Manfaat Batu Giok, 10 Jenis dan 4 Rekomendasi Gelang Giok Nusantara Pemancar Aura yang Cocok Anda Gunakan!

Manfaat Batu Giok, 10 Jenis dan 4 Rekomendasi Gelang Giok Nusantara Pemancar Aura yang Cocok Anda Gunakan!

Batu giok memang populer sebagai salah satu batu mulia yang banyak diburu dan dikoleksi oleh mereka yang mempercayai khasiat dan menyukai keindahannya. Jika Anda adalah salah satu penggemar batu giok, yuk simak ulasan batu giok dan rekomendasi BP-Guide berikut ini!

Giok, Batu Mulia yang Banyak Diincar dan Digemari Masyarakat

Sumber gambar ningfarida.com

Demam batu akik yang sempat merajai di negara kita tahun yang lalu membuat para pecinta batu akik bermunculan. Para kolektor baik dari domestik maupun mancanegara rela sampai pelosok mencari batu mulia, karena negara kita juga merupakan surga batu akik.

Salah satu batu mulia yang banyak dicari kolektor adalah batu giok. Batu ini banyak digemari selain warna-nya yang indah yang bisa dijadikan aksesories dan ornamen, juga dipercaya bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Batu Giok yang Mesti Diketahui

Sumber gambar www.bukalapak.com

Batu giok banyak dicari karena selain warnanya yang cantik juga khasiatnya yang positif bagi Anda. Selain untuk aksesoris, juga bermanfaat bagi kesehatan buat yang pakai lho. Ini karena adanya Ion-ion positif dari batu tersebut. Batu giok yang asli ternyata sangat banyak sekali terutama untuk kesehatan tubuh.



Berikut manfaat batu giok yang bisa berguna buat Anda:

  • Melancarkan peredaran darah. Ion positif dari batu giok berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan bisa menghindari dari darah tinggi, kolesterol dan penyakit jantung.
  • Menetralkan racun dalam tubuh. Racun yang masuk dalam tubuh bisa dinetralkan oleh ion positif serta kandungan mineral yang terdapat dalam batu giok
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Karena adanya ion positif yang telah disebutkan tadi, berguna untuk memberi energi positif dalam tubuh, sehingga kekebalan tubuh pun meningkat. Anda akan terhindar dari beberapa penyakit
  • Memperbaiki metabolise tubuh. Hampir sama dengan meningkatkan kekebalan, ion positif yang terkandung dalam batu giok bisa memancarkan energi positif melalui tulang belakang ke seluruh tubuh.
  • Kesehatan pencernaan. Dengan kandungan mineralnya, membantu makanan yang telah masuk ke tubuh terserap nutrisinya dengan baik dan juga cepat.
  • Menghambat Penuaan Dini. Kandungan mineral yang terdapat pada batu giok mampu menghambat gejala penuaan dini seperti kult yang mulai berkerut.
  • Menghindari stress. Berkat energi positif yang terkandung dalam batu giok, maka pemakai batu giok bisa merasakan hal positif yang kemudian bisa menghindari stress.
  • Menolak energi negatif. Energi yang positif dalam batu giok dipercaya mampu menolak energi yang negatif seperti gangguan jin, guna-guna atau santet. Entah percaya atau tidak, tapi mungkin karena si pemakai sudah merasakan hal yang positif ketika mengenakan batu ini.
  • Mencegah Insomnia. Anda mengalami gangguan tidur?? Coba kenakan aksesoris dari batu giok. Energi positif yang terkandung dalam batu giok ini bisa membuat anda merasa rileks yang kemudian membantu tidur
  • Menyerap oksigen lebih banyak. Ion positif yang terkandung dalam batu giok ini bisa menyerap oksigen lebih maksimal ke dalam tubuh sehingga bisa diedarkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah

Kejayaan

Sumber gambar lvelho.impa.br

Jaman dahulu gelang batu giok dipakai oleh para kaisar di Cina sebagai kekuasaan dan kejayaanya. Karena itu, dikenal sejak ribuan tahun yang lalu di daratan cina. Karena merupakan lambang kejayaan, maka banyak orang yang memakai untuk tujuan meraih kekayaan secara cepat dan pelaris usaha mereka.

Gelang ini memiliki energi alam yang dahsyat sehingga memberi pengaruh positif bagi kita yang akan berdampak pada kehidupan kita yang lebih baik seperti mendapatkan kekayaan, kesuksesan dalam usaha, dan masih banyak lagi.

Cinta Kasih

Sumber gambar www.etsy.com

Anda selalu gagal dalam masalah percintaan? Atau hubungan dengan pasangan mulai meredup? Bisa dicoba memakai batu giok ini. Khasiat lain dari batu giok adalah kelancaran kehidupan asmara Anda seperti, percaya diri mendekati wanita idaman, lebih mudah mendapatkan jodoh yang baik, menghapus energi negatif dari dalam tubuh seperti "trauma" menjalin hubungan percintaan.

Selain itu bisa membuat aura positif dalam diri Anda seperti memunculkan rasa damai dan kasih sayang. Juga memunculkan rasa percaya diri Anda ketika mendekati lawan jenis.

Keberuntungan

Sumber gambar www.bestamulets.com

Ingin meningkatkan keberuntungan Anda dengan memakai batu giok? Coba saja. Orang Cina percaya bahwa memakai batu giok yang merupakan batu surga itu akan mendatangkan keberuntungan dan kejayaan. Semakin lama dipakai batu akan berubah menjadi kehijauan, itu tandanya bahwa hoki akan mendatangi si pemakai giok.

Saking populernya, oleh masyarakat Indonesia sendiri batu giok juga dipercaya sebagai tuah.

Kesehatan

Sumber gambar www.dhgate.com

Batu giok dipercaya berkhasiat untuk kesehatan karena mengandung ion positif yang baik untuk tubuh manusia. Selain mengandung ion positif, batu giok juga mengandung gelombang infra red yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah, sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pemuluh darah.

Juga pancaran sinarnya jika Anda memakainya akan memabtu sistem syaraf dalam tubuh Anda bekerja sehingga bisa terhindakan dari stroke.

Kebijaksanaan

Sumber gambar www.erabaru.net

Giok dipercaya sebagai simbol kebijaksanaan dan cinta kasih. Oleh karena itu, di masyarakat Cina orang tua memberikan gelang giok untuk anak perempuan sebagai lambang cinta, perlindungan dan kebijakan, dan sudah menjadi hukum rakyat disana.

Pancaran batu giok ini membentuk suatu harmoni bagi si pemakai, sehingga kehidupannya akan menjadi selaras, serasi dan seimbang. Konon katanya, energi kebijakan dari batu giok ini akan menyatu dengan pemakainya.

Cara Membedakan Giok Asli dan Tiruan

Supaya bisa merasakan manfaat batu giok, tentunya Anda mencari batu giok yang benar-benar asli di pasaran. Memang sih, ada sertifikat bisa menjamin keaslian dari batu giok tersebut. Tetapi alangkah baiknya jika Anda juga lebih tahu bagaimana membedakan bau giok yang asli atau palsu.

Berikut ini tips membedakan batu giok asli atau palsu

  • Jika terkena air atau minyak, batu asli tidak akan berbekas
  • Jika dibakar dengan api kecil atau korek, batu yang asli tidak akan meleleh atau meninggalkan bekas gosong
  • Jika dibakar dalam waktu yang lama, akan mengeluarkan cairan berwarna coklat
  • Batu asli akan terasa dingin jika ditempel di kulit muka kita, terutama di pipi
  • Batu tiruan terlihat bening seperti kaca dan tidak terdapat serat di dalamnya
  • Batu asli tidak mudah pecah, sedangkan batu tiruan mudah retak dan pecah apabila bersinggungan dengan benda keras lainnya
  • Menggunakan alat Presidium Gem Tester, yang bila kita tempelkan alat tersebut ke batu, jarum bergerakke tanda hijau, itu tandanya batu itu asli.
  • Menggunakan Diamond Tester, cara kerja alat ini hampir sama dengan Presidium Gem Tester
  • Kaca pembesar, untuk bisa melihat serat-serat alami yang terdapat dalam batu tersebut

Perhatikan Warna dan Teksturnya

Sumber gambar pusakadunia.com

Batu giok umumnya berwarna hijau, namun ternyata beda asal ternyata juga beda warna lho. Jika batu dari Cina berwarna hijau pekat dibanding batu giok dari Indonesia. Tidak hanya berwarna hijau, namun ada juga yang berwarna merah yang tingkat kekerasannya konon mengungguli batu berlian.

Untuk membedakan dengan yang asli, biasanya batu giok tiruan jika dijemur di terik matahari akan berwarna kehijauan, namun berubah warna menjadi gelap bahkan hitam di dalam ruangan. Batu yang asli akan terasa licin dan tetap berkilau dan warnanya tidak akan pudar meski sering terkena air dan terpapar sinar matahari.

Sertifikat Keaslian

Sumber gambar www.duniapusaka.com

Jika Anda membeli batu giok, pastikan Anda juga mendapatkan sertifikat keasliannya. Batu giok yang asli harus disertai sertifikat lab dengan kualitas grade A. Batu yang dijual dengan sertifikat grade A ini biasanya dijual di toko-toko perhiasan. Hati-hati yaa jika Anda beli di pasar tradisional atau pedagang keliling, salah-salah kalau Anda kurang cermat, malah mendapatkan batu yang imitasi.

Cara Menggunakan Gelang Giok

Sumber gambar eliza-kristal.com

Kenapa batu giok harus dijadikan gelang untuk dipakai di tangan? Karena pergelangan tangan merupakan sumber denyut nadi yang akan mengalirkan energi positif dari gelang batu giok tersebut ke seluruh tubuh, sehingga dapat berkembang optimal.

Anda bisa menjadikan batu giok sebagai liontin di kalung atau di cincin, bahkan tidak anda pakai dan hanya disimpan di dompet saja. Anda tetap bisa mendapatkan energi positif dari batu tersebut.

Cara Merawat Batu Giok

Sumber gambar www.gelangbatu.com

Berikut cara merawat batu giok:

  • Karena konon batu giok ini hidup, maka ketika menggosok jangan terlalu lama karena akan membuat warnanya pudar dan batu akan mati.
  • Pakai batu giok pada siang hari
  • Biaskan batu terkena air saat memakainya
  • Anda bisa membersihkan dengan KIT pasta dan dilap dengan kain supaya batu berkilau kembali

Jenis Batu Giok Nusantara yang Populer

Sumber gambar www.tokoaura.com

Di negara kita ini banyak sekali jenis-jenis batu yang namanya sesuai dengan daerah asal. Diantaranya adalah:


  • Batu Akik Sisik Naga Khas Enrekang
    Salah satu batu akik langka yang termasuk dalam kelompok Septarian Noudles, batu ini lebih keras dibandingkan jenis batu akik lain. Corak batu ini mirip dengan sisik naga yang berwarna emas. Bahkan warga Enrekang, daerah asli dari batu itu, menduga batu ini mengandung emas lho.
  • Batu Akik Kalimaya
    Ini adalah salah satu batu yang masuk dalam jajaran sepuluh batu mulia termahal di dunia seharga USD 2.500/ karat atau setara dengan Rp. 33 juta. Batu akik hasil ‘fermentasi’ alam ini berasal Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak. Nama aslinya ialah Kali Maja sebab batu ini berada di dalam sungai ataupun kali yang ada di Maja.
  • Batu Akik Red Rafflesia
    Batu ini punya warna khas seperti bunga Raflesia dan berwarna merah berasal dari Bengkulu. Batu ini beberapa kali memenangi kontes batu akik Nusantara sehingga jadi incaran para kolektor.
  • Batu Akik Cincin Bungur
    Batu yang punya ciri khas dan warnanya bening bercahaya ini berasal dari Tanjung Bintang, Lampung Selatan. Batu ini termasuk kelas batu mulia tingkat dunia dan berharga mahal tentunya. Selain itu, batu bungur ini belakangan mulai sulit didapatkan di alam.
  • Batu Anggur Api
    Asal batu ini sama dengan batu akik cincin bungur, yaitu di Lampung tepatnya Kabupaten Way Kanan, Lampung. Batu ini berwarna putih, kepada bagian dalamnya menyerupai cangkang telor, dan juga kalau disinari cahaya hendak nampak lidah api yang menarik. Batu ini juga termasuk kelas batu mulia dan harganya juga istimewa.
  • Batu Akik Pirus Besi
    Batu akik pirus besi ini ditemukan di Ampana, Kabupaten Tojo Unaunadari oleh komunitas setempat. Batu berjenis Badar (Black and White Obsidian) mempunyai tingkat kekerasan mineral 4, 5 skala mohs.Seperti batu akik jenis Badar, batu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dari serat-serat yang ada di dalam batu yang memunculkan corak khas dan juga kalau disandingkan bersama magnet hendak menyatu.
  • Batu Giok Natural Gold
    Batu ini didapatkan di sungai pedalaman Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Batu ini dominan berwarna kuning emas dengan kadar kekerasan di atas tujuh skala mohs dan ter-masuk salah 1 batu langka dan juga unik, sehingga mahal harganya.
  • Batu Bacan
    Batu dari Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku ini memiliki beragam warna. Apalagi jika dipakai akan berubah warna, karena suhu tubuh dapat mempengaruhi prosedur kematangan batu bacan yang dipakai, yaitu makin panas suhu tubuh, maka makin matang batu bacannya. Presiden Barack Obama, Susilo Bambang Yudhoyono hingga Sultan Brunei ternyata juga memakai batu ini lho. Untuk harga batu bacan beragam, sampai mencapai ratusan juta hingga miliaran.
  • Batu akik spritus
    Batu ini dikenal dengan nama Blue Sky. Masyarakat lokal menyebut “Batu Spiritus” lantaran warnanya biru seperti spiritus, yang biasa dipakai untuk lampu api. Batu ini banyak ditemukan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Batu jenis spritus asal Baturaja ini masuk kategori kalsedon. Walaupun tidak masuk dalam sepuluh gede batu mulia yang populer di dunia, tetapi skala mosh Blue Sky mencapai angka tujuh, melebihi batu Kalimaya dan juga Kecubung.
  • Batu Hijau Garut
    Batu ini punya asal dari Garut, Jawa Barat di Gunung Bungbulang. Batu Garut dengan warna hijau khas yang tidak ada duanya ini dapat memancarkan cahaya terang, apabila disorot cahaya dari bawah cincinnya. Serat batu hijau yang tampak di dalam nampak indah seolah awan yang terjebak di dalam batu.

4 Rekomendasi Batu Giok yang Bisa Anda Miliki

Tertarik untuk memiliki batu giok yang memiliki berbagai manfaat? Anda bisa memilikinya dengan membelinya di pusat penjualan batu mulia atau jika mau Anda bisa menyimak rekomendasi batu giok yang dirangkum BP-Guide berikut ini lengkap dengan harga dan tempat mendapatkannya.

Batu Giok Bio Solar

Sumber gambar www.batugiokaceh.com

Batu giok dengan warna mirip dengan bahan bakar solar yaitu hijau kecokelatan ini berasal dari daerah Aceh. Tepatnya daerah Suka Manuke. Batu ini dipercaya berkhasiat untuk kesehatan karena adanya gelombang elektomagnetik yaitu gelombang infra merah. Dan gelombang elektromagnetiknya sudah teruji secara medis mampu untuk menjaga cairan dalam tubuh.

Beberapa tahun lalu batu ini masih berharga ratusan ribu rupiah. Anda bisa mendapatkannya di Bukalapak dengan harga Rp 3.800.000.

Batu Giok Hitam

Sumber gambar www.bukalapak.com

Batu ini dikenal juga sebagai Black Jade. Merupakan varian dari batu giok yang berwarna hijau dan putih, batu ini juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan. Energi aktif yang terkandung dalam batu ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan penyakit, melancarkan peredaran darah, dan bahkan sebagai azimat atau pelaris.

Harga batu ini dibawah harga batu giok hijau yang berharga ratusan ribu sampai jutaan. Anda bisa mendapatkan variannya di Tokopedia dengan harga Rp 135.000.

Batu Giok Nephrite Aceh

Sumber gambar www.bukalapak.com

Batu jenis ini umumnya berwarna hijau, namun ada juga yang berwarna putih keabu-abuan, kuning kecoklatan, bahkan kehitam-hitaman. Batu giok Nephrite berwarna putih pernah menjadi batu yang berharga sebelum ditemukan Imperial Jade di Burma. Batu giok Nephrite ini sedikit lebih lunak daripada batu jenis Jadeite, namun masih tergolong batu yang keras.

Batu ini bersifat dingin,karena setelah ditempel batu ini bagian tubuh sekalipun rambut tidak akan ikut terbakar jika dicoba dibakar dengan api. Anda bisa mendapatkan batu ini di Tokopedia seharga Rp 640.000.

Batu Giok Belimbing Aceh

Sumber gambar www.tokopedia.com

Satu lagi batu giok yang direkomendasikan untuk Anda. Batu asli dari daerah Aceh ini mempunyai banyak khasiat yang tidak hanya kesehatan, namun juga dipercaya meningkatkan kewibawaan bagi Anda kaum pria maupun untuk efek keberuntungan. Mempunyai ciri warna hijau kekuningan, ciri-ciri batu yang asli ini adalah mempunyai serat yang bagus jika diterawang, cenderung lebih berat, dan terasa dingin jika ditempel di kulit wajah. Selain dari syarat diatas itu masih diragukan keasliannya.

Harga batu Giok Belimbing Aceh ini sangat bervariasi mulai dari Rp 150.000an sampai Rp 1.000.000 tergantung kualitasnya . Anda bisa juga mendapatkannya di toko online Tokopedia dengan harga Rp 300.000.

From our editorial team

Misteri Batu Giok Dan Manfaat Bagi Penggunanya

Sebagian orang percaya bahwa batu giok benar-benar memiliki khasiat dan dapat mendatangkan keberuntungan bagi siapapun yang menggunakannya. Sebelum membeli pastikan Anda membeli batu asli dan bukan batu palsu yang dibuat oleh para oknum nakal. Salah-salah bukannya mendapatkan keberuntungan Anda malah jadi rugi, kan? Gunakan juga setting gelang atau cincin yang sesuai dengan batu giok yang Anda beli agar dapat Anda gunakan setiap hari dan tak mudah lepas.

Tag