8+ Tutorial dan Rekomendasi Gelang Tali yang Cocok untuk Pria dan Wanita

8+ Tutorial dan Rekomendasi Gelang Tali yang Cocok untuk Pria dan Wanita

Apakah kamu senang menggunakan gelang sebagai aksesoris keseharianmu? Kalau begitu artikel ini jangan sampai kamu lewatkan. Ada tutorial untuk membuat gelang keren dan juga rekomendasi gelang kece yang bisa kamu pesan!

Gelang Tali, Gelang Keren yang Bisa Digunakan Pria Maupun Wanita

Gelang yang biasanya identik sebagai aksesoris wanita, saat ini sudah banyak juga dikenakan oleh pria. Agar tak tampak seperti gelang wanita, maka gelang pun hadir dengan beraneka ragam model serta bahan pembuatnya. Seperti dari logam, tali, kain, benang, hingga kulit. Tidak hanya itu, gelang pun ditambahkan dengan variasi yang menarik. Seperti manik-manik yang berukuran kecil hingga besar, manik-manik yang terbuat dari kayu, bambu atau biji-bijian. Bahkan ada pula variasi pola simpul untuk membuat gelang semakin menarik.

Gelang dari tali adalah salah satu contoh gelang yang sedang naik daun. Tidak hanya karena bisa digunakan oleh laki-laki ataupun perempuan, tetapi karena bentuknya yang simpel, tampilannya yang modis, serta dapat digunakan dalam berbagai macam suasana. Apakah kamu senang dengan gelang ini juga?

Mengenal Jenis-Jenis Tali yang Dipakai untuk Membuat Gelang

Awalnya gelang memiliki makna lain bagi penduduk Amerika Latin. Mereka percaya bahwa gelang dapat melindungi bayi dari gangguan setan. Tidak hanya itu, penduduk di benua Eropa dan Asia memiliki kepercayaan bahwa gelang bisa menjauhkan seseorang dari nasib sial dan memberikan keberuntungan. Lain lagi kepercayaan yang dimiliki oleh penduduk Mesir, di mana mereka menggunakan gelang untuk menandakan status serta kelas sosial pemakainya.

Namun terlepas dari pandangan setiap orang tentang gelang, saat ini gelang banyak digunakan untuk menunjang fashion. Seperti gelang tali yang saat ini banyak digunakan oleh banyak orang.

Sebenarnya membuat gelang itu mudah, lho. Dengan sedikit kreativitas, kamu juga bisa, kok, membuatnya sendiri. Bahkan dengan membuat sendiri, kamu bisa menciptakan bentuk gelang yang kamu mau. Tertarik untuk mencoba? Tetapi sebelum itu sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bahan utama pembuat gelang, yaitu tali. Yuk, simak jenis-jenis tali berikut ini.

Senar Elastis

Sumber gambar tokopedia.com

Bila kamu ingin membuat gelang tali menggunakan senar elastis, maka pastikan bahwa kamu mengetahui ketebalan senar seperti apa yang kamu butuhkan. Pasalnya senar ini memiliki beragam ketebalan, yang mana semakin tebal maka senar akan semakin kuat. Senar elastis ini dapat kamu kreasikan dengan berbagai jenis hiasan seperti batuan atau manik, lho.

Kamu dapat membeli senar elastis ini di situs harganu.com seharga Rp 21.000 per roll. Dengan panjang 1 roll adalah 50 m dan diameter 0,6 mm. Warna yang tersedia adalah hitam, putih, coklat, kuning, orange, ungu, merah, hijau, dan biru.

Benang Sulam

Sumber gambar jasapayet.com

Benang sulam biasanya digunakan untuk membuat kreasi seperti taplak meja, sarung batal, atau tutup poci. Namun beragam jenis benang sulam yang beredar dipasaran dapat kamu gunakan untuk membuat tali, lho. Misalnya benang sulam merek Sulam Lokal, Sulam Rose, Sulam Blue Moon, Sulam DMC, dan Sulam Anchor.

Dari berbagai macam jenis yang ada, kamu bisa menggunakan Sulam DMC, di mana benang ini memiliki kualitas terbaik dibanding merek lain. Benang ini memiliki karakter yaitu tidak mudah terurai dan tidak mudah rapuh. Sehingga sangat cocok bila kamu gunakan sebagai pembuat gelang tali. Untuk mendapatkan Sulam DMC kamu bisa membelinya di Tokopedia seharga Rp 7.500/skein dengan panjang benang 8 m/skein.

Tali Prusik

Sumber gambar tokopedia.com

Bila kamu memiliki hobi memanjat tebing, maka kamu pasti tidak asing dengan jenis tali prusik. Tali yang biasanya digunakan sebagai alat pengaman untuk memanjat atau penghubung antara karabiner ini juga bisa digunakan sebagai pembuat gelang, lho.

Dengan motifnya yang khas, tali prusik sangat cocok untuk dibuat aksesoris seperti gelang tangan, kalung, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mendapatkan jenis tali ini di Tokopedia seharga Rp 65.000/100 m yang tersedia dalam berbagai variasi warna.

Tali Satin

Sumber gambar tokopedia.com

Banyak aneka kreasi yang bisa kamu lakukan menggunakan tali satin seperti cincin, anting-anting, gelang, kalung serta bando. Karena jenis tali ini memiliki permukaan yang lebih mengkilat dan licin. Dengan proses pembuatan yang dilakukan dengan cara ditenun menggunakan serat buatan seperti polyester.

Untuk bisa membuat berbagai macam kreasi menggunakan tali satin, maka kamu perlu menguasai beberapa teknik tali temali untuk mendapatkan hasil yang indah. Kamu dapat memperoleh tali satin ini di Tokopedia seharga 30.000/roll di mana 1 roll-nya memiliki panjang sekitar 85 meter dan tersedia dalam berbagai warna.

Tali Suede

Sumber gambar siant99.wordpress.com

Tali suede memiliki karakteristik bentuk pipih dengan tekstur seperti kulit suede. Akan tetapi tali yang biasanya digunakan untuk membuat aksesoris, tidak berasal dari hewan asli melainkan menggunakan kulit sintetis. Karena kulit sintetis cenderung tebal dan biasanya digunakan untuk membuat kalung atau gelang.

Untuk mendapatkan jenis tali ini, kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga per meternya Rp 1.000. Tali yang memiliki lebar 3 mm dan tebal 1 mm ini tersedia dalam berbagai macam warna.

Tutorial Membuat Gelang Tali

Bila kamu sudah mengetahui tali apa yang akan digunakan untuk membuat gelang, maka selanjutnya ialah belajar membuat gelangnya. Agar gelang yang dihasilkan semakin menarik, jangan lupa untuk menambahkan kreativitasmu yang bisa membuat gelang semakin menarik. Dan, yang paling penting ialah jangan takut untuk bereksperimen. Karena siapa tahu, kamu bisa menemukan pola baru dan bahkan laku untuk dijual!

Ya sudah, yuk sekarang kita belajar membuat kreasi gelang tali. BP Guide memberikan 2 tutorial membuat gelangnya, nih. Disimak ya!

Cara Membuat Gelang Tali Prusik Menggunakan Dua Warna

Agar gelangmu semakin menarik, maka kamu bisa menggabungkan beberapa warna tali kur atau tali prusik. Ini saatnya kamu berkreasi, kamu bisa menggunakan warna tali apapun yang kamu suka. Misalnya kamu mau membuat gelang dengan warna tim kesayanganmu, organisasi yang menjadi favoritmu, atau kreasi lainnya.

Nah, di tutorial kali ini kita menggunakan dua warna tali prusik. Perlengkapan yang digunakan untuk membuat gelang tali adalah dua warna tali kur pilihanmu (pada contoh ini menggunakan warna merah dan putih), gunting, dan korek api. Ya, hanya itu saja bahannya. Cukup mudah, bukan?

Setelah memiliki semua bahan yang digunakan, sekarang simak yuk cara membuatnya!

Tahapan :

  1. Bakar ujung tali kur agar tidak mudah lepas, lalu ikatlah kedua tali dengan ikatan mati hingga membentuk simpul.
  2. Lalu lilitkan tali yang berbeda warna dengan cara memasukan ujung tali merah ke arah bawah tali putih, dan tarik hingga kencang.
  3. Sesudah itu lakukan cara yang sama namun dengan warna yg berbeda, masukan tali warna putih ke arah bawah tali merah, lalu tarik.
  4. Lakukan hal tersebut secara bersilang hingga selesai.
  5. Apabila telah selesai melilitkan tali sesuai ukuran pergelangan tanganmu, potong bagian sisa tali yang terlalu panjang. Kemudian bakar lah bagian ujungnya.
  6. Sudah jadi! Gelang siap di gunakan.

Cara Sederhana Membuat Gelang Tali Prusik

Bila kamu menginginkan gelang tali yang cocok dipadupadankan dengan gaya casual atau sporty, maka gelang tali pola berbentuk infinity bisa menjadi pilihan. Bahan yang dibutuhkan pun sama mudahnya. Kamu hanya perlu menyiapkan tali kur warna-warni, gunting, dan korek api.

Tahapan :

  1. Langkah pertama, buat lah kedua tali sama panjang kira-kira 1-1,5 m.
  2. Kemudian buat simpul di 1/3 bagian tali pertama, tetapi jangan simpul mati.
  3. Lalu masukkan tali kedua ke dalam simpul tali pertama, seteah itu simpul mati.
  4. Pastikan kedua tali memiliki panjang yang sama dan tidak akan bergeser, lalu mulai lah menyimpul tali seperti angka 8.
  5. Kamu bisa memulai dari tali pada tangan kanan, lalu arahkan tali kanan ke kiri melewati depan tali sejajar, masukkan tali kiri ke lubang kanan melewati belakang tali sejajar.
  6. Lakukan hal tersebut berulang kali hingga tali yang lebih panjang habis dengan mengikuti warna tali pertama yang kamu simpul tadi.
  7. Jika sudah, maka kamu bisa memotong sisa tali dibagian tepi dengan menggunakan gunting.
  8. Lalu, gabungkan kedua sisi tali, masukkan tali sejajar kedalam lubang kecil yg ada diujung simpul tersebut.
  9. Apabila sudah tergabung maka kamu bisa menyimpul mati kedua tali sejajar yg terurai, bakar dan rapikan. Dan gelang siap digunakan.

8 Rekomendasi Gelang Tali, Keren dan Berkarakter

Penampilan merupakan hal yang harus dijaga baik oleh laki-laki maupun perempuan. Oleh karenanya pemilihan pakaian, sepatu, hingga aksesoris seperti gelang pun tak luput dari perhatian agar penampilan tidak terkesan membosankan dan polos.

Jika sebelumnya BP Guide sudah mengajakmu membuat gelang, kali ini BP Guide merekomendasikan gelang yang bisa kamu pesan. Delapan gelang keren rekomendasi BP Guide ini dijamin keren, deh, pokoknya!

Radiuz Survival Bracelet 7 in 1

Sumber gambar blibli.com

Pemilihan warna untuk gelang tali bisa menjadi sesuatu yang menjebakmu. Karena setiap warna tentu menampilkan kesan yang berbeda, misalnya kasual, maskulin atau feminin. Oleh karena itu pastikan dahulu gelang seperti apa yang ingin kamu pakai. Kemudian setelah itu kamu dapat menentukan warna apa yang harus kamu pilih.

Jika kamu memilih warna netral seperti hitam atau coklat, maka gelang tersebut akan cocok dipakai pada setiap kesempatan yang kamu jalani. Seperti misalnya gelang yang satu ini. Radiuz Survival Bracelet 7 in 1 ini terbuat dari bahan parachute cord. Gelang trendi yang dilengkapi dengan kompas ini memiliki detail buckle. Sangat cocok untuk melengkapi gaya kasualmu. Gelang yang memiliki kesan bertumpuk ini dapat kamu beli di situs penjualan Blibli seharga Rp 63.750.

Sorcery Genuine Leather Bracelet 18K REALGOLD

Sumber gambar tokopedia.com

Salah satu gelang kulit yang sekarang sedang banyak dikenakan oleh pria ialah Sorcery Genuine Leather Bracelet 18K REALGOLD. Gelang keren ini memiliki desain berbentuk jangkar atau hook. Karena bahan baku gelang kulit ini menggunakan kulit domba asli, maka tak heran gelang ini sangat diminati. Belum lagi dilengkapi dengan stainless steel black matte plated yang membuat gelang ini semakin menarik untuk dikenakan.

Untuk ukurannya tersedia dalam ukuran tangan pria atau dapat di custom mulai dari ukuran 13 cm-21 cm. Sorcery Genuine Leather Bracelet 18K REALGOLD ini dapat kamu peroleh dari situs Tokopedia dengan harga Rp 265.000.

Gelang Kulit Tali Layer

Sumber gambar tokopedia.com

Pilihan lain gelang dari tali yang bisa menjadi andalanmu ialah Gelang Kulit Tali Layer. Gelang ini banyak digunakan oleh laki-laki dan sangat gampang dicocokkan dengan tampilanmu yang dapat membuatmu semakin terlihat stylish dan trendi.

Gelang Kulit Tali Layer ini tersedia dalam warna coklat tua, coklat muda, dan hitam. Gelang ini bisa kamu beli di situs Tokopedia seharga Rp 13.500 saja. Untuk perawatannya pun sangat mudah. Kamu cukup menggosok pelan menggunakan kain kering setelah dikenakan, atau terutama setelah terkena basah.

Straps Gelang Pria BLPMB-B.BLK-BLU-L

Sumber gambar blibli.com

Eits, BP Guide masih punya rekomendasi lagi, nih. Kali ini ada gelang keren yang modelnya cukup simple, yaitu Straps Gelang Pria BLPMB-B.BLK-BLU-L. Tahu tidak? Gelang ini terbuat dari kulit sapi, lho. Dan buckle stainless steel ini bisa menambah keren gaya military look-mu.

Gelang yang berdiameter 6 mm dan dibuat dengan menggunakan teknologi DLC ini dapat kamu beli di Blibli seharga Rp 280.000. Bagaimana, keren, bukan?

Robagin Gelang Tali Magnet Pria Wanita - Hitam Putih

Sumber gambar blibli.com

Gelang yang memiliki desain atau motif tertentu dapat mencerminkan karakter yang menggunakannya. Oleh karenanya pilihlah gelang dari tali yang memiliki desain dan motif yang tidak pasaran. Seperti gelang yang satu ini. Robagin Gelang Tali Magnet Pria Wanita yang berwarna hitam putih ini memiliki material tali dan stainless steel. Gelang dengan panjang 20 cm ini memiliki detail pengait magnet sehingga menggunakannya pun menjadi lebih sederhana dan unik.

Kamu bisa mendapatkan gelang ini di situs penjualan Blibli dengan harga Rp 60.000. Yuk, buruan serbu! Sebelum kehabisan, lho.

JAQ Mr. Coil in Bracelet

Sumber gambar blibli.com

Ada lagi, nih, gelang tali yang memiliki model simple namun tetap bergaya dan keren. JAQ Mr. Coil In Bracelet merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang menyukai model sederhana. Gelang yang terbuat dari kulit ini bisa memberikan kesan klasik serta elegan pada tampilanmu.

JAQ Mr. Coil in Bracelet ini tersedia dalam warna yang beragam. Oh ya, gelang yang di desain style rustic ini memiliki pengait berbentuk bulat yang bisa membuat gelang ini terlihat lebih berkelas. Bila kamu ingin mendapatkan gelang ini, maka kamu bisa membelinya di situs Blibli seharga Rp 169.000.

Gelang Tali Paracord Gelang Survivor Paracord Stainless Steel Buckle - Paracord 01

Sumber gambar id.aliexpress.com

Gelang dari tali lainnya yang bisa kamu coba ialah Gelang Tali Paracord Gelang Survivor Paracord Stainless Steel Buckle. Gelang paracord ini tersedia dalam warna hijau army, hitam, putih, dan kuning. Sangat keren untuk pakai sebagai aksesoris gaya kerenmu.

Gelang yang memiliki panjang 20 cm dan lebar 2 cm ini dapat memberikan kesan edgy serta rock ‘n roll bila kamu sandingkan dengan t-shirt dan slim fit jeans. Untuk membelinya kamu bisa kunjungi website Buka Lapak yang mana gelang ini dijual dengan harga Rp 21.000.

M+Y Bracelet MTB324

Sumber gambar blibli.com

Agar tampilanmu semakin trendi dan stylish maka kamu wajib coba kenakan gelang yang satu ini. M+Y Bracelet MTB324 yang merupakan gelang dengan surgical 316L stainless steel, sangat cocok dipadankan dengan berbagai macam outfit. Warnanya yang netral, sangat cocok untuk dipakai pada berbagai tampilanmu.

Gelang yang di desain unik dengan leather chain finish ini bisa kamu beli di Blibli seharga Rp 875.000. Wow, keren, ya!

From our editorial team

Cintai Produk Lokal

Sekarang ini semakin banyak, lho, produk lokal yang mampu menyaingi produk luar negeri. Bahkan dengan harga yang relatif lebih murah, produk lokal dapat membuat produk yang sangat baik. Jadi harga dan merek itu tidak menjadi jaminan suatu produk, lho. Tetapi dengan membeli produk lokal, sama saja kita membantu perekonomian orang terdekat kita. Yuk, beli produk lokal!