Ingin Tampil Natural? Yuk Coba Berbagai Jenis Batu yang Biasa Digunakan Pada Gelang Batu Alam Berikut!

Ingin Tampil Natural? Yuk Coba Berbagai Jenis Batu yang Biasa Digunakan Pada Gelang Batu Alam Berikut!

Aksesoris berbentuk gelang tidak hanya terbuat dari emas atau bahan logam lainnya. Gelang tangan dari batu alam juga tak kalah menarik. Ada berbagai jenis batuan alam yang pas untuk dijadikan gelang. Simak ulasannya hanya di BP-Guide.

Gelang Batu Alam Banyak Digunakan Orang Sebagai Pelengkap Fashion

Tahukah kamu bagaimana batu alam yang kita temui saat ini bisa terbentuk?

Pada awalnya semua batu terbentuk karena adanya aktivitas magma di dalam perut bumi di mana 'batu cair' tersebut yang bersuhu lebih dari 1.000 derajat celcius itu perlahan-lahan naik ke bagian lapisan bumi paling luar. Karena tekanan kuat dari dalam, akhirnya magma keluar ke permukaan.

Saat naik hingga ke permukaan, magma tersebut melewati batuan-batuan yang membuat batuan tersebut bercampur dengan magma atau disebut dengan proses hidrotermal (pencampuran). Semakin dekat dengan permukaan terluar lapisan bumi, suhu dari cairan magma perlahan turun dan semakin dingin dan akhirnya mengeras.

Batuan yang bercampur dengan magma yang sudah mengeras itulah yang dikenal sebagai batu alam. Berkat warna-warna dan motifnya yang menarik, batuan ini pun menjadi salah satu bahan aksesoris yang digemari oleh semua kalangan.

Pada awalnya memang hanya bapak-bapak bahkan kakek-kakek yang memiliki batu akik ini. Belakangan, kalangan perempuan dan remaja juga banyak yang menyenangi batu akik. Alasan mereka membeli batu akik ini adalah karena batunya yang cantik, untuk menambah koleksi, nilai artistik yang tinggi, hingga kepercayaan bahwa dalam batu tersebut terdapat "sesuatu" yang membawa keberuntungan bagi pemakainya. Tak hanya itu semua kini batu akik pun bisa menjadi pelengkap fashion kita untuk berbagai acara.

Tips Merawat Gelang Batu Asli

Sama dengan pernak-pernik dan aksesoris yang lain, perawatan batu alam ini harus diperlakukan secara khusus.
Meskipun gelang batu ini tampak keras dan sangat kuat, tapi jika gelang ini mengalami benturan yang cukup keras, bisa saja batu tersebut akan pecah. Karena itu aksesoris dari batu alam juga tetap harus dirawat dan dijaga.

Berikut tips dan trik untuk merawat aksesoris dari batu alam asli.

Cuci dengan Sabun atau Shampo Sebelum Disimpan

Saat ingin menyimpan aksesoris batu ada baiknya jika dibersihkan terlebih dahulu agar kotoran yang menempel pada batu tidak menumpuk hingga membuat batu tampak kusam. Kamu bisa menggunakan sabun saat membersihkan perhiasan batu sebelum disimpan. Sabun yang dipakai bisa dari segala jenis sabun. Seperti sabun mandi cair,sabun cuci piring, bahkan shampo.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk mencuci batu alam

  • Siapkan kain tebal yang lembut atau handuk yang sedikit besar sebagai alas untuk tempat mencuci perhiasan batu. Ini sebagai antisipasi jika batu tersebut jatuh.
  • Alasi tanganmu mengunakan lap atau sarung tangan karet untuk menghindari jejak jari menempel pada batu.
  • Siapkan dua wadah berisi air hangat bersih yang dicampur dengan sabun secukupnya. Bisa ditambahkan sedikit alkohol gosok/rubbing alcohol.
  • Rendam sebentar perhiasan batu dalam air sabun.
  • Jika perhiasan batu terlihat agar kotor kamu bisa menggunakan sikat untuk menyikat secara melingkar bagian yang kotor dengan lembut.
  • Lakukan pembersihan ini di pencahayaan yang cukup agar bagian yang kotor dapat bersih dengan tuntas.
  • Setelah digosok hingga bersih bilas kembali batu tersebut dengan air sabun di wadah yang kedua sebanyak 2-3 kali. Bilas perhiasan batu sabun di samping wadah, sehingga air di dalam bak tersebut tetap bersih.
  • Keringkan perhiasan batu milik dengan kain yang lembut dan menyerap air. Perhiasan batu siap disimpan kembali dalam keadaan bersih.

Bungkus dengan Menggunakan Kain Lembut

Kamu harus punya tempat untuk menyimpan perhiasan batu. Letakkan kain yang lembut dan empuk dalam kotak perhiasan batu alam agar batu tersebut tidak mendapat benturan. Sehingga batu tersebut tidak tergores atau rusak karena cara penyimpanan yang salah.

Simpan pada Suhu Ruangan

Poin lain yang penting dalam menyimpan dan merawat batu alam adalah selalu menyimpan perhiasan batu dalam suhu ruang, Suhu yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah akan membuat batu tersebut mudah retak. Begitu pula jika kamu meletakkannya pada permukaan yang keras. Ketika sesuatu yang keras bertemu dengan yang keras, salah satu benda akan hancur dan pecah.

Jenis Batu Alam yang Biasa Digunakan Menjadi Gelang Batu Alam

Ada banyak jenis batu alam yang kerap dicari untuk dijadikan aksesoris. Khususnya aksesoris gelang. BP-Guide akan memberikan sejumlah rekomendasinya untuk kamu.

Smoky Quartz (Kecubung Teh)

Sumber gambar www.etsy.com

Berikut ini adalah salah satu jenis dari batu kuarsa yakni batu kinyang asap (Smoky Quartz). Batu ini berwarna cokelat hingga hitam dengan batunya seperti diselimuti oleh asap. Kekuatan batu ini 6-7 skala Mohs. Batu kinyang asap ini juga terdapat garis-garis tipis seperti rambut berwarna emas di bagian dalam yang terbuat dari titanium dioxide.

Sebagian masyarakat percaya jika batu ini mampu mengusir aura-aura negatif pada diri kita. Mampu memberikan ketenangan dan menekan rasa depresi. Batu ini akan memberikan dampak positif untuk akar chakra yang terletak di dasar tulang belakang.

Batu ini dibagi menjadi 3 kelompok, antara lain:

  • Cairngorm
    Batu kinyang asap ini memiliki warna kuning kecokelatan atau abu-abu kecokelatan. Tersedia melimpah di Gunung Cairngorm di Skotlandia.
  • Morion
    Berwarna cokelat gelap kehitaman, hanya saja warnanya sedikit lebih pudar.
  • Coon Tail
    Dinamakan coon tail karena batu ini memiliki motif belang hitam dan abu-abu seperti ekor dari binatang rakun.

Gelang ini cocok untuk kamu kenakan sendiri atau dihadiahkan pada orang-orang terdekat. Beberapa model yang tersedia seperti Gelang Batu Alam Smokey Quartz Asli, Memiliki panjang 19 cm dan kekerasan 7 Mohs.

Kemudian ada Gelang Batu Tasbih Smokey Quartz. Gelang ini elastis talinya terbuat dari karet yang tidak hanya lentur tetapi juga kuat. Diselingi pernik besi dengan ukuran lingkar pergelangan 18 cm dan berat hanya 30 gr saja.

Lalu ada Gelang Smokey Quartz. Gelang ini tidak hanya tersusun dari batu kuarsa saja tetapi juga red garnet dengan sice manik-manik 100 mm. Panjang gelang ini antara 17-19 cm dengan tali gelang terbuat dari bahan karet yang elastis.

Gelang-gelang tersebut bisa kamu temukan di beberapa toko aksesoris. Kamu juga bisa memesannya lewat Blibli, Tokopedia, shaman.jejualan.com, Bukalapak, dan Elevenia. Harganya Sekitar Rp. 65.000 - Rp. 110.000

Hematite

Sumber gambar www.etsy.com

Kata hematite berasal dari bahasa Yunani yakni Haima atau Ema yang berarti darah. Karena itu banyak orang percaya bahwa batu hematite memiliki banyak fungsi untuk kesehatan terutama yang berhubungan dengan sirkulasi darah dalam tubuh manusia.

Selain karena namanya yang berarti darah, ternyata batu ini tidak hanya berwarna merah tetapi juga ditemukan beberapa warna lainnya seperti hitam dengan kilau abu-abu, cokelat kemerahan, hingga warna hitam dengan garis-garis merah.

Begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika memakai gelang yang terbuat dari batuan hematite ini. Tapi ada pendapat yang mengatakan bahwa gelang dari batu hematite ini tidak cocok dikenakan dalam jangka panjang. Terutama oleh individu yang memiliki penyakit jantung, meski sebabnya masih belum diketahui secara jelas.

Ada banyak sekali model gelang batu hematite ini. Kami akan memberikan 2 referensi gelang batu alam hematite yang mungkin bisa kamu lirik jika tengah mencari gelang batu alam hematite ini.

Pertama, Gelang Batu Asli Hematite/Hematite Bracelet. Manik-manik gelang ini terbuat dari bahan utama batu hematite dengan ukuran manik-manik 8 mm. Ada pula Gelang Batu Hematite non-Magnetik dengan ukuran manik gelang 8 mm.

Gelang-gelang tersebut bisa kamu pesan di beberapa situs beli online seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, rambutsedana.com, dan bakpiamutiara.com. Harganya mulai dari Rp. 55.000 hingga Rp. 300.000 per buah.

Manfaat batu hematite

  • Mampu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.
  • Merangsang tubuh sehingga aliran oksigen dalam darah menjadi lancar.
  • Mampu menghilangkan asam urat dan kebiasaan kesemutan atau kebas.
  • Dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi otak.
  • Dapat memberi keberuntungan pada pemakainya.
  • Menyeimbangkan emosi dan mental.
  • Menghilangkan kecemasan juga mengobati insomnia.
  • Meningkatkan aura positif pada tubuh.

Onyx

Sumber gambar callvogue.com

Batu onyx ini masih serumpun dengan batu kuarsa atau batu chalcedoni quartz. Memiliki kekerasan hingga 7 skala Mohs. Batu onyx sendiri terbagi menjadi onyx biasa yang berwarna hitam dengan dasar putih. Lalu ada karneol onyx yang berwarna merah dengan dasar batu berwarna putih. Terakhir sardonyx, yang berwarna merah tua dengan dasar batu berwarna putih.

Salah satu batu onyx yang dipercaya memiliki pengaruh penyembuhan yang luar biasa dan bersifat spiritual adalah batu black onyx. Batu onyx ini dipakai tak hanya sebagai manik gelang saja tetapi bisa juga dipakai untuk cincin dan liontin kalung.

Sebagian masyarakat percaya bahwa batu onyx ini memiliki manfaat yang banyak sekali, terutama untuk kesehatan. Maka dari itu batu ini kerap digunakan dalam aktivitas sehari-hari.
Model batu onyx yang direkomendasikan

Salah satu model gelang batu onyx yang direkomendasikan adalah Raja Gelang Batu Natural Onyx AAA. Gelang ini memiliki ukuran manik-manik 8 mm. Lalu ada Gelang Batu Alam Black Onyx Asli yang memiliki ukuran manik 6 mm.

Gelang batu alam onyx ini bisa kamu pesan melalui Lazada, Tokopedia, shaman.jejualan.com, Blibli, Bukalapak, Prelo, dan AliExpress dan dihargai mulai dari Rp. 42.500 hingga Rp. 120.000.

Beberapa manfaat dari batu onyx

  • Bisa melindungi dan mengusir energi negatif dan sihir gelap
  • Batu onyx ini bisa membawa keberuntungan bagi pemakainya
  • Menetralisir emosi

Black Tourmaline

Sumber gambar www.amazon.com

Batu tourmaline berasal dari kata Turamali dari bahasa Sinhala, yang berarti "batu dengan berbagai warna".
Jenis batu ini terbagi lagi menjadi Dravite, Uvite, Schorl, Liddicoatite, Elbaite. Dari kelima jenis batu tourmaline tersebut, yang paling menduduki peringkat atas karena paling umum dijumpai adalah batu jenis Schorl. Namun ternyata jenis yang paling banyak peminatnya adalah Elbaite.

Batu tourmaline diperdagangkan menggunakan nama yang sesuai dengan warna pada batunya. Seperti Pink-Red Rubellite, Blue-Green Paraiba, Blue Indicolite, Multicolor Waermelon Tourmaline.

Banyak yang mempercayai bahwa batu alam tourmaline ini juga menimbulkan efek positif bagi kesehatan badan dan ketenangan rohani. Seperti menetralkan dan menangkal energi negatif. Batu tourmaline hitam juga dipercaya mampu membantu menangkal radiasi elektromagnetik. Seperti radiasi ponsel, televisi, komputer, dan lain-lain.

Batu ini juga dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan melancarkan aliran darah. Jika kamu tertarik dengan batu ini, batu tourmaline ini juga tersedia dalam bentuk aksesoris berupa gelang.

Di antaranya Gelang Batu Asli Tourmaline Hitam/Black Tourmaline Bracelet. Gelang ini memiliki manik-manik batu sebesar 7.3-8 dan panjang gelang 19 cm. Kamu bisa memesannya melalui Tokopedia, Bukalapak, shaman, jejualan.com, Lazada, dan Zalora. Harganya berada di kisaran Rp. 135.000.

Brecciated Jasper

Sumber gambar www.etsy.com

Batu jasper masih tergolong satu keluarga dengan janeis batu quartz atau kuarsa. Kata jasper sendiri diambil dari bahasa Yunani yang memiliki arti batu berbintik. Kata tersebut menyesuaikan dengan penampakan dari batunya sendiri yang berwarna-warni, kadang bergaris, berbintik, atau bahkan seperti tampilan nyala api.

Pola-pola tersebut terjadi karena adanya proses konsolidasi mineral yang mana proses ini ditentukan oleh aliran dan pengendapan yang tepat dari sedimen yang kaya akan silika atau abu vulkanik. Ketika deposit silika asli secara alami terbentuk setelah deposisi, "bakal batu" tersebut kemudian akan diisi oleh mineral lain seperti besi oksida, mangan oksida, atau oksida logam. Hasil akhir dari pengendapan zat-zat tersebut yang akan menentukan penampilan juga bentuk dari batu jasper.

Gelang Batu Alam Breciared Jasper Asli, merupakan gelang yang kami rekomendasikan. Terbuat dari batuan jasper dengan manik berukuran 8 mm. Memiliki lingkar pergelangan sekitar 18-19 cm dan karet yang membentuk gelang tersebut elastis sehingga bisa dikenakan oleh siapapun. Gelang ini bisa dipakai oleh perempuan maupun laki-laki.

Untuk mendapatkannya, kamu cukup mengunjungi Bukalapak, Tokopedia, shaman.jejualan.com, sanctishop.com, Elevenia, dan Zalora. Siapkan uang sekitar Rp. 53.000 hingga Rp. 135.000, maka kamu sudah bisa mendapatkan sebuah gelang batu jasper ini dengan beragam manfaatnya.

Beberapa nama dagang batu jasper

  • Agate Jasper, merupakan batu jasper berwarna campuran antara kuning, cokelat, atau hijau.
  • Brecciated Jasper, batu jasper ini berada dalam fragmen yang secara alami menyatu dalam material berwarna abu-abu
  • Egyptian Jasper, batu jasper berjenis Egyptian ini memiliki warna kuning dan merah yang sangat pekat
  • Banded Jasper, batu jasper yang memiliki struktur berlapis seperti pita lebar
  • Basanite, batu jasper berwarna hitam dengan tekstur batu yang halus
  • Hornstone, batu jasper dengan warna abu-abu sampai merah-cokelat
  • Scenic, batu jasper yang memiliki pola yang menyerupai gambar bahkan pemandangan
  • Biggs Jasper, adalah batu jasper yang berasal dari Oregon
  • Breneau Jasper, merupakan batu jasper yang berasal dari Bruneau Canyin, Idaho
  • Moukaite, batu jasper yang berwarna merah muda
  • Plasma, memiliki warna hijau tua dengan bintik-bintik putih atau kuning
  • Silex, memiliki garis atau bintik berwarna kuning dan merah-coklat
  • Orbicular Jasper, memiliki pola cincin konsentris orbital
  • Bumblebee Jasper, batu jasper dari Indonesia dengan warna kuning yang khas
  • Zebra Jasper, batu jasper ini berwarna cokelat tua dengan pola seperti motif pada hewan zebra
  • Moss Jasper, batu jasper dengan inklusi padat yang menyerupai lumut.

Garnet

Sumber gambar shop.atperrys.com

Batu garnet sendiri merupakan sebuah batu alam yang terbentuk dari aktivitas lava atau sedimen yang mengalami metamorphosis. Hampir pada semua batu garnet pasti akan ditemukan zat mineral seperti besi, aluminium, silikat, kalsium, magnesium, dan mangan. Zat-zat tersebutlah yang membuat batu garnet memiliki beragam warna. Paling sering ditemukan adalah yang berwarna merah.

Salah satu jenis garnet yang berwarna merah adalah jenis Almadine dimana warna merahnya juga beragam macam mulai dari merah tua, kecokelatan, hingga merah keunguan. Kekuatan dari kekerasan batu Garnet Almadine ini mencapai 7.5 skala Mohs. Garnet jenis Almadine ini sering dipotong membentuk cabochon dengan model cembung atau biasa dikenal dengan bentuk Carbuncle. Batu permata yang dipoles dan dibentuk membentuk cabochon secara historis telah digunakan sebagai permata persahabatan.

Beberapa orang percaya bahwa batu Garnet mampu meningkatkan eksistensi yang mengenakan batu Garnet tersebut, dapat membuat bisnis yang dijalani oleh pengguna batu Garnet bisa berada di puncak kejayaan.

Batu Garnet juga menarik dijadikan aksesoris fashion, salah satunya adalah gelang. Biasanya gelang batu Garnet ini memiliki ukuran yang relatif kecil dari ukuran manik-manik 7 mm - 10 mm.

Kamu bisa membeli gelang batu alam Garnet ini di Tokopedia, Blibli, Bukalapak, OLX, tokoone.com, sanctishop.com, dan Zalora. Harganya? Antara Rp 65.000 hingga Rp. 165.000.

Jenis-jenis batu Garnet

  • Demantoid, batu Garnet berwarna hijau zaitun hingga zamrud,
  • Gooseberry Garnet, berwarna hijau cerah sampai hijau kecokelatan.
  • Hessonite, berwarna oranye sampai oranye-kecokelatan yang transparan.
  • Imperial Garnet, batu berwarna merah muda hingga merah cerah yang transparan.
  • Leuco Garnet, tidak memiliki warna dan transparan.
  • Malaya Garnet, memiliki warna merah keoranyean.
  • Mali Garnet, berwarna kuning kehijauan.
  • Mandarin Garnet, memiliki warna dari oranye cerah hingga oranye biasa.
  • Melanite, berwarna merah buram, hitam, atau bahkan warna yang sangat berkilauan.
  • Mint Garnet, memiliki warna hijau mint yang cerah.
  • Mozambique Garnet, berwarna merah yang berasal dari Mozambique.
  • Raspberry Garnet, memiliki warna merah khas raspberry.
  • Rhodolite, berwarna merah mawar dengan warna cerah atau keunguan.

Obsidian Snowflake

Sumber gambar www.etsy.com

Batu Obsidian merupakan batuan yang awal mulanya terbentuk dari magma yang mengalami pendinginan dengan cepat sehingga atom-atom didalamnya tidak sempat mengatur dirin untuk membuat suatu struktur kristal. Akibatnya, magma tersebut mulai menghasilkan gelas vulkanik yang memiliki tekstur lembut. Batu Obsidian juga merupakan jenis ekstrusif (batuan beku luar) yang tersusun atas material amorf atau biasa disebut mineraloid (batuan yang tidak memiliki struktur kristal).

Sebagian batu Obsidian yang secara kimiawi tidak memiliki molekul yang stabil. Seiring berjalannya waktu batuan tersebut akan mengalami proses pengkristalan tapi tidak terjadi diseluruh bagian batu. Proses kristalisasi batuan tersebut dapat membentuk sebuah kristal Cristobalite berwarna putih terkadang juga abu-abu. Warna putih atau abu-abu tersebut akan menciptakan batu Obsidian memiliki bentuk dan pola yang unik yang dinamakan Snowflake Obsidian.

Batu Obsidian ini memiliki kekerasan 5-5.5 skala Mohs, sehingga jika terjatuh ke permukaan yang keras batu ini akan mudah tergores dan bisa pecah. Untuk itu kamu bisa menyimpan batu Obsidian ini ke sebuah tempat yang bisa kamu lapisi dengan kain yang lembut dan empuk agar tidak tergores.

Batuan Obsidian juga digunakan sebagai bahan pembuat gelang. Biasanya batu akan dibentuk bundar berukuran 7-8 mm dengan panjang gelang mencapai 19 cm. Tali yang digunakan untuk menyusun gelang pun elastis.

Kamu bisa menemukan gelang batu Obsidian di beberapa lapak online seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan sanctishop.com dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp. 24.000-an saja.

Black Tourmalated (Cendana Hitam)

Sumber gambar www.pinterest.com

Sekilas, nama batuan ini mirip nama sebuah pohon. Tapi hanya namanya saja yang mirip. Batu Cendana tersebut terbentuk karena magma yang mendingin secara perlahan, Batu Cendana sendiri merupakan salah satu batuan dalam kelompok Rutilized Quartz atau lebih tepatnya masih berada satu keluarga dengan batu Kuarsa.

Banyak yang memburu batu Cendana ini tak bukan hanya karena modelnya yang cantik dan warnanya yang unik, tetapi juga batu ini karena dipercaya memiliki kemampuan memberikan aura positif bagi pemakainya. Beberapa masyarakat percaya bahwa batu ini bisa memberikan perlindungan, cepat bertemu jodoh, selalu menjaga keselamatan diri dari ilmu hitam dan sihir, serta dimudahkan rejekinya.

Seperti halnya batu-batu yang lain, batu Cendananya juga ada yang dibentuk seperti gelang. Jika kamu tertarik dan ingin membelinya, bisa langsung kunjungi Tokopedia, Bukalapak, OLX, Lazada, dan Blibli. Biasanya gelang batu alam Cendana ini memiliki ukuran manik-manik batu 6 mm – 12 mm. Harga yang ditawarkan antara Rp. 72.000 sampai Rp. 225.000.

Bloodstone

Sumber gambar www.amazon.com

Batu Bloodstone ini hanya namanya saja yang memiliki arti batu darah, tetapi sama sekali tidak memiliki tampilan seperti warna darah. Batu ini malah berwarna dasar hijau kebiruan. Terkadang ada yang menemukan batu Bloodstone dengan warna abu-abu kebiruan.

Alasan mengapa batu ini dinamai Bloodstone salah satunya adalah karena pada batu ini terdapat inklusi seperti adanya bercak darah berwarna merah, kecokelatan, hingga kuning. Tapi bercak ini tak selalu sama. Dalam tingkat kejernihan, batu ini termasuk Opaque atau tidak tembus cahaya, meski ia tidak tembus pandang, ada pula batu Bloodstone yang dipercaya sangat langka dan berharga yakni batu Bloodstone yang memiliki tingkat kejernihan batu Translucent atau tembus cahaya.

Batu ini bisa dengan mudah kamu temukan di India, Brasil, Australia, Amerika Serikat, dan Indonesia. Dulu batu ini bisa ditemukan ini di daerah kaki Gunung Slamet hingga ke aliran sungainya. Sayang, akibat penambangan yang tiada hentinya batu ini kian langka.

Di era yang serbacanggih, beberapa kelompok masyarakat masih percaya bahwa batu Bloodstone bisa membawa dampak yang positif bagi yang memakainya. Untuk kesehatan batu Bloodstone dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan aliran darah, dan penawar racun di tubuh.

Sama seperti batu yang lain, Bloodstone juga ada dalam bentuk gelang. Biasanya gelang ini memiliki panjang 16 cm-19 cm dengan tali gelang yang cukup elastis sehingga nyaman dipakai. Manik-manik berukuran 7-8 mm.

Untuk mendapatkannya kamu bisa memesan di Bukalapak, Tokopedia, Elevenia, dan shaman.jejualan.com dengan harga mulai dari Rp. 55.000 sampai Rp. 60.000.

Lava Rock

Sumber gambar www.etsy.com

Batu ini "membutuhkan bencana alam" terlebih dahulu untuk bisa ditemukan. Batu Lava atau Lava Rock ini adalah batuan yang terbentuk dari lava gunung berapi yang berada di bagian terdalam bumi yakni inti bumi. Batu Lava terbentuk karena lava yang ada di inti bumi tersebut mencapai ke permukaan bumi akibat meletusnya gunung yang kemudian lava tersebut dingin dan kemudian menjadi keras.

Penampakan dari batu Lava ini berlubang-lubang karena proses pendinginannya yang cepat. Batunya ringan, serta warnanya hitam legam. Untuk sebagian orang, warna hitam menarik untuk dijadikan perhiasan. Dan alasan tersebutlah masih banyak orang yang mencari batu Lava untuk digunakan sebagai aksesoris karena daya tarik warna hitamnya yang elegan.

Batu Lava lebih sering dijumpai dalam bentuk aksesoris seperti kalung juga gelang. Kamu bisa memesannya di Tokopedia, Bukalapak, shaman.jejualan.com, Zalora, dan Blibli seharga Rp. 55.000-Rp. 99.000 saja. Ukuran lingkar gelangnya pun juga beragam mulai dari yang ukuran Extra Small (14-15 cm), Small (16-17 cm), Medium (18-19 cm), dan Large (20-21 cm).

Gelang ini bisa digunakan untuk perempuan juga laki-laki saja ya.

Manfaat Lava Rock pada spiritual healing

  • Batu ini dipercaya memiliki elemen api yang sangat kuat sehingga mampu membuat siapapun yang memakainya akan bersemangat dan bergairah. Selain itu batu lava juga bisa memberikan ketenangan dan meredam emosi.
  • Karena berasak dari inti, membuat batu Lava ini memiliki hubungan yang kuat dengan elemen bumi. Alasan tersebutlah membuat pada zaman dahulu banyak tentara perang diberi batu Lava untuk membantu dalam menghadapi berbagai situasi genting dalam peperangan, karena batu tersebut disebut-sebut sebagai batu ketenangan.
  • Dapat menghilangkan aura negatif.
  • Membuat pemakainya lebih bersemangat, kuat, dan percaya diri.

Red Ruby

Sumber gambar www.etsy.com

Batu ruby lebih akrab di telinga masyarakat Indonesia dengan sebutan merah delima. Terkenal memiliki harga yang fantastis ini dan pamor di telinga para kolektor batu alam. Tak hanya kolektor batu saja sebenarnya, bagi pecinta aksesoris pun tak sedikit yang memburu perhiasan yang dilengkapi dengan batu Ruby ini.

Bagaimana warna merah pada batu Ruby bisa tercipta? Dalam korundum yang berkualitas akan didapatkan sejumlah jejak khrom atau chromium dimana jejak khrom inilah yang bisa membuat batu Ruby berwarna merah. Jika jumlah khrom yang terkandung dalam batu Ruby sedikit maka akan menghasilkan warna merah muda, sedangkan jika jumlah khromnya banyak akan menghasilkan warna merah yang lebih terang.

Untuk bisa menghasilkan warna yang cantik harus memiliki jumlah khrom yang mampu menghasilkan warna antara oranye kemerahan dan ungu kemerahan. Kini, batu Ruby telah melewati beberapa proses pemanasan, di mana proses pemanasan ini digunakan untuk meningkatkan daya tarik dari tampilan batu Ruby itu sendiri.

Penamaan batu dengan menggunakan kata Ruby sendiri diambil dari bahasa Yunani “Rube” yang memiliki arti warna merah, sesuai dengan penampakan batu tersebut. Batu ini dipercaya sudah dipakai oleh para raja dan juga ratu pada jaman dahulu selama beribu-ribu tahun. Bahkan ada yang menyandingkan batu Ruby ini dengan berlian karena harganya yang mampu melampaui harga berlian yang sudah terbilang sangat mahal. Apalagi jika merupakan Ruby yang langka.

Soal harga, tidak jauh berbeda mahalnya dengan berlian. Batu ini juga memiliki tingkat kekerasan yang hanya berbeda tipis dengan berlian. Jika berlian merupakan batu alam yang paling kuat, batu Ruby mungkin adalah batu terkuat nomor 2 karena ia memiliki tingkat kekerasan hingga 9 skala Mohs.

Produk gelang batu alam ini memiliki ukuran panjang sekitar 2 cm dan bahan yang terbuat dari perak dan emas. Desainnya cukup anggun dan tak lekang oleh zaman. Seperti gelang red ruby perak yang dijual Rp 275.000 di Tokopedia. Ada pula gelang red ruby yang dijual Rp 111.000 di Bukalapak.

<p>Batu Ruby</p>
Siapa yang tidak mengenal sekali orang menyebutkan nama batu ini? Batu Ruby atau yang lebih akrab di teinga masyarakat Indonesia batu Merah Delima yang terkenal memiliki harga fantastic ini sudah pamor di telinga orang khususnya bagi kolektor-kolektor batu alam. Tak hanya kolektor batu saja sebenarnya, bagi pecinta aksesoris pun tak sedikit yang memburu perhiasan yang dilengkapi dengan batu Ruby ini. Apa sih sebenarnya keistimewaan batu ini sehingga banyak sekali orang yang berbondong-bondong hanya untuk sebongkah batu Ruby ini? Mari simak beberapa penjelasan di bawah ini mengenai batu Ruby.
Tak jarang batu Ruby ini disbanding-sandingkan dengan temannya yakni batu Safir, padahal jika diteliti lagi kedua batu tersebut tersusun akan beberapa zat penyusun yang hampir sama salah satunya adalah mineral korundum. Mineral korundum sendiri merupakan kristal aluminium oksida yang jernih tapi dapat juga memiliki warna jika zat mineral korundum tercampur dengan zat lain. Jika zat mineral korundum ini bercampur dengan “zat lain” dan menghasilkan batu yang berwarna merah, maka batuan tersebut dinamakan batu Ruby. Tetapi jika “zat lain” tersebut menghasilkan warna selain merah maka batuan tersebut dinamakan batu Safir. Kebanyakan warna yang banyak ditemukan hasil dari bercampurnya mineral korundum dengan “zat lain” adalah merah dan biru, tapi ia dapat pula menghasilkan warna lain seperti kuning, orange, hijau, dan ungu. Untuk itu korundum warna merah yang populer adalah batu Ruby, sedangkan korundum warna biru yang populer adalah batu Safir.
Bagaimana warna merah pada batu Ruby bisa tercipta? Dalam korundum yang berkualitas akan didapatkan sejumlah jejak khrom atau chromium dimana jejak khrom inilah yang bisa membuat batu Ruby berwarna merah. Jika jumlah khrom yang terkandung dalam batu Ruby sedikit maka akan menghasilkan warna merah muda, sedangkan jika jumlah khromnya banyak akan menghasilkan warna merah yang lebih terang. Untuk batu Ruby sendiri untuk bisa menghasilkan warna yang cantik harus memiliki jumlah khrom yang mampu menghasilkan warna antara oranye kemerahan dan ungu kemerahan. Di jaman yang sudah serba modern seperti sekarang ini, batu Ruby telah melewati beberapa proses pemanasa, dimana proses pemanasan ini digunakan untuk meningkatkan daya tarik dari tampilan batu Ruby itu sendiri.
Penamaan batu dengan menggunakan kata Ruby sendiri diambil dari bahasa Yunani “Rube” yang memiliki arti warna merah, sesuai dengan penampakan batu tersebut. Batu ini dipercaya sudah dipakai oleh para raja dan juga ratu pada jaman dahulu selama beribu-ribu tahun. Bahkan ada yang menyandingkan batu Ruby ini dengan berlian karena harganya yang mampu melampaui harga berlian yang sudah terbilang sangat mahal. Apalagi jika Ruby tersebut merupakan Ruby yang langka.
Banyak sumber yang mengatakan bahwa sumber penambangan batu Ruby terbaik yang paling besar dan juga terkenal seantero dunia adalah di Myanmar tepatnya di Burma, Thailand selama beratus-ratus tahun lamanya. Pada tajun sekitar 1990-an daerah Mong Hsu ulai memproduksi batu Ruby hingga ditemukan cadangan batu Ruby baru masih di Myanmar tepatnya di daerah Namya. Tak hanya di Thailand saja, di Australia, Sri Lanka, Tanzania, Brazil, Kamboja, Kenya, Madagaskar, Nepal, Pakistan, Zimbabwe, dan beberapa negara lainnya juga bisa ditemukan batu Ruby ini. Sayangnya untuk bisa menemukannya batu Ruby ini di toko perhiasan saja sudah susah apalagi jika mencari bongkahannya atau masih dalam bentuk bebatuan. Hal tersebutlah yang membuat batu Ruby ini langka dan juga dipatok harga yang sangat mahal. Baru-baru ini ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa cadangan Ruby terbesar dunia telah ditemukan di bawah lapisan es yang berada di Greenland. Pada tahun 2009 juga terdapat laporan adanya cadangan batu Ruby terbesar di dunia ditemukan di Mozambik di Nanhumbir di distrik Cabo Delgado Montepuez.
Selain soal harga yang tidak jauh berbeda mahalnya dengan berlian, batu Ruby ini juga memiliki tingkat kekerasan yang hanya berbeda tipis dengan berlian. Jika berlian merupakan batu alam yang paling kuat, batu Ruby mungkin adalah batu terkuat nomor 2 karena ia memiliki tingkat kekerasan hingga 9 skala Mohs.
Batu Ruby ini memiliki 3 klasifikasi dimana setiap pengelompokkan batu Ruby tersebut memiliki kekhasan masing-masing, diantaranya.
Batu Ruby ini memiliki 3 klasifikasi dimana setiap pengelompokkan batu Ruby tersebut memiliki kekhasan masing-masing, diantaranya.
<ul>
<li><b>Batu Ruby Jenis Star</b>, yang menjadi khas dari batu Ruby Star ini adalah adanya guratan atau serat yang membentuk se[perti sinar bintang pada batu. Banyak orang yang percaya bahwa batu Ruby jenis ini bisa tembus hingga milyaran rupiah untuk satu buah batunya.</li>
<li><b>Batu Ruby Jenis Kristal</b>, sesuai dengan namanya batu Ruby jenis kristal harus melewati proses kristalisasi terlebih dahulu dimana proses tersebut memakan waktu yang cukup lama. Batu Ruby jenis ini masih tergolongmahal yaitu bisa tembus hingga harga ratusan juta rupiaj.</li>
<li><b>Batu Ruby Jenis Daging</b>, batu ini memiliki warna yang hampir mirip seperti warna daging sapi segar yaitu merah sedikit gelap. Meskipun memiliki warna merah gelap tapi batu ini tetap saja terlihat menawan serta diburu banyak orang, tak heran harganya masih dikisaran ratusan juta rupiah untuk satu buah batu Ruby Daging.</li>
</ul>
Selain karena kecantikannya yang diburu oleh banyak orang, batu Ruby ini juga terkenal memiliki kemampuan dapat memberi dampak positif bagi yang memakainya. Dari dulu hingga sekarang banyak yang masih mempercayahi bahwa batu Ruby ini bisa menjaga kesehatan mental dan fisik, selama berabad-abad batu Ruby ini dianggap sebagai batu energy, gairah, dan seangat hidup. Selain itu batu Ruby juga dilambangkan sebagai kesempurnaan dan juga kekuatan, keberanian, dan bisa membuat orang yang memakai batu ini pantang takut akan kejahatan dan juga kemalangan.
Banyak yang berpendapat pula jika warna baru Ruby mejadi gelap itu artinya akan datang mara bahaya. Ivan the Terrible adalah orang Tsar pertama yang mengungkapkan bahwa batu Ruby ini baik untuk jantung, otak, dan juga daya ingat. Kemudian pada abad 15 dan 16 manfaat batu Ruby berkembang lagi dimana ia dianggap mampu menetralisir racun dalam tubuh. Asrology Weda juga mengemukakan pendapatnya mengenai manfaat batu Ruby ini, ia mengatakan bahwa batu ini bisa untuk meningkatkan Hemoglobin.
Ada pula manfaat batu Ruby lain untuk kesehatan bila dipakai, yakni dapat mengobati demam, beberapa penyakit,serta melancarkan aliran darah yang tersumbat, merangsang hormone adrenalin, sistem ginjal, reproduksi, hingga limpa.
Banyak sekali yang menginginkan batu ini dalam berbagai bentuk, mulai dari yang batu, dalam bentuk liontin, dan ada pula yang meninginkannya dalam bentuk gelang. Jika kamu salah satunya kamu tidak perlu khawatir harga gelang batu Ruby tersebut akan berharga hingga milyaran rupiah. Kamu bisa cek di Tokopedia, Lazada, Bukalapak, permatacantik.com, dan aliespress.com dengan kisaran harga mulai dari Rp. 110.000 sampai Rp. 275.000. kebanyakan gelang batu Ruby ini selalu dipasangkan dengan perhiasan emas 18 karat, sehingga akan bertambah bentuk elegannya. Panjang gelang biasanya mencapai 19 cm - 20 cm, dan agar gelang ini bisa bertahan lama hindarkan batu ini dari bahan-bahan seperti alcohol, air laut, air kaporit, dan juga belerang.

From our editorial team

Hati-hati barang imitasi saat membeli bebatuan mahal ini

Sekarang hampir semua benda bisa dibuat produk palsunya. Begitu pula dengan gelang batu alam. Kadang, ada juga yang terlihat seperti batu lama tapi ternyata hanya sebuah kaca berwarna. Karena itulah, kamu harus cermat dalam memastikan gelang batu yang dibeli merupakan produk asli, bukan imitasi.