Jadikan Pernikahan Lebih Sakral dan Romantis dengan 10 Rekomendasi Cincin Nikah Berkelas

Jadikan Pernikahan Lebih Sakral dan Romantis dengan 10 Rekomendasi Cincin Nikah Berkelas

Menikah dan Cincin nikah sudah seperti laut dan ikan, tidak bisa dipisahkan. Cincin nikah menjadi simbol bahwa menikah adalah hal yang suci dan sakral serta momen yang sangat berharga. Jadi, jangan lewatkan momentum yang kemungkinan hanya terjadi seumur hidup sekali ini dengan cincin yang kurang berkesan.

Makna dan arti cincin nikah yang harus Anda tahu

Cincin pernikahan memiliki fungsi dan arti yang sangat penting dalam satu pernikahan. Cincin ini adalah simbol ikatan cinta antara kedua orang yang dipersatukan lewat pernikahan.

Oleh karena itu, bahan pembuat cincin ini juga harus spesial. Cincin nikah terbuat dari logam mulia seperti silver, emas, palladium, hingga platinum. Selain itu, juga dihiasi dengan permata atau berlian yang indah dan berkilau sebagai mata cincinnya.

Memilih cincin perlu diskusi antara kedua belah pihak. Desain cincin harus tetap sesuai untuk keduanya, baik pria maupun wanita. Sebab, cincin nikah biasanya akan digunakan selamanya. Meski sempat diganti dalam moment ulang tahun pengantin misalnya, tetap saja cincin nikah yang pertama akan disimpan dan dikenang selamanya.

Tips memilih cincin nikah yang tepat untuk calon pasutri

Ada banyak pilihan model cincin nikah yang tersebar di pasaran. Biasanya pasangan cincin yang tepat adalah model plain untuk pria, sedangkan wanita modelnya diamond set. Carilah jenis cincin modelnya tidak ketinggalan zaman, meski dipakai bertahun-tahun.

Selain itu, usahakan untuk tidak memilih cincin yang tidak memiliki rongga di bagian dalam, terutama di lingkar bawah. Sebab, bila memiliki rongga maka lingkar bawah akan mudah patah. Apalagi, bila sering dipakai dan sering terbentur atau bergesekan dengan benda lain.

Cincin untuk lelaki biasanya lebih besar ukurannya daripada cincin wanita. Rata-rata ukuran cincin yang terbaik untuk pria adalah 5 mm. Sedangkan untuk wanita adalah 4 mm.

Persempit pilihan

Agar bisa dengan mudah menentukan cincin yang tepat, persempit pilihan Anda dan pasangan sebelum menuju ke toko perhiasan atau toko emas. Jadi, dimulai dengan berdiskusi atau tanya jawab dengan pasangan untuk mendapatkan jenis cincin yang paling tepat untuk berdua.

Setelah ditentukan pilihan yang sudah dipersempit, misalnya modelnya seperti apa, mewah atau unik, terbuat dari logam apa, terdapat ornamen berlian atau permata, maka Anda dan pasangan sudah berhasil mengeliminasi cincin yang lain dan mengerucutkan pilihan.

Ketika sampai di toko emas atau toko perhiasan, akan ada banyak jenis dan model dari cincin nikah yang semuanya indah dan berkilau ketika dilihat pertama. Namun, karena pilihan tadi sudah dipersempit, setidaknya Anda dan pasangan tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk memilih cincin yang tepat.

Tetapkan budget

Ini juga penting, budget! Cincin nikah memang penting, tapi bukan berarti membeli cincin nikah harus yang mahal, loh!

Bisa dibilang ada banyak persiapan untuk pernikahan yang juga butuh pendanaan. Jadi, setidak-tidaknya dari total seluruh budget untuk pernikahan yang disiapkan, usahakan budget yang dikeluarkan untuk membeli cincin nikah jangan lebih dari 5 persennya, yah.

Buat sendiri range budget, mulai dari minimal sampai maksimal. Dengan demikian, pilihan akan kembali dipersempit. Jadi, akan semakin mudah memilih cincin nikah yang tepat.

Pertimbangkan model cincin tunangan dan cincin nikah sekaligus

Agar lebih bisa memangkas pengeluaran, tidak ada salahnya Anda membeli cincin nikah dan cincin tunangan sekaligus. Dengan demikian, Anda bisa mempertimbangkan untuk budget dengan pas sejak hari pertunangan.

Desain dari cincin nikah juga tetap diperhatikan. Modal yang polos atau klasik jauh lebih baik karena lebih tahan lama.

Ingat aktivitas dan gaya hidup

Cincin nikah juga menjadi simbol bahwa Anda sudah menikah. Jadi, cincin ini biasanya akan terus digunakan dalam berbagai kesempatan. Oleh karena itu, cari cincin nikah yang tepat dengan karakter dan gaya hidup Anda. Cincin dari logam platinum misalnya, akan lebih cocok digunakan bagi Anda yang mobilitasnya tinggi, serta medan pekerjaannya berat.

Desain dari sepasang cincin nikah tidak musti harus sama. Setidaknya seragam, atau saling melengkapi saja sudah cukup. Karena, cincin tersebut harus terlihat bagus dan tepat di tangan keduanya.

Model yang terlalu cantik misalnya, akan lebih tepat digunakan untuk wanita, namun kurang cocok bagi lelaki. Selain itu, model tersebut juga akan menjadikan Anda akan terlalu sering melepas cincin untuk bekerja karena kurang cocok dengan setelan baju kantor. Oleh karena itu, hindari cincin yang modelnya terlalu cantik.Model yang polos bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jangan terburu-buru saat memilih

Mulailah mencari dan memilih cincin kawin setidaknya beberapa bulan sebelum hari pernikahan. Bila Anda memulai pencarian baru saat mendekati hari pernikahan, maka Anda akan terburu-buru.

Terburu-buru akan membuat Anda tidak teliti melihat cincin yang dipilih. Bisa dibilang, cincin tersebut nantinya tidak akan sesuai dengan kedua belah pihak, yang menjadikan kurang menarik.

Sementara itu, proses engraved cincin juga akan memakan waktu, loh. Ditambah lagi, setiap toko perhiasan biasanya butuh waktu lebih dari 45 hari untuk membuat satu cincin yang baru. Bila Anda memilihnya sejak jauh-jauh hari, maka Anda akan mendapatkan cincin yang tepat, ukurannya pas dan desainnya sesuai untuk Anda dan pasangan.

Rekomendasi cincin nikah yang bisa didapatkan online

Cincin Kawin Os 2685 Bva

Sumber gambar orori.com

Cincin Kawin Os 2685 Bva adalah sepasang cincin nikah dengan desain minimalis namun berkilau dengan hiasan mata berlian indah di atasnya. Gagangnya dibuat dari bahan white gold 18 K dengan bentuk glossy dan doff.

Cincin tersebut juga dibuat dengan lapisan rodhium. Berat cincin pria adalah 3,5 gram dan cincin wanita seberat 2,5 gram.

Sepasang cincin ini bisa Anda dapatkan di orori.com seharga Rp 9.423.000.

Cincin Kawin Os 2400 Bva

Sumber gambar orori.com

Cincin Kawin Os 2400 Bva juga merupakan sepasang cincin yang didesain minimalis bertahtakan berlian yang berkilau.

Bagian gagang dibuat dari bahan white gold 18 K. Cincin pria dibuat seberat 3,5 gram sedangkan cincin wanita seberat 2,5 gram.

Produk ini bisa Anda dapatkan di Orori seharga Rp 7.990.000.

Cincin Pernikahan Emas Dof Garis

Sumber gambar tokoperhiasan.co.id

Cincin kawin CC 026 adalah cincin yang didesain dengan garis halus dan garis kasar melingkar, serta kombinasi doff dan glossy yang padu di sekitar cincin ini.

Cincin ini semakin artistik dengan bubuhan batu permata berbentuk garis kotak. Jadi, selain terkesan mewah, cincin ini juga terkesan ekslusif, loh.

Anda bisa memilih atau merequest bahan apa yang Anda inginkan antara emas putih, emas kuning, palladium dan perak. Harganya menjadi berbeda, apabila terbuat dari emas dengan kadar 75% harganya untuk sepasang cincin adalah Rp 5.000.000, sedangkan kadar 50% adalah Rp 3.575.000 dengan berat total kedua cincin adalah 10 gram.

Apabila terbuat dari logam palladium mulai dari 50 sampai 75% dengan total berat 10 gram. Sedangkan bila terbuat dari perak dengan kadar perak 925, dijual seharga Rp 425.000 per gramnya.

Dapatkan produk ini di arroisijewellery.com.

Wedding Ring De Beers Pita Kombinasi Mata Cubic Zirconia

Sumber gambar tokoperhiasan.co.id

Cincin yang satu ini sangat unik loh. Dengan total kedua cincin seberat 10 gram, Anda akan mendapatkan cincin dengan mata cubic zirconia juga bisa Anda ganti dengan berlian, sesuai selera.

Bahan gagang bisa dipilih antara emas putih 75% atau emas kuning 70%. Dibuat pula dengan pita kombinasi menjadikan cincin De Beers ini begitu menarik bagi Anda.

Cincin yang satu ini bisa Anda beli dengan harga berkisar dari Rp 4.908.000 hingga Rp 5.889.600 di tokoperhiasan.co.id.

Cincin Pernikahan Emas Kombinasi Putih Kuning Silang

Sumber gambar tokoperhiasan.co.id

Cincin yang satu ini menjadi begitu menarik karena unik, dengan kombinasi emas putih dan kuning yang saling silang. Cincin ini terbuat dari bahan emas dengan kadar 75%.

Dengan berat mencapai 10 gram untuk keduanya, cincin ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda dan pasangan. Harganya mulai dari Rp 5.284.950 hingga Rp 6.341.940.

Cincin ini bisa Anda dapatkan di situs tokoperhiasan.co.id.

Cincin Kawin Ob 8086 A

Sumber gambar orori.com

Cincin Kawin Ob 8086 A adalah cincin yang terkesan begitu mewah dengan hiasan berlian dan desain yang super cantik. Cincin ini tampak begitu anggun di tangan Anda, juga memberi kesan maskulin pada pria.

Cincin ini dibuat dalam bentuk kombinasi glossy dan doff yang menarik dan dilapisi dengan lapisan rodhium. Berat cincin pria adalah 3,3 gram sedangkan cincin wanita adalah 1,9 gram.

Produk ini bisa Anda dapatkan di Orori seharga Rp 14.051.000.

Mau yang lebih unik? Custom saja!

Sumber gambar pinterest.com

Atau, Anda ingin cincin yang lebih eksklusif dan unik? Coba pertimbangkan untuk custom sendiri bentuk cincin tersebut. Caranya, Anda bisa menghubungi situs Orori melalui email sales.id@orori.com.

Anda bisa memadukan kombinasi emas dan emas putih, juga menempatkan berlian dengan posisi yang Anda sukai.

Harganya mulai dari Rp 4.000.000 sampai puluhan juta, tergantung dari bahan, model dan tingkat kesulitan desainnya.

From our editorial team

Pilih Cincin Nikah yang Sesuai untuk Anda dan Pasangan

Tips memilih cincin nikah dari BP-Guide dapat Anda gunakan untuk mendapatkan cincin yang paling sesuai untuk Anda dan pasangan. Sesuaikan pilihan cincin dengan karakteristik Anda juga model yang Anda dan pasangan sukai juga sepakati. Ingat, pilih cincin yang paling berkesan agar momentum pernikahan Anda yang sakral dan romantis jadi begitu berkesan dan tidak bisa dilupakan.