5 Kombinasi Cincin Perak yang Elegan dan Pasti Cantik Melingkar di Jari Anda

5 Kombinasi Cincin Perak yang Elegan dan Pasti Cantik Melingkar di Jari Anda

Cincin dengan bahan logam perak banyak dipilih orang karena kuat dan harganya terjangkau. Anda juga bisa mendesain bentuk cincin yang rumit sekalipun karena logam perak juga paling mudah dibentuk. Perak juga fleksibel dikombinasikan dengan logam lain dan bisa menghasilkan cincin yang indah. Lihat saja deretan kombinasi cincin perak berikut ini. Anda pasti terkesan dengan keindahannya.

Cincin Perak Bisa Menjadi Alternatif Cincin Emas yang Sudah Terlalu Mainstream

Saat ini logam perak tengah populer sehingga banyak dijadikan cincin kawin sebagai alternatif cincin emas. Dari segi harga, cincin perak memang lebih terjangkau daripada cincin yang terbuat dari logam lain seperti emas. Selain itu logam perak jauh lebih mudah dibentuk sehingga bisa menghasilkan beragam model perhiasan yang rumit sekalipun.

Kendati demikian, perak juga memiliki beberapa kekurangan. Daya tahan perak tidak sekuat emas atau logam lain. Perak termasuk logam yang lunak sehingga mudah berubah bentuk dan tergores. Selain itu lapisan akhir pada perhiasan berbahan perak lebih mudah hilang. Namun tidak ada salahnya juga jika Anda memilih cincin perak. Asal bisa merawatnya dengan baik, cincin perak bisa tetap awet dan berkilau.

Langkah Merawat Cincin Perak Supaya Selalu Mengkilap

Agar cincin perak milik Anda selalu tampak seperti baru, maka tentu harus dirawat. Rajinlah membersihkannya agar kualitas cincin perak Anda tetap terjaga dan berkilau. Cara perawatannya tak begitu rumit dan sangat mudah dilakukan. Oleh karenanya, silakan simak cara yang disediakan BP-Guide agar cincin perak Anda selalu mengkilap setiap saat.

Letakkan di Wadah Khusus

Agar tetap awet, Anda harus menaruh cincin perak di sebuah wadah khusus. Perak bersifat lembut sehingga tidak boleh disatukan dengan logam mulia lainnya seperti emas, platina, atau paladium agar tetap awet dan tahan lama. Jika cincin perak tidak ingin digunakan dalam waktu lama dan harus disimpan, sebelumnya oleskan minyak zaitun pada cincin agar warnanya tak mudah pudar.

Hindari Cincin Perak dari Kelembapan

Cincin perak juga harus dijauhkan dari kelembapan. Jangan letakkan cincin perak di tempat yang lembap seperti kamar mandi. Letakkan selalu di tempat yang kering dan sejuk. Saat mandi, berenang, atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air, copot cincin perak tersebut. Selain itu jauhkan cincin perak dari zat kimia seperti minyak wangi.

Bersihkan Cincin Perak Secara Teratur

Cincin perak harus dibersihkan secara teratur agar tetap berkilau. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan pembersih khusus untuk perak. Bisa juga dengan membuat sendiri pembersih perak yang terdiri dari campuran soda kue, garam, dan air. Rendam cincin perak dalam larutan ini, lalu gosok dengan lap lembut khusus untuk perak agar tidak merusak kandungan perak.

Jenis Batu Mulia yang Banyak Digunakan untuk Cincin Perak

Cincin dari perak tak jarang menggunakan batu mulia sebagai pelengkap. Batu mulia membuat cincin perak makin mempesona. Keindahan dari batu mulia yang menghiasi cincin perak membuat harganya menjadi lebih mahal. Batu mulia adalah batu-batuan alam yang setelah diolah memiliki keindahan dan ketahanan yang memadai untuk dipakai sebagai barang perhiasan.

Batu mulia yang lebih dulu dikenal di Indonesia adalah intan. Penambangan intan sudah dilakukan saat masa pemerintahan Hindia Belanda pada abad keenam yang berlokasi di Kalimantan Selatan. Kualitas batu mulia ditentukan dari kemurnian, kekerasan, warna, bentuk, dan ukuran. Contoh batu mulia yang umum digunakan untuk mata cincin adalah berlian, safir, zamrud, opal, kecubung, bacan, dan giok.



Berlian

Berlian terbentuk dari kristal karbon serta zat alam paling keras. Batu mulia ini terkenal sangat keras, sangat cemerlang, dan tentu saja sangat bernilai. Berlian memiliki banyak warna. Kebanyakan yang ditemukan adalah warna cokelat dan kuning. Warna yang paling populer adalah putih. Sementara yang paling langka adalah warna merah. Ada pula berlian berwarna biru dan merah muda. Berlian masih menjadi pilihan populer para calon pengantin untuk dijadikan mata cincin dibandingkan jenis batu mulia lainnya.


Safir

Safir merupakan batu mulia berwarna biru yang dihasilkan dari mineral korondum. Namun ada juga safir yang memiliki warna kuning, hijau, dan putih. Safir berwarna biru paling mahal harganya. Safir berada di urutan ketiga jika dilihat dari tingkat kekerasannya di antara jenis batu mulia lainnya. Safir bisa dijadikan alternatif mata cincin yang cantik selain berlian.

Zircon

Batuan zircon juga sering ditemukan menjadi penghias cincin perak. Zircon yang berarti keemasan ini bisa mudah ditemukan di mana pun. Zircon termasuk batu mulia dengan tingkat kekerasan nomor 5 di dunia. Ada banyak warna pula pada batuan zircon. Ada hijau, cokelat, merah, kuning, namun ada pula yang tak berwarna.

Selain itu ada dua dua jenis zircon yaitu yang tembus cahaya dan tidak tembus cahaya. Umumnya batu zircon banyak dihasilkan di Thailand dan Srilanka, namun ada juga yang ditemukan di Australia dan Myanmar.

Kombinasi Cincin Perak yang Banyak Digunakan

Kombinasi Emas Putih

Sumber gambar tokoone.com

Cincin perak umumnya dikombinasikan dengan emas putih. Logam emas putih ini sangat menarik untuk dikombinasikan karena faktor kecermelangan dan ketahanannya. Cincin perak kombinasi emas putih harganya jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kombinasi platinum.

Kenakan cincin perak berlapis emas putih yang nampak mewah ini. Diual di situs web tokoone.com dengan harga Rp 198.550. Produk ini terbuat dari perak sterling silver 925 berlapis emas putih. Cincin dengan berat 5 gram ini tak akan mudah menghitam. Mata cincin berupa berlian American Diamond juga membuat penampilannya tampak elegan.

Kombinasi Emas Kuning

Cincin perak yang dilapisi emas kuning terlihat sangat indah dan lebih berkelas. Emas kuning sendiri terbuat dari campuran emas murni, zinc, dan juga tembaga. Emas kuning harganya lebih terjangkau dari emas putih. Kelebihan emas kuning adalah tidak perlu dipoles berkala karena kilaunya dapat bertahan lama dan tak mudah tergores.

Silakan beli cincin perak berlapis emas kuning ini. Terbuat dari sterling silver 925 yang kuat. Penampilannya sangat klasik dan mempesona dengan tambahan batu zircon di bagian tengah dan samping. Cincin keren ini dibanderol Rp 450.321 di toko online adt-shop.com.

Kombinasi Platinum

Cincin perak dengan kombinasi platinum akan jadi pilihan yang pas untuk cincin yang dikenakan sehari-hari. Ini karena platinum bersifat sangat keras dan tahan gores. Kilaunya juga awet meski dikenakan sehari hari. Harga platinum lebih mahal dari emas putih. Hal tersebut karena untuk membuat sebuah cincin diperlukan platinum murni hingga 90 persen. Sementara jika menggunakan emas putih, hanya dibutuhkan 75 persen saja. Uniknya bahan platinum ini tak menimbulkan alergi karena merupakan logam murni sehingga aman dikenakan. Jika ingin membuat cincin dengan berlian sebagai hiasannya, gunakan bahan platinum agar berlian tersebut terlihat lebih bersinar.

Kunjungi toko online Sovia Jewelry. Toko ini menyediakan cincin perak berlapis platinum. Anda pun bisa memesan cincin perak berlapis platinum sesuai keinginan. Harganya tergantung pada model dan mata yang menghiasi cincin. Bisa dipesan dengan harga mulai dari Rp 300.000.

Kombinasi Paladium

Bahan paladium banyak digemari karena keindahannya. Selain itu banyak pasangan muslim yang akan menikah memilih cincin berbahan ini sebagai alternatif cincin emas yang tidak boleh dikenakan laki-laki. Model cincin kombinasi paladium biasanya simpel namun elegan sehingga banyak disukai. Paladium adalah logam mulia yang tahan lama dan tidak mudah rusak. Harganya juga lebih murah dari emas. Selain mudah dibersihkan, cincin paladium juga tak membuat alergi di kulit.

Segera klik situs web soviajewelry.com. Di sana Anda bisa memilih aneka cincin kawin paladium. Salah satunya adalah sepasang cincin paladium yang dihiasi berlian ini. Dijual dengan harga Rp 3.500.000. Masing-masing cincin memiliki berat 5 gram. Anda juga bisa mengukir nama Anda pada cincin ini.

Kombinasi Kayu

Cincin yang unik dan berkesan eksklusif adalah cincin perak dengan kombinasi kayu. Memang tak begitu sering ditemukan. Namun perpaduan perak dan kayu akan membuat cincin terlihat klasik dan mempesona. Silakan klik alamat web.facebook.com/CincinKawinPaladium/ untuk memesan cincin perak yang dikombinasikan dengan kayu jati. Anda juga bisa mengukir nama Anda di cincin ini. Harganya Rp 250.000 per buah.

From our editorial team

Memilih Cincin Perak Sesuai Penampilan

Cincin perak bisa disesuaikan dengan penampilan. Jika ingin membeli cincin perak yang digunakan sehari-hari dan bisa disesuaikan dengan busana apa pun, pilih yang modelnya sederhana dan klasik. Cincin perak dengan hiasan batu mulia yang unik bisa menambah warna pada penampilan Anda. Namun jika cincin perak ini ingin digunakan sebagai cincin kawin, pilih yang memiliki desain unik dan sesuai dengan kepribadian Anda dan pasangan.

Tag