Dengarkan Audio yang Lebih Powerful dengan 10 Rekomendasi Soundbar Terbaik Ini! (2020)

Dengarkan Audio yang Lebih Powerful dengan 10 Rekomendasi Soundbar Terbaik Ini! (2020)

Sumber gambar www.pinterest.co.uk

Mendengarkan audio jadi lebih mantap kalau pakai speaker. Nah, kamu bisa gunakan speaker jenis soundbar untuk aneka kebutuhan kamu. Speaker soundbar beda dengan home theatre, ya. Agar kamu tidak salah, kami sudah menyediakan penjelasan perbedaan soundbar dan home theatre. Nah, kami juga menyediakan rekomendasi soundbar terbaik untuk kamu!

Mengenal Soundbar untuk Kualitas Audio Lebih Baik

Sumber gambar id.pinterest.com

Teknologi memang terus berkembang dengan pesat. Jika kita tidak mengikuti dengan baik, bisa jadi kita ketinggalan update teknologi terbaru dan jadi gaptek. Teknologi berkembang di segala bidang termasuk salah satunya adalah di bidang cara kita menikmati hiburan. Saat ini, untuk menonton video, menonton televisi, bermain game, hingga mendengarkan musik, kita bisa memakai berbagai media yang lebih canggih agar bisa lebih maksimal.

Salah satu media untuk membuat kualitas audio yang kita dengarkan jadi lebih baik adalah soundbar. Ini merupakan sistem suara dengan tampilan yang langsing. Kesannya begitu modern dengan pilihan warna yang netral. Soundbar banyak digunakan sebagai pengganti home theatre. Bentuk umum dari soundbar ini adalah panjang dan langsing. Kendati demikian ada juga bentuk lainnya yang bisa dipilih.

Adanya soundbar di rumah membuat sensasi suara yang didengar jadi lebih fantastis. Sayangnya, banyak yang kesulitan membedakan antara soundbar dan juga home theatre. Soundbar benar-benar produk yang berbeda dari home theatre. Maka dari itu, simak perbedaannya di bawah ini agar tidak salah pilih.

Perbedaan Soundbar dan Home Theatre

Fungsi

Sumber gambar id.pinterest.com

Dari segi fungsi saja, soundbar dan juga home theatre berbeda. Soundbar kebanyakan digunakan untuk menonton cara televisi biasa hingga video-video, dan juga mendengarkan musik. Suara yang dihasilkan lebih cocok dan tidak terlalu menonjol.

Di sisi lain, home theatre lebih cocok untuk menonton film layar lebar di rumah. Ini karena kemampuan audionya cukup tinggi. home theatre juga memiliki surround sound sehingga lebih bisa menghasilkan efek suara dramatis untuk menonton film. Namun, efek suara yang dihasilkan kurang cocok untuk menonton televisi atau untuk mendengarkan musik.

Kualitas Suara

Sumber gambar www.easy-tv.com.au

Dari segi kualitas suara, home theater dan juga soundbar memiliki kualitas berbeda. Untuk soundbar tidak terlalu powerful. Perangkat suara yang satu ini memang simpel komponennya sehingga tidak bisa memberikan suara yang terlalu kompleks. Soundbar hanya cocok untuk digunakan pada ruang tidur atau ruang keluarga yang kecil sehingga suaranya bisa maksimal dan tidak pecah.

Home theatre lebih unggul dari segi kualitas suara. Ini karena home theatre memiliki beberapa unit dengan fungsi yang berbeda sehingga suaranay lebih kompleks. Selain itu, home theatre juga menghadirkan kualitas bass boost yang lebih baik. Dengan volume lebih keras, lebih nyata, dan imersif, kualitas home theatre cocok untuk ruangan yang luas dan cocok untuk pengalaman menonton bioskop di rumah.

Ukuran Produk

Sumber gambar id.pinterest.com

Dari segi ukuran, soundbar tidak membutuhkan banyak ruang. Desain soundbar begitu ramping dan kecil sehingga tidak akan makan banyak space di ruangan tempatnya diletakkan. Kamu bisa meletakkannya di bawah televisi, di rak televisi, atau bisa juga menempelnya di dinding. Kesan ruangan jadi lebih ringkas dan rapi karena tidak terlalu banyak barang.

Home theatre sebaliknya, produk ini memerlukan ruang yang lebih luas. Ini karena home theatre memiliki beberapa unit terpisah. Selain itu, setiap unitnya harus dihubungkan dengan kabel. Dengan begini, home theatre butuh ruang yang cukup luas agar unit-unitnya bisa tertata rapi.

Desain

Sumber gambar www.pinterest.co.uk

Dari segi desain juga berbeda. Soundbar memiliki desain yang lebih ringkas, sehingga tampak lebih elegan dan modern. Bentuknya yang kompak terkesan tidak rumit sama sekali. Kita juga lebih mudah mengoperasikannya. Selain itu, soundbar memiliki sistem wireless sehingga ruangan tampak lebih rapi tanpa kabel berseliweran.

Sementara itu, home theatre memiliki desain yang lebih kompleks. Ini karena ada beberapa bagian dari sebuah home theatre. Home theatre kerap terkesan kurang praktis dan tampak ribet pengoperasiannya. Belum lagi ada kabel-kabel yang harus disambungkan stu dengan lainnya.

Harga

Sumber gambar www.sony.co.uk

Harga juga bisa jadi pembeda kedua sistem suara ini. Soundbar bisa dibilang jauh lebih terjangkau ketimbang home theatre. Ini karena produk soundbar juga hanya satu atau dua unit saja. Kendati demikian, ada juga soundbar yang lebih mahal dari home theatre. Contohnya adalah soundbar wireless dengan sideward and upward firing speakers. Soundbar semacam ini bisa menciptakan suara yang menggelegar meski tidak sehebat home theatre.

Di sisi lain, home theatre memang memiliki harga yang lebih fantastis. Ini karena kualitasnya memang tidak bisa bohong. Dengan suara yang lebih powerful dan unit yang lebih banyak dalam satu paket, tentunya harganya tidak bisa ditekan jadi murah.

Ini Dia Rekomendasi Soundbar Terbaik untuk Kamu

JBL SB-150

JBL SB-150 merupakan soundbar terbaik yang bisa jadi milik kamu. Produk dengan ukuran 31 x 3 x 2 cm ini memiliki berat 1,5 kg. Alat ini dilengkapi dengan subwoofer berukuran 4,7 x 11 x 16 cm dengan berat 4,2 kg. Sistem audio yang satu ini memiliki respon frekuensi 45 Hz hingga 20 kHz ini membuatnya mampu menghasilkan suara yang lebih jernih.

Produk ini membuat kamu bisa menikmati musik berkualitas baik dari smartphone, tablet, atau televisi. Alat yang satu ini hadir dengan 3 equalizer berbeda yaitu News, Movie, lalu Music. Dengan ketiga equalizer tersebut maka kamu bisa mendengarkan kualitas suara yang berbeda sesuai kebutuhan. Adanya subwoofer juga bisa menambah performa bassnya.

Produk yang satu ini hadir dengan dengan daya 150W sehingga bisa lebih hemat listrik. Desainnya juga cukup mengagumkan sehingga bisa jadi dekorasi ruangan juga. Produk ini wajib kamu miliki untuk menonton televisi dengan pengalaman yang lebih seru.

Harga Rp. 2.000.000-6.900.000

Samsung Soundbar Sound+ HW-MS6500

Samsung Soundbar Sound+ HW-MS6500 menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini banyak diminati masyarakat karena kualitasnya memang oke. Alat yang satu ini hadir dengan desain tunggal. Di dalam soundbar ini ada 9 speaker dengan masing-masing dedicated amplifier. Kamu bisa mengoneksikannya dengan WiFi atau bluetooth. Kamu juga bisa mengendalikannya dengan sebuah remot.

Produk ini mampu menghasilkan dentuman bass yang lebih detail. Dengan teknologi distortion cancelling. Suara yang dikeluarkan tidak akan terdistorsi dan pecah. Produk yang satu ini desainnya elegan dan ramping. Selain itu kesannya begitu mewah karena terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama.

Harga Rp. 6.499.000-9.099.000

LG Soundbar SK8

LG Soundbar SK8 merupakan rekomendasi selanjutnya dari kami. Soundbar yang satu ini hadir dengan fitur Dolby Atmos. Ini membuatnya bisa menghadirkan audio beresolusi tinggi yang memanjakan telinga dan lebih terdengar realistis. Produk yang satu ini juga hadir dengan chromcast built-in sehingga terkesan kokoh dan tangguh.

Soundbar ini mudah dikoneksikan dengan WiFi atau bluetooth. Selain itu bisa juga dikoneksikan dengan smartphone, tablet, dan perangkat lainnya. Alat ini juga bisa beroperasi dengan Google Assistant. Dari segi desain juga sangat memuaskan karena tampak simpel dan tidak makan banyak tempat.

Harga Rp. 2.495.000-6.159.000

Bose Soundbar 700

Jangan lewatkan untuk mencoba Bose Soundbar 700. Soundbar ini dikenal sebagai soundbar premium karena kualitasnya memang benar-benar mengagumkan. Salah satu keunggulannya adalah produk dilengkapi dengan Alexa yang mampu menjawab semua pertanyaan dan menghadirkan informasi berhubungan dengan browsing, cuaca, dan lain sebagainya.

Soundbar ini dilengkapi dengan 8 mikrofon array yang dipasang di dalam. Ini membuat efek sound yang dihasilkan jauh lebih nyata, utamanya jika digunakan untuk bermain game, memutar film action, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengoneksikan dengan WiFi dan bluetooth. Produk ini support Apple Play 2.

Harga Rp. 7.152.000-20.562.000

JBL Bar 2.1

JBL Bar 2.1 ini adalah rekomendasi keren selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini hadir dengan desain yang ramping sehingga tidak makan banyak tempat. Fiturnya juga cukup lengkap sehingga praktis digunakan dan mudah dioperasikan. Alat yang satu ini hadir dengan daya 300 watt.

Ada fitur Dolby Atmos sehingga membuatnya mampu mengeluarkan suara yang detail dan jernih. Produk ini juga memiliki bass yang dahsyat sehingga cocok untuk menonton film, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Untuk koneksinya ada HDMI, AUX, dan juga USB sehingga mudah digabungkan dengan perangkat lainnya. Ada juga fitur JBL SoundShift yang membuat kamu mudah beralih dari suara ponsel ke televisi dan sebaliknya.

Produk ini memiliki ukuran 965 x 58 x 68mm dengan berat 5 kg. Alat ini memiliki fitur waterproof sehingga nyaman dibawa kemana saja. selain itu, alat ini juga bisa menghemat data. Fitur lainnya adalah voice control sehingga mudah dijalankan.

Harga Rp. 3.550.000-5.900.000

Pioneer SBX-101

Pioneer SBX-101 adalah rekomendasi soundbar terbaik selanjutnya. Produk yang satu ini tampak ramping dan kompak sehingga keren dipandang. Desainnya modern sehingga bikin ruangan juga lebih estetik. Soundbar yang satu ini bisa menghadirkan kualitas suara yang mengagumkan.

Alat yang satu ini bisa diletakkan dimana saja. Produk ini hadir dengan subwoofer yang terpisah. Ini membuatnya mampu menghasilkan frekuensi tinggi jadi audio terdengar lebih mengagumkan.

Harga Rp. 2.199.000-3.142.000

LG Soundbar SJ8

LG Soundbar SJ8 menjadi rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Soundbar terbaik ini hadir dengan beberapa fitur menarik yang wajib kamu coba. Desainnya tipis dan ramping sehingga membuatnya tampak sangat elegan saat dipasang di bawah televisi. Resolusi suara yang dihasilkan juga sangat tinggi sehingga bikin kita jadi lebih dimanjakan. Kamu bisa memakainya untuk mendengarkan musik, menonton film, dan lain sebagainya.

Produk ini memiliki daya total 300 watt. Soundbar ini hadir dengan Surround Sound Decoding Dolby Digital, DTS Digital Surround, dan LPCM. Hal ini membuatnya mampu memutar berbagai format audio dari WAV, MP3, WMA, ALAC, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 2.375.000-6.383.000

Polytron Soundbar PHT 220 SB

Polytron Soundbar PHT 220 SB juga bisa jadi rekomendasi kami berikutnya. Soundbar yang satu ini memiliki led display 4 digit yang membuatnya tampak mewah. Desainnya juga ramping sehingga kesannya sangat elegan. Produk yang satu ini memiliki tone control sehingga kita bisa mengontrol bass, treble, dan surround dengan lebih baik sesuai kebutuhan.

Soundbar ini lengkap dengan subwoofer sehingga bisa menghadirkan kualitas suara yang menakjubkan. Ada juga komponen speaker kanan dan speaker kiri sehingga saat menonton film jadi lebih seru. Harga produk juga terbilang terjangkau sehingga sayang untuk dilewatkan.

Harga Rp. 1.199.000-1.860.000

Samsung HW-Q90R

Samsung HW-Q90R menjadi rekomendasi yang tidak bisa kamu lewatkan selanjutnya. Produk yang satu ini memiliki fitur 4 driver sehingga suara yang dihasilkan jauh lebih jelas dan memuaskan. Tidak hanya untuk menonton film, produk ini juga cocok untuk mendengarkan musik.

Alat yang satu ini lengkap dengan port HDMI juga sehingga lebih mudah dikoneksikan dengan perangkat lainnya. Fitur lainnya yang disematkan adalah Dolby Audio sehingga bisa menghasilkan suara yang menjanjikan.

Harga Rp. 14.950.000-16.750.000

Yamaha YSP5600 YSP 5600 Premium Soundbar

Yamaha YSP5600 YSP 5600 Premium Soundbar jadi rekomendasi terakhir dari kami. Produk yang satu ini bisa memberikan kualitas audio mengagumkan. Di dalamnya ada 46 speaker driver yang siap bikin audio apa saja jadi terdengar lebih nyata. Produk yang satu ini mampu menyempurnakan hiburan multimedia di rumah kamu.

Alat yang satu ini desainnya cukup mewah sehingga bisa menimbulkan daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. Harganya memang tinggi namun sebanding dengan kualitasnya. Produk ini juga hadir dengan teknologi Digital Sound Projector untuk kualitas Dolby Atmos. Ada fitur WiFi, Bluetooth, hingga Spotify Connect yang disematkan dalam alat ini.

Harga Rp. 13.800.000-16.800.000
From our editorial team

Tips Membeli Soundbar

Ketika hendak membeli soundbar tentu kita dibingungkan dengan deretan produk yang tersedia. Ada berbagai merek dengan aneka fitur yang menarik. Ada baiknya, kamu mempertimbangkan fitur yang kamu butuhkan dulu. Setelahnya, kamu bisa mengecek merek yang ternama agar bisa lebih terjamin kualitas produknya. Jangan lupa pertimbangkan juga bujet yang kamu miliki. Desain soundbar bisa jadi pertimbangan berikutnya sebelum kamu membeli sebuah soundbar. Dengan desain yang keren tentunya ruangan kamu lebih terlihat estetik.

Tag