Natal Segera Tiba, Yuk Kenali Seluk-beluk Natal dan 10 Ide Kado Natal Pilihan!

Natal Segera Tiba, Yuk Kenali Seluk-beluk Natal dan 10 Ide Kado Natal Pilihan!

Tak terasa, momen Natal tinggal kurang lebih sebulan lagi. Apa Anda sudah mempersiapkan kado untuk natal tahun ini? Tak perlu risau kalau belum mempersiapkannya. Sambil menunggu bulan penuh kasih tiba, ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda saksikan di bawah ini. Yuk langsung simak saja!

Mengenal sejarah hari Natal

Tradisi merayakan Hari Natal memang identik dengan hadiah, kartu ucapan, dekorasi, dan pohon Natal. Diperingati setiap tanggal 25 Desember setiap tahunnya, Natal memang menjadi suatu perayaan keagamaan untuk Anda yang beragama Nasrani. Memiliki arti "kelahiran" dari bahasa Portugis, Natal memang punya kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang yang merayakannya.

Natal sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti "lahir" yang didefinisikan sebagai momen kelahiran Kristus. Perayaan ini diperingati sebagai hari besar keagamaan oleh bangsa-bangsa Eropa sejak abad ke 4, mengingat penyembahan berhala dan kekuasaan Imperium Romawi dan Politheism masih meraja lela dari abad ke-1 hingga ke-4. Perayaan ini pertama kali diperingati semasa Paus Liberius menjabat sebagai pemimpin umat Katolik seluruh dunia.

Asal-usul merayakan Natal dengan saling memberi kado Natal

Sebelum menjadi sebuah tradisi tukar kado hari Natal seperti yang Anda rasakan saat ini, ternyata sudah terjadi banyak perubahan di sejarah. Natal memang sudah identik dengan pemberian kado terutama di Benua Eropa, namun banyak sekali penyalahgunaan makna pemberian kado atau hadiah seperti layaknya Tiga Raja dari Timur yang membawakan hadiah untuk Yesus. Banyak pejabat-pejabat kerajaan Eropa yang menyalahgunakan tradisi itu menjadi hal menguntungkan untuk mereka saja. Mereka memutarbalikkan ajaran dan tradisi yang ada dalam Alkitab untuk memenuhi keserakahan mereka.

Beberapa raja dan ratu yang menjadi petinggi di kerajaan Eropa meminta upeti di hari Natal. Rakyatnya diminta untuk memberikan mereka hadiah secara wajib, bahkan untuk warga miskin sekalipun. Mereka harus memberikan hadiah dan persembahan terbaik untuk pera pejabat di hari Natal. Hal ini tentu sangat menodai nilai ajaran agama Nasrani.

Di abad ke-10, seorang bangsawan Bohemian yang dikenal dengan nama King Wenceslas melakukan banyak perubahan pada tradisi itu. Dia mengubah kebiasaan pemberian upeti kepada pada pejabat kerajaan, dan memilih bersikap layaknya Orang Majus yang berkeliling untuk memberikan hadiah berupa kebutuhan rakyatnya. Hal ini sangat menginspirasi seluruh elemen masyarakat Eropa, salah satunya William.

Pada tanggal 25 Desember 1067, William memberikan uang dalam jumlah yang besar pada Paus sebagai tanda perubahan tradisi Natal sebelumnya. Eilliam dan Wnceslas ternyata berhasil merubah tradisi bertukar kado di hari natal di Eropa Timur yang kemudian terus bergeser dan mengakar di wilayah lain seperti Inggris dan Amerika.

5 Tradisi Natal dari berbagai negara, bukan memberi kado Natal saja lho

Tradisi memberi kado di hari Natal ternyata tidak hanya terjadi di kartun maupun film saja. Di beberapa negara berikut ini, memberi kado natal sepertinya merupakan hal yang harus dilakukan ketika hari kelahiran Kristus itu tiba, Inilah 5 negara yang memiliki tradisi memberi kado di hari Natal.

Alaska

Sumber gambar www.bootsnall.com

Setelah merayakan Hari Thanksgiving, warga Alaska juga menyambut liburan panjang menjelang hari natal dengan berkumpul dan berjalan-jalan bersama anggota keluarganya.

Anak-anak akan membuat mainan seperti tongkat dengan hiasan bintang di atasnya, kemudian mendirikannya di depan rumah mereka. Mereka akan melanjutkan kegiatannya dengan menyanyikan lagu Natal di setiap rumah-rumah yang mereka datangi dan mereka akan mendapatkan banyak hadiah, seperti kue, permen, Maple-Frosted Doughnut, salmon asap, dan sebuah kue ikan yang disebut Piruk. Dan keseruan ini masih akan terus berlanjut hingga Pesta Ephiphany yang akan diadakan di bulan Januari.

Argentina

Hari Natal akan terlihat sedikit berbeda di Argentina. Natal yang biasa Anda ketahui berlangsung di musim dingin, ternyata tidak dapat Anda temui di Argentina. Hari Natal di Argentina akan berlangsung selama musim panas. Biasanya masyarakat sekitar merayakannya dengan acara BBQ dan kembang api bersama dengan keluarga sepanjang malam. Kebiasaan tukar kado akan mereka lakukan di tengah malam.

Kemeriahan Natal pun tidak hanya sampai akhir bukan Desember saja, melainkan akan terus berlanjut hingga bulan Januari. Anak-anak akan merayakan kedatangan Tiga Raja Dari Timur atau Hari Epifani dengan meninggalkan baki kecil di samping tempat tidur dan diisi permen. Mengingat jatuh di musim panas, perayaan Natal biasanya akan semakin meriah ketika dirayakan bersama keluarga di Pantai. Beberapa negara yang merayakan Hari Natal di musim panas antara lain, Argentina, Chile, dan Uruguay.

Jerman

Kemeriahan Hari Natal dirasakan oleh warga Jerman sejak mereka memasuki masa Advent atau tepat sebulan sebelum Hari Natal dirayakan. Perayaan menyambut natal ini akan dimulai dari Perayaan Weihnachtsmarkt atau pasar rakyat tahunan di Jerman, tidak ketinggalan setiap dapur mulai sibuk membuat beragam Plätzchen atau biskuit yang disajikan saat Natal, serta menghias rumah dengan dekorasi ala Hari Natal.

Saat Perayaan Weihnachstmarkt, banyak turis lokal maupun internasional yang mengikutinya. Pasar murah ini akan menawarkan banyak sekali pernak-pernik dan dekorasi untuk menyambut Hari Natal. Weihnachstmarkt yang sangat terkenal di Jerman adalah Nürnberger Christkindlmarkt.

Kemeriahan menyambut Natal pun tidak hanya sampai di situ saja. Kebiasaan masyarakat Jerman yang membuat adonan putih yang disebut Christbaumgeback juga menambah keunikan perayaan Natal di negara ini. Adonan putih ini nantinya akan dibuat berbagai bentuk dan menggunakannya sebagai penghias pohon Natal.

Spanyol

Sumber gambar www.tripsavvy.com

Natal terasa sangat meriah di belahan benua Eropa dan Amerika. Tradisi perayaan Natal turun temurun banyak sekali ditemukan di berbagai negara, salah satunya Spanyol.

Perayaan Natal yang unik di Spanyol adalah tradisi untuk berjaga sepanjang malam setelah ibadah malam Natal. Mereka biasanya menghabiskan waktu bersama dengan berjalan-jalan membawa obor dan memainkan alat musik seperti, gitar drum, rebana, dan menyanyi sepanjang malam. Seperti pepatah orang Spanyol "Esta noche es Noche Buena, Y no es noche de dormir" yang berarti Malam Natal adalah malam yang baik maka jangan kau habiskan untuk tidur.Di Spanyol dan Madrid, Natal sangat identik dengan beragam manisan yang khas dan patung-patung kelahiran Kristus yang ada setahun sekali saja.

Anda dapat menemukan kedua hal ini di berbagai bazar yang diadakan khusus menjelang Natal saja. Selain itu Anda juga akan menemukan manisan tradisional bernama Turrron. Manisan ini berbahan dasar kacang amandel yang ternyata sudah menjadi bagian tradisi warga Spanyol sejah abad ke-11. Penjajahan yang terjadi di negara itu membuat biara yang ada di sana berinovasi untuk membuat makanan olahan dari kacang amandel untuk bertahan hidup. Sekarang Anda dapat menikmati Turron dengan campuran cokelat hingga buah-buahan.

Finlandia

Sumber gambar vanwinkles.com

Agenda kegiatan yang cukup padat di hari Natal ternyata dimiliki oleh warga Finlandia. Tradisi berkunjung ke rumah kerabat di hari Natal merupakan hal pokok yang harus dilakukan oleh masyarakat Finlandia. Tidak hanya kerabat yang masih tinggal di sekitarnya saja, mereka juga mengunjungi makam-makam orang terdekat dan menyalakan sebuah lilin di makamnya.

Anak-anak Finlandia ternyata masih percaya akan mitos Santa Klaus yang mengunjungi mereka di Hari Natal. Mereka akan menunggu Santa hingga datang seorang pria yang sengaja berpakaian khas Santa Klaus datang membawa hadiah untuk mereka. Setelah acara berbagi hadiah dengan Santa selesai, anak-anak menghabiskan waktu bersama keluarga dan bersantap makan malam khas Finlandia. Para keluarga akan menyediakan makanan tradisional Finlandia seperti Ham asin, kentang, sayuran, biskuit, dan roti. Perayaan Natal belum lengkap jika warga Finlandia belum mengunjungi sauna bersama-sama.

10 Ide kado natal yang bisa Anda coba

10 ide kado natal berikut ini dapat Anda pilih sebagai hadiah pilihan untuk anggota keluarga maupun kerabat Anda.

Lukisan Wajah

Gambar karikatur wajah, merupakan ide kado Natal pilihan pertama yang bisa Anda berikan untuk orang yang Anda kasihi. Selain unik, kado ini pasti akan sangat berkesan bagi si penerima. Anda dapat memesan karikatur wajah atau siluet si penerima kado dan memberikannya tepat di hari Natal.

Biasanya, para pelukis jalanan yang menawarkan jasa karikaturnya sekitar Rp 250.000 untuk tiap karikatur ukuran A4. Mengingat kemajuan teknologi dan banyaknya para seniman yang menawarkan jasa karikatur online maka Anda dapat mencoba memesannya di sana. Selain hemat waktu dan tenaga, Anda hanya perlu mengirimkan foto wajah yang ingin digambar menjadi karikatur. Simpel bukan?

Liburan

Bosan memberikan barang-barang di untuk hadiah Natal? Mungkin Anda dapat memilih paket liburan sebagai kado untuk teman atau anggota keluarga. Coba deh paket Bromo Midnight Tour.

Paket Mindnight Tour ke Bromo ini sangat cocok untuk kerabat Anda yang tidak memiliki waktu panjang untuk berlibur. Paket wisata ini hanya menghabiskan waktu 2 hari 1 malam saja. Harga paket Midnight Tour Bromo ini adalah Rp 490.000 untuk tiap orang, dengan minimal pemesan 6 orang.

Paket yang ditawarkannya sudah termasuk private transport antar dan jemput; driver dan tour guide; sewa jeep full paket ke semua lokasi; tiket masuk bromo (*untuk domestik ); 1x snack dan air mineral; dan 1x makan pagi. Lokasi antar dan jemputnya bisa Anda tentukan sendiri, misalnya dari hotel, stasiun, hingga bandara yang ada di Surabaya, dengan waktu penjemputan pukul 22:00 WIB.

Harga yang ditawarkan ini tidak termasuk sewa kuda; tipping guide/driver; hotel. Sebagai tips ketika liburan, Anda harus membawa beberapa hal seperti pakaian hangat dan alas kaki yang nyaman untuk mendaki; obat-obatan pribadi; dan pastikan Anda selalu mematuhi tata tertib yang ada.

Hadiah yang sesuai dengan hobi

Sumber gambar www.lazada.co.id

Memberikan hadiah Natal sesuai dengan hobi si penerima pasti akan sangat bermanfaat. Selain bermanfaat, dia pasti merasa sangat terkesan dengan hadiah yang Anda berikan. Dia pasti akan merasa diperhatikan oleh Anda.

Contohnya, jika Anda hendak memberi hadiah untuk orang terdekat yang memiliki hobi bermain basket maka Anda dapat memberikan hadiah berupa bola basket untuknya. Coba belikan Bola Basket Molten Kulit GG7 di Lazada. Bola basket impor bermerk Molten ini memiliki material utama kulit yang sangat awet. Seller di situs belanja online Lazada membanderolnya dengan harga Rp 168.000 untuk tiap satuannya.

Jangan khawatir dengan kualitas dan keamanan saat pengirimannya. Seller ini akan mengirimnya dengan tambahan bubble wrap yang siap melindungi bola ini dari benda-benda tajam. Bola basket yang dijual, dilengkapi dengan pentil untuk isi angin juga. Size yang ditawarkan oleh seller adalah size 7. Yuk pesan sekarang juga!

Kerajinan tangan unik

Sumber gambar qlapa.com

Kerajinan tangan adalah salah satu benda yang dapat Anda berikan sebagai kado saat Natal untuk orang terdekat Ada. Salah satunya adalah Hand Lettering. Benda ini dapat di pesan sesuai dengan keinginan akan memudahkan Anda membuat hadiah yang bisa mengesankan si penerimanya. Anda juga dapat menambahkan bingkai untuk hand lettering yang Anda pesan supaya kerajinan tangan itu dapat dipajang pada dinding rumah si penerimanya.

Coba deh hand lettering custom yang ditawarkan oleh situs jual beli online Qlapa terdiri dari dua macam ukuran, yaitu 6R ( 15 cm x 20 cm) dan 8R (20 cm x 25 cm). Seller ini tidak memberi batasan maksimal karakter huruf atau teks yang Anda pesan, jadi Anda dapat berkreasi dengan bebas sesuai dengan keinginan dan kreativitas Anda. Seller ini menyediakan variasi warna dasar kertas linen hitam, krem, dan putih, dengan tinta warna hitam, putih, emas, silver, merah, pink, hijau, ungu, orange, cokelat, dan biru, Anda tidak perlu membeli bingkai untuk hand lattering yang Anda pesan karena penjual ini akan menyertakannya dalam paket penjualan.

Mereka menyediakan pigura raw yang terbuat dari kayu pinus dan finishing Duco yang disemprot sangat cantik di kayu. Dalam paket penjualan hand lattering seharga Rp 135.000 yang ditawarkannya, Anda akan mendapatkan satu lembar kertas linen dan hand lettering, pigura, serta dengan package yang dilengkapi bubule warp yang sangat aman. Anda dapat memesannya di situs belanja online Qlapa. Lebih baik memesannya dari jauh-jauh hari karena seller ini memiliki kebijakan pengerjaan 7 hari hingga 20 hari sesuai dengan pesanan yang mereka miliki.

Hewan peliharaan

Apabila kerabat Anda gemar mengoleksi hewan peliharaan di rumahnya, mungkin memberikannya hadiah natal berupa koleksi hewan peliharaan imut dan lucu bisa jadi alternatif untuk Anda.

Kucing jenis Persia Himalaya Shorthair berusia 1 tahun dijual beserta kandangnya dengan harga Rp 1.500.000. Status vaksin yang aman dan disertai buku vaksin membuat Anda tidak perlu khawatir akan kesehatannya. Kucing bernama Miko ini sangat jinak dan berbulu lebat. Jenis kelaminnya laki-laki dan berwarna oranye. Untuk menjaga bulunya agar tetap halus, Miko harus dibawa ke salon minimal sekali dalam sebulan. Anda dapat mengunjungi situs belanja OLX untuk menemukan Miko di sana!

Alat musik

Alat musik merupakan hadiah yang dapat Anda berikan sebagai kado natal untuk sahabat maupun kerabat sebagai ucapan selamat untuknya. Anda dapat membelikan alat musk baru maupun aksesoris untuknya. Anda dapat memberikan hadiah berupa gitar klasik ini.

Yamaha Gitar Klasik C-315 adalah gitar klasik Yamaha sudah pasti memiliki kualitas suara hingga material yang sangat baik. Harga yang sangat bersahabat ini terbuat dari kayu yang berkualitas sehingga instrumen yang dihasilkan memberi keseimbangan tonasi yang sangat baik.

Gitar seri C ini memiliki leher yang tipis dengan fret 52 mm dan ketebalan body 94 mm - 100 mm. Anda dapat memesan gitar ini di situs belanja online Lazada dengan harga Rp 707.000 untuk tiap gitarnya.

Lego

Sumber gambar shop.lego.com

Lego, permainan bagi segala usia dapat Anda jadikan hadiah natal alternatif untuk kerabat dekat Anda. Permainan yang mengasah kreativitas ini dapat menjadi benda favorit bagi siapapun yang menerimanya. Berikut ini merupakan permainan Lego yang dapat Anda pesan di situs belanja online untuk hadiah kado natal Anda.

THE LEGO® NINJAGO® Movie™ Spinjitzu Training 70606 adalah permainan Lego yang diperuntukkan bagi anak usia 6 hingga 14 tahun. Terdiri dari 109 pcs, Lego seri ini terdiri dari beberapa bagian, diantaranya dinding dojo berukuran tinggi 3" (8 cm), lebar 1" (4 cm), dan kedalaman 1" (4 cm); rak senjata berukuran lebih dari 1" (3 cm) tinggi, 1" (3 cm) lebar, dan di bawah 1" (1,5 cm) dalam; ukuran tempur tempur Garmadon setinggi 1" (5 cm) tinggi, dan di bawah 1" (2 cm) lebar, dan kedalaman 1 "(2 cm); serta stasiun pelatihan tempur berukuran di atas 1" (4 cm) tinggi, 1" (3 cm) lebar, dan kedalaman 1" (3 cm).

Anda dapat memesannya di situs belanja online Lazada dengan harga Rp 234.000. Sellernya juga menyertakan 2 minifigures, Kai dan Zane; serta boneka tempur Garmadon dan stasiun latihan tempur di dalam paket penjualnya.

Parfum

Sumber gambar www.lazada.co.id

Parfum dengan kemasan simpel nan elegan bisa menjadi kado Natal yang unik dan menarik untuk kerabat wanita Anda. Beyonce Heat Rush Women EDT 100 ml adalah parfum beraroma paduan blood orange, cherry dan passion fruit yang akan tercium pada saat pertama kali pemakaian.

Aroma parfumnya kemudian akan sedikit berubah menjadi aroma Orchid bersama Hibiscus dan Mango Blossom pada fase pertengahan dan menjadi aroma Teak Wood, Amber dan Musk pada pada fase terakhir. Aroma parfum yang berganti ini membuat orang di sekitar menjadi tidak bosan dengan wangi tubuh Anda. Parfum ini juga sangat cocok untuk dipakai ketika menghadiri acara resmi maupun pesta.

Kesan menawan dan romantis yang muncul dari aroma parfum Beyonce Heat Rush akan melengkapi penampilan hingga akhir acara. Anda dapat memesan parfum ini secara online melalui situs belanja Lazada dengan harga Rp 385.000 untuk setiap botol 100 ml nya.

Aksesoris gadget

Sumber gambar www.lazada.co.id

Memberikan kado yang bermanfaat bagi si penerima merupakan hal utama yang memang harus Anda perhatikan. Seiring dengan perkembangan zaman, ponsel pintar seakan menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan seseorang. Anda dapat mengesankan hari Natal orang yang ada di dekat Anda dengan memberikannya aksesoris ponsel yang bermanfaat maupun ponsel pintar yang jelas sangat bermanfaat.

Berikut ini merupakan hadiah Natal rekomendasi untuk keluarga maupun teman terdekat Anda.

  • Samsung Galaxy J2 Prime - Silver
    Ponsel pintar buatan Samsung ini dapat dijadikan kado pilihan untuk orang terdekat Anda. Memiliki layar 5 inch dengan 1.4 Ghz Quad Core Processor dan RAM 1.5 GB serta ROM 8 GB, ponsel pintar ini siap memanjakan si penerima kado ketika memakainya. Ponsel pintar ini juga dilengkapi dengan kamera 8 MP /5 MP front flash; 4G LTE & dual SIM; power saving mode yang siap membuat foto selfie terlihat cerah dan menawan. Anda dapat memesan ponsel ini di situs belanja online Lazada dengan harga Rp 1.475.000 untuk tiap unitnya.
  • Xiaomi Mi Power Bank 10.000 mAh 2 Fast Charging - Generasi 2
    Memiliki ukuran yang lebih tipis dari generasi pertama, power bank merk Xiaomi siap mengisi semua ponsel yang kehabisan daya. Powerbank ini memiliki daya hingga 10.000 mAh yang dilengkapi fast charging dua arah; short-circuit protection; automatic charger protection; reset mechaism; dan PTC atau protective circuits for the cell. Anda dapat memesan powerbank ini di Lazada dengan harga Rp 218.695 untuk tiap unitnya.

Bungkus kado Natal dengan menarik

Setelah berhasil memilih kado natal terbaik yang akan Anda berikan pada kerabat dekat, saatnya Anda membungkus kadonya.

Jika Anda memiliki waktu luang, Anda dapat membuat box kadonya dengan cara yang sangat sederhana. Selain menghemat pengeluaran, box yang dibuat sendiri rasanya lebih unik dan sesuai dengan perasaan Anda.

Hal yang perlu Anda siapkan adalah gunting, kotak atau kardus yang tidak terpakai, lem, kertas warna warni dan pewarna (spidol, krayon, atau pensil warna). Anda dapat browsing di google maupun menonton video tutorial membuat pembungkus kado di Youtube. Atau Anda dapat mengkreasikan motif kertas sesuai dengan keinginan Anda, Yuk sesuaikan dengan selera dan kesukaan kerabat dekat Anda.

From our editorial team

Penuhi momen Natal dengan kasih sayang yang tulus lewat kado terindah

Anda mungkin tak menyadari jika sesederhana apapun kado Natal yang Anda berikan, adalah sebuah harapan dan kebahagian bagi mereka yang menerimanya. Jadi, biarkan kado Natal Anda kali ini jadi hadiah paling berkesan yang akan selalu diingat sepanjang waktu. Selamat memilih ya!

Tag