Cari Kado yang Keren? Inilah 10 Rekomendasi Kado untuk Anak Laki-Laki Usia 4 Tahun yang Wajib Anda Lirik (2021)

Cari Kado yang Keren? Inilah 10 Rekomendasi Kado untuk Anak Laki-Laki Usia 4 Tahun yang Wajib Anda Lirik (2021)

Pemberian hadiah tidak terlepas dari momen ulang tahun saja, ada banyak hal membahagiakan yang bisa dijadikan alasan untuk memberikan kado pada anak laki-laki usia 4 tahun. Tapi, apa saja kado yang cocok untuk anak seusia itu, ya? Gali lebih dalam bersama BP-Guide dan cek satu per satu rekomendasi kadonya!

Kado merupakan Salah Satu Pemberian Spesial yang Menyenangkan untuk Anak Laki-Laki

Proses mencari kado merupakan momen menyenangkan untuk Anda dan anak. Hal ini dikarenakan hadiah untuk si kecil dapat membuat anak menjadi bahagia, merasakan kasih sayang, dan mengembangkan kecerdasan anak.

Anda dapat memberikan hadiah yang masih berhubungan dengan pengalaman dan hobi anak seperti sepak bola, sarung tangan kiper, lego berkarakter tertentu seperti superhero atau karakter anak-anak, bahkan barang-barang yang berkaitan dengan kesukaannya.

Meskipun begitu hadiah tidak perlu mahal-mahal, Anda dapat mengemasnya dengan kemasan yang menarik. Selain itu Anda dapat memberikan pujian, pelukan, ataupun ciuman hangat untuk si kecil.

Tips Memilih Kado Terbaik untuk Anak Laki-Laki agar Tak Salah Beli

Pilihlah Barang yang Sedang Tren

Bermain bagi anak-anak merupakan salah satu aktivitas yang disukai anak-anak. Untuk itu ketika membeli hadiah untuk si kecil sebaiknya pilihlah mainan terbaik dan sedang tren di saat ini. Ketika booming serial animasi, Anda dapat membelikan hadiah untuk si kecil berupa tokoh animasi kesayangannya.

Untuk anak yang memiliki karakteristik aktif sebaiknya berikanlah peralatan olahraga agar energinya habis dengan cara positif seperti sepeda. Selain itu untuk meningkatkan daya ingat, membangun kepercayaan diri, menumbuhkan kreativitas, dan melatih konsentrasi anak, Anda dapat memberikan hadiah berupa alat musik. Hadiah ini sangat ideal bagi anak usia SD.

Dapat Merangsang Perkembangan Kognitif Anak

Fase awal kehidupan bagi anak merupakan fase di mana terjadi pengembangan kemampuan kognitif sehingga sebaiknya Anda sebagai orang tua wajib mendukung dan membantu perkembangan anak agar optimal. Hal ini dikarenakan setiap anak memiliki tumbuh kembang berbeda-beda sehingga tidak perlu membanding-bandingkan dengan anak lain.

Untuk itu, sebaiknya Anda lebih fokus kepada pemenuhan kebutuhan nutrisi dan stimulasi anak agar merangsang pertumbuhannya. Ketika anak berusia 4 tahun biasanya sudah dapat mengingat beberapa warna ataupun angka serta bisa menghitungnya secara benar. Anak pun sudah dapat memahami konsep waktu ataupun jam dan sudah tahu waktu bermain dan tidur.

Di usia 4 tahun permainan si kecil juga semakin kompleks seperti permainan papan atau kartu sehingga sebaiknya Anda menemaninya agar bisa mengarahkan untuk bermain sekaligus belajar. Anda dapat memberikan beberapa hadiah yang cocok untuk membantu perkembangan kognitif anak seperti buku kain, teether, boneka, bola, activity board, alat musik, mainan pencet, boneka tangan, dan game console.

Sesuaikan Kado dengan Momen yang Sedang Terjadi

Untuk memberikan hadiah pada anak tersayang sebaiknya sesuaikan dengan momen yang sedang terjadi. Ketika anak mendapatkan ranking 1 di sekolah sebaiknya berikan kado berupa sepeda, mainan multiplayer, ataupun alat musik. Hadiah sepeda dapat membantu anak melatih keseimbangan, membuat anak berinteraksi dengan anak-anak lainnya dan terpicu beraktivitas di luar rumah.

Adapun hadiah mainan multiplayer dapat melatih kerjasama sekaligus melatih konsentrasi anak. Hadiah alat musik dapat melatih konsentrasi anak dalam berpikir dan mengingat sehingga bisa membantu prestasi akademis tinggi. Anda dapat memberikan hadiah berupa ukulele, gitar, harmonika dan piano agar daya tarik anak akan musik semakin berkembang.

Momen kelulusan taman kanak-kanak juga waktu tepat untuk memberikan hadiah. Anda daapt memberikan hadiah berupa gadget seperti laptop, uang tunai, ataupun liburan. Selain itu, momen memberikan hadiah sangat tepat untuk anak yang baru disunat. Hadiahnya bisa berupa perlengkapan ibadah, perlengkapan sekolah, ataupun sepatu sepak bola bagi anak yang memiliki hobi sepak bola.

Pilihlah Kado yang Sudah Lama Diinginkan Anak

Memberikan hadiah ke anak sebaiknya sesuaikan dengan minat, kesukaan, atau benda yang sudah lama diinginkan oleh anak. Hal ini dikarenakan memberikan kado sesuai keinginan anak bisa mengubah perilaku anak menjadi lebih positif, membentuk kebiasaan baik, dan merekatkan hubungan Anda dengan anak. Untuk memberikan hadiah yang tepat Anda dapat menanyakan langsung kepada anak.

Perhatikan Hal-hal Berikut Ini sebelum Memberikan Kado ke Anak Laki-Laki

Cari Tahu Hal-Hal yang Disukai Anak

Anak usia 4 tahun biasanya akan mulai menunjukkan ketertarikannya pada beberapa hal, entah itu alat musik, permainan puzzle, atau berbagai macam cat warna untuk melukis. Tugas Anda sebagai orang tua adalah melakukan observasi saat anak melakukan kegiatan belajar dan bermain.

Dengan cara ini, Anda akan tahu sebenarnya hal-hal apa saja yang lebih disukai anak sehingga dapat Anda jadikan referensi untuk membelikan benda yang berkaitan dengan kesukaan anak.

Hindari Memberi Barang yang Sudah Dimiliki Anak

Untuk memberikan hadiah pada anak sebaiknya jangan berikan barang yang sudah dimiliki. Hal ini dapat membuat anak menjadi bosan, dan menjadikan momen menerima hadiah jadi tidak menyenangkan.

Selain itu dapat juga membuat anak merasa kecewa, sikap anak menjadi lebih buruk dari sebelumnya atau bahkan tidak mempercayai orang tuanya. Sebaiknya pilihlah hadiah dalam bentuk materi yang disukai anak dan berbeda dari setiap momen menerima hadiah.

Berikan Kado di Waktu yang Tepat

Tidak hanya saat ulang tahun, Anda dapat memberikan hadiah untuk anak saat mereka berhasil melakukan kebaikan seperti membantu Anda di rumah ataupun saat anak dapat mengendalikan dirinya ketika ia marah.

Pemberian kado pada saat-saat seperti itu bisa dikategorikan sebagai reward bagi anak, harapannya tentu saja anak Anda akan semakin terbiasa melakukan kebaikan tanpa ada iming-iming hadiah lagi.

Bungkuslah Kado dengan Kemasan yang Menarik

Bungkus kado memiliki sifat sebagai pelengkap ataupun pemanis hadiah. Kemasan kado yang menarik dapat memberikan dampak psikologis bagi untuk anak yaitu merasakan rasa cinta, kepedulian, keseriusan dan kebahagiaan emosional.

Pastikan Anda memadukan kertas kado dengan cara membungkus kado yang tepat agar menghasilkan hadiah yang menarik. Untuk mendapatkan tampilan hadiah semakin eksklusif Anda dapat menggunakan kotak kado unik dan berikan kartu ucapan dengan bentuk unik yang Anda tulis sendiri.

Jangan Lupa Menambahkan Ucapan agar Lebih Berkesan

Greeting card atau kartu ucapan memiliki fungsi untuk menyampaikan ucapan dalam bentuk tulisan dengan isi berupa ucapan selamat, duka ataupun doa. Biasanya isi kartu ucapan bergantung pada situasi atau momen dari penerima kartu tersebut.

Untuk memberikan hadiah pada anak, Anda dapat menambahkan kartu ucapan agar momen menjadi lebih berkesan. Beberapa kata yang dapat menyemangati anak adalah tetap semangat, berani ambil risiko, lakukan sekarang juga, ilmu adalah jalan untuk menuju impian dan lain-lain.

Rekomendasi Kado untuk Anak Laki-Laki 4 Tahun

Celengan ATM

Hadiah mainan celengan ATM sangat tepat diberikan kepada anak Anda ketika ulang tahun. Mainan ini dapat mengajarkan kepada anak untuk menabung sejak sedini mungkin, belajar berhitung, melatih kejujuran, ketelitian dan daya ingat.

Mainan celengan ATM memiliki fungsi dan keunikan berupa dapat memasukkan uang logam ke dalam lubang atas ATM, kemudian menampilkannya pada layar dan secara real time saldo dapat bertambah. Mainan ini juga dapat digunakan untuk menabung uang kertas dengan cara mengetikkan sendiri jumlah nominal yang akan di tabung sehingga bisa melatih kejujuran.

Mainan ATM Celengan Brankas Cartoon Bank Trolley juga dapat menjadi pilihan untuk si kecil. Mainan satu ini memiliki bentuk trolley dengan karakter Doraemon/Hello Kitty/Minion dengan desain simpel, lucu, unik, dan menarik. Terbuat dari material plastik tebal berkualitas, kokoh, halus, dan aman serta dioperasikan menggunakan baterai AA sebanyak 3 buah.

Produk ini dapat berfungsi seperti brankas sungguhan untuk menabung dan terdapat 2 lubang khusus bagi uang kertas dan koin serta tombol password 0-9 yang dapat menyala dan berbunyi musik anak-anak. Tersedia dalam ukuran 13 cm x 9,5 cm x 19 cm yang dapat Anda beli di market place.

Harga Rp. 125.000-130.000

Lego

Lego Mainan 506 pcs Balok Susun Model Lego Seri Militer untuk Anak merupakan mainan untuk laki-laki dalam seri militer armada Angkatan Laut God of War. Terbuat dari plastik berkualitas tinggi yang ramah lingkungan dan aman dimainan untuk anak-anak.

Meskipun begitu sebaiknya tetap berikan pengawasan kepada anak ketika bermain dan jangan sampai menelan lego yang berukuran kecil. Dalam setiap pembeliannya, Anda akan memperoleh instruksi manual untuk memainkannya.

Harga Rp. 147.782-1.699.000

Mainan Edukasi Anak Dunia Dinosaurus Dinosaur Dough Dino World

Mainan Edukasi Anak Dunia Dinosaurus Dinosaur Dough Dino World dapat menjadi pilihan tepat untuk mainan anak Anda. Mainan ini berisi Set Dino 3 pcs Dinos World dalam ukuran besar dengan bentuk unik dan warna cerah.

Terbuat dari vinyl tahan lama dan fleksibel untuk dimainkan. Mainan ini cocok dimainkan untuk anak laki-laki dan perempuan dengan usia di atas 3 tahun yang bisa menyenangkan si kecil sekaligus mendidiknya.

Harga Rp. 33.650-267.900

Penguin Trape Game

The Ice Penguin Trap Party Supplies Funny Toys Table Board Game Educational Strategy Games Gifts dapat menjadi hadiah ulang tahun atau hadiah Natal terbaik untuk anak Anda. Terbuat dari bahan plastik yang aman dimainkan untuk si kecil.

Selain itu, Save the Penguin Trap Ice Breaking Mainan Keluarga Fun Family Time juga dapat menjadi pilihan. Permainan ini tidak hanya dimainkan oleh anak-anak saja tetapi remaja, orang dewasa ataupun manula pun bisa memainkannya.

Cara bermainnya dengan meletakkannya di hamparan es dan mainkan bersama teman secara bergantian. Aturannya, siapa yang menjatuhkan pinguin terlebih dahulu maka dia yang kalah.

Harga Rp. 67.500-230.993

Mainan Mobil Hotwheels

Hot Wheels Mclaren Senna Putih Diecast Sport Mainan Mobil HWMCL05 merupakan mainan mobil anak-anak produksi dari Mattel Inc., Amerika Serikat. Perusahaan ini telah ada sejak tahun 1968.

Mainan mobil-mobilan ini terbuat dari bahan logam (die-cast) yang aman dan nyaman dimainkan. Produk ini sangat cocok untuk anak usia 3 tahun dan aman dimainkan anak-anak karena telah lolos SNI.

Harga Rp. 13.000-165.000

Tas Anak Laki-laki Backpack Model Spiderman

Tas Ransel Anak Laki-Laki Model Spiderman dapat menjadi rekomendasi hadiah untuk anak Anda. Tas ini terbuat dari bahan nilon berkualitas dengan desain superhero Spiderman yang dapat digunakan sebagai tas sekolah anak sehingga anak menjadi lebih bersemangat.

Produk ini sangat tepat untuk anak usia playgroup ataupun taman kanak-kanak. Desain backpack-nya dilengkapi dengan resleting yang menjaga barang bawaan anak tidak tumpah dan dilengkapi dengan strap tali yang dapat diatur serta disesuaikan dengan ukuran anak-anak.

Harga Rp. 85.900-153.260

Mainan Pesawat Air Bus

Pesawat Air Bus Lion Air Besar/Tanggung merupakan mainan anak-anak yang tepat menjadi hadiah ulang tahun ataupun momen tertentu. Mainan ini bisa berjalan dengan mengeluarkan suara dan menggunakan baterai AA sebanyak 3 buah.

Selain itu Mainan Pesawat Garuda Indonesia Air Bus Ukuran Besar Tipe A380 juga bisa menjadi pilihan. Mainan ini adalah replika dari pesawat terbang Garuda yang bisa menjadi edukasi mainan untuk anak-anak.

Pesawat miniatur ini dapat berjalan, berputar ketika mentok, dan mengeluarkan musik. Tersedia dalam warna putih yang mempesona.

Harga Rp. 45.000-79.950

Kado Mainan Superhero

Mainan Robot Iron Man Dancing Robot Hero tepat digunakan untuk hadiah anak Anda dengan tinggi 19 cm. Mainan ini juga memiliki musik dan lampu. Topengnya pun bisa dibuka.

Suara dari mainan ini super lembut dan bagus, tidak berisik, ataupun gaduh sama sekali. Dalam penggunaannya mainan ini menggunakan baterai AA sebanyak 3 buah.

Harga Rp. 50.000-130.000

Sepaket Alat Mewarnai dan Menggambar

Crayon Art set/Krayon anak/Alat Menggambar/Alat mewarnai/Koper Besi - Biru Muda juga dapat menjadi pilihan. Terbuat dari bahan premium dan bentuk berupa koper besi sehingga praktis dan elegan dipakai.

Dalam setiap pembeliannya akan memperoleh 1 set terdiri dari koper besi, 24 pcs cat warna, 28 pcs pensil warna, 33 pcs spidol warna, 1 pcs serutan, 2 pcs penghapus, 24 pcs cat warna, 24 pcs crayon warna, 4 pcs kuas warna, dan 2 pcs tempat cat warna. Kopernya tersedia dalam warna biru dan pink yang dapat menjadi pilihan.

Harga Rp. 80.000-300.000

Mainan Anak Walkie Talkie

Mainan Anak Walkie Talkie Spider Ultra WT105/WT106 dapat menjadi hadiah spesial untuk anak. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu buka tutup baterai di belakang, pasang baterai, dan tekan tombol on/offnya. Kemudian pencet tombol sebelah kiri untuk berbicara dan lepaskan untuk mendengarkan.

Selain itu Mainan Walkie Talkie Karakter Edukasi - HT Polisi Anak Edukatif juga dapat menjadi alternatif pilihan hadiah. Dioperasikan menggunakan baterai 9 volt dan dilengkapi kontrol volume on-off untuk mendengarkan normal.

Selain itu terdapat antena yang fleksibel untuk transmisi dan penerimaan terbaik. Mainan ini dapat terdengar sampai jarak 100 meter tanpa penghalang dengan sinyal kuat.

Harga Rp. 20.000-175.000
From our editorial team

Yuk, Berikan Kado Berkesan untuk Anak Laki-laki Usia 4 Tahun!

Anak laki-laki di usia 4 tahun sedang berada di fase yang super aktif, terutama dalam mengeksplorasi hal-hal yang disukainya. Agar Anda dapat memberikan kado yang berkesan, coba amati setiap detail kegiatan anak Anda dan temukanlah hal-hal yang sedang menjadi minatnya saat ini kemudian jadikanlah petunjuk untuk menghadiahinya barang yang berkaitan dengan kesukaannya.