Parkir Jadi Lebih Mudah dan Aman dengan 10 Rekomendasi Rear Camera Mobil Ini (2021)

Parkir Jadi Lebih Mudah dan Aman dengan 10 Rekomendasi Rear Camera Mobil Ini (2021)

Di era yang canggih seperti ini, mobil Anda juga harus dibekali teknologi mumpuni. Rear camera termasuk salah satunya, Kamera yang dipasang di bagian belakang mobil ini sangat berguna ketika Anda mengemudi. Simak fungsi dan rekomendasi produknya dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Rear Camera Sangat Berguna Saat Anda Mundur dan Parkir

Rear camera atau kamera belakang mobil kini menjadi kebutuhan yang tidak boleh dikesampingkan lagi. Terutama bagi Anda yang sering saat harus parkir mundur hingga saat berkendara dalam gelap di malam hari.

Dengan memasang rear camera, Anda bisa melihat kondisi di belakang mobil dengan lebih jelas. Ini sangat penting untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan Anda selama di perjalanan. Ada banyak jenis dan tipe rear camera yang bisa Anda pilih untuk mobil Anda. Simak rekomendasinya dalam artikel berikut ini.

Tips Memilih Rear Camera Terbaik untuk Mobil

Fitur Night Vision

Fitur ini sangat penting untuk Anda yang sering berkendara di malam hari. Night vision dapat memberikan penerangan tambahan saat berada di tempat yang minim cahaya atau di malam hari.

Misalnya saat Anda parkir di basement sebuah gedung yang lampunya tidak terlalu terang. Anda akan sangat terbantu dengan fitur night vision yang bisa memberikan jangkauan sudut pandang yang lebih luas.

Resolusi Kamera

Sama seperti ketika Anda ingin membeli kamera lain, resolusi harus menjadi faktor utama yang dipertimbangkan. Resolusi pada setiap rear camera yang ada tentu berbeda-beda, sehingga Anda harus memastikannya terlebih dahulu.

Kamera dengan kualitas high definition akan menghasilkan gambar yang tajam dan terang, sehingga memudahkan Anda ketika melihat situasi di bagian belakang mobil.

Harga

Karena banyaknya rear camera yang dijual di luar sana, tentu saja harganya juga bermacam-macam. Harga rear camera bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Setiap kamera menawarkan fitur bermacam-macam. Semakin lengkap fiturnya, tentu semakin mahal pula harganya.

Pilih kamera yang paling sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda. Yang paling penting adalah kamera tersebut mampu meningkatkan kenyamanan Anda ketika berkendara.

Sertifikasi IP68

Rear camera yang Anda beli sebaiknya sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP68. Ini membuktikan bahwa kamera tersebut dilengkapi dengan anti debu, anti air, serta tahan terhadap guncangan. Ini membuat kamera bisa bertahan lebih lama. Namun untuk berjaga-jaga dan memberikan perlindungan ekstra, ada baiknya Anda membeli casing khusus untuk kamera belakang.

Tipe Lensa

Secara umum ada 2 tipe lensa pada rear camera, yaitu lensa standar dan wide angle. Lensa standar dapat menampilkan situasi di bagian belakang mobil dengan sangat detail dan nyata. Ini sangat membantu Anda yang masih pemula saat parkir mundur. Hanya saja, area yang ditampilkan terlalu luas, sehingga Anda juga harus tetap memperhatikan kondisi sekitar secara langsung.

Sedangkan lensa wide angle mampu memberikan tampilan yang lebih luas dibandingkan dengan lensa standar. Lensa ini bekerja meminimalkan blindspot yang biasanya tidak tertangkap oleh lensa standar, sehingga jauh lebih baik dari segi keamanan.

Fungsi dari Rear Camera Mobil

Membantu Saat Parkir

Ini adalah fungsi utama dari rear camera yang ada pada mobil. Dengan adanya kamera di bagian belakang, tentu saja akan lebih mudah bagi Anda saat memarkir kendaraan. Kamera ini akan menampilkan kondisi di belakang mobil pada layar dashboard.

Rear camera juga bisa mengukur jarak mobil dengan benda-benda lain yang ada di sekitarnya. Apabila posisi mobil sudah terlalu dekat dengan benda yang berpotensi menimbulkan tabrakan, kamera akan mengirimkan sinyal berupa warna merah yang muncul di layar.

Meningkatkan Visibilitas di Malam Hari dan Cuaca Buruk

Jarak pandang saat berkendara menjadi terbatas di malam hari yang gelap atau hujan lebat. Saat itulah Anda membutuhkan rear camera untuk meningkatkan visibilitas Anda, terutama melihat kondisi di sekitar mobil dengan lebih jelas lagi.

Kini banyak rear camera yang sudah dilengkapi dengan fitur canggih yang mampu bertahan di tengah cuaca ekstrem dan tetap bisa memberikan tampilan gambar yang jelas.

Mengetahui Kondisi Jalan di Belakang Mobil

Fungsi rear camera tidak hanya untuk membantu Anda parkir mundur saja, tetapi juga memungkinkan Anda mengecek situasi di belakang mobil. Misalnya saat Anda terjebak kemacetan, Anda bisa memantau kondisi jalan di belakang melalui kamera ini. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan jika jarak antar kendaraan terlalu dekat.

Rekomendasi Rear Camera Mobil Terbaik untuk Anda

Hiro Chip High Def 1280

Rekomendasi produk rear camera pertama untuk Anda adalah Hiro Chip High Def 1280. Kamera ini memberikan tampilan gambar yang sangat tajam dan jernih di segala kondisi. Resolusi kamera ini adalah 1280 x 720 pixel HD.

Kamera ini juga dibekali dengan teknologi Sony Imaging HD Clip Sensor dan night vision mode yang meningkatkan visibilitas saat hujan atau gelap. Noise reduction pada kamera ini mampu memberikan kejelasan jarak pandang hingga 15 meter. Lensa yang digunakan adakan lensa wide angle yang anti air.

Harga Rp. 1.600.000-2.000.000

Nakamichi NC-3L

Sertifikasi IP68 sangat penting untuk menunjang keawetan dan daya guna rear camera mobil Anda. Nakamichi NC-3L termasuk produk yang sudah dilengkapi dengan sertifikasi tersebut, sehingga layak untuk Anda pertimbangkan.

Fitur bawaan kamera ini antara lain adalah sensor Color CMD dan lensa dengan sudut 90 derajat yang mampu menjangkau area yang lebih luas. Karena sudah mengantongi sertifikasi IP68, kamera ini dijamin tahan terhadap air, tahan debu, dan mampu bertahan menghadapi guncangan.

Harga Rp. 100.000-200.000

Hiro Dynamic Trajectory

Rear camera berkualitas ini memang dibanderol dengan harga yang cukup mahal, namun sebanding dengan kualitas yang didapatkan. Hiro Dynamic Trajectory mampu menampilkan gambar yang berdefinisi tinggi dengan format Full HD.

Kamera ini juga mampu menampilkan garis bantu yang mengikuti arah setir mobil. Fitur ini semakin memudahkan Anda untuk memarkir mobil dalam posisi mundur. Kamera universal ini bisa dipasang di semua tipe mobil.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000

Pioneer ND-BC02

Pioneer ND-BC02 merupakan kamera yang bisa digunakan di berbagai macam tipe mobil yang dilengkapi dengan fitur kamera input RCA. Gambar yang mampu dihasilkan oleh kamera ini sangat jernih berkat sensor 1/3 CMOS Color bawaan.

Didukung dengan fitur noise reduction sehingga gambar tidak terlihat buram dan mengganggu pemadangan. Keunggulan lain yang ditawarkan kamera ini adalah sertifikasi IP67, membuatnya dijamin tahan air, tahan debu, dan tahan terhadap segala jenis goncangan.

Harga Rp. 500.000-1.000.000

Otoproject Rear View Camera

Otoproject Rear View Camera adalah kamera yang menawarkan kualitas tinggi dengan harga yang cukup terjangkau. Gambar yang mampu dihasilkan kamera ini sudah berdefinisi tinggi, sehingga gambar yang ditampilkan tetap jernih meski Anda sedang berkendara di malam hari.

Kamera ini juga mendukung berbagai macam tipe head unit, bisa dipasang di berbagai macam merek mobil. Fitur lain yang ditawarkan oleh kamera ini antara lain adalah anti air sehingga menjamin ketahanannya.

Harga Rp. 250.000-400.000

Garmin BC 30 Wireless Backup Camera

Garmin BC 30 Wireless Backup Camera menawarkan banyak kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Kamera ini mampu menampilkan mode reverse view yang meningkatkan visibilitas Anda pada sisi belakang mobil untuk meminimalisir resiko kecelakaan.

Resolusi dan kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera ini juga sangat jernih dan tajam. Fitur andalan lain yang ada pada kamera ini adalah WiFi bawaan yang memungkinkan Anda untuk mentransmisikan video dalam jarak hingga 45 kaki untuk kendali jarak jauh.

Harga Rp. 1.800.000-2.500.000

Xiaomi 70mai Rear Camera

Berikutnya ada rekomendasi produk rear camera berkualitas dari Xiaomi. Xiaomi 70mai Rear Camera menawarkan keunggulan sudut jangkauan yang lebar sehingga meminimalkan adanya blindspot. Kamera ini hadir dengan resolusi 720p yang memiliki sensitivitas tinggi.

Kamera ini mampu bekerja dengan sama baiknya di siang maupun malam hari. Kualitas gambar yang ditunjukkan sangat jernih. Sudut pandang kamera ini adalah 138 derajat, mampu menampakkan tampilan yang luas pada kondisi di sekitar bagian belakang mobil.

Harga Rp. 250.000-500.000

Pioneer RCAM 5

Pioneer RCAM 5 adalah rear kamera dengan segudang fitur mumpuni yang bisa membantu Anda saat berkendara. Fitur unggulan yang ditawarkan oleh produk ini adalah sensor CMOS ukuran 1,4 inci yang mampu menghasilkan resolusi gambar 672 x 520 piksel.

Lensa yang digunakan rear camera ini adalah lenca jenis wide angle untuk tampilan yang lebih luas. Selain area yang lurus dengan mobil, Anda juga bisa melihat area lain di samping belakang. Kamera ini jelas mampu memberikan perlindungan keamanan yang lebih baik.

Harga Rp. 800.000-1.000.000

Hyperion HR - RCS 1.1

Hyperion HR - RCS 1.1 hadir untuk Anda yang mencari rear camera berkualitas namun harganya ramah di kantong. Kamera belakang ini bisa diandalkan untuk membantu Anda saat parkir mundur karena mampu memberikan gambaran yang akurat tentang kondisi di sekitar mobil Anda.

Lebar sudut kamera ini mencapai 170 derajat sehingga dapat meminimalisir blindspot. Selain itu, produk ini juga dibekali dengan 4 buah lampu LED yang mampu memberikan penerangan tambahan di tempat yang gelap atau di malam hari. Kamera ini juga telah memiliki sertifikasi IP68.

Harga Rp. 175.000-300.000

Kenwood CMOS 130

Kenwood CMOS 130 menjadi produk rear camera terakhir yang direkomendasikan untuk Anda. Kamera ini dirancang khusus untuk Anda yang masih kesulitan dan belum terbiasa parkir mundur. Rear kamera berkualitas ini dilengkapi dengan fitur night vision yang mampu menghasilkan gambar jernih dan tajam di bawah penerangan buruk. Kamera ini dapat digunakan di semua jenis mobil head unit double din.

Harga Rp. 600.000-1.000.000
From our editorial team

Selalu Aktifkan Kamera Belakang di Malam Hari dan Saat Turun Hujan

Keamanan dalam berkendara harus menjadi prioritas Anda. Oleh karena itu, rear camera hadir untuk membantu Anda mendapatkan pandangan yang jelas tentang kondisi yang ada di sekitar mobil, terutama pada bagian belakang. Ketika Anda sedang berkendara di tengah hujan atau di jalanan gelap saat malam hari, sebaiknya aktifkan selalu rear camera pada mobil Anda. Produk pilihannya bisa Anda lihat pada artikel BP-Guide ini ya!