Ketahui Cara Memakai Dasi yang Tepat dan 7 Pilihan Dasi yang Elegan untuk Anda

Ketahui Cara Memakai Dasi yang Tepat dan 7 Pilihan Dasi yang Elegan untuk Anda

Dasi memperkuat kesan resmi namun modis saat berada di pertemuan formal. Kebanyakan orang sering menggunakan dasi dengan model yang sama. Kali ini, Anda dapat mencoba menggunakan dasi dengan variasi cara pakai yang berbeda agar tidak monoton.

Dasi Sebagai Aksesori Serba Guna untuk Acara Formal

Sudah menjadi tren bahwa dasi digunakan kebanyakan laki-laki sebagai aksesori leher saat suasana formal. Entah di sekolah, kantor, maupun di pertemuan resmi seperti pesta atau jamuan makan malam. Menggunakan dasi saat berjumpa dengan kolega meningkatkan kesan elegan dan macho sekaligus fashionable pada pemakainya.

Kebanyakan dasi digunakan bersama dengan paduan kemeja dan jas. Motif dan modelnya pun bisa Anda variasikan sesuai dengan pertemuan yang akan dihadiri. Kali ini, BP-Guide akan mengulas model dasi beserta cara memakainya untuk mendapatkan kesan yang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jenis-jenis Dasi yang Wajib Ada di Lemari

Jenis dan bahan dasi saat ini dapat dijumpai dengan berbagai macam bahan dan motif. Penggunaannya tergantung pada setelan yang akan digunakan. Anda harus pintar memilih dasi yang sesuai dengan tempat dan kesan yang ingin didapatkan. Berikut adalah jenis dasi yang wajib Anda miliki jika ingin selalu tampil keren. Simak ulasannya, ya.

Imbangi Setelan Berbahan Tebal dengan Dasi Berbahan Wol

Tekstur bahan yang tebal membuat dasi jenis ini cocok dipadukan dengan setelan yang tebal pula. Anda tidak perlu merasa khawatir lagi karena tidak memiliki dasi yang tepat saat menghadiri acara di ruangan atau daerah dingin. Dasi berbahan wol ini dijamin akan sukses membuat Anda tampil menawan meskipun berada di cuaca dingin sekalipun.

Dasi Polos Sebagai Primadona di Berbagai Acara

Dasi jenis ini bisa dibilang merupakan jenis yang paling fleksibel. Anda dapat memberikan kesan berbeda sesuai dengan setelan yang dipakai. Jika ingin mendapatkan kesan yang agak formal, Anda bisa memakainya dengan setelan jas berwarna abu-abu dan kemeja kulit.

Namun jika ingin terkesan kasual, Anda bisa memadukannya dengan jaket kulit dan celana jeans. Warna hitam dan biru tua merupakan jenis yang sering dipilih. Pasalnya, warna ini terkesan netral dan bisa dipakai dalam berbagai kesempatan. Kesan maskulin dan jauh dari 'norak' akan didapatkan saat Anda mengenakan dasi polos.

Dasi Motif Diagonal Menciptakan Kesan Bersahaja

Ingin terkesan lebih serius dan formal? Anda bisa menjatuhkan pilihan kepada dasi bermotif diagonal. Dasi bermotif ini dapat dipadukan dengan setelan serta kemeja polos agar terlihat lebih maksimal. Dengan menonjolkan pola diagonal, dijamin banyak orang yang bakal segan sehingga membuatmu tampak serius dan bersahaja.

Variasi Ikatan Dasi yang Membuat Penampilanmu Lebih Kece

Kebanyakan dari kita mungkin hanya tahu satu cara memakai dasi, yakni dengan mengikatnya sedemikian rupa sehingga berbentuk segitiga pada pangkal dasi. Ikatan ini memang terkesan simpel. Namun jika memakainya secara terus menerus, mungkin akan terkesan biasa dan monoton. Untuk mengubah penampilan agar terlihat lebih jantan sekaligus modis, Anda bisa mengikuti cara memakai dasi seperti ulasan berikut.

Variasi Cara Pakai Dasi Model Segitiga

Ikatan dasi berbentuk segitiga merupakan jenis yang paling banyak digunakan. Selain sederhana, penggunaan dasi model ini dapat memperkuat kesan formal sekaligus santai. Namun ternyata, ikatan ini bisa kamu kreasikan dengan lebih bervariasi, lo. Berikut duavariasi dasi segitiga yang bisa kamu coba:


    Four in Hand Knot

    Four hand in knot merupakan cara mengikat dasi yang populer di kalangan 'gentleman' pada abad ke-19. Ikatannya menunjukkan kesan sederhana, populer, sekaligus elegan. Cara ini tergolong cara yang mudah dan banyak dipakai oleh orang. Anda hanya perlu mengikatnya dengan tujuh langkah mudah dan akan menghasilkan simpul yang kecil dan tidak merata pada bagian atasnya. Inilah caranya:

  • Balik dasi sebelum digantungkan di leher sehingga yang diikat nanti adalah bagian dalam dasi yang mempunyai pola garis.
  • Lingkarkan dasi pada leher. Jangan lupa pasangkan semua kancing pada baju hingga kerah.
  • Gantungkan ujung dasi dengan bagian kanan atau bagian dasi yang lebih kecil lebih tinggi dari bagian kiri atau bagian dasi yang lebih besar.
  • Silangkan dasi yang lebih besar ke bagian dasi kecil dekat kerah.
  • Tarik dan kencangkan lalu putar ke bagian dalam ikatan dasi dekat kerah lalu keluarkan.
  • Tarik dasi yang besar ke arah sebaliknya secara horizontal lalu masukkan ke bagian dalam dekat kerah. Usahakan bagian horizontal itu tetap rapi dan sedikit longgar.
  • Masukkan dasi yang sudah berada di dalam ke ikatan longgar yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Tarik perlahan bagian dasi, rapikan dengan cara menarik ujung kecil untuk mengencangkan.

  • Balthus Knot

    Ikatan ini populer di Polandia dan Paris pada abad ke-19 hingga awal abad ke- 20. Dasi yang dipopulerkan oleh Balthasar Klossowski de Rola , seorang seniman dari Polandia ini memiliki bentuk yang tebal karena banyak pengulangan pada prosesnya serta hasilnya akan lebih pendek. Cara mengikatnya juga bukan termasuk cara yang mudah. Begini kira kira:

  • Balik dasi sebelum digantungkan di leher sehingga yang diikat nanti adalah bagian dalam dasi yang mempunyai pola garis.
  • Jangan lupa pasangkan semua kancing pada baju hingga kerah.
  • Gantungkan ujung dasi dengan bagian kanan atau bagian dasi yang lebih kecil lebih tinggi dari bagian kiri atau bagian dasi yang lebih besar.
  • Silangkan dasi yang lebih besar ke bagian dasi kecil dekat kerah.
  • Tarik dan kencangkan lalu putar ke bagian dalam ikatan dasi dekat kerah lalu keluarkan.
  • Tarik dasi yang besar ke arah sebaliknya secara horizontal lalu masukkan ke bagian dalam dekat kerah. Usahakan bagian horizontal itu tetap rapi dan sedikit longgar.

Cara Pakai Dasi Model Kupu-kupu

Dasi kupu- kupu merupakan pilihan untuk Anda yang ingin tampil lebih praktis. Biasanya, orang membeli dasi kupu kupu yang sudah jadi dan diikat dengan bahan karet. Namun Anda tidak perlu membeli dasi kupu kupu karena bisa mengikatnya sendiri. Bagi pemula, belajarlah mengikat dasi kupu-kupu di sekitar paha terlebih dahulu supaya mahir.

Biasanya dasi kupu kupu sangat cocok dipasangkan dengan setelan yang memiliki kerah lebar. Kamu juga bisa menyesuaikan bentuk pita sesuai wajah. Jika wajah Anda cenderung lebar, Anda bisa mengikatnya dengan lebih lebar. Jika wajah Anda sempit, Anda juga harus mengecilkan lebar pita.
Begini langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengikat dasi kupu-kupu:

  • Gantungkan dasi di leher, tepatnya di bawah kerah baju, dan peganglah ujung dasi. Bagian kanan dasi kupu-kupu harus lebih panjang daripada bagian kiri.
  • Silangkan bagian dasi yang lebih panjang di atas bagian dasi yang lebih pendek. Anda harus menyilangkan dasi di dekat leher sehingga ikatan dasi cukup lebar, tetapi tidak terlalu longgar supaya dasi tidak melar.
  • Ikatkan ujung yang lebih panjang ke dalam ikatan untuk membentuk simpul. Di sini Anda bisa mengetatkan simpul jika diperlukan.
  • Tariklah ujung dasi panjang ke ujung dasi pendek dan lalu lipat kembali ke kanan. Tahan lipatan ini, karena lipatan tersebut akan menjadi ikatan paling depan dari dasi kupu-kupu saat telah selesai, di antara titik kerah kemeja yang Anda pakai.
  • Masukkan ujung dasi yang Anda naikkan ke bagian depan dasi.
  • Peganglah sisi kiri dan kanan, dari bagian yang dilipat secara horizontal, dan tariklah secara bersamaan di depan ujung juntaian. Bagian atas ujung juntaian sekarang akan terikat di antara ikatan.
  • Sumpal bagian tengah juntaian melalui simpul yang Anda buat pada langkah ketiga. Sekarang, dasi akan membentuk setengah dasi kupu-kupu.
  • Ketatkan dasi kupu-kupu dengan cara menarik sisi berlawanan secara bersamaan. Tariklah bagian kanan depan dan kiri belakang untuk mengendurkan dan tariklah bagian kiri depan dan belakang kanan untuk mengetatkan. Ulangi langkah ini sampai dasi kupu-kupu terasa nyaman di leher.

Merek Dasi Paling Populer

Beberapa merek dasi ternama ini dijamin bisa membuat penampilan Anda makin kece. Selain bisa menunjukkan status sosial yang tinggi, tujuh merek ini dijamin bikin semua orang berdecak kagum karena penampilan Anda yang memukau. Apa saja itu? berikut daftarnya:

Ralph Lauren

Sumber gambar www.ebay.com

Siapa yang tidak kenal dengan Ralph Lauren. Merek yang terkenal dengan produk kaos polo ini menjadi merek busana papan atas untuk kaum laki-laki dan perempuan. Saat berada di di pertemuan formal, kamu bisa menjadikan dasi sutera dari Ralph Lauren berwarna biru navy ini sebagai pemanis penampilan. Motifnya yang polos menjadikan penggunanya terlihat gagah. Anda bisa mendapatkannya melalui eBay dengan harga Rp 600 ribu.

Giorgio Armani

Sumber gambar www.omjoni.com

Giorgio Armani bisa dibilang merupakan merek mode busana pria yang paling digemari. Desainnya yang kasual dan mewah menjadikan merek ini sebagai pilihan para artis dan sosialita Hollywood.
Anda bisa menjadikan dasi Giorgio Armani sebagai salah satu koleksi. Di Tokopedia, dasi Giorgio Armani Merah dengan corak kotak-kotak bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 160 ribu.

Selain dasi, Anda juga mendapatkan bonus berupa boks, saputangan, dan penjepit dasi. Anda juga bisa menjadikan dasi Giorgio Armani bermotif polos melalui situs omjoni.com dengan harga Rp 550 ribu. Tersedia tiga warna pilihan yakni merah, hitam, dan biru.

Turnbull and Asser

Sumber gambar turnbullandasser.co.uk

Meski jarang didengar, merek asal London ini merupakan kegemaran mantan perdana menteri Inggris, Winston Cruchill. Tak hanya itu, Turnbull dan Asser menjadi eksklusif karena digunakan oleh James Bond dalam setiap filmnya.

Wajar saja jika Anda terlihat keren saat memakai dasi sutera Royal Blue Houndstooth dari Turnbull and Asher. Tidak hanya membuat Anda terlihat tampan maksimal, produk ini juga membuatmu tampak lebih classy dan futuristik. Anda bisa memiliki dasi ini dengan memesannya melalui situs web resmi turbullandasse.co.uk dengan harga sekitar Rp 2 juta. Ada juga yang menjualnya dalam kondisi bekas pakai di Tokopedia dengan harga sekitar Rp 300 ribu. Wow! Wow!

Jay Kos

Sumber gambar www.jaykos.com

Memulai bisnisnya di pasar lokal kota New York, Koleksi Jay Kos wajib Anda pertimbangkan. Dasi buatan Jay Kos selalu patut untuk diacungi jempol. Dengan desain yang apik serta warna natural membuat produk ini selalu dikenang oleh penggunanya.

Anda bisa mencoba produk Magenta Silk Geometric dan French Silk Tie jika ingin terlihat trendi. Anda bisa membelinya di situs web resmi Jaykos dengan harga sekitar Rp 2 juta rupiah dan Rp 300 ribu untuk bekas pakai melalui situs e-bay.

Hermes

Sumber gambar usa.hermes.com

Meski lebih terkenal dengan produk tas mewahnya, Hermes memiliki pilihan produk lain seperti dasi, lo. Sebagai merek kelas dunia, produk asal Perancis ini selalu mengeluarkan koleksi yang mewah sekaligus elegan.

Jika Anda penggemar Hermes, cobalah HERMES 7843 UA Men's Silk Necktie. Dasi berbahan sutera ini memiliki warna yang mencolok yakni garis-garis kuning dan oranye. Kesan yang ditampilkan adalah formal, mewah, sekaligus ceria. Anda bisa memperoleh produk ini melalui toko online resmi Hermes dengan harga US$ 180 atau sekitar Rp 2,4 Juta. Jika Anda ingin membeli yang bekas, anda bisa mendapatkannya di eBay dengan harga Rp 900 ribuan.

Roberto Cavalli

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Merek asal Italia ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Dalam waktu yang singkat Roberto Cavalli mampu bersaing dengan merek-merek lainnya seperti Gucci dan Versace. Merek ini juga memiliki ciri khas yaitu mampu memproduksi busana dengan corak eksotis dan bahan jeans dengan aksen san-blasted look.

Jika kamu menyukai kesan yang ceria dan necis, kamu bisa coba Cavalli Silk Tie dengan warna biru muda berbahan sutera dengan harga Rp 1 juta melalui Amazon. Atau bisa juga memakai Roberto Cavalli Ties seri RC 0022C yang memiliki desain geometris. Dasi ini berbahan sutera dengan pilihan warna perak dan abu-abu. Harganya sekitar Rp 700 ribu di luxties.com.

The Charvest

Sumber gambar www.ebay.com

Merek berkualitas tinggi langganan para petinggi. Inilah gambaran yang tepat untuk produk dari merek The Charvet. Tak perlu sangsi dengan kualitasnya, merek asal Paris ini dijamin bagus karena sudah menjadi langganan presiden maupun anggota kerajaan dalam setiap kunjungan resminya.

Jika kamu ingin terlihat mewah dan berkelas, coba jatuhkan pilihan pada Charvet Paris Place Vendome. Produk ini berwarna merah muda ini memiliki harga yang cukup fantastis untuk sebuah dasi, yaitu sekitar Rp 3,2 juta di bergdorfgoodman.com.

From our editorial team

Dasi yang Tepat Dapat Menyempurnakan Penampilan

Dasi adalah salah satu aksesori untuk pelengkap penampilan pria. Meskipun kecil, dasi bisa menjadi elemen pernyataan yang bisa menarik perhatian orang terhadap penampilan Anda. Jadi pilihlah dasi yang tepat sesuai dengan keseluruhan penampilan busana agar Anda tampak rapi dan menarik.