanlah jenis topi dengan tipe perjalanan yang hendak Anda lakukan.

Pilih yang Pas dan Nyaman

Selain bahan dan model, ukuran topi adalah hal yang patut diperhatikan juga. Ukuran topi yang pas akan membuat Anda nyaman memakainya hingga berjam-jam. Anda dapat memilih model yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda, namun ukuran yang pas tidak boleh Anda lupakan.

Cocokkan juga dengan bentuk wajah dan warna dari pakaian Anda. Usahakan memilih warna netral dan mudah dipadupadankan dengan warna baju Anda.

10 Merek Topi Rimba yang Bisa Dijadikan Pilihan

Merek merupakan salah satu aspek yang senantiasa diperhatikan ketika membeli peralatan outdoor hingga aksesorisnya. Sebagai rekomendasi, berikut ini kami sajikan beberapa jenis topi rimba dari brand ternama yang dapat Anda pilih untuk melengkapi kebutuhan travelling dan fashion Anda.

ProCamp

Sumber gambar www.tokopedia.com

Jika sedang mencari topi rimba maka Anda bisa memilih salah satu topi rimba buatan ProCamp. Topi rimba bertajuk Topi Rimba Lipat ProCAMP Cap Jungle Hat ini dijual seharga Rp 55.000 di Tokopedia.

Kelebihan topi rimba ini adalah menggunakan material polyester cotton yang tebal dan kuat. Tidak hanya itu saja, topi ini juga bisa dilipat menjadi kecil. Seller di Tokopedia menyediakan satu variasi ukuran saja, namun ada dua varian warna yang dapat Anda pilih, yaitu hitam dan hijau.

Topi ini sangat cocok dikenakan untuk melakukan eksplorasi outdoor, rafting, outbond, dan semua kegiatan luar luar ruangan yang mengharuskan Anda memakai topi untuk melindungi kepala Anda. Yuk, pesan sekarang juga!

Eiger

Sumber gambar www.bukalapak.com

Merek peralatan adventure Eiger tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Brand ini pertama kali dicetuskan oleh Ronny Lukito dengan mengambil salah satu nama gunung yang terkenal di Swiss, Eiger. Eiger berdiri sejak tahun 1993 dengan basis produksi dan pemasok peralatan outdoor, seperti tenda, panjat tebing, hingga peralatan pendakian gunung.

Eiger juga memiliki topi rimba yang sangat nyaman untuk dipakai ketika berpetualang. Topi Rimba Gunung Eiger 2IN1 EIGER 5441 RIMBA 2 ORIGINAL ini dijual seharga Rp 105.900. Anda dapat memesannya di Tokopedia atau di toko offline Eiger di kota Anda.

Topi ini memiliki banyak kelebihan. Anda dapat mengganti warna topi ini dengan hanya membaliknya saja loh. Jangan khawatir dengan kualitas topi buatan Eiger ini, karena topi ini terbuat dari bahan yang berkualitas, jahitan yang rapi, dan nyaman ketika dipakai.

Jack Wolfskin

Sumber gambar www.priceza.co.id

Merek peralatan outdoor dari Jerman, Jack Wolfskin, menawarkan salah satu topi rimba berkualitas yang siap menemani kegiatan Anda saat di luar ruangan. Jack Wolfskin sendiri merupakan suatu perusahaan pakaian outdoor yang berdiri sejak tahun 1981. Sampai saat ini, Jack Wolfskin masih menjadi salah satu pemasok peralatan outdoor terbesar di Eropa.

Topi rimba buatan Jack Wolfskin ini sangat cocok untuk menemani kegiatan Anda selama di luar ruangan. Bertajuk Topi Rimba JWS Jack Wolfskin, sangat nyaman ketika dipakai. Anda dapat membelinya secara online di Tokopedia dengan harga Rp 80.000.

Jika Anda memiliki hobi memancing di sungai, rawa, kolam, hingga danau, mungkin topi pacing dari Brand Jack Wolfsin ini sangat cocok untuk Anda. Topi ini siap melindungi muka dan leher Anda dari paparan sinar matahari yang menyengat maupun suhu udara yang dingin dan tidak bersahabat. Anda dapat memesan topi ini di Indospyshop dengan harga Rp 95.000.

Karimor

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Karimor, salah satu merek peralatan outdoor dari Inggris yang memproduksi peralatan dan aksesoris pelengkap petualangan. Karimor merupakan salah satu brand peralatan outdoor yang sudah lama dikenal di Indonesia. Produk yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari tas hingga topi.

Sebagai rekomendasi, Karimor menawarkan salah satu koleksinya yang bertajuk Topi Rimba/hunting Karrimor Hunter Hat yang memiliki dua variasi ukuran, S dan M. Topi ini dijual seharga Rp 350.000 di Tokopedia. Topi rimba dengan beberapa pilihan warna ini sangat nyaman ketika dipakai dan memiliki detail yang sangat bagus untuk dibawa berpetualang di medan yang sulit sekalipun.

Columbia

Sumber gambar www.tokopedia.com

Topi Rimba Columbia adalah salah satu topi rimba yang dapat Anda beli secara online untuk melengkapi penampilan saat traveling. Topi ini sangat cocok dan nyaman dipakai untuk travelling, hiking, dan tracking karena berbahan dasar 100% cotton dengan kualitas yang terbaik.

Anda dapat menemukan topi rimba ini di Tokopedia dengan harga Rp 80.000. Tersedia satu warna saja, yaitu krem, dan satu ukuran yang dapat disesuaikan hingga ukuran XL.

Anda juga dapat menemukan Topi Rimba Columbia di Gudang Militer. Mereka menjual topi ini dengan harga Rp 250.000. Topi ini memiliki detail warna abu abu muda dan satu ukuran saja. Topi ini cocok dipakai oleh pria maupun wanita.

Marmot

Sumber gambar www.bukalapak.com

Perusahaan pakaian dan peralatan outdoor yang berdiri sejak 1974 di daerah California ini merupakan salah satu merek rekomendasi yang dapat Anda pilih. Marmot, merupakan salah satu perusahaan yang konsisten memproduksi peralatan outdoor sejak didapuk sebagai produk untuk memenuhi kebutuhan pembuatan film dokumenter milik National Geographic.

Topi rimba buatan Marmot ini dapat Anda beli di Bukalapak. Seller yang ada di situs belanja ini menjual topi rimba Marmot dengan ukuran all size. Topi ini dibanderol Rp 150.000.

Avtech

Sumber gambar www.bukalapak.com

Avtech merupakan salah satu merk ternama tanah air yang menyediakan peralatan pendakian berkualitas. Berdiri sejak 1999 dengan nama 'Gelarwangi', namun seiring berjalannya waktu brand ini mengubah namanya menjadi Avtech. Sebuah akronim dari Adventure Technology. Hingga saat ini merek peralatan outdoor buatan anak bangsa ini sudah mulai dikenal dan populer di kalangan pendaki di Indonesia.

Avtech juga memproduksi topi rimba dengan harga yang sangat miring. Untuk satu topi rimba bolak-balik (Id - 0885), Onsight Adventure menjualnya dengan harga Rp 43.000. Ada tiga variasi warna pilihan, yaitu hijau, hitam, dan krem. Jangan khawatir dengan kualitasnya, karena merek ini menggunakan bahan baku katun ripstook untuk membuat topi ini.

Anda juga dapat membelinya di Elevenia. Seller di situs belanja ini menawarkan topi rimba Avtech bolak balik warna hitam dengan harga Rp 46.500. Murah kan?

Arc'teryx

Sumber gambar arcteryx.com

Arc'teryx merupakan salah satu perusahaan yang selalu konsisten dengan kualitas produk mereka. Arc'teryx didirikan pada tahun 1989 di Vancouver Utara, British Columbia, Kanada dengan logo burung Archaepteryx, burung pertama yang ditemukan dengan kerangka yang paling lengkap.

Merek ini mengeluarkan topi rimba yang dapat Anda pakai ketika berkegiatan di luar ruangan. Sinsolo Hat milik Arc'teryx merupakan topi rimba yang ringan berbaham nilon lembut dan elastis. Arc'teryx menjualnya secara online di situs resminya, www.arcteryx.com dengan harga $ 45 atau sekitar Rp 600 ribuan.

Mereka menyediakan ukuran yang sangat lengkap, mulai dari ukuran S hingga XL. Untuk melihat detail ukurannya, Anda dapat mengunjungi situs resminya.

Rei

Sumber gambar outger.com

Rei adalah merek peralatan outdoor yang sangat mudah di temukan di toko online maupun toko offline Indonesia. Brand peralatan petualangan asli Indonesia ini ini berasal dari Bandung. Memiliki harga yang lebih bersahabat daripada Eiger, tidak menurunkan kualitas produk yang mereka buat. Selain membuat produk dengan merek Rei, perusahaan yang sama juga mengeluarkan merek Trekker sebagai pengembangan perusahaan.

Meskipun pernah digugat oleh salah satu merek peralatan outdoor dengan nama yang sama milik Amerika, tidak membuatnya Rei Indonesia berkecil hati dan menghentikan produksi peralatan petualangannya. Mereka hanya melakukan perubahan dalam penambahan logo yang terbaca seperti huruf "A" di depan tulisan Rei. Hal ini tetap tidak menjadi permasalahan yang besar dan berlarut, karena hingga sekarang eksistensi merek peralatan outdoor ini sudah sangat besar dan meluas di Indonesia.

Rei menawarkan topi rimba bertajuk Rimba Fujiyama dengan detail warna abu-abu yang sangat maskulin untuk Anda kenakan saat berpetualang di luar ruangan. Topi ini memiliki lingkar kepala hingga 50 cm. Jika berminat untuk membelinya, Anda dapat mengunjungi www.outgear.com dan memesannya secara online dengan harga Rp 95.000.

Lowe Alpine

Sumber gambar www.lowealpine.co.nz

Greg Lowe, mendirikan perusahaan peralatan outdoor di Colorado pada tahun 1967 dengan nama Lowe Alpine. Perusahaan ini sekarang sudah mencapai popularitas yang sangat tinggi karena mampu menembus pasar internasional. Lowe Alpine sudah didistribusikan ke berbagai negara di Eropa hingga Asia.

Jika Anda sedang mencari topi rimba, brand Lowe Alpine memiliki beberapa koleksi yang dapat Anda pertimbangkan. Topi rimba Lowe Alpine dengan size M dan lingkar kepala hingga 59 cm ini dapat Anda pesan di BukaLapak dengan harga Rp 80.000.

Selain itu, ada topi rimba bertajuk Lowe Alpine Savannah Hat Dove dengan ukuran M dijual seharga $ 34.99 atau sekitar Rp 470.000 di completeangler.co.nz. Jangan khawatir dengan kualitas topi rimba dari merek ini, karena bahan topi yang digunakan mudah kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

From our editorial team

Ukuran Topi yang Pas Bikin Nyaman Saat Dipakai

Banyak yang suka menyepelekan ukuran topi. Padahal ukuran yang tepat akan memberi kenyamanan yang lebih besar. Anda akan merasa tenang saat melakukan aktivitas di luar ruangan dengan menggunakan topi yang pas dan nyaman di kepala.