10 Rekomendasi Equalizer Terbaik untuk Menghasilkan Suara yang Berkualitas dari PC Anda (2019)

10 Rekomendasi Equalizer Terbaik untuk Menghasilkan Suara yang Berkualitas dari PC Anda (2019)

Mendengarkan lagu atau menonton televisi dari PC, akan kurang rasanya apabila tidak dilengkapi dengan suara yang berkualitas. Untuk itu, Anda perlu equalizer terbaik demi kenyamanan Anda. Berikut ini ulasan dan rekomendasi dari BP-Guide untuk Anda yang sedang mencari equalizer terbaik.

Untuk Memaksimalkan Kualitas Audio, Anda Bisa Menggunakan Equalizer

Bagi Anda yang suka bermain game, mendengarkan musik, dan menonton film tentunya Anda menginginkan kualitas audio yang terbaik. Terkadang kualitas suara dari komputer Anda tidak terlalu "nendang" karena frekuensi audionya tidak optimal dan kualitasnya tidak maksimal.

Agar kualitas suara komputer Anda menjadi lebih baik, Anda dapat memodifikasi kualitas audio dengan bantuan equalizer. Equalizer memiliki fitur yang lengkap, seperti environment, bass management, surround, dan masih banyak fitur yang lainnya. Berbagai fitur yang ditawarkan Equalizer ini dapat membuat frekuensi audio dari komputer Anda semakin maksimal.

Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Meng-EQ (Equallizing) System

Ruangan

Ruangan menjadi salah satu bagian penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum meng-equallizer system. Dalam proses meng-eq, ruangan berperan penting sebagai pembatas. Anda perlu memperhatikan luas ruangan, jumlah dinding, luas dinding dan letak benda, karena hal ini sangat berpengaruh dengan pantulan.

Jika Anda meng-eq tanpa mempertimbangkan ruangan, maka frekuensi dapat kabur karena pantulan. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah setiap ruangan memiliki permasalahan yang berbeda, sehingga Anda tidak bisa menyamaratakan setiap ruangan.

Waktu Tempuh Antar Komponen Speaker

Waktu tempuh antar setiap komponen speaker perlu Anda perhatikan pula dalam proses meng-eq. Perlu Anda ketahui, bahwa waktu tempuh antar komponen memiliki waktu yang berbeda. Jika Anda tidak menyeragamkan waktu tempuh antar komponen speaker atau antar speaker, suara yang dihasilkan tidak rapi dan sangat berisik.

Maka dari itu, sebelum meng-eq, Anda perlu melakukan penyeragaman waktu tempuh pada setiap komponen speaker Anda. Tetapi jangan khawatir, proses penyeragaman waktu tempuh dapat Anda lakukan dengan mudah berkat bantuan dari kemajuan teknologi.

Letak Speaker

Posisi speaker juga sangat mempengaruhi kualitas suaranya. Jika Anda letak speaker secara terpisah atau pada bagian kiri dan kan, Anda tidak akan mendapatkan suara sound sub yang solid.

Peletakan speaker yang salah hanya akan membuat munculnya efek yang disebut power alley atau yang lebih dikenal dengan efek lorong tenaga. Maka dari itu, letaklah speaker tidak berpencar, karena suara rendah mutlak harus berasal dari satu sumber.

Sistem Perkabelan (Jenis dan Panjang Kabel)

Kabel juga dapat mempengaruhi kualitas dari suara yang Anda dengarkan. Anda bisa mengujinya dengan cara menggunakan kabel dengan merek, jenis dan panjang yang berbeda, maka Anda akan mendapatkan kualitas suara yang berbeda pula.

Hal ini dikarenakan setiap kabel memiliki bahan dan karakter grouding, sehingga menghasilkan respon yang juga beragam. Contohnya, jika Anda memiliki kabel yang terlalu panjang, suara yang dihasilkan pasti mengeluarkan bunyi gemerisik pada sound out. Hal ini dikarenakan kabel yang panjang juga dapat berfungsi sebagai antenna radio.

Rekomendasi Aplikasi Equalizer Terbaik PC yang Bisa Anda Gunakan

Groove Equalizer

Sumber gambar review.bukalapak.com

Groove Equalizer adalah Equalizer dari Microsoft yang dikembangkan melalui aplikasi Groove Music. Menggunakan Groove Music, Anda bisa melakukan konfigurasi Equalizer. Langkahnya sangatlah mudah, pertama buka aplikasi Groove Music. Setelah terbuka, pilih pengaturan atau Settings.

Lalu dapat diklik pada bagian Equalizer pada bagian Playback. Setelah itu, proses konfigurasi Equalizer dapat Anda lakukan. Anda bisa mendapatkan fitur konfigurasi Equalizer ini hanya pda aplikasi Groove Music versi 10.17112.1531.0 dan versi di atasnya.

Viper4Windows

Sumber gambar review.bukalapak.com

Viper4Windows adalah equalizer yang dikembangkan secara open source. Equalizer yang menawarkan setelan audio hingga 10 band ni memiliki berbagai pengaturan, seperti 3D room size, bass boost, distortion control, dan reverb.

Langkah melakukan konfigurasi equalizer menggunakan Viper4Windows sangatlah sederhana. Langkah pertama adalah mengklik tombol power pada panel kiri di layar utama. Setelah itu klik pada tombol Equalizer dan sebuah tab equalizer audio 18 band akan muncul. Langkah terakhir adalah Anda bisa langsung mengatur band sesuai dengan keinginan Anda. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.

FXSound

Sumber gambar review.bukalapak.com

FXSound adalah plugin atau software yang dapat memaksimalkan output suara dari komputer Anda agar lebih maksimal. Software yang awalnya bernama DFX Audio ini memiliki setelan 10 bands yang memiliki frekuensi dari 110 HZ hingga 15 KHz.

Berbagai fitur yang disediakan oleh FXSound antara lain, Rap, Alternative Rock, Dialog Boost, Country, Techno dan lainnya. Bahkan versi terbarunya memiliki fitur interface yang baru dengan kualitas yang lebih baik.

Equalizer APO

Sumber gambar review.bukalapak.com

Equalizer APO adalah aplikasi multiplatform yang dapat membantu Anda untuk memperbaiki kualitas audio dengan konfigurasi equalizer. Equalizer yang dapat mengolah suara 3 dimensi ini sangatlah sederhana dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk Anda yang baru belajar.

Meskipun tidak memiliki fitur antarmuka yang intuitif, tetapi Equalizer APO memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh aplikasi equalizer lainnya, yaitu gratis. Banyak aplikasi equalizer hanya sebatas versi trial yang memiliki batasan waktu. Tetapi menggunakan Equalizer APO, Anda tidak perlu takut lagi tentang batasan waktu, karena aplikasi ini dapat Anda gunakan selamanya.

Reaper (Windows, MacOS, Linux)

Sumber gambar www.idntimes.com

Reaper (Windows, MacOS, Linux) adalah aplikasi equalizer yang dapat membantu Anda untuk mengedit atau memaksimalkan audio dari komputer Anda. Software yang kaya akan fitur ini didukung beberapa trek dan memiliki dukungan multichannel dengan 64 saluran di setiap trek.

Tidak hanya itu, aplikasi equalizer ini juga memiliki fitur merekam audio langsung ke mono, streo atau bahkan file audio multikanal. Tidak hanya itu, Reaper memiliki plugin stok yang asli untuk perangkat lunak Anda.

Adobe Audition (Windows dan MacOS)

Sumber gambar www.idntimes.com

Adobe Audition (Windows dan MacOS) adalah software audio terbaik, karena Tim Adobe memiliki pengalaman yang panjang untuk melahirkan berbagai fitur yang luar biasa. Berbagai fitur yang disuguhkan Adobe antara lain multi-track editing dan mixing.

Tentunya, berbagai fitur tersebut dapat memudahkan Anda dalam mengedit audio serta fitur auto ducking yang dapat membantu Anda untuk menurunkan volume trek latar belakang untuk membuat suara vokal, ucapan dan semacamnya. Anda bisa menikmati keunggulan aplikasi equalizer ini dengan cara berlangganan mulai Rp 300.000 per bulan.

Graphic Equalizer Studio

Sumber gambar kdrcyber.com

Graphic Equalizer Studio adalah aplikasi equalizer yang multifungsi, yaitu komposer, limiter, mixer, sekaligus enhancer. Salah satu fitur andalan dari software ini adalah memiliki built-in MP3 Player dan dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi audio player seperti Winamp Player, WMP dan bahkan juga bisa untuk iTunes.

Anda juga bisa mengkalkulasi sekaligus mengukur nilai sebuah suara dari sisi korelasi, level RMS, hingga frekuensi yang dihasilkan. Graphic Equalizer Studio sangat mudah dan sederhana untuk dioprasikan, sehingga cocok bagi pemula.

Hear

Sumber gambar kdrcyber.com

Hear adalah software equalizer yang dapat mendongkrak kualitas suara dari komputer Anda, sehingga aktivitas mendengarkan musik, bermain game, hingga menonton film menjadi lebih seru dan mengasyikan.

Aplikasi yang dapat digunakan dengan berbagai software multimedia, seperti Windows Media Player dan Winamp ini memiliki berbagai fitur andalan, seperti equalizer, mixer, BW, maximizer, ambience, dan speaker yang dapat membuat suara yang dihasilkan komputer Anda lebih maksimal. Anda bisa membeli aplikasi ini dengan harga $19.99 atau Rp 287.856 per item.

DFX Audio Enhancer

Sumber gambar kdrcyber.com

DFX Audio Enhancer adalah aplikasi equalizer yang dapat memperbaiki kualitas suara dari komputer Anda agar suara yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas. Software EQ ini sangatlah mudah dan sederhana dioperasikan, sehingga tidak akan menyulitkan Anda yang masih pemula. DFX Audio Enhancer memiliki fitur yang lengkap, seperti 3D Surround, Fidelity, Amience, Dynamic Boost dan Hyperbass.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan yaitu Light Process, Megabass, Techno-Big Sound, Hard Rock-Grunge, dan lain sebagainya.

Realtek HD Audio Manager

Realtek HD Audio Manager adalah equalizer grafis open source untuk Windows yang dapat membuat kualitas suara dari komputer Anda menjadi lebih optimal. Aplikasi yang dapat mengubah pengaturan suara pada speaker, stereo mix, mikrofon dan line in ini memiliki 10 band yang mudah disesuaikan. Pilihan efek yang disuguhkan oleh Realtek HD Audio Manager terbagi menjadi dua kategori, yaitu Equalizer dan Environment.

Jika Equalizer memiliki band mulai dari 31 dB hingga 16 k db. Preset yang tersedia cukup banyak, mulai dari live, rock, club, popo dan banyak lagi. Jika Environment memiliki fitur living room, forest, sewer pipe, under water, dan masih banyak lagi preset yang tersedia. Selain itu, Realtek HD Audio Manager juga memiliki speaker configuration, room correction dan format default.

From our editorial team

Equalizer adalah Software untuk Sound yang Berkualitas dari PC Anda

Equalizer tentu dibutuhkan bila Anda membutuhkan suara yang berkualitas. Bila Anda sedang mencari apa saja equalizer terbaik, tentunya software yang ada di atas bisa Anda pertimbangkan untuk hasil terbaik. Jadi, terus dengarkan suara yang berkualitas tinggi untuk pengalaman mendengarkan musik yang lebih baik.