Yuk Kenali 10 Merek Parfum Wanita Terfavorit di Dunia Sepanjang Masa

Yuk Kenali 10 Merek Parfum Wanita Terfavorit di Dunia Sepanjang Masa

Terkadang para wanita bingung dengan banyaknya pilihan parfum yang dijual di mall-mall atau gerai parfum. Apalagi tergiur dengan desain botolnya yang unik tiap satu merk dengan merk lainnya. Tapi parfum apa sih yang menjadi favorite para wanita di dunia selama ini? BP-Guide akan kasih kamu beberapa rekomendasi parfum wanita terfavorit dan juga tips-tipsnya.

Parfum, Wewangian yang Sudah Dikenal dari Jaman Dulu

Bau badan tentu saja menjadi salah satu faktor yang biasa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Tidak hanya pria, wanita pun sering dilanda rasa malu kalau udah ada bau-bau aneh yang keluar dari dalam tubuh mereka. Jadi, nggak heran kalau kini sudah banyak banget segala jenis parfum yang tersedia untuk ngilangin bau membandel.

Parfum adalah wewangian yang sudah dikenal dari jaman dulu dan berasal dari bahasa latin yang berarti “melalui asap atau uap”. Nah menurut info yang di dapat nih, parfum konon katanya udah ada sejak jaman Mesopotamia dan Mesir Kuno. Wuihhh..udah lama banget yah?

Sejarah menuliskan bahwa tokoh pembuat parfum paling tua adalah seorang wanita, yaitu “Taputti”. Taputti menyuling sari bunga dan ramuan lain yang menghasilkan minyak dengan aroma wangi. Tahun 1992, ditemukan penemuan terkait makam Raja Tutankhamun di Mesir yang kain pembalut mumi nya masih harum.

Terlepas dari itu, dipercaya bahwa pengembang parfum selanjutnya adalah para bangsawan Eropa dan terus berlanjut hingga sekarang dimana hampir seluruh negara sudah mempunyai produk parfum nya tersendiri. Teknologi pembuatan parfum yang digunakan pun semakin canggih. Sejauh ini, pelarut yang dominan dipakai adalah etanol atau campuran etanol dan air.

Tips Memilih Aroma Parfum yang Tepat

Coco Chanel pernah mengatakan bahwa seorang perempuan yang tidak memakai parfum, tidak mempunyai masa depan! Waduuww... agak pedes dikit yah, Girls. Tapi kalau dipikir-pikir yah mungkin ada benernya juga.

Wewangian bisa menunjang pergaulan dan juga refleksi terhadap latar belakang status seseorang. Adanya bau yang wangi akan membuat wanita menjadi lebih percaya diri bersosialisasi dengan orang-orang sekitar. Cukup semprotkan pada bagian leher maupun pakaian maka penampilan kalian akan sempurna.

Tapi ingat, jangan sembarangan memilih parfum. Jangan sampai aromanya justru membuat orang disekitar kamu menjadi pusing dan mual. Maraknya berbagai jenis parfum di pasaran, memaksa kalian harus pandai dalam membeli. Nah, berikut ada beberapa tips memilih aroma parfum yang tepat.

Pertimbangkan Kapan Kamu akan Memakai Parfum

Hal pertama yang harus kalian pertimbangkan adalah kapan akan memakai parfum tersebut. Jika badan kalian rentan dengan bau ketiak, maka pakailah parfum dengan aroma yang agak sedikit lebih kuat dibandingkan bau ketiakmu. Semprotkan di bagian bahu atau di bawah ketiak karena biasanya ada yang ngoceh kayak gini "udah semprot banyak parfum tapi wanginya kok cepet hilang yah?” Nah jangan cepat salahin parfumnya, tapi mungkin cara menyemprotnya kurang tepat karena parfum biasanya akan lebih awet wanginya bila disemprotkan pada bagian-bagian tertentu.

Selanjutnya, kalian juga harus menyesuaikan kapan akan memakai parfum tersebut, misalnya siang atau malam hari. Jika akan menggunakan pada siang hari, lebih baik memakai aroma yang lebih light dan energik, seperti wangi buah-buahan. Sedangkan di malam hari, pakailah aroma muck, wood, atau vanilla.

Agar lebih maksimal, perhatikanlah waktu penyemprotan. Sebaiknya semprot parfum setelah mandi dimana pori-pori mulai terbuka sehingga parfum akan melekat lebih lama.

Serasikan dengan Selera Musikmu

Sumber gambar www.pipaka.com

Poin kedua yang bisa kamu pertimbangkan ketika hendak membeli parfum adalah serasikan dengan selera musikmu. Jenis musik apa yang kalian suka? Bagi kalian yang menyukai aliran musik jazz atau classic, sangat cocok dengan jenis parfum beraroma lembut, misalnya musk atau vanilla.

Faktor Budget

Selanjutnya, sesuaikan juga dengan budget kalian. Nggak lucu banget kan, kalau gara-gara parfum yang mahal banget, kalian jadi nggak bisa membeli kebutuhan lainnya? Nah, untuk itu penting memperhatikan anggaran yang ada. Pastikan untuk membeli parfum yang pas di hati, pas di hidung, pas dengan konsep acara, dan tentu saja pas dengan isi dompet.

Sesuaikan dengan Suhu Tubuhmu

Sumber gambar www.delightedmomma.com

Jangan lupa juga untuk membeli parfum dengan menyesuaikan suhu tubuhmu. Bila kalian ingin wangi parfum bertahan lama, maka fokuslah pada area yang memancarkan panas karena area ini merupakan posisi dimana pembuluh darah lebih dekat dengan permukaan kulit, seperti bagian belakang lutut dan belakang leher.

Jika cuaca sedang panas, sebaiknya tidak menyemprotkan parfum pada bagian belakang lutut karena area tersebut cepat berkeringat. Semprotkanlah pada bagian pergelangan kaki atau betis sehingga aroma naik perlahan. Kalian juga bisa semprot di bagian perut. Pastikan juga untuk memperhatikan suhu tubuh.

Bagi kalian yang bersuhu tubuh rendah, pakailah parfum dengan bahan dasar musk atau wood dan vanilla, sedangkan yang bersuhu tubuh tinggi sebaiknya memakai parfum berbau floral atau fruity.

Jangan Lupa Melakukan Tes Lebih Dulu

Sumber gambar dohacks.com

Paling penting banget nih yah sebelum kalian membeli parfum adalah melakukan tes terlebih dahulu. Kalian bisa menyemprotkannya di nadi tangan untuk memastikan apakah parfum tersebut aromanya cocok, aman, dan tidak menyebabkan kulit iritasi. Atau bisa juga langsung menyemprotkannya di kulit.

Ini Dia Merek Parfum Favorit Wanita Sepanjang Masa

Chanel No 5 by Chanel

Sumber gambar www.pinterest.com

Berikut ada beberapa merek parfum wanita yang sudah dikenal sepanjang masa, diantaranya adalah Chanel No 5 by Chanel. Parfum ini mempunyai aroma floral dan woody yang khas dan segar sehingga semakin menyempurnakan penampilan kalian. Apalagi parfum ini mengedepankan karakter yang anggun, sensual, dan feminin. Jangan khawatir karena aroma ini tidak terlalu kuat sehingga cocok dipakai dimana saja. Jika tertarik, kalian bisa dengan mudah mendapatkannya di Lazada dengan harga berkisar 1,9 juta rupiah untuk isi 100 ml.

Shalimar by Guerlain

Sumber gambar item2.tradesy.com

Tersedia juga merek parfum lainnya yakni Shalimar by Guerlain yang dibuat oleh Jacques Guerlain di tahun 1925. Parfum ini merupakan tanda dari kisah cinta Raja Shahjahan dan istrinya Mumtaz Mahal. Shalimar adalah “The Gardens of Shalimar” yang merupakan kebun kesukaan Mumtaz.

Di masanya, parfum ini memiliki penjualan terbaik dengan komposisi dari citrus notes, jasmine, may rose, tonka bean, opoponax, vanilla, lemon, bergamot, peru balsam, iris, dan gray amber. Parfum ini menunjukkan karakter yang hangat dan mewah. Kalian bisa memesannya secara online di Lazada dengan harga berkisar 850 ribu rupiah untuk isi 90 ml.

Poison by Christian Dior

Sumber gambar www.amazon.com

Parfum jenis lainnya datang dari Poison by Christian Dior dengan aroma revolusionernya yang melegenda karena telah diluncurkan sejak tahun 1985. Parfum ini mempunyai kekuatan aroma 1 jam hingga 5 jam. Kini parfum ini tersedia di Lazada dengan harga berkisar 1,2 juta rupiah dan isi 100 ml.

L’air Du Temps by Nina Ricci

Sumber gambar www.beauteprivee.fr

Kini hadir juga parfum L’air Du Temps by Nina Ricci dengan kesegaran floral alami, perpaduan dari aroma Floral, Woody, White Floral, Rose, dan Citrus sehingga memunculkan aroma khas untuk wanita. Parfum ini sangat cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Parfum dengan isi 100 ml ini bisa kalian beli secara online di Bukalapak dengan harga berkisar 875 ribu rupiah.

Classique by Jean Paul Gaultier

Sumber gambar www.target.com

Tak mau kalah dengan parfum lainnya, Jean Paul Gaultier kini meluncurkan Classique dengan wewangian beraroma sweet dan brash. Terdapat perpaduan aroma Orange blossom dengan Mandarin Orange, Star Anise, Pear, dan Rose di tahap pertama. Lalu, ditambah aroma Orris dengan Ginger, Orchid, Plum, dan Ylang-Ylang di fase pertengahan dan terakhir, diberi aroma Amber, Vanilla, dan Musk pada fase terakhir.

Sangat cocok untuk kalian yang menginginkan aroma oriental/spicy yang elegan. Tersedia pula edisi pria nya sehingga kalian bisa menyerasikan parfum dengan si pasangan. Jika tertarik, silahkan lakukan pembelian di Lazada dengan harga berkisar 660 ribu rupiah untuk isi 100 ml.

Coco Mademoiselle by Chanel

Sumber gambar saudi.souq.com

Coco Mademoiselle by Chanel juga kini telah hadir dengan berbagai jenis perpaduan aroma, seperti Sicilian Oranges, Calabrian bergamot, Sicilian grapefruit, Haitian vetiver, Jasmine extract, dan ada beberapa jenis lagi aroma lainnya.

Wewangian yang ditimbulkan tidak menyengat namun mampu menghipnotis siapapun yang kalian lewati. Parfum ini akan memberikan kalian kesan menawan dan romantis. Dilengkapi dengan isi 100 ml, kalian bisa mendapatkan parfum ini di Lazada seharga 2,3 juta rupiah.

Euphoria by Calvin Klein

Sumber gambar www.vansonchoice.com

Pilihan lainnya adalah Euphoria dari Calvin Klein. Dengan wangi dari rose hip, green leaves, japanese apple, red woods, black orchid, lotus, amber, dan black violet, akan membuat kalian tampil dengan karakter yang halus dan menawan. Pas banget untuk dipakai sehari-hari dan akan selalu menemani kalian hingga pekerjaan selesai. Calvein Klein Euphoria dengan isi 100 ml ini bisa kalian beli di Lazada seharga 525 ribu rupiah.

Opium by Yves Saint Laurent

Sumber gambar www.target.com

Opium by Yves Saint Laurent kini juga hadir menawarkan aromanya yang kuat dan stabil. Terdapat perpaduan aroma Jasmine, Amber, Opponax, Balsamic, Warm Spicy,Patchouli, Woody, Smooky, Powdery, dan masih banyak lagi jenis wewangian lainnya yang ditambahkan. Jangan khawatir karena merek ini akan membuat kalian tampil segar Oriental spicy. Harga yang ditawarkan yakni berkisar 1,1 juta rupiah dan bisa kalian beli di Lazada.

Youth Dew by Estee Lauder

Sumber gambar www.perfumebella.com.au

Jenis parfum yang juga bisa kamu coba pakai adalah Youth Dew by Estee Lauder. Parfum ini telah ada sejak tahun 1953 dan mempunyai komposisi wewangian dari Jeruk, Aldehida, Cengkeh, Vanilla, Amber, Peru Balsam, Oakmoss, dan masih banyak lagi. Pas banget kan, untuk menambah kepercayaan diri kalian?

Nah, perusahaan ini didirikan oleh Joseph Lauder dan isterinya Estee. Untuk isi 75 ml, dijual dengan harga berkisar 360 ribu rupiah dan bisa kamu dapatkan di Ebay.

Rose De Chloe by Chloe

Selain beberapa merek parfum yang telah tersaji diatas, jangan lewatkan juga untuk mencoba Rose de Chloe by Chloe. Karakter yang ditawarkan adalah lembut dan anggun, sangat pas untuk kalian yang suka berdandan feminim. Parfum ini dibuat dengan komposisi Gamot, Amber, Musk Putih, dan beberapa lainnya. Rose De Chloe by Chloe dijual dengan harga berkisar 900 ribu rupiah dan kini sudah tersedia di Lazada.

Yup..inilah beberapa deretan parfum wanita favorit yang patut kamu coba. Nah, gimana, Girls? Apakah kalian mempunyai salah satu parfum favorit di atas? Agar tidak bosan dengan parfum yang itu-itu saja, ada baiknya jika membeli salah satu produk di atas! Bukan endorse lho... :) Hehehe... Happy Shopping!

From our editorial team

Pastikan menggunakan dengan benar agar parfum tahan lama seharian

Supaya parfum awet seharian dan tidak hilang aromanya, ada beberapa cara yang dilakukan. Terkadang ada yang menyemprotkan di baju supaya wanginya awet. Tapi itu tidak direkomendasikan yaa. Selain bahan parfum yang keras yang mungkin bisa merusak pakaian, juga kadang meninggalkan noda yang sulit hilang lho. Sebelum memakai parfum, segera setelah mandi, oleskan petroleum jelly (vaselin misalnya) ke bagian tubuh yang akan diberikan parfum. Formula dari petroleum jelly itu akan menahan parfum sehingga tahan lama menempel di badan.