Gelang Paracord, Fashion Item Keren yang Bisa Kamu Bikin Sendiri dalam 5 Langkah Mudah! (2018)

Gelang Paracord, Fashion Item Keren yang Bisa Kamu Bikin Sendiri dalam 5 Langkah Mudah! (2018)

Populer di kalangan muda-mudi sejak lama, tren gelang paracord tak pernah lapuk dimakan usia. Kamu bisa lho bikin sendiri gelang paracord kesukaanmu. Agar tak bingung lagi, ada nih cara membuatnya dan beberapa motif gelang paracord rekomendasi dari BP-Guide hanya untukmu!

Gelang paracord berasal dari tali parasut untuk tentara

Bagi pecinta olahraga adventure, pasti sudah tidak asing lagi dengan model gelang yang satu ini. Parachute cord atau lebih populer dan dikenal dengan nama gelang paracord adalah alat survival paling serbaguna. Pada saat Perang Dunia II, militer Amerika Serikat mengalami kekurangan bahan sutra. Mereka mulai menggunakan benang atau tali dari nylon lalu dibentuk dengan model khusus agar bisa dijadikan bahan yang kuat untuk keperluan pada paracute. Selain itu bentuk model model tali ini juga dibuat menjadi gelang yang dapat mereka gunakan untuk bertahan hidup saat mereka membutuhkannya.

Gelang ini mungkin memiliki tampilan yang kurang menarik dibandingkan dengan model gelang lainnya. Tapi nilai jual gelang paracord terdapat pada kegunaannya yang multifungsi dan dapat membantu kita bertahan dalam berbagai kondisi. Sehingga ketika pria menggunakan gelang ini, akan memberikan kesan yang macho dan juga kharismatik. Sedangkan ketika digunakan oleh perempuan akan memberikan aksen boyish dengan kesan mandiri dan juga suka akan tantangan.

Mau membuat sendiri gelang paracord? Ini yang harus dipersiapkan!

Buat kamu yang tertarik untuk memiliki gelang paracord ini, sebenarnya kamu bisa membuatnya sendiri dirumah. Barang yang dibutuhkan juga terbilang cukup gampang ditemukan dan juga memiliki harga yang relatif terjangkau. Apa saja peralatan dan bahan yang diperlukan? Lalu bagaimana langkah-langkah pembuatan gelang ini? Langsung saja ikuti langkah-langkah tutorial di bawah ini.

Alat dan bahan yang kamu perlukan :

  • Tali paracord sepanjang 1,5 meter.
  • Korek api
  • Gunting
  • Selotip
  • Buckle clip
  • Penggaris

Langkah-langkah yang harus dilakukan membuat gelang paracord

  • Ukur Pergelangan Tangan Kamu
    Lingkarkan tali pada pergelangan tangan kamu, dan kemudian ukur tali yang telah kamu tandai dengan meteran atau penggaris.
  • Buat Bagian tengah Tali Rajutan
    Kemudian masukkan kedua ujung tali paracord pada celah buckle clip, kemudian ikat tali tersebut dengan cara mesukannya diantara kedua tali lalu tarik.
  • Tentukan Panjang Gelang
    Buka bagian buckle clip, kemudian masukkan ujung tali kedalam celah bagian buckle clip yang telah dibuka. Ukur panjang gelang survival yang akan kamu dengan pengaris sesuai dengan ukuran pergelangan tangan yang tadi telah kamu ukur. Untuk lebih nyaman, tambahkan sekitar 1 inci dari panjang pergelangan tangan kamu.
  • Mulailah Buat Simpul Rajutan
    Buatlah simpul pertama dengan langkah-langkah seperti pada gambar di atas, kemudian lanjutkan dengan simpul serupa terus hingga seluruh tali bagian tengah tertutup sampai ke ujung satunya. Kuatkan setiap simpul, agar terlihat rapi dan tidak longgar.
  • Potong Ujung Tali dengan Gunting
    Setelah nampak rapi hingga ke ujung gelang, kini saatnya untuk memotong tepat di simpul terakhir yang kamu buat. Gunakan gunting untuk memotong tali, dan kemudian bakar ujung tali dengan korek. Agar lebih aman, dan rapi, gunakan pisau atau alat berbahan besi lainnya untuk memanaskan ujung tali yang telah kamu potong.

Di mana bisa mendapatkan gelang paracord?

Bukalapak

Sumber gambar www.bukalapak.com

Bukalapak adalah salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia. Perusahaan yang didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 dengan nama PT. Bukalapak ini, terbilang sangat sukses dalam mengembangkan bisnis divisi agensi digital. Dengan basic website layanan jual - beli online yang berbasis customer-to-customer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen yang sangat terpercaya. Sekarang ini, ada ribuan barang yang dijual memakai website Bukalapak dengan berbagai kategori.

Pada kategori aksesoris gelang paracord, Gelang Tactical Paracord Survival Bracelet With Magnesium Flint Fire Starter Compass Tactical adalah produk yang paling rekomended. Gelang paracord ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti menciptakan api, bahan yang kuat, dan juga kompas yang dapat membantu kegiatan bertualang kamu. Bahan yang digunakan adalah Magnesium Alloy dan tersedia dalam 4 warna yaitu hitam. cream, hijau army, dan juga loreng. Produk ini dijual dengan Harga Rp 37.100 di website Bukalapak.

Lazada

Sumber gambar www.lazada.co.id

Lazada adalah salah satu perusahaan jual beli online dengan sekala international. Di Asia Tenggara, perusahaan ini memiliki grup yang tersebar di berbagai negara. Lazada Indonesia adalah pusat belanja online terlengkap yang menawarkan berbagai macam jenis produk. Kategori dalam website Lazada Indonesia ini mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan, produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olahraga. Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012.

Paracord gelang tenun Survival adalah produk gelang paracord yang bisa kamu jadikan pilihan di website Lazada. Gelang ini menggunakan bahan Tujuh inti Paracord, sehingga memiliki daya tahan yang kuat dan juga desain yang cukup menarik. Gelang ini bisa dibuka pada menjadi tali yang multifungsi yang kuat dengan panjang 4 meter. Tersedia dalam 2 warna, yaitu hitam dan merah. Gelang paracord dengan ukuran lingkar diameter 10 cm ini dapat kamu beli dengan harga Rp 33.900.

Tokopedia

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tokopedia merupakan salah satu pusat situs jual beli online yang memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Perusahaan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009 ini memiliki visi yaitu membantu UKM dan bisnis kecil lainnya dalam memasarkan produknya. Sejak diluncurkan sampai hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis
.

Gelang Tactical Paracord Survival With Magnesium Original adalah produk gelang paracord yang rekomended di website Tokopedia. Dijual yang dengan harga yang cukup murah, yaitu Rp 60.000. Gelang ini memiliki kualitas yang sangat tinggi karena menggunakan bahan Bracelet dengan Magnesium Flint Fire Starter Compass tactica. Produk gelang paracord ini tersedia dalam warna hitam, cream, hijau army dan juga loreng. Gelang ini sangat cocok untuk kamu yang suka bertualang di alam bebas, karena dengan gelang ini bisa membuat api unggun yang dapat menghangatkan badan.

Blibli

Sumber gambar www.blibli.com

Blibli adalah salah satu E-commerce dan dikelola PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang digital. Website ini didirikan pada tahun 2010 dan dipimpin oleh Kusumo Martanto. Perbedaan yang mencolok pada perusahaan ini dengan E-commerce lainnya Indonesia adalah konsep belanja online ala mall. Konsep ini diharapkan bisa membantu orang yang suka berbelanja barang berkualitas di mall, namun tidak memiliki banyak waktu untuk mencari dan membelinya.

Produk gelang paracord Blibli yang bisa kamu jadikan pilihan adalah OEM Paracord Desert Camo Gelang Kamera. Kelebihan gelang ini terdapat fitur lubang slot yang memungkinkan kamu menggatungkan kamera DSLR pada gelang kamu. Selain itu gelang ini juga dilengkapi dengan detail strap yang unik, nyaman dipakai, dan fit di pergelangan tangan. Bahan yang digunakan gelang ini adalah tali pacaracord yang kuat, sehingga dapat menahan beban apapun termasuk kamera DSLR yang cukup berat. kamu bisa membeli produk gelang paracord ini dengan harga Rp 55.500.

Qlapa

Sumber gambar qlapa.com

Qlapa adalah situs marketplace online khusus untuk produk handmade buatan para pengrajin asal Indonesia. Perusahaan ini memiliki visi, para pengrajin bisa berjualan bersama di satu tempat dengan sistem yang sesuai dengan mereka. Perusahaan Qlapa yang resmi beroperasi mulai 1 November lalu ini, sudah sukses menawarkan ribuan produk kerajinan tangan yang berasal dari ratusan penjual lokal.

Gelang Paracord Basic merupakan gelang paracord yang memiliki desain sangat kekinian. Produk gelang paracord ini menggunakan bahan paracord original yang sangat kuat. Terdapat aksen gantungan jangkar yang membuatnya semakin keren dan trendy ketika digunakan akan muda.

Produk ini juga tersedia dalam 5 size yang bisa kamu sesuaikan dengan ukuran tangan kamu yaitu Size L (24 cm), Size M (22 cm), Size S (20 cm), Size XS (18 cm), dan Size XXS (16 cm). kamu bisa membeli produk ini dengan harga Rp 95.000.

Blanja

Sumber gambar item.blanja.com

Blanja adalah salah satu perusahaan website jual beli yang memiliki jaringan terluas di Indonesia. Perusahaan ini termasuk Joint-venture antara Telkom Indonesia dan eBay. Konsep sebagai Online-Marketplace yang dimiliki Blanja, membuatnya memiliki lebih dari ribuan merchant yang menawarkan berbagai produk dari bermacam kategori yang dimilikinya. Sebagai media belanja online, selain daripada variasi produk yang beragam juga memiliki hubungan kerja sama dengan sejumlah bank terdepan di tanah air seperti Mandiri, BNI, BCA, BRI, BTN, Mega, Niaga, ANZ, BII, dan lain sebagainya yang mempermudah proses jual beli di website ini.

Produk gelang paracord yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Gelang Paracord Adjustable Bisa Diatur Panjang Pendeknya yang berrarna biru dongker. Gelang unisex yang bisa digunakan oleh cowok dan cewek, juga memiliki ukuran allsize tapi dilengkapi fitur untuk bisa mengatur panjang diameter sehingga bisa pas digunakan. Produk ini menggunakan Bahan tali paracord, yang sangat nyaman digunakan. kamu bisa membeli produk ini dengan harga Rp 49.000.

Shopee

Sumber gambar shopee.co.id

Shopee, adalah salah satu situs e-commerce yang terbilang baru dibandingkan kompetitornya. Tapi upaya gencar-gencarnya melakukan layanan promosi bagi para penggunanya, membuahkan hasil yang sangat baik. Sekarang ini, perusahaan Shoope sudah terbilang cukup populer di kalangan konsumen jual beli online. Fakta menarik dari perusahaan ini adalah, masih di bawah satu payung dengan beberapa game online populer di Indonesia yaitu Point Blank.

Produk gelang paracord yang cukjup rekomended di website shopee adalah Gelang paracord Couple.
Gelang yang satu set untuk sepasang kekasih ini, memiliki kesan romantis yang menjadi daya tariknya. Gelang couple ini menggunakan gantungan gembok, yang dapat memberikan pesan hati yang sudah terkunci oleh pasangannya. Gelang ini bisa kamu order di website Shopee dengan harga Rp 30.000. kamu juga bisa menggunakan kode : 'couple 53' untuk lebih mudah dalam mencari produk ini.

Zalora

Sumber gambar www.zalora.co.id

Zalora Group, yang didirikan pada akhir 2011 oleh Rocket Internet GmbH, yang mencakup Grup retail fashion online terkemuka di Asia Pasifik The Iconic di Australia dan Selandia Baru. Perusahaan ini fokus pada website jual beli online dengan produk fashion yang keren dan trendy.

Di Indonesia, website Zalora memiliki koleksi lebih dari 500 merek lokal, internasional dan designer, dengan kategori produk yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu fashion pria dan wanita mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris dan produk kecantikan.


Brand Yoods Goods mengeluarkan produk Nautical Paracord Bracelet yang merupakan produk gelang pacacord dengan kualitas yang sangat tinggi. Gelang ini memberikan dapat digunakan dalam tampilan casual, semi formal maupun forma karena memiliki tampilan yang sangat trendy. menggunakan tali dan stainless steel sebagai bahan utamanya, gelang ini juga di lengkapi dengan detail metal closure dan non-adjustable. Tersedia dengan warna oranye yang keren, gelang paracord berdiameter 6 cm ini dijual dengan harga Rp 125.000.

From our editorial team

Motif paracord yang tepat menghasilkan gelang paracord yang keren abiz!

Meski tak sedikit motif gelang paracord yang tersedia di pasaran, namun jika tak dipilih dengan baik maka gelang yang dihasilkan juga tak terlalu bagus. Kami berharap rekomendasi yang kami berikan bisa menjadi acuan yang pas untukmu. Jika masih kesulitan membuat sendiri, tentu kamu selalu bisa memilih gelang yang di jual di online shop di atas bukan? Yuk segera pilih yang kamu mau!