Rekomendasi 10 Kamera Mirrorless Untuk Pemula Bagi Anda yang Hobi Fotografi (2021)

Rekomendasi 10 Kamera Mirrorless Untuk Pemula Bagi Anda yang Hobi Fotografi (2021)

Kamera mirrorless sangat populer di kalangan pecinta fotografi. Buat Anda yang masih pemula, BP-Guide akan memberikan rekomendasi kamera mirrorless yang cocok buat Anda. Simak berbagai produknya dalam artikel ini ya!

Mirrorless Jadi Pilihan Tepat Buat Pemula

Perkembangan teknologi membuat orang makin candu terhadap produk-produk digital seperti foto dan video. Pekerjaan-pekerjaan baru yang membutuhkan kamera juga meningkat, seperti photographer, videographer, content creator di berbagai platform, dan lain sebagainya.

Untuk mengambil gambar atau video yang bagus, dibutuhkan kamera dengan lensa yang mumpuni agar gambar maupun video yang dihasilkan jadi jernih dan tajam. Kamera mirrorless yang bodinya tergolong ringan namun mempunyai fitur yang cukup canggih menjadi pilihan tepat untuk mengambil foto ataupun video, bahkan bagi pemula.

Kamera mirrorless tidak memiliki kotak cermin pemantul cahaya sehingga bobot bodinya lebih ringan dari kamera DSLR. Oleh karena itu, kamera mirrorless lebih mudah dibawa-bawa saat bepergian.

Anda dapat mendokumentasikan perjalanan Anda dengan lebih mudah dan mendapatkan hasil yang memuaskan dengan kamera mirrorless, baik dalam bentuk gambar maupun video. Selain untuk dokumentasi travelling, tentu kamera ini juga bisa Anda gunakan untuk berbagai kegiatan lainnya.

Tips Memilih Kamera Mirrorless Untuk Pemula

Tentukan Tujuan Penggunaan

Saat hendak membeli kamera mirrorless, ada baiknya Anda mempertimbangkan fitur-fitur kamera yang ditawarkan. Pasalnya, setiap merek dan seri kamera memiliki keunggulan masing-masing. Cocokkanlah teknologi yang ada pada kamera itu dengan kebutuhan Anda.

Kamera yang dibutuhkan bisa berbeda tergantung pada aktivitas fotografi yang ingin Anda lakukan. Para travel blogger mungkin sering mengambil foto pemandangan secara panorama atau lanskap. Untuk itu, pilihlah kamera mirrorless dengan sensor berukuran cukup besar atau lensa yang bisa disesuaikan agar hasil fotonya maksimal.

Misalnya lagi, seorang vlogger tentunya membutuhkan kamera mirrorless yang dilengkapi fitur perekaman video. Meskipun video sudah menjadi hal yang lumrah dalam kamera masa kini, masih ada kamera mirrorless yang tidak dilengkapi fitur merekam video. Oleh karena itu, Anda perlu lebih teliti saat memilihnya.

Bagi Anda yang ingin belajar fotografi untuk kebutuhan konten media sosial, Anda bisa memilih kamera mirrorless dengan fitur yang memadai dan mudah digunakan. Kamera yang mudah dipelajari akan memudahkan Anda yang belum terlalu akrab dengan mirrorless.

Cek Ukuran Sensor

Sensor pada kamera berfungsi menangkap cahaya objek yang masuk dari lensa untuk diproyeksikan dalam bentuk foto. Semakin besar ukuran sensor suatu kamera, maka semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan,

Berdasarkan urutan dari kecil ke besar, kamera mirrorless biasanya menggunakan sensor Micro Four Thirds, APS-C, atau APS-H. Sekarang ini, kamera mirrorless telah ada yang menggunakan sensor full frame sehingga kualitas foto yang dihasilkan tidak kalah dengan kamera DSLR.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun ukuran sensor berperan penting dalam menentukan kualitas gambar, Anda juga perlu memperhatikan resolusi kamera. Idealnya pilihlah produk dengan piksel yang tinggi. Makin tinggi piksel suatu kamera, makin bagus resolusi gambar yang dihasilkan.

Pertimbangkan Kompatibilitas Kamera

Tidak semua kamera mirrorless dijual lengkap bodi beserta lensanya, ada yang dijual terpisah. Sebagai pemula, Anda bisa memilih kamera mirrorless yang sudah sepaket dengan lensanya agar tidak repot saat baru mulai belajar.

Akan tetapi, kamera dengan lensa yang bisa diganti-ganti memiliki daya tarik tersendiri. Makin beragam pilihan lensanya, makin bervariasi juga gambar yang dapat Anda ambil. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memeriksa lineup lensa yang kompatibel dengan kamera mirrorless yang Anda inginkan. Dengan begitu, ke depannya Anda bisa menambah lensa lain sesuai dengan kebutuhan pemotretan.

Cek Semua Fitur

Dalam memilih kamera, Anda juga perlu memperhatikan fitur-fitur yang tersedia. Kamera mirrorless biasanya dilengkapi berbagai fitur, seperti rekaman video, koneksi Wifi ataupun bluetooth, GPS, filter foto, waterproof, dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang ingin aktif membuat vlog, tentu Anda membutuhkan kamera yang bisa merekam video. Sementara itu, adanya fitur koneksi Wifi ataupun Bluetooth akan memudahkan penyalinan gambar dari kamera ke smartphone atau PC. Semua fitur yang ditawarkan dapat menjadi pertimbangan bagi Anda saat memilih kamera.

Fitur-fitur ini bisa Anda ketahui dengan membaca detail di setiap produk yang Anda pertimbangkan. Fitur yang lengkap akan memberikan tambahan manfaat bagi Anda.

Hitung Dulu Budgetnya!

Kamera mirrorless umumnya berkisar sekitar 6 hingga 10 jutaan rupiah. Harga kamera yang ditawarkan tentu akan mempertimbangkan kualitas dan fitur yang dimilikinya. Makin tinggi harganya, biasanya makin canggih pula komponen dan fitur yang dimilikinya.

Sebaiknya, tentukan terlebih dahulu berapa budget yang Anda sediakan untuk membeli kamera mirrorless yang tepat. Saat membeli kamera, pastikan Anda membandingkan harga di antara beberapa toko.

Jika selisih harganya terlalu jauh, berarti ada hal yang harus Anda teliti lagi. Bisa jadi ada perbedaan kelengkapan kamera yang disertakan, misalnya aksesori tambahan. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang terlalu murah, tetapi ternyata ada perlengkapannya yang kurang.

Keunggulan Kamera Mirrorless

Ukuran Lebih Compact

Jelas sekali, ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan DSLR membuat kamera mirrorless dipilih oleh banyak orang. Ukuran yang compact ini membuat kamera mirrorless memiliki bobot yang ringan dan enak dibawa pergi jalan-jalan. Ini mungkin jadi pertimbangan yang penting bagi Anda yang suka membawa kamera kemana pun Anda pergi.

Titik Fokus Akurat

Dengan kamera mirrorless, Anda bisa melihat secara akurat titik-titik mana yang fokus. Selain itu, kamera mirrorless juga tidak akan menghasilkan suara sekeras kamera DSLR pada saat pemotretan, karena kamera mirrorless tidak memiliki kotak cermin.

Hal ini juga diduga merupakan salah satu faktor yang membuat kamera mirrorless jadi lebih awet daripada kamera DSLR karena kurangnya getaran/gerakan yang dapat ditimbulkan.

Preview Gambar Lebih Tajam

Viewfinder pada kamera mirrorless menampilkan gambar yang lebih tajam dan lebih akurat mengenai foto yang akan dihasilkan nantinya. Ini dikarenakan kamera mirrorless menggunakan viewfinder elektronik atau live view. Hal ini sangat membantu Anda saat melakukan pengambilan gambar, serta mengurangi tebak-menebak gambar hasil yang akan diperoleh.

Rekomendasi Kamera Mirrorless yang Cocok Untuk Pemula

Fujifilm X-A5

Dari segi desain, kamera ini tampak dengan gaya aluminium dan aksen kulit sehingga menimbulkan kesan yang elegan. Terlihat seperti aksesori keren bila Anda menggantungkannya di leher saat sedang travelling.

FUJIFILM X-A5 ini memiliki fitur untuk merekam video dengan resolusi 4K, sehingga dapat menghasilkan gambar dengan transisi super smooth. Hasil video memiliki warna tajam namun tetap terlihat natural dan tidak berlebihan.

Kamera ini hadir dengan sensor APS-C CMOS yang mempunyai resolusi 24 MP. Layar nya dapat berputar 180°, dan canggihnya, juga ada fitur face/eye detection untuk memudahkan Anda dalam berswafoto. Ada juga beberapa filter yang dapat Anda gunakan untuk menunjang kreativitas karya Anda.

Harga Rp. 6.000.000-8.000.000

Panasonic Lumix DMC-G7

Dilihat dari segi desain, kamera ini tampak elegan dengan satu warna polos dan aksen kulit pada bodinya.

Kamera ini juga bisa mengambil gambar baik foto maupun video dengan resolusi 4K (hingga QFHD 3840 x 2160 pixel). Resolusi ini empat kali lebih besar dibandingkan dengan HD penuh, sehingga menghasilkan tingkat detail yang tinggi.

Bukan hanya itu, tingkat ketepatan warna yang dihasilkan membuat Anda bisa hunting foto dengan nyaman bahkan pada malam hari pun. Apalagi dengan tambahan fitur Starlight AF, Anda bisa menjepret hamparan bintang dengan mudah.

Harga Rp. 6.000.000-10.000.000

Canon EOS M100

Canon EOS M100 ini tampil compact dan ringkas sebagai kamera mirrorless. Kamera ini memadukan prosesor gambar DIGIC 7 dengan sensor APS C 24.2 MP. Perpaduan ini akan menghasilkan gambar yang tajam dengan warna yang super natural.

Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan berbagai filter yang akan menjadikan hasil foto lebih unik, mulai dari yang standar seperti portrait dan landscape, sampai dengan fine detail, faithful, neutral, smooth skin, dan monochrome.

Harga Rp. 4.000.000-5.000.000

Fujifilm X-A7

Kamera dari Fujifilm ini juga hadir dengan warna yang ceria. Bukan hanya memotret, Anda juga akan tampil keren jika dipotret dengan kamera ini.

Fujifilm X-A7 sudah terkenal dengan kemudahan penggunaannya bagi pemula. Dilengkapi dengan menu “Smart” yang memudahkan Anda mengatur pengambilan gambar untuk hasil yang memukau.

Kamera ini dapat merekam video dengan kualitas 4K. Di dalamnya tersedia beberapa filter. Anda dapat memilih warna favorit pada LCD sambil memeriksa perbedaannya menggunakan live view.

Juga ada fitur face/eye detection, dan LCD-nya dapat diputar 180°.

Harga Rp. 7.000.000-9.000.000

FUJIFILM X-T100

FUJIFILM X-T100 tampil dengan desain yang retro, namun tetap memiliki fitur yang modern. Desain body sangat ramping dan ringan.

Fitur Auto SR pada kamera ini akan mengoptimalkan pengaturan kamera dan fokus secara otomatis. Mode ini memungkinkan Anda untuk mengabadikan foto yang sempurna tanpa bersusah payah.

Kamera ini dilengkapi dengan sensor gambar berukuran APS-C untuk menghasilkan gmbar-gambar dengan kualitas yang lebih baik dalam situasi pencahayaan yang sedikit dan menciptakan latar dengan efek bokeh.

Harga Rp. 7.000.000-10.000.000

Sony Alpha a7 II Mirrorless Digital Camera

Kamera ini juga terbilang sangat cocok untuk pemula dengan desain yang mudah digenggam. Body-nya juga memiliki fitur moisture and dust resistant yang dilapisi magnesium alloy.

Dengan SteadyShot INSIDE image stabilization, Anda dapat memungkinan Anda dapat memotret dengan berbagai angle dan akan menghasilkan foto yang sama bagusnya.

Kamera ini juga memiliki fitur Fast Hybrid AF dengan performa tinggi sehingga Anda dapat menangkap dengan cepat objek yang lewat tanpa ketinggalan momen.

Harga Rp. 15.000.000-20.000.000

Olympus PEN E-PL9 Kit

Olympus PEN E-PL9 ini dilengkapi oleh teknologi yang memudahkan Anda dalam mengambil foto yang artistik. Desain body-nya juga stylish, cocok untuk melengkapi gaya Anda. Bobotnya ringan, hanya 332 g.

Olympus PEN E-PL9 hadir dengan resolusi 16,1 MP, dilengkapi Art Filter dan Advanced Photo Mode yang bisa membuat foto Anda lebih cantik, artsy, dan "menjual", cocok bagi Anda yang berkutat sebagai content creator ataupun pemilik toko online.

Anda bisa dengan cepat memindahkan foto ke smartphone berkat fitur Bluetooth dan Wi-Fi yang dimiliki kamera ini. Praktis, bukan?

Harga Rp. 8.000.000-10.000.000

Fujifilm X-A3

Jika Anda termasuk fotografer yang ingin tampil stylish dengan sentuhan retro, kamera yang satu ini bisa dijadikan pilihan. Tak hanya desainnya yang unik dan klasik, kamera ini juga dilengkapi dengan fitur yang inovatif dan cukup lengkap.

Kamera ini mempunyai Fungsi Makro Otomatis yang mengalihkan kamera ke mode Makro secara otomatis untuk pemfokusan cepat. Sangat memudahkan bagi pemula, bahkan bagi yang sudah berpengalaman.

Dengan fitur Portrait Enhancer, kualitas foto pun menjadi keren dengan tampilan warna dan tekstur kulit yang lebih baik.

Harga Rp. 5.000.000-7.000.000

SONY Alpha A6600

SONY Alpha A6600 ini memiliki performa dan fitur hebat dalam bodi ringkas. Super komplit bagi para pemula dan profesional.

Stabilisasi gambar optik lima poros memastikan kualitas gambar yang dihasilkan jadi menakjubkan. Kemampuannya dalam merekam video dengan resolusi tinggi 4K menghasilkan gambar yang bagus dan tajam.

Kamera ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas tinggi dan jack headphone mendukung pembuatan film Anda.

Salah satu fitur yang juga sangat bisa diandalkan dari kamera satu ini adalah mode senyap yang memungkinkan Anda untuk melakukan continous shooting dengan lebih tenang.

Harga Rp. 23.000.000-27.000.000

Canon EOS M50 Kit

Kamera sungguh ringan, kira-kira hanya seberat 390 g. Pegangan kamera pas di tangan Anda. Namun demikian, bagi mereka yang tangannya besar, mungkin pegangan ini agak kekecilan daripada pegangan yang biasa mereka genggam.

Canon EOS M-50 menggunakan prosesor DIGIC 8 yang dapat memproses data dari sensor dengan kecepatan tinggi. Hasilnya, kamera ini dapat melakukan continuous shooting dengan lebih lancar, tingkat noise yang rendah, serta perekaman video yang mulus.

Dengan bantuan Auto Lighting Optimizer dan AF yang bisa diatur untuk kondisi segelap EV-2, foto yang Anda ambil akan tetap maksimal walaupun dalam suasana lampu yang redup atau pencahayaan yang minim di malam hari sekali pun. Jadi, Anda bisa memotret dengan maksimal saat siang ataupun malam hari.

Harga Rp. 8.000.000-12.000.000
From our editorial team

Kamera yang Berkualitas Itu Investasi Lho!

Jika Anda bekerja sebagai vlogger, fotografer, atau apa saja yang membutuhkan kamera, memilih kamera mirrorless yang berkualitas itu sangat penting lho. Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan konten yang berkualitas. Anda bisa memilih kamera mirrorless yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhan dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!