10 Pilihan Mic Karaoke Terbaik untuk Bernyanyi Bersama Keluarga di Rumah (2021)

10 Pilihan Mic Karaoke Terbaik untuk Bernyanyi Bersama Keluarga di Rumah (2021)

Jangan biarkan pandemi menghambat hobi bernyanyi Anda. Tak perlu ke studio karaoke, Anda bisa mengubah rumah menjadi tempat terbaik untuk bernyanyi dengan memilih mic karaoke yang tepat. Ini dia 10 mic karaoke terbaik yang cocok untuk menemani hobi bernyanyi Anda di rumah.

Selain di Studio Musik, Karaoke juga Bisa Dilakukan di Rumah

Karaoke adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang disukai banyak orang. Selain untuk menyalurkan hobi menyanyi, karaoke juga dianggap sebagai salah satu cara menghilangkan stres paling efektif. Sayangnya, di masa pandemi ini Anda tidak bisa pergi keluar untuk karaoke bersama teman-teman.

Meski tak bisa melakukannya di tempat karaoke, Anda tetap bisa merasakan pengalaman menyenangkan berkaraoke di rumah. Agar karaoke di rumah semakin menyenangkan, sebaiknya Anda menggunakan mikrofon karaoke terbaik yang menghadirkan suara jernih dan anti bising.

Jenis-Jenis Microphone untuk Karaoke atau Vokal

Mikrofon Dinamik

Sumber gambar https://seruniaudio.com

Berbicara mengenai mikrofon, ada beberapa jenis mikrofon karaoke yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Jenis yang pertama adalah mikrofon dinamik. Mikrofon ini memiliki moving coil yang berada di tengah diafragma yang menggantung di atas magnet. Coil ini akan bergetar dalam medan magnet apabila menerima energi mekanik, sehingga menghasilkan energi listrik.

Jenis mikrofon ini bisa dibilang kurang sensitif jika dibandingkan dengan mikrofon kondensor, sebab membutuhkan getaran yang kuat untuk menggerakkan kumparannya. Tone mid-nya cenderung tebal, namun pada frekuensi high cenderung grainy.

Mikrofon Kondensor

Sumber gambar https://seruniaudio.com

Jenis berikutnya adalah mikrofon kondensor yang dilengkapi dengan membran atau diafragma. Diafragma tersebut akan bergetar apabila ada gelombang suara yang menimpanya. Gerakan coil di dalam medan magnet tersebut yang kemudian akan mengubah suara menjadi energi listrik.

Perlu diketahui bahwa mikrofon jenis ini dapat menangkap suara secara detail dan utuh, bahkan suara dengan power kecil sekali pun. Tak heran jika mikrofon ini banyak dipilih sebagi mikrofon di studio rekaman.

Tips Memilih Mikrofon untuk Karaoke

Sesuaikan dengan Fungsi dan Kebutuhannya

Ada beberapa tips yang bisa diikuti dalam memilih mikrofon untuk karaoke. Tips yang pertama adalah menyesuaikannya dengan fungsi dan kebutuhan. Pahami bahwa setiap mikrofon memiliki spesifikasi masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja bagi Anda yang menginginkan mikrofon praktis, maka mikrofon Bluetooth bisa menjadi pilihan.

Bagi Anda yang membutuhkan mikrofon untuk rekaman, tentu sebaiknya memilih mikrofon khusus untuk rekaman, misalnya saja mikrofon kondensor. Sebelum memilih mikrofon, pahami juga fungsi dasarnya untuk menghasilkan vokal yang memuaskan.

Cek Sensivitas Audionya

Tips berikutnya adalah memperhatikan sensitivitas audionya. Sensitivitas mikrofon adalah tolok ukur dari seberapa besar output listrik yang dapat diproduksi untuk sound pressure input yang diberikan. Mikrofon dengan output voltase lebih tinggi biasanya memiliki sensitivitas yang lebih tinggi pula dibadingkan dengan mikrofon ber-output rendah. Umumnya tingkat sensitivitas mikrofon berada pada angka -50dB. Mikrofon tersebut bisa menangkap suara lembut yang dihasilkan oleh suatu benda.

Anda bisa mengetes sensitivitas mikrofon dengan memperkecil volume sound system dan mengetes suaranya dengan jarak mulut yang berbeda dari arah atas, bawah, hingga samping.

Sesuaikan dengan Bujet

Kini telah tersedia beragam jenis mikrofon karaoke dengan spektrum harga yang beragam pula. Dengan demikian Anda bisa menyesuaikannya dengan bujet yang dimiliki.

Perlu dipahami bahwa semakin tinggi spesifikasi dan kualitas produk, biasanya akan dibanderol dengan harga yang tinggi pula. Meski demikian, masih banyak produk mikrofon yang menawarkan kualitas mumpuni dengan harga ekonomis. Namun, jangan sampai tergiur dengan harga yang murah tanpa memeriksa terlebih dahulu spesifikasi produknya.

Cari Tahu Review Lengkap Tentang Mikrofon

Sebelum menentukan membeli mikrofon tertentu, pastikan untuk memeriksa review produk terlebih dahulu. Apalagi bagi Anda yang hendak membeli mikrofon secara online. Anda bisa melakukan browsing untuk melihat review produk agar dapat memahami kelebihan dan kekurangan produk.

Selain mencari review produk, lihatlah review penjual di toko online yang dituju. Anda bisa melihat rating dan ulasan pelanggan mengenai toko online dan juga produk yang hendak Anda beli. Bila memungkinkan, sebaiknya beli produk langsung di toko resminya.

Pilih Mikrofon Analog atau Digital

Semakin berkembangnya zaman, perangkat elektronik pun juga turut berkembang. Begitu pula dengan varian mikrofon yang beredar di pasaran. Bagi Anda yang tengah mencari mikrofon, sebaiknya pilih mikrofon analog atau digital.

Mikrofon analog bekerja dengan menghubungkan transmitter ke receiver melalui frekuensi radio. Sementara, mikrofon digital menggunakan sinyal seperti WiFi untuk mengirimkan suara. Kedua jenis mikrofon ini memiliki kinerja yang baik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pilihan Mikrofon Terbaik untuk Karaokean di Rumah

Sony SN 878 Microphone

Sony SN 878 Microphone adalah produk pertama yang masuk dalam daftar rekomendasi. Mikrofon ini menggunakan konektivitas wireless dengan jangkauan mencapai 30 meter. Produk dengan berat 1000 gram ini memiliki kualitas suara yang jernih dan jelas, sehingga memberikan pengalaman karaoke yang menyenangkan.

Tak hanya untuk karaokean, mikroron tanpa kabel ini juga cocok digunakan untuk kegiatan lainnya, seperti seminar atau pidato. Setiap pembelian produk keluaran Sony ini akan dibekali 2 buah mikrofon pegang, 1 buah receiver, dan 1 buah kabel audio output.

Harga Rp. 270.000-335.000

WS-858 Mic Karaoke

Bagi yang menyukai produk praktis, WS-858 Mic Karaoke bisa menjadi pilihan. Produk ini merupakan mikrofon stereo dengan speaker Bluetooth yang melengkapinya. Praktis dibawa ke mana saja, produk ini cocok bagi Anda yang gemar bernyanyi dan travelling.

Mikrofon ini bisa disambungkan langsung ke speaker atau audio mobil menggunakan kabel audio aux. Menggunakan baterai lithium dengan daya 1800mAh, produk ini bisa digunakan 5-8 jam dengan leluasa. Mikrofon seberat 500 gram ini menggunakan USB untuk pengisian dayanya.

Harga Rp. 40.456-48.500

Audiobank Prime VII

Audiobank Prime VII adalah produk yang patut dipilih bagi yang tengah mencari mikrofon ringan untuk segala acara. Produk keluaran Audiobank ini bisa digunakan untuk keperluan panggung, kantor, sekolah, hingga untuk hiburan di rumah.

Produk dengan tipe Prime VII ini memiliki suara yang jernih dan jelas. Meski memiliki kabel mencapai 3 meter, mikrofon ini tetap ringan dan mudah digunakan. Desainnya yang minimalis membuatnya dapat menyatu secara dinamis dengan segala ruangan.

Harga Rp. 185.000-354.999

Advance ES050B

Bingung memilih mikrofon portabel yang berkualitas? Advance ES050B mungkin bisa menjadi pilihan. Mikrofon ini didesain ergonomis sehingga mudah dibawa kemana saja dan kapan saja.

Speaker ini menggunakan konektivitas Bluetooth dengan jangkauan terhubung mencapai 10 meter. Baterainya berkapasitas 1500mAh, sementara rasio sinyalnya mencapai 80dB. Anda bisa memainkan musik favorit hingga 5 jam dengan pemakaian penuh.

Harga Rp. 165.750-242.500

Ashley Perfection Wireless Mic

Produk berikutnya yang direkomendasikan adalah Ashley Perfection Wireless Mic. Mikrofon wireless ini terbuat dari bahan yang berkualitas, sehingga lebih tahan lama. Didesain kuat, mikrofon ini juga menawarkan suara yang jernih dan bersih kala digunakan.

Mikrofon tanpa kabel ini bisa digunakan dengan jarak kurang lebih 50 meter dan menggunakan frekuensi UHF. Cocok untuk karaoke dan aneka kegiatan lain, produk ini tersedia dalam beberapa warna yang elegan, yaitu merah, hitam, abu-abu, dan biru.

Harga Rp. 650.000-700.000

Sennheiser SKM 9000

Rekomendasi produk berikutnya adalah Sennheiser SKM 9000. Mikrofon wireless ini menggunakan frekuensi UHF yang dapat diganti-ganti. Dibuat di Jerman, kualitas produk ini tidak perlu lagi diragukan.

Mikrofon ini memiliki jangkauan hingga 90 meter, sehingga cocok digunakan untuk acara yang dilakukan di area yang luas. Suaranya pun juga jernih dan bersih. Setiap pembelian produk, Anda akan mendapatkan 2 mic handle digital frequency, 1 receiver, serta adaptor.

Harga Rp. 1.200.000-1.250.000

Shure Beta 58A

Shure Beta 58A adalah produk yang cocok digunakan untuk para profesional. Produk ini merupakan mic vokal yang memang dirancang untuk penampilan live, penguatan suara, serta studio rekaman. Produk ini telah dilengkapi dengan filter cone yang mampu meminimalkan embusan angin dan napas.

Mikrofon ini memiliki pola cardiod searah yang mampu mengisolasi sumber suara, sehingga meminimalisir kebisingan yang tidak diinginkan. Shure Beta 58A memiliki panjang kabel 3,3 meter, namun tetap ringan dan nyaman digunakan. Dengan teknologi yang melengkapinya, mikrofon vokal ini bisa digunakan di dalam maupun luar ruangan.

Harga Rp. 72.000-365.000

Rode NT3

Produk lain yang cocok digunakan untuk penampilan langsung maupun penggunaan studio adalah Rode NT3. Mikrofon ini merupakan mikrofon kondensor cardioid yang memiliki output transformerless. Kualitas konstruksinya membuat kualitas suaranya lebih terbuka dan murni.

Rode NT3 memiliki pola pikap cardioid yang efektif mengisolasi sinyal sumber suara dengan sirkuit output dan diafragma yang diproduksi untuk meminimalisir noise. Teknologi tersebut juga meminimalisir gangguan frekuensi radio atau grounding yang buruk. Produk ini dilengkapi dengan tombol on/off yang memudahkan kontrol pengguna untuk aplikasi penguatan suara.

Harga Rp. 3.350.000

Behringer XM8500

Bagi yang tengah mencari mikrofon vokal, Behringer XM8500 adalah salah satu yang direkomendasikan. Mikrofon ini dirancang untuk menangkap suara dengan sensitivitas serta akurasi terbaik. Pola pickup cardioid yang dimiliki berguna untuk memisahkan sumber suara yang sangat baik dan penolakan umpan balik.

Behringer XM8500 dibekali dengan sistem shock mount terintegrasi dan juga pop noise filter. Respons frekuensinya yang sangat lebar membuatnya mampu menghasilkan suara yang transparan. Produk dengan pola dynamic cardioid ini tidak dilengkapi dengan switch on/off.

Harga Rp. 370.000-445.000

Sennheiser E835

Mic karaoke terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Sennheiser E835. Produk ini memiliki pola cardioid yang lebar dan menawarkan kualitas di atas rata-rata. Pola tersebut memberikan isolasi sinyal yang mumpuni dan menolak feedback.

Teknologi yang melengkapi Sennheiser E835 memungkinkannya memiliki tingkat suara yang lebih jernih. Produk ini juga low noise, sehingga ideal digunakan untuk aneka acara. Respons frekuensinya berkisar antara 40-16.000 Hz.

Harga Rp. 90.000-100.000
From our editorial team

Mikrofon Bluetooth Adalah Pilihan Terbaik untuk Anda yang Gemar Travelling

Apakah Anda memiliki hobi bernyanyi dan gemar travelling? Mikrofon Bluetooth adalah satu perangkat praktis yang patut Anda miliki untuk menunjang hobi di mana saja dan kapan saja. Selain mengeraskan suara ketika bernyanyi, mikrofon ini juga dilengkapi speaker yang mampu menyalurkan musik dari gadget Anda. Tak hanya itu, alat ini juga praktis karena didesain portabel dan ringkas.