10 Rekomendasi Mainan Anak Laki-laki yang Bagus untuk Tumbuh Kembang Si Kecil (2021)

10 Rekomendasi Mainan Anak Laki-laki yang Bagus untuk Tumbuh Kembang Si Kecil (2021)

Bermain adalah kegiatan yang umum dilakukan anak-anak setiap hari. Bermain sangat bagus untuk tumbuh kembang anak karena bisa mengasah kemampuan, kreativitas, dan daya pikir anak. Akan lebih bagus lagi jika anak dibelikan mainan yang bersifat edukatif.

Dunia Anak Adalah Dunia Bermain

Usia 0 hingga 5 tahun adalah usia di mana anak mulai menyerap pengetahuan dari lingkungan sekitarnya. Pada usia ini, bermain adalah kegiatan yang paling menyenangkan bagi si kecil. Oleh sebab itu, menggunakan mainan sebagai sarana penunjang tumbuh kembang anak adalah pilihan yang pas untuk dilakukan oleh orang tua.

Namun, orang tua harus pintar-pintar dalam menentukan mainan apa yang pas dimainkan oleh si kecil yang juga harus disesuaikan dengan usianya. Dengan memberikan bermacam mainan edukatif, anak akan mudah bersosialisasi dengan benda baru, mengekspresikan diri, dan meningkatkan daya imajinasinya.

Mainan Anak Laki-laki Banyak Berkaitan dengan Kemampuan Mekanik dan Spasial

Pemberian mainan kepada anak harus ditentukan berdasarkan jenis kelamin anak tersebut. Biasanya, anak perempuan lebih menyukai boneka dan mainan masak-masakan yang mampu mengembangkan daya imajinatif anak karena mengharuskan mereka bermain peran. Di lain sisi, anak laki-laki lebih menyukai permainan yang bisa dirakit dan semacamnya yang bisa melatih kreativitas si anak.

Anak laki-laki yang aktif biasanya menggemari mainan berupa alat transportasi seperti mobil-mobilan, kapal terbang hingga kereta api. Anak laki-laki juga biasanya cenderung mudah bosan dan ingin mencoba hal-hal baru. Oleh sebab itu, orang tua harus mampu mengiringi keaktifan dan kreativitas anak.

Tips Memilih Mainan yang Baik dan Aman untuk Anak

Mainan Harus Sesuai dengan Usia Anak

Tingkat pemahaman setiap anak terhadap mainan pasti berbeda-beda tergantung pada usianya. Ikatan Dokter Indonesia juga menyatakan bahwa fase perkembangan anak itu tergantung pada umur sang anak. Oleh sebab itu, sebelum membelikan mainan, lihatlah usia anak agar mainan yang dibeli sesuai dengan tumbuh kembangnya.

Mainan Harus Membantu Tumbuh Kembang Anak

Saat ini, banyak orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak terlalu memerhatikan tumbuh kembang anaknya. Pemberian gadget pada anak juga sangat efektif untuk menyenangkan sang anak. Meskipun demikian, pemberian gadget pada anak bukanlah hal yang tepat untuk membantu proses tumbuh kembang anak. Saat ini, ada banyak mainan edukatif yang sangat variatif yang bisa diberikan kepada anak untuk menunjang kreativitas, kecerdasan, dan eksplorasi anak terhadap dunianya.

Pastikan Mainan Aman untuk Kesehatan Anak

Meskipun anak dianjurkan untuk mengenal banyak benda di sekitarnya melalui mainan, orang tua tetap harus sangat berhati-hati dalam memilih mainan. Pilihlah mainan yang terbuat dari bahan-bahan yang terjamin keamanannya agar anak tetap aman saat bermain.

Bahan-bahan yang ramah lingkungan seperti bambu, kayu, kain, plastik, dan sejenisnya bisa diberikan kepada anak yang berusia 2 hingga 5 tahun karena mereka belum mampu membedakan benda berbahaya dan tidak berbahaya.

Hindari membeli mainan yang mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa merugikan kesehatan anak. Selain itu, pilihlah mainan yang mudah untuk dibersihkan agar mainan tetap steril dari kuman dan kotoran yang menempel.

Mainan Bebas dari Magnet

Mainan yang memiliki magnet sangat tidak dianjurkan untuk diberikan kepada anak balita. Magnet yang biasanya berukuran kecil merupakan benda berbahaya bagi anak karena bisa merusak jaringan di dalam usus ketika anak tidak sengaja menelannya. Oleh sebab itu, orang tua harus berhati-hati dan memastikan mainan yang diberikan kepada anak tidak memiliki magnet atau bagian-bagian kecil yang bisa dibongkar pasang.

Pilih Mainan yang Tahan Lama

Ketika membelikan mainan untuk anak, hal yang terpenting adalah memastikan bahwa mainan itu memiliki daya tahan yang lama. Selain bisa untuk berhemat, mainan yang tahan lama bisa dimainkan anak lebih lama. Oleh karena itu, pilihlah mainan yang terbuat dari bahan berkualitas yang terjamin daya tahannya.

Rekomendasi Mainan Anak Laki-laki yang Bagus dan Aman untuk Tumbuh Kembangnya

Bruder Toys 3710 - MAN TGS Cement Mixer Truck

Bagi Anda yang memiliki anak berusia 4 tahun, mainan Bruder Toys 3710 - Man TGS Cement Mixer Truck bisa jadi pilihan tepat untuk si kecil. Mainan berbentuk truk semen ini terbuat dari bahan yang kokoh sehingga sangat cocok untuk dimainkan oleh anak laki-laki.

Mainan ini dapat merangsang perkembangan fisik anak, motorik kasar dan halus, keberanian, kemampuan berfikir atau kognitif yang berkembang, hingga psikososial anak. Selain itu, mainan Cement Mixer Truck ini sangat aman dimainkan oleh anak karena terbuat dari bahan yang bebas dari kandungan kimia berbahaya. Mainan ini berukuran 51 x 18.5 x 26.5 cm dengan skala 1:6.

Harga Rp. 949.500-2.030.000

Lego Spider-Man's Train Rescue 4855

Lego Marvel Super Heroes Spider-Man's Train Rescue - 4855 adalah mainan balok yang terbuat dari bahan plastik. Cara bermain lego ini adalah dengan menyambungkan balok-balok yang memiliki banyak warna menjadi satu bentuk yang diinginkan. Anak akan diarahkah oleh buku panduan sehingga akan mempermudahnya saat menyusun lego ini.

Dengan bermain lego, anak akan mampu meningkatkan kreativitas dan kemampuan untuk memecahkan masalah. Permainan ini mengharuskan anak untuk menentukan bagian mana yang cocok untuk bagian lainnya agar bisa mendapatkan bentuk yang mereka inginkan. Mainan lego ini sebaiknya diberikan kepada anak berusia empat tahun ke atas yang sudah dapat membedakan jenis-jenis barang.

Harga Rp. 2.244.000-2.850.000

Nerf Fortnite TS Blaster NRRE7065

Bagi Anda yang sedang bingung ketika menentukan hadiah untuk anak laki-laki, mainan Nerf Fortnite TS Blaster NRRE7065 adalah pilihan yang tepat untuk diberikan. Mainan berbentuk pistol ini merupakan bentuk realisasi dari video game Fortnite yang sudah terkenal.

Mainan tanpa baterai ini dilengkapi dengan 4 anak panah utama dan 4 anak panah cadangan. Mainan ini dapat meningkatkan tingkat kefokusan karena anak diharuskan untuk membidik dengan tepat saat memainkannya.

Manfaat lainnya adalah meningkatkan daya imajinasi anak karena harus mengatur skenario bermain. Meskipun mainan tembak-tembakan, Anda tidak perlu khawatir karena mainan ini terbuat dari bahan yang aman. Mainan ini tidak disarankan untuk anak yang berusia di bawah 4 tahun.

Harga Rp. 599.000-1.232.000

Crazon Robot Stroller 1702 Putih

Mainan robot adalah mainan favorit anak laki-laki selain mobil-mobilan karena memiliki bentuk yang canggih dan menarik. Biasanya, anak-anak tertarik terhadap robot-robotan karena mampu menciptakan suara hingga gerakan yang unik. Selain penampilannya, mainan robot juga memilki banyak manfaat dalam perkembangan bagi anak, lho.

Nah, bagi Anda yang ingin membelikan mainan untuk anak berusia di atas 4 tahun, mainan Crazon Robot Stroller 1702 Putih ini adalah pilihan yang sangat tepat. Mainan robot ini mampu mengembangkan motorik anak dengan cara menirukan gerakan yang dilakukan oleh robot. Selain itu juga dapat mengasah kemampuan berpikir anak.

Mainan robot ini terbuat dari bahan plastik berkualitas sehingga aman untuk dimainkan. Mainan berukuran 31 cm x 14 cm x 34 cm ini dilengkapi dengan charger untuk me-charge robot ini saat baterainya sudah mulai lemah.

Harga Rp. 271.413-621.800

Marvel Avengers Endgame Electronic Fist Roleplay Toy

Mainan Marvel Avengers: Endgame Electronic Fist Roleplay Toy - AVSE3385 adalah mainan yang terinspirasi dari Film Avengers Endgame. Mainan ini merupakan realisasi dari senjata yang digunakan karakter Thanos untuk menyelamatkan bumi dari serangan musuh. Bentuknya seperti tinju raksasa yang dilengkapi dengan tombol yang akan menyala saat ditekan.

Mainan ini dapat meningkatkan kemampuan imajinasi anak karena mereka akan membayangkan situasi di mana meraka akan bertarung melawan musuh yang mengganggu. Sangat bagus pula untuk melatih kemampuan motorik anak.

Harga Rp. 359.000-499.000

Remote Control Spy Zone Crawling Ghost

Bagi Anda yang ingin mengurangi frekuensi penggunaan gadget pada anak, mainan Remote Control Spy Zone Crawling Ghost ini jadi pilihan yang sangat tepat. Mainan yang menggunakan baterai untuk mengoperasikannya ini adalah mainan mobil-mobilan yang bisa dimainkan menggunakan remote.

Anak pasti akan menyukainya karena dapat dimainkan dalam berbagai trik seperti 360 roll, 360 rotate, 360 body spin, 360 tire spin dan double side roll. Mainan ini dapat meningkatkan fokus anak karena mengharuskannya untuk mengkoordinasikan mata dan tangan agar dapat menciptakan gerakan yang bagus.

Selain itu, mainan ini juga terbuat dari bahan yang sangat aman dan sudah bersertifikat SNI. Satu set mainan ini terdiri 1 unit kendaraan Crawling Ghost berukuran 13.5 x 13.5 x 6 cm, 1 unit Remote Control menggunakan 2 baterai AA, 1 set baterai Ni Cd 6.4V, dan charger.

Harga Rp. 408.000-449.345

RC Excavator Heavy Machine Digger DMB040907

Bagi Anda yang bingung saat mencari hadiah untuk anak laki-laki, mainan RC Excavator Heavy Machine Digger ini jadi pilihan yang pas untuk diberikan. Mainan ini merupakan miniatur dari mobil excavator yang biasanya digunakan untuk mengambil pasir atau sejenisnya.

Mainan ini akan sangat disukai oleh anak karena dapat berputar 360 derajat, menyerok, serta belok kiri dan kanan layaknya excavator sungguhan. Selain itu, terdapat lampu belakang yang menyala dengan suara ala excavator pada remote control-nya. Mainan berukuran 35 x 10 x 19 cm ini memilki manfaat dalam tumbuh kembang anak karena dapat melatih fokus antara mata dan tangan.

Harga Rp. 225.500-372.000

Hot Wheels Super Ultimate Garage

Jika Anda memilki anak laki-laki yang gemar bermain dengan teman-teman sebayanya, mainan Hot Wheels Super Ultimate Garage Trackset Playset adalah mainan yang harus dimiliki oleh anak. Mainan Hot Wheels ini akan disukai oleh anak karena memiliki konsep gedung parkir dengan 6 lantai yang bisa memuat sebanyak 140 mobil di dalamnya.

Mainan ini terbuat dari bahan logam berkualitas yang didesain menariksehingga sangat cocok untuk dimainkan bersama teman atau keluarga. Manfaatnya adalah dapat meningkatkan daya imajinasi anak karena mengharuskan anak untuk mengatur set yang mereka inginkan saat memainkannya.

Harga Rp. 2.861.000-2.999.999

Takara Tomy Plarail Cruise Train Dx Series Train Suite

Anak laki-laki umumnya sangat menyukai mainan berupa alat transportasi, termasuk kereta api. Takara Tomy Plarail Cruise Train DX Series Train Suite Shiki Island Shikijima adalah mainan kereta api yang memiliki 1 kepala gerbong dan 5 gerbong di belakangnya. Mainan ini menggunakan 2 baterai AA untuk menggerakkannya.

Mainan kereta api ini juga dilengkapi dengan lampu yang bisa menyala pada kepala gerbong dan gerbong ke-4. Selain itu, juga terdapat 2 plakids yang bisa dipasang di gerbong nomor 2, 3, dan 5. Anak bisa memainkan kerata api ini dengan 2 mode kecepatan, yaitu sedang dan tinggi. Mainan kereta api ini sangat bagus untuk anak karena dapat meningkatkan daya imajinasi serta sistem motorik dan sensorik anak.

Harga Rp. 1.050.000-1.470.000

Mainan Super Tools T106-1

Anda dapat menggunakan mainan sebagai bentuk pengenalan terhadap profesi kepada anak. Jika anak memilki hobi merancang atau membuat gedung, mainan tukang-tukangan T106-1 Super Tools Playset jadi pilihan yang pas untuk dihadiahkan kepada anak. Mainan yang terbuat dari plastik ini berisikan martil, obeng, baut, mur, mesin, bor, tang, dan lainnya.

Tentunya mainan ini bagus untuk melatih daya imajinasi anak. Anak bisa bermain peran sebagai tukang yang akan membuat bangunan impiannya menggunakan mainan ini. Selain itu, mainan tukang-tukangan ini mampu melatih motorik, meningkatkan kreativitas, hingga melatih konsentrasi anak. Mainan ini cocok untuk anak berumur 3 tahun ke atas.

Harga Rp. 359.900-521.900

Tips Merawat Mainan Anak dengan Baik

Menempatkan Mainan di Tempat yang Khusus

Anda tentu akan merasa kesal jika melihat mainan anak berserakan di mana-mana. Selain membuat rumah berantakan, mainan yang tidak disimpan dengan baik juga bisa menyebabkan mainan jadi cepat rusak. Oleh sebab itu, Anda harus menyiapkan satu tempat khusus untuk menyimpan mainan anak. Mainan yang kotor bisa dibersihkan dulu sebelum disimpan dan sebaiknya buang mainan yang tidak bisa dibersihkan.

Meminta Anak Langsung Membereskan Mainan

Rasa tanggung jawab adalah sikap yang wajib dimiliki setiap orang termasuk anak-anak. Nah, untuk menumbuhkan sikap tanggung jawab ini, anak harus diajarkan sedari kecil. Ajaklah dan minta anak untuk menyusun dan menyimpan kembali mainannya setelah selesai bermain. Selain menghindari rumah yang berantakan, hal yang dilakukan anak bisa menumbuhkan sikap tanggung jawabnya kelak.

Meminta Anak Menghargai Setiap Mainannya

Meskipun kita sebagai orang tua sangat menyayangi anak dan berusaha mengiyakan kemauan anak, ada baiknya kita dapat mengontrol sang anak agar tidak menjadi boros. Sebagai orang tua, Anda bisa mengajarkan anak untuk menyayangi setiap mainan yang ia miliki. Anda harus pintar-pintar untuk menentukan waktu yang pas saat hendak membelikan mainan baru kepada anak agar mereka dapat memberikan rasa cinta mereka kepada mainannya.

From our editorial team

Anak Bisa Belajar Banyak Hal dengan Bermain

Bagi anak-anak, bermain adalah hal yang sangat menyenangkan. Bermain pun bukan hanya sekadar kegiatan tanpa manfaat, tapi justru merupakan proses pembelajaran bagi anak untuk mengenal banyak dalam kehidupan. Jadi, jangan heran jika setiap hari anak-anak menghabiskan waktu untuk bermain.