Rekomendasi Tamiya Terbaik untuk Anak Maupun Dewasa di 2022

Rekomendasi Tamiya Terbaik untuk Anak Maupun Dewasa di 2022

Nama Tamiya tentu sudah tak asing lagi di telinga hobiis maupun anak-anak. Nah, di tahun 2022 ini, mana aja sih model-model Tamiya yang amsih dianggap terbaik? Cek selengkapnya di sini!

Tamiya Mini 4WD, Mainan Populer yang Tak Lekang oleh Zaman

Tak peduli anak-anak hingga orang dewasa, hampir semua pernah mendengar nama Tamiya setidaknya sekali seumur hidup. Ya, mainan mobil kecil yang kerap dimainkan anak-anak ini telah lama jadi hobi bagi banyak orang hingga digelar kejuaraan balapan Tamiya di mana-mana.

Sejak tahun 80-an hingga 90-an, demam Tamiya Mini 4WD tidak hanya menjangkiti anak-anak Indonesia, tapi juga hampir di seluruh belahan dunia. Kini, hampir 2 dekade telah berlalu, rupanya penggemar Tamiya Mini 4WD masih banyak dan kerap menggelar kejuaraan Tamiya ini.

Pertimbangan dalam Memilih Tamiya yang Pas Buat Kamu

Di tahun 2022 yang masih baru bergulir, bisa jadi ini adalah waktu yang baik untuk membeli Tamiya baru. Entah kamu masih baru mengenal Tamiya maupun sudah tergolong veteran dalam dunia hobi Tamiya Mini 4WD, tentunya ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memilih yang paling pas.

Namun terkadang, memilih Tamiya Mini $WD yang paling cocok buat kamu bukan hal yang mudah. Ada banyak pertimbangan penting yang perlu kamu pikirkan baik-baik sebelum memutuskan untuk membelinya. Yuk, simak beberapa tips dari BP-Guide dalam memilih Tamiya terbaik di tahun 2022 ini!

Tentukan tujuan kenapa kamu membeli Tamiya Mini 4WD

Saat ingin membeli Tamiya, pasti ada tujuan tertentu di hatimu yang menjadi dasar bagimu untuk menginginkan sebuah Tamiya. Sejak awal, pikirkan apakah itu hanya untuk sekedar memiliki untuk dimainkan sesekali atau untuk serius mengikuti kejuaraan Tamiya yang kerap digelar di berbagai kota di tanah air.

Mengapa tujuan membeli Tamiya ini sangat penting? Sebab, Tamiya Mini 4WD tersedia dalam berbagai jenis berbeda yang tiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri dalam hal performa. Jika kamu hanya ingin bermain kasual, cukup memikirkan bentuk dan tampilan yang kamu suka. Namun jika kamu ingin serius berkompetisi, tentu kamu harus memikirkan tipe terbaik dengan performa terbaik untuk memenangi kejuaraan.

Cari tahu jenis-jenis chassis Tamiya Mini 4WD

Salah satu pertimbangan paling penting dalam memilih Tamiya adalah mempertimbangkan chassis-nya. Mengapa chassis sangat penting? Hal ini karena chassis akan menentukan performa dasar saat digunakan di trek Tamiya. Layout trek yang berbeda perlu ditaklukkan oleh model chassis yang berbeda pula.

Ada chassis yang cocok untuk trek lurus dengan sedikit belokan, ada chassis yang didesain untuk menikung dengan baik, hingga ada pula chassis yang dibuat untuk mudah mengatasi lompatan dan loop. Buat kamu yang masih baru dalam dunia Tamiya, jenis chassis modern seperti chassis AR, MA, dan FM-A boleh dijadikan pilihan untuk kebanyakan layout trek umum. Lalu jika kamu ingin performa maksimal di trek atau sirkuit kecepatan tinggi, pilihan chassis jenis VS akan lebih baik.

Pilih gear ratio dan diameter roda yang sesuai

Saat membeli Tamiya dengan set standar sebagaimana umumnya banyak dijual di pasaran, kamu biasanya akan mendapatkan 1 set roda untuk 1 gear ratio. Konfigurasi diameter roda dan gear ratio ini akan menentukan performa Tamiya kamu.

Buat kamu yang ingin akselerasi cepat di awal, bisa pilih roda dengan diameter 26mm dan gear ratio 3:5:1. Konfigurasi ini memberikan akselerasi yang cukup bagus karena rendahnya masa roda yang berotasi membuat motor bisa menyelesaikan tiap putaran roda dengan lebih cepat.

Di sisi lain, jika kamu memilih untuk menggunakan roda dengan diameter 30mm dengan gear ratio 4:1, kamu akan sedikit kehilangan akselerasi, namun bisa mencapai top speed yang lebih baik. Jadi, pikirkan dengan baik aman yang ingin kamu utamakan ya, akselerasi atau kecepatan!

Rekomendasi Tamiya Mini 4WD Terbaik di 2022

TAMIYA 95572 RAYVOLF POLYCARBONATE BODY SPECIAL

Model satu ini keren dan sporty dengan banyak bagian yang bisa dimodif. Rayvolf tampil dengan sayap belakang yang besar dan spesial, dilengkapi dengan bodi polikarbonat yang ringan dan tangguh untuk balapan.

Dibuat dengan sasis MS untuk menampilkan desain 3 bagian untuk pengaturan yang fleksibel, Tamiya ini tampak manis dengan perpaduan warna biru muda dan putih yang dilengkapi roda Y-spoke berlapis warna perak menggunakan ban low-profile super keras dan berdiameter kecil.

Harga Rp. 179.000-200.000

TAMIYA 95564 GEO GLIDER BLACK SPECIAL

Kamu suka desain keren dengan bodi hitam pekat?!
Geo Glider versi hitam ini memenangkan TAMIYA AWARD dalam Kontes Desain Mini 4WD 2018 yang diadakan di Jepang. Perpaduan body berbentuk Y berwarna asap dan X-cowl yang terinspirasi dari pesawat siluman, memberikan kesan misterius dan keren.

Tubuh putih dan bagian ungu A menekankan desainnya yang chic namun tegas. Roda V dicetak dari polikarbonat yang diperkuat oleh serat karbon dan menggunakan ban lengkung sempit berdiameter besar demi gesekan rendah namun berkinerja tinggi. Stiker bening pola kamuflase membuatnya tampak lebih cantik.

Harga Rp. 180.000-205.000

TAMIYA 95466 MANTA RAY MK.II BLACK SPECIAL

Tamiya yang satu ini adalah versi Black Special dari Manta Ray Mk.II Mini 4WD original. Hadir dengan bodi dicetak dalam warna Asap berwarna, tersedia stiker untuk menghiasi bodi dengan tanda dominan hitam dan biru dalam paket penjualannya. Sasis MS 3 bagian menggunakan unit ABS N-02 dan T-01 yang diperkuat serat kaca. Model ini menggunakan roda berdiameter besar hitam dan ban biru sempit.

Motor poros ganda MS Chassis pada Tamiya ini memiliki fitur pengaturan 3 bagian yang dibagi menjadi unit hidung, tengah, dan ekor untuk pemasangan dan pelepasan yang mudah. Jarak sumbu roda sebesar 80mm memberikan keunggulan saat menikung.

Harga Rp. 398.000-450.000

TAMIYA LIBERTY EMPEROR PREMIUM BLACK SPECIAL

Hitam dan merah muda adalah landasan tema desain, dengan bodi hitam dan stiker dekoratif bertema merah muda, ditambah ban merah muda di atas roda hitam. Stiker logam besar juga disertakan untuk menggambarkan bagian kanopi. Pembalap ini pasti akan mencuri perhatian di sirkuit Mini 4WD lokal kamu!

Liberty Emperor Premium Black Special ini menggunakan Sasis Super-II. Sasis ini menawarkan ketangguhan yang mengesankan pada bingkai lebar. Dibuat dengan resin ABS merah muda dan dicocokkan dengan dudukan baterai magenta, penahan roller belakang, dan suku cadang A lainnya. Model ini dilengkapi beberapa lubang pemasangan bumper dan penahan belakang untuk memungkinkan berbagai opsi pengaturan. Velg hitam yang tipis dan ringan dipasangkan dengan ban lengkung berdiameter besar berwarna pink neon, dan model ini dilengkapi dengan gigi dan motor 4.2:1.

Harga Rp. 275.000-350.000

TAMIYA 95361 FESTA JAUNE BLACK SPECIAL

Edisi khusus ini menghasilkan versi Black Special dari model Festa Jaune. Bodinya yang terinspirasi dari supercar memiliki siluet lebar dan rendah, serta dicetak dalam plastik warna kehitaman. Stiker metalik disertakan untuk menghias bodi, membuat ulang lampu depan, dan banyak lagi.

Sasis MA dicetak dalam ABS hitam, dengan bagian A dalam warna hitam yang serasi, POM gesekan rendah. Velg A-spoke hitam yang dikoordinasikan dengan warna dipasangkan dengan ban profil rendah berwarna kuning yang menonjolkan tulisan dinding samping dalam cetakan hitam.

Harga Rp. 300.000-472.000

TAMIYA 95598 NEO VQS ADVANCED PACK

Item yang satu ini merupakan versi khusus dengan bodi penuh gaya dan motor penggerak yang lincah. Bodinya dicetak dengan warna hitam asap, dan Chassis VZ dipadukan dengan warna hitam dan kuning bening. Stiker logam khusus juga disertakan. Sejumlah suku cadang untuk mobil ini antara lain motor dasbor ringan, pelat lebar depan FRP, dan penahan rem belakang untuk penyetelan rem dan bola stabilizer. Peredam massal dan ban profil rendah super keras dan berdiameter kecil membantu meningkatkan peluang Anda untuk menyelesaikan balapan. Selain itu, model ini memiliki poros baling-baling berongga, roda gigi penghitung EX berkecepatan tinggi, dan roda gigi plastik yang diperkuat dengan karbon. Model ini sangat direkomendasikan untuk pembalap yang ingin menyalakan NEO-VQS.

Hadir dengan Sasis VZ adalah desain yang ringkas untuk memastikan bahwa mobil ini memiliki daya tahan dan fleksibilitas untuk menahan kecelakaan balap.

Harga Rp. 575.000-675.000

TAMIYA 95573 SHOOTING PROUD STAR CLEAR BLUE SPECIAL

Item ini adalah versi Clear Blue Special dari komik Mini 4WD “Hyper Dash! Yonkuro”. Bodinya memiliki kanopi panjang dan saluran masuk udara yang dicetak dengan warna biru jernih berdasarkan sketsa konsep yang digambarkan oleh penulis Hiroyuki Takei. Stiker emas memberi dampak dan meningkatkan gaya sporty.

Selain itu, model ini menggunakan Chassis MA polikarbonat-ABS hitam yang kuat, dan suku cadang resin A bergesekan rendah berwarna krem. Roda 4-spoke berlapis warna biru tua menggunakan ban licin super keras dan berdiameter besar dengan cetakan putih di dinding samping, yang mengurangi pantulan ke atas dan melewati dinding lapangan setelah pendaratan lompat, dan memfasilitasi tikungan tajam.

Harga Rp. 225.000-320.000

Tamiya Mini 4WD 94671 Neo Falcon White Special

Mini 4WD berperforma tinggi ini memberimu banyak kesenangan. Motor poros ganda di tengah akan secara efektif mentransmisikan daya ke keempat roda untuk kinerja optimal.

Sasis MS tiga bagian akan menghasilkan kecepatan cepat mesin dengan berbagai pilihan pengaturannya. Bodi, sasis, dan ban semuanya telah dikoordinasikan warna agar sesuai dengan skema warna indah Neo Falcon White yang benar-benar berbeda dengan Neo Falcon asli. Tubuh resin ABS hadir dalam warna Putih Susu. Stiker emas dan biru khusus disertakan dalam kit. Sasis MS menampilkan unit resin ABS yang diperkuat serat kaca N-02 dan T-01 dan sasis tengah yang ringan.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000
From our editorial team

Tamiya terbaik memberikan performa tanding yang tiada duanya!

Tak perlu pusing lagi memilih Tamiya terbaik tahun ini untuk menemanimu bertanding di sirkuit-sirkuit tersulit sekalipun. Pastikan kamu memilih yang sesuai dengan layout sirkuit agar hasil pertandingan menjadi yang terbaik untukmu!

Tag