Bukan Sekadar Gaya-Gayaan, Cari Tahu Fungsi dan 10 Rekomendasi Kamera Mobil di Sini (2021)

Bukan Sekadar Gaya-Gayaan, Cari Tahu Fungsi dan 10 Rekomendasi Kamera Mobil di Sini (2021)

Sumber gambar unsplash.com

Kamera mobil adalah alat yang wajib dimiliki jika Anda sering berkendara saat bepergian. Kamera mobil terdiri dari beberapa macam jenis dengan fungsi masing-masing. Yuk, cari tahu fungsi dan rekomendasi kamera mobil dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Tingkatkan Keamanan Berkendara Dengan Kamera Mobil

Ketika Anda sedang berkendara, Anda harus memprioritaskan keamanan agar selamat hingga sampai tujuan. Manfaatkan teknologi seperti kamera mobil yang bisa merekam semua kejadian penting selama perjalanan. Dengan memasang kamera ini, Anda bisa mencegah terjadinya kecelakaan yang diakibatkan oleh kelalaian pengemudi.

Segala macam kejadian bisa direkam dengan kamera ini. Mulai dari kejadian kecelakaan yang melibatkan Anda atau orang-orang di sekitar, hingga terjadinya pelanggaran lalu lintas. Di luar negeri, penggunaan kamera mobil sudah sangat umum dan memberikan banyak manfaat bagi penggunanya.

Keuntungan jika Mobil Dilengkapi Kamera

Merekam Kejadian Penting

Rasanya tidak mungkin Anda mengingat semua kejadian yang terjadi dalam perjalanan. Terutama saat Anda terlibat dalam kecelakaan yang tidak diinginkan atau ada kendaraan di sekitar Anda yang mengalami kecelakaan. Namun dengan adanya kamera mobil, Anda tidak perlu khawatir melewatkan semua momen penting ini.

Bukti Asuransi

Banyak negara mewajibkan adanya kamera di dalam kendaraan untuk keperluan klaim asuransi. Dalam menganalisis sebuah kejadian, bukti rekaman dari kamera akan memudahkan pihak asuransi dalam melakukan analisis. Hal ini tentu saja menguntungkan kedua pihak, yaitu pihak asuransi yang akan mengeluarkan dana dan Anda yang harus menanggung kerusakan.

Menjamin Keselamatan

Beberapa kamera mobil modern sudah dilengkapi sensor yang mendeteksi gerakan dan guncangan. Misalnya saat mobil Anda keluar jalur, kamera akan mengirimkan sinyal sehingga Anda bisa kembali ke jalur yang seharusnya.

Jika ada benda yang bergerak di dekat mobil, kamera juga bisa merekam secara otomatis. Demikian juga jika ada goncangan yang dirasakan. Semua sensor ini masih tetap bisa bekerja meski mobil berada dalam kondisi berhenti dan diparkir.

Membantu Petugas Kepolisian

Jika ada kejadian tidak terduga di depan atau di belakang kendaraan Anda, semua akan terekam oleh kamera mobil. Termasuk jika ada pelanggar lalu lintas. Rekaman yang tersimpan di kamera Anda dapat membantu pihak kepolisian untuk dapat menjatuhkan hubungan yang pantas.

Mengawasi Kondisi di Dalam Mobil

Di mana saja dan kapan saja, mobil Anda berisiko untuk dirampok. Anda pasti sudah sering mendengar sekawanan perampok tidak bertanggung jawab yang mengambil barang-barang berharga di dalam mobil bukan?

Namun, jika mobil Anda memiliki kamera interior yang merekam situasi di dalam mobil saat diparkir dan bisa diawasi melalui handphone, ini dapat meningkatkan keamanan mobil. Anda bisa mengantisipasi terjadinya hal-hal ini.

Jenis-jenis Kamera Mobil yang Dijual di Pasaran

Kamera Depan (Dashcam)

Kamera depan atau dashcam adalah kamera yang berfungsi untuk merekam situasi di bagian depan mobil. Kamera ini bisa merekam segala aktivitas mobil mulai dari keluar rumah hingga kembali lagi di rumah. Hasil rekaman kamera depan banyak digunakan sebagai bukti saat terjadi kecelakaan.

Dual Channel Camera

Kamera ini mampu memberikan jaminan keamanan dan perlindungan yang lebih baik pada penggunanya. Sehingga yang bisa direkam dan diawasi bukan hanya kondisi di depan mobil saja, tetapi juga di belakang. Ketika terjadi kecelakaan, rekaman dari dual channel camera ini bisa memberikan kronologi dan penyebab kejadian yang sangat akurat.

Kamera Interior

Kamera yang satu ini berfungsi untuk merekam semua kejadian yang ada di dalam mobil. Rekaman ini bisa memberikan gambar lengkap tentang semua aktivitas yang dilakukan di dalam mobil. Biasanya para orang tua menggunakan kamera ini untuk mengawasi anak-anak mereka. Bisa juga digunakan untuk merekam momen-momen menyenangkan saat Anda liburan dengan teman-teman.

Rekomendasi Kamera Mobil untuk Meningkatkan Keselamatan Anda

Xiaomi 70mai Rearview Dash Cam Wide

Rekomendasi kamera mobil pertama untuk Anda adalah Xiaomi 70mai Rearview Dash Cam Wide. Produk ini sangat pas untuk Anda yang tinggal atau sering berkendara di wilayang pegunungan yang berkabut dan sering hujan.

Ini adalah kamera spion yang memberikan tampilan kondisi jalanan di belakang mobil. Anda masih bisa melihat dengan sangat jelas meski cuaca sedang sangat buruk. Namun kekurangan dari produk ini adalah tidak ada ADAS Warning System dan WDR Technology. Hanya saja, Anda bisa mengakses semua rekaman video melalui aplikasi yang bisa diunduh pada smartphone Anda.

Harga Rp. 1.300.000-2.000.000

AVT Dashcam DVR P3350

Keunggulan yang ditawarkan oleh AVT Dashcam DVR P3350 ini adalah fitur parking view 360 derajart Tentu saja kamera ini akan sangat membantu seorang pengemudi yang masih belum mahir untuk memarkirkan kendaraan mereka.

Fitur ini akan mencegah Anda agar tidak bertabrakan dengan benda-benda di sekeliling. Selain itu, kamera ini juga menyediakan slot microSD untuk menyimpan hasil rekaman. Dengan menggunakan colokan lighter sebagai daya listrik, kamera ini akan beroperasi secara otomatis ketika Anda menyalakan mobil.

Harga Rp. 1.300.000-2.100.000

Hiro Vision

Hiro Vision menawarkan fitur unggulan seperti LDWS (lane departure warning system) yang memberikan peringatan saat kendaraan keluar dari lajurnya. Anda tetap bisa berkendara secara hati-hati, baik di jalan raya maupun di jalan tol.

Kamera ini juga membantu untuk meminimalkan kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan pengemudi. Alat yang satu ini sangat membantu Anda yang baru belajar mengemudikan kendaraan. Fitur lain yang ditawarkan oleh kamera ini adalah waterproof dan dustproof sehingga memberikan ketahanan lebih lama.

Harga Rp. 4.000.000-6.000.000

Blackvue DR550GW-2CH

Blackvue DR550GW-2CH hadir dengan desain yang praktis dan ringkas serta sistem operasi yang ramah pada para penggunanya. Selain itu, kamera ini juga bisa memberikan kualitas gambar yang sangat mimpuni. Fitur WiFi dapat memberikan Anda resolusi gambar tingkat tinggi untuk memperjelas tampilannya.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh produk ini adalah dual camera. Ini artinya, alat ini bisa merekam secara dua arah, yakni di area luar dan area dalam mobil. Produk ini juga dilengkapi dengan supper OS seperti Android, Windows, Mac, dan iOS.

Harga Rp. 4.000.000-7.500.000

Blackvue DR650S-2CH

Berikutnya ada rekomendasi dari Blackvue DR650S-2CH. Ini adalah kamera mobil yang dilengkapi dengan fitur WiFi dan GPS built-in. Hal ini memungkinkan Anda untuk melacak keberadaan mobil di mana saja berada. Anda juga bisa menyambungkan kamera ini langsung pada handphone Anda.

Desainnya yang elegan akan membuat tampilan interior mobil semakin kece. Kamera ini mampu merekam video dengan resolusi full HD 1080p untuk bagian depan serta 720p untuk bagian belakang. Dengan demikian, Anda bisa merekam kondisi baik di dalam maupun di luar mobil.

Harga Rp. 3.500.000-5.000.000

Xiaomi Yi Mirror Camera Front and Rear 1080P Dashboard Camera

Produk-produk dari Xiaomi tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Termasuk Xiaomi Yi Mirror Camera Front and Rear 1080P Dashboard Camera ini. Ini adalah dual camera yang bisa membantu Anda merekam situasi di depan dan di belakang mobil.

Kamera depannya dilengkapi dengan image sensor yang bisa memungkinkan Anda untuk merekam dengan resolusi tinggi 1080p. Sementara kamera belakang dengan resolusi 720p memberikan Anda gambaran yang jelas akan situasi di belakang dan mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan.

Harga Rp. 800.000-1.800.000

Kingslim D4 Car DVR Camera 1080P 4K Dual DashCam

Kingslim D4 Car DVR Camera 1080P 4K Dual DashCam adalah kamera yang mampu merekam dengan dua sisi secara bersamaan sekaligus. Kualitas kamera ini sangat bagus dan jernih hingga bisa menangkap nomor kendaraan dan petunjuk jalan dengan baik.

Resolusi Ultra HD 4K dapat memberikan rekaman selama perjalanan buat Anda yang hobi traveling dan menikmati pemandangan luar. Fitur unggulan lainnya adalah adanya SONY Vision yang mampu meningkatkan pandangan di malam hari, memberikan rekaman video yang tajam dan jelas.

Harga Rp. 1.300.000-2.700.000

Azdome M06 4K WiFi GPS Car Dashcam

Satu lagi rekomendasi kamera mobil yang menawarkan banyak keunggulan bagi penggunanya. Azdome M06 4K WiFi GPS Car Dashcam dilengkapi dengan fitur built-in GPS yang bisa merekam lokasi mobil secara real time serta kecepatan lajunya. Sedangkan built-in WiFi bisa dihubungkan langsung ke smartphone untuk keperluan transfer data rekaman.

Kamera ini memiliki resolusi 2160p dan 1080p dengan lebar lensa 170 derajat dan bukaan lensa F1.8. Fitur Parking Monitor bisa diakatifkan dan merekam secara otomatis saat mobil terdeteksi mengalami guncangan meski dalam kondisi diparkir. Ada juga Motion Detection yang bisa menyimpan rekaman secara otomatis saat terdeteksi adanya obyek yang bergerak.

Harga Rp. 500.000-1.250.000

Baco Vehicle Car DVR Dual Camera

Baco Vehicle Car DVR Dual Camera adalah kamera mobil dengan luas layar 1,5 inci dengan resolusi tinggi 1080p. G-Sensor pada produk ini bisa merekam otomatis saat terjadi kecelakan.

Ada beberapa fitur unggulan yang ditawarkan untuk Anda. Antara lain adalah built-in GPS yang bisa berfungsi sebagai penunjung arah. Selain itu ada pula fitur auto scanning dan positioning yang semakin memudahkan Anda saat berkendara. Ketika G-Sensor mendeteksi guncangan, maka rekamannya akan akitf secara otomatis dan tersimpan di dalam alat ini.

Harga Rp. 1.500.000-3.000.000

DDPAI Mini Dash Cam 1080P Kamera Mobil

DDPAI Mini Dash Cam 1080P Kamera Mobil dapat memberikan kualitas video HD 1080p yang bisa merekam gambar dengan resolusi tinggi. G-Sensor pada kamera ini bisa mendeteksi guncangan secara otomatis dan menyalakan rekaman. Selain itu, kamera juga bisa merekam otomatis jika ada benda bergerak di dekat mobil.

Fitur Night Vision memberikan pandangan yang lebih jelas jika Anda berkendara di malam hari. DDPAI juga memiliki platform sosial virtual dan berbagi dengan sesama pengguna.

Harga Rp. 500.000-1.000.000
From our editorial team

Jika Belum Punya Kamera Mobil, Segera Pasang!

Dari berbagai jenis dan rekomendasi kamera mobil dalam artikel BP-Guide di atas, semuanya sangat berguna untuk menjamin keselamatan Anda selama di perjalanan. Jika Anda belum punya kamera mobil, maka jangan tunda untuk membelinya. Sesuaikan dengan bujet dan kebutuhan Anda juga ya!