Miliki Performa Suara Berkualitas, Ini Dia 10 Rekomendasi Speaker dari Sony yang Patut Dilirik (2020)

Miliki Performa Suara Berkualitas, Ini Dia 10 Rekomendasi Speaker dari Sony yang Patut Dilirik (2020)

Bila mendengar merek Sony, banyak yang langsung terpikir dengan produk konsol game PlayStation-nya. Padahal, Sony juga memproduksi speaker yang tak kalah laris di pasaran. Tertarik membeli speaker keluaran Sony? Ini dia 10 rekomendasi speaker keluarannya yang memiliki performa suara berkualitas

Baca juga

Sony adalah Perusahaan yang Reputasinya Tidak Perlu Diragukan

Dalam dunia teknologi, nama Sony memang sudah tidak asing didengar. Perusahaan yang berfokus pada produksi alat-alat elektronik, permainan, hiburan, dan jasa keuangan ini didirikan oleh Masaru Ibuka dan Akio Morita pada tahun 1946 yang awalnya bernama TTK. Barulah pada tahun 1950-an, perusahaan ini berganti nama menjadi Sony Corporation.

Kiprah Sony secara internasional memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sony telah menjadi salah satu produsen elektronik terkemuka untuk pasar kelas menengah dan profesional. Perusahaan yang berpusat di Minato, Tokyo, Jepang ini bahkan masih mempertahankan posisinya sebagai perusahaan konglomerat multinasional.

Fakta Menarik Perusahaan Sony

Pemilihan Nama Sony

Sumber gambar https://akurat.co/

Berbicara tentang Sony, tentu ada beberapa fakta yang menarik untuk diketahui. Misalnya saja fakta tentang pemilihan nama Sony. Rupanya nama ini dipilih sebagai gabungan kata Latin "sonus", yang berarti akar dari sonik dan bunyi serta kata Inggris "sonny" yang berarti anak kecil.

Singkatnya nama Sony berarti sekelompok anak muda yang punya energi dan kemauan keras berkreasi dan berinovasi tak terbatas. Nama Sony Corporation resmi dipakai pada tahun 1950-an menggantikan nama sebelumnya, yaitu TTK alias Tokyo Tsushin Kogyo.

Produk Pertama Sony adalah Penanak Nasi

Banyak yang mengira bahwa produk pertama keluaran Sony adalah radio transistor bernama TR-55. Padahal sebenarnya rice cooker atau penanak nasi yang merupakan produk pertama perusahaan asal Jepang ini. Karena kinerjanya yang kurang memuaskan, penanak nasi elektronik tersebut tidak benar-benar dirilis di pasaran karena kinerjanya tidak memuaskan. Produksinya pun juga tidak dilanjutkan.

Pertama Kali Hanya Memiliki 8 Orang Karyawan

Sumber gambar https://akurat.co/

Sony yang berdiri pada tahun 1946 dengan nama Tokyo Tsushin Kogyo didirikan tak lama setelah Perang Dunia II berakhir. Saat itu, pendirinya yang bernama Masaru Ibuka dan Akio Morita mengajak 8 orang yang ahli dalam bidang teknik untuk bergabung membuka bengkel yang sebulan kemudian namanya berubah menjadi Tokyo Tsushin Kenkyujo.

PlayStation Sebenarnya Dibuat karena Kekesalan Sony kepada Nintendo

Bila berbicara tentang Sony, tentu tak lepas dari produk konsol game-nya yang fenomenal, yaitu PlayStation. Telah lama beredar di industri video game secara global, PlayStation rupanya dibuat akibat kekesalan Sony kepada Nintendo.

Pada tahun 1991, Sony dan Nintendo bekerja sama dalam menciptakan aksesori tambahan CD-Drive untuk konsol Super Famicom. Namun, Nintendo yang saat itu menguasai industri video game malah memutus kerja sama secara sepihak. Sony pun memutuskan untuk meneruskan proyek tersebut secara mandiri dan berhasil merilis PlayStation pertamanya pada tahun 1994.

Marmut Merupakan Simbol Perusahaan Sony

Sumber gambar https://www.techno.id/

Seperti perusahaan lainnya, Sony juga memiliki simbol perusahaan. Menariknya, simbol perusahaan elektronik ini adalah hewan marmut yang kini diabadikan menjadi figur marmut mini berlapis emas di Sony City, Tokyo. Simbol ini rupanya terinspirasi dari marmut yang diberikan oleh para pegawai Sony kepada pendirinya, Masaru Ibuka. Pemilihan marmut sebagai simbol perusahaan diharapkan mampu menularkan semangat marmut dalam mengembangkan ide-ide inovatif yang kemudian diwujudkan dalam produk baru.

Produk Terkenal dari Sony

Konsol Game PlayStation

Dikenal sebagai perusahaan yang berpengaruh, Sony memiliki sejumlah produk andalan yang populer secara global. Produk pertama yang tak perlu diragukan lagi popularitasnya adalah konsol game PlayStation. Produk pertamanya pertama kali dirilis pada tahun 1994 di Jepang.

Popularitas PlayStation tentu tak didapatkan begitu saja. Produk pertamanya kalah pamor dari Nintendo 64. Namun, generasi produk berikutnya yaitu PlayStation 2 berhasil menjadi konsol game terlaris sepanjang masa yang terjual lebih dari 163 juta unit. Versi terbaru produk keluaran Sony yang kini dijual di pasaran adalah PlayStation 5.

Komputer Portabel Laptop Sony VAIO

Sumber gambar sony.co.id/

Produk keluaran Sony berikutnya adalah komputer VAIO. Perangkat ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1996 sebagai PC revolution pertama di dunia. Pada tahun berikutnya, VAIO meluncurkan notebook VAIO 55 yang ramping dan membuatnya terdepan dalam bisnis PC.

Ringkas dan canggih, performa produk VAIO telah mendapat pengakuan di dunia. VAIO bahkan dikenal sebagai komputer premium. Sayangnya pada tahun 2014, produk legendaris ini diberitakan dijual oleh Sony karena pertumbuhan dan keuntungannya yang tidak signifikan.

Speaker

Sony juga memproduksi berbagai perangkat audio, seperti earbuds, headphone, dan speaker. Beberapa tahun belakangan, perusahaan dengan basis di Jepang ini gencar mengeluarkan produk speaker portabel premium di pasaran. Didesain dengan bentuk yang unik dan simpel, speaker keluaran Sony berhasil memberikan kesan modern.

Tak hanya unggul dari segi desain, performa speaker keluaran Sony juga tak perlu diragukan. Dibekali dengan fitur-fitur terbaru, seperti crystal clear sound, DSP dan extra bass membuat kualitas suara yang dihasilkan lebih hidup. Produk-produknya juga memiliki keunggulan tahan debu dan air serta baterai yang awet.

Rekomendasi Speaker Sony Terbaru yang Harus Dimiliki Tahun Ini

SONY MHC-V13 High Power Audio System with BLUETOOTH® Technology

Rekomendasi speaker yang pertama adalah SONY MHC-V13 High Power Audio System with BLUETOOTH® Technology. Speaker ini hadir dengan dimensi unit utama 33,3 x 60 x 29,9 cm. Produk ini memiliki dua tweeter efisiensi tinggi yang mampu menyebarkan suara memenuhi ruangan.

Produk keluaran Sony ini dibekali dengan berbagai fitur dan fungsi, antara lain slot CD, USB, audio in, hingga sambungan Bluetooh. Speaker ini juga memiliki ekstra koneksi multi perangkat yang memungkinkan kontrol musik oleh banyak orang. Dalam satu set produk ini terdiri atas satu unit speaker MHC-V13, antena FM, dan remote control.

Harga Rp. 2.799.000-2.999.200

SONY MHC-V43D High Power Audio System BLUETOOTH Technology Black

SONY MHC-V43D High Power Audio System BLUETOOTH Technology Black adalah rekomendasi speaker berikutnya keluaran Sony. Produk ini memiliki dua tweeter dengan efisiensi tinggi yang membuat suara mampu memenuhi ruangan. Dengan demikian, speaker ini cocok dipilih sebagai perangkat audio untuk acara pesta.

Speaker ini memastikan pengoperasian yang mudah dan menyenangkan, sebab mampu melakukan kontrol gerak isyarat. Beberapa fungsi yang melengkapinya antara lain adalah slot CD, DVD, USB, audio in, microphone input, hingga port gitar. Produk ini juga dilengkapi dengan FM radio dan sambungan Bluetooth.

Harga Rp. 4.775.000-4.999.000

SONY HT-S20R 5.1ch Home Cinema Soundbar System

Ingin merasakan sensasi suara layaknya bioskop ketika noton film di rumah? SONY HT-S20R 5.1ch Home Cinema Soundbar System bisa dijadikan sebagai perangkat audio home theatre pilihan. Menggunakan teknologi Dolby Digital, speaker ini memastikan penggunanya menikmati suara surround 5,1 channel yang sebenarnya.

Speaker ini dilengkapi dengan beberapa fitur menarik, seperti slot USB dan sambungan Bluetooth yang memudahkan pemutaran musik. Produk ini memiliki beberapa pilihan mode suara, yaitu suara auto, standard, music, dan cinema. Dalam satu set produk ini terdiri atas 1 unit HT-S20R, remote control, baterai remote, kabel optik, kabel AC, panduan pengaturan, petunjuk penggunaan, dan kartu garansi.

Harga Rp. 2.915.000-3.199.000

SONY X10 Audio Shake Speaker

Produk berikutnya yang direkomendasikan adalah SONY X10 Audio Shake Speaker. Speaker ini didesain seperti corong berlipat internal yang meningkatkan tekanan akustik secara efektif. Bass-nya juga bertenaga dengan Sound Pressure Horn.

SONY X10 Audio Shake Speaker hadir dengan ukuran 45,5 x 16,5 x 33 cm. Speaker ini cocok untuk streaming musik dengan sambungan Bluetooth maupun menonton film dengan pemutar DVD bawaan. Tak hanya itu, produk ini juga memiliki fungsi lain, seperti slot CD, USB, audio in, TV, radio FM, dan USB.

Harga Rp. 5.399.000-0

SONY SRS-XB43 Extra Bass Portable Bluetooth Speaker

Speaker Bluetooth portabel kini banyak dipilih karena praktis dibawa ke mana saja. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah SONY SRS-XB43 Extra Bass Portable Bluetooth Speaker. Produk keluaran Sony ini dirancang untuk menghasilkan perpaduan bass dan vokal yang dinamis.

SONY SRS-XB43 Extra Bass Portable Bluetooth Speaker hadir dengan X-Balanced Speaker Unit yang dilengkapi tweeter untuk kejernihan vokal. Produk dengan dimensi 32,5 x 12,3 x 11,7 cm ini memiliki suara extra bass dengan mode live sound yang bertenaga. Menggunakan baterai internal sebagai sumber tenaganya, produk ini tahan digunakan hingga 24 jam.

Harga Rp. 3.699.000-3.699.000

SONY XS-GS1 Tweeter Hi-Res Audio Mobil Dashboard Speaker

Mendengarkan musik ketika berkendara memang mampu menghilangkan rasa bosan, apalagi ketika terjebak macet. Untuk performa audio yang menyenangkan, SONY XS-GS1 Tweeter Hi-Res Audio Mobil Dashboard Speaker bisa dijadikan produk pilihan. Speaker untuk dashboard mobil ini dirancang agar pantulan suara frekuensi tinggi dapat menjangkau pengemudi dan penumpang.

Produk keluran Sony ini merupakan perangkat audio beresolusi tinggi yang hadir dengan flexible mounting options. Respon frekuensi speaker ini berada pada rentang 17.000-50.000 Hz. Hadir dengan soft dome super tweeter berukuran 25 ml yang unik membuat suara yang dihasilkan terdengar dispersive.

Harga Rp. 2.131.500-3.500.000

SONY SRS-XB01 Extra Bass Portable Bluetooth Speaker

Dalam mencari speaker Bluetooh, banyak yang mempertimbangkan performa bass-nya untuk pengalaman bermusik yang menarik. Salah satu produk yang bisa dipilih adalah SONY SRS-XB01 Extra Bass Portable Bluetooth Speaker. Speaker portable ini didesain bulat dengan radiator pasif yang menghadirkan suara dalam dan kuat.

Produk ini memiliki desain tahan air dan ringan dibawa bepergian. Tak hanya itu, speaker ini juga dilengkapi dengan handy strap warna serasi yang memudahkannya untuk dibawa. Menggunakan tenaga baterai isi ulang, speaker ini bisa beroperasi hingga 6 jam.

Harga Rp. 349.000-698.600

SONY HTG700 3.1ch Dolby Atmos®/ DTS:X™ Soundbar

Rekomendasi produk berikutnya adalah SONY HTG700 3.1ch Dolby Atmos®/ DTS:X™ Soundbar. Speaker ini mampu menghasilkan suara surround sinematik dengan dialog yang jernih. Performanya yang berkualitas membuat produk ini cocok dijadikan perangkat audio kala menonton film favorit.

Dalam satu unitnya yang ramping, produk ini terdiri atas tiga speaker depan dikombinasikan dengan pemrosesan sinyal yang unik. Speaker ini memiliki fitur wireless subwoofer yang menghasilkan suara bass bertenaga. Mendukung streaming musik secara mudah, produk ini juga dibekali engan sambungan Bluetooth versi 5.0.

Harga Rp. 6.299.000-7.149.200

SONY HT-RT40 Home Cinema Soundbar System with Bluetooth 5.1ch

SONY HT-RT40 Home Cinema Soundbar System with Bluetooth 5.1ch adalah produk berikutnya yang direkomendasikan untuk perangkat audio home theatre. Produk ini hadir dengan lima speaker dan satu subwoofer yang menghadirkan audio powerful.

Speaker ini didukung oleh Dolby Digital, sehingga menghadirkan suara yang surround. Dilengkapi dengan sambungan Bluetooth memastikan streaming musik menjadi lebih mudah. Selain set speaker, produk ini juga dibekali dengan remote control untuk kemudahan pengoperasian.

Harga Rp. 3.650.000-4.000.000

SONY SRS-XB12 Extra Bass Waterproof Bluetooth Speaker

Rekomendasi produk yang terakhir adalah SONY SRS-XB12 Extra Bass Waterproof Bluetooth Speaker. Speaker ini didesain kecil dan ringkas, sehingga mudah dibawa kemana saja. Tak hanya itu, speaker nirkabel dari Sony ini juga dibekali dengan tali yang bisa dilepas pasang.

Aman dipakai kala beraktivitas outdoor, speaker ini didesain waterproof, dustproof, sandproof, dan mudproof. Selain sambungan Bluetooth, produk ini juga memiliki fitur wireless connection dan hands-free function. Menggunakan baterai isi ulang sebagai sumber tenaga, speaker ini bisa digunakan hingga 16 jam.

Harga Rp. 699.000-899.000
From our editorial team

Tak Hanya Sambungan Bluetooth, Speaker Keluaran Sony juga Menghadirkan Beragam Vitur Lain

Bukan rahasia lagi bahwa kini speaker dari Sony menghadirkan konektivitas Bluetooth untuk kemudahan mendengarkan musik. Tak hanya sambungan Bluetooth, speaker keluaran Sony juga dibekali dengan slot micro SD dan USB untuk mendengarkan musik melalui flashdisk. Beberapa produknya juga dilengkapi dengan port yang dapat disambungkan dengan kabel aux in. Bagi yang gemar karaoke, kamu juga bisa memilih speaker Sony yang dilengkapi dengan port mic sebagai perangkat suara vokal.