Ini Dia 10 Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun untuk Anak Laki-Laki (2021)

Ini Dia 10 Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun untuk Anak Laki-Laki (2021)

Untuk merayakan ulang tahun anak laki-laki yang berkesan, kado khusus harus dipersiapkan. Kado sebaiknya tidak hanya menghibur, tetapi juga mengandung unsur edukatif yang bisa mendukung tumbuh kembang mereka. Simak rekomendasi kado untuk anak laki-laki dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Ulang Tahun Adalah Momen yang Dinantikan oleh Anak-anak

Bagi anak-anak, ulang tahun adalah momen yang sangat mereka nantikan. Hari kelahiran identik dengan perayaan dan pemberian kado dari orang-orang yang menyayangi mereka. Meskipun sederhana, orang tua biasanya menyiapkan acara tiup lilin untuk memperingati pertambahan usia mereka.

Yang tidak boleh ketinggalan saat perayaan ulang tahun tentu saja adalah kado. Anak-anak pasti penasaran kado apa saja yang akan mereka terima. Namun memilih kado untuk si kecil tidak boleh sembarangan.

Pilih kado sesuai dengan jenis kelamin anak dan usianya. Kado untuk anak laki-laki tentu saja berbeda dengan kado untuk anak perempuan.

Makna Memberi Kado untuk Anak di Hari Ulang Tahunnya

Bukti Kasih Sayang

Kado menjadi bukti akan kasih sayang orang yang memberikan kado tersebut kepada yang menerimanya. Anak-anak cenderung memiliki memori yang kuat mengenai masa kecilnya, jadi mereka tidak akan lupa siapa saja yang memberikan mereka kado. Anak-anak pasti akan merasa disayangi dan diperhatikan juga.

Bagian dari Tradisi

Memberi kado kepada orang yang berulang tahun adalah tradisi yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu. Tradisi ini diwariskan secara turun temurun dan masih dilakukan oleh semua orang di dunia hingga saat ini. Besar kecilnya hadiah bukan masalah, demikian juga dengan harganya. Karena kado menjadi tanda kasih sayang dan perhatian, sehingga tidak sekadar bermakna materi saja.

Ungkapan Bahagia

Bertambahnya usia anak berarti mereka telah tumbuh dengan sehat selama setahun terakhir. Sebagai ungkapan bahagia karena mereka terus berkembang dan menjadi anak yang pintar, orang-orang yang menyayangi si anak akan memberi kado untuk mereka. Ini tidak hanya berlaku bagi orang tua saja, tetapi juga sanak saudara dan kerabat.

Bentuk Kenangan

Kado yang diberikan kepada anak bisa menjadi kenangan yang akan terus diingat sampai mereka besar nanti. Mereka tidak akan lupa siapa yang memberikan kado dan kapan mereka menerima. Kenangan berharga seperti ini tidak dapat dinilai dengan uang dan memberikan kesan mendalam untuk anak-anak.

Mengandung Doa

Jangan memilih sembarang kado untuk diberikan kepada anak. Kado semestinya mengandung doa tersendiri dari orang yang memberinya. Misalnya saat memberi kado buku kepada anak, maka harapannya adalah si kecil suka membaca dan menjadi anak yang pandai di masa depan.

Cara Memilih Kado untuk Anak Laki-laki

Sesuaikan dengan Usianya

Berbeda usia berbeda pula tahap perkembangannya. Mainan untuk anak diciptakan sesuai usia agar tumbuh kembang mereka semakin optimal. Jadi sebelum memutuskan untuk memberi kado, pastikan Anda tahu bahwa mainan atau benda tersebut sesuai dengan usia si kecil.

Pilih Kado yang Merupakan Hobinya

Anak-anak pasti akan senang jika menerima kado yang sesuai dengan hobi mereka. Misalnya, mereka sangat suka bermain mobil-mobilan, maka berikan saja miniatur mobil yang bisa mereka mainkan. Namun jika Anda memberikan kado bola kepada anak yang suka bermain mobil, kemungkinan besar mereka tidak akan tertarik dengan kado tersebut.

Pastikan Kado Dapat Mendukung Tumbuh Kembangnya

Seperti yang sudah disinggung pada poin di atas, kado sebaiknya berupa mainan edukatif yang bisa mendukung tumbuh kembang anak. Kini banyak lho mainan yang dirancang khusus untuk melatih kekuatan fisik anak hingga melatih kemampuan mereka untuk memecahkan masalah. Saat membeli kado, pastikan Anda tahu bahwa mainan tersebut mengandung makna edukatif bagi si kecil.

Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun yang Bisa Anda Berikan untuk Anak Laki-laki

United Bike Detroit SV 24

Agar si kecil semakin aktif dalam melakukan aktivitas fisik, kado United Bike Detroit SV 24 sangat cocok untuk mereka. Sepeda gunung ini bisa mendorong mereka untuk lepas dari gadget dan melakukan aktivitas di luar rumah untuk berpetualang.

Kado ini sangat cocok untuk anak mulai usia 8 sampai 12 tahun. Anda bisa mengajak mereka untuk bersepeda bersama tiap akhir pekan. Tinggi sadel sepeda ini juga bisa diubah sesuai dengan tinggi badan anak yang menggunakannya.

Harga Rp. 2.500.000-3.500.000

Syma S107G/S107 3.5 Channel Helikopter RC

Banyak anak laki-laki suka dengan mainan remote control atau RC. Syma S107G/S107 3.5 Channel Helikopter RC bisa jadi rekomendasi kado yang cocok untuk diberikan. Mainan yang satu ini hadir dalam model yang ramping, membuatnya lincah ketika diterbangkan.

Kekuatannya pun tidak perlu diragukan lagi karena casing-nya terbuat dari bahan logam berkualitas. Mainan ini cocok dimainkan di dalam maupun luar ruangan. Sementara itu, daya mainan ini bersumber dari 6 buah baterai AA yang dipasang di dalamnya.

Harga Rp. 250.000-500.000

Hot Wheels 3 Cars Pack

Mobil-mobilan adalah mainan yang disukai oleh hampir semua anak laki-laki. Hot Wheels 3 Cars Pack bisa jadi rekomendasi produk yang tepat untuk Anda. Satu set mainan ini terdiri dari 3 buah miniatur mobil yang bisa mainkan secara bersamaan.

Meski hanya miniatur, mainan ini dibuat dengan sangat detail sehingga mirip mobil sungguhan. Selain itu, bahan pembuatnya yang berkualitas membuat mobil ini sangat awet meski sudah lewat beberapa tahun. Cocok untuk dijadikan kado anak yang berusia mulai 3 tahun.

Harga Rp. 75.000-250.000

LEGO Creator Helicopter Adventure

Bicara soal mainan edukatif, maka ini termasuk salah satunya. LEGO Creator Helicopter Adventure bisa dimainkan oleh anak mulai usia 6 tahun, baik sendiri maupun bersama-sama dengan orang tua. Mainan ini bisa mengasah kreativitas dan imajinasi anak karena bisa dibentuk menjadi 3 model bangunan yang berbeda.

Selain itu, mainan ini juga sangat menantang dan melatih anak untuk bisa memecahkan masalah. Saat memainkannya, orang tua bisa mendampingi dan memberikan petunjuk pada si kecil.

Harga Rp. 100.000-250.000

Intex 10ft x 30in Easy Set Pool Set

Satu lagi rekomendasi kado yang bisa mendorong anak untuk lebih aktif melakukan aktivitas fisik. Intex 10ft x 30in Easy Set Pool Set merupakan kolam renang portabel yang bisa digunakan anak bersama teman-teman atau dengan orang tua.

Kolam ini bisa dibentangkan di halaman rumah dan tinggal diisi saja dengan air. Produk yang satu ini memang cocok untuk segala usia. Namun orang tua tetap harus mengawasi si kecil saat bermain di dalam kolam, terutama jika mereka masih di bawah usia 6 tahun.

Harga Rp. 500.000-1.200.000

Imoo Watch Phone Y1

Imoo Watch Phone Y1 adalah kado yang tidak hanya berguna untuk anak saja, tetapi juga untuk orang tua. Smartwatch ini memang dirancang khusus agar orang tua tetap bisa memantau keberadaan anak di mana saja mereka berada. Produk ini bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada si kecil.

Hadir dalam model jam tangan yang keren dan pastinya disukai oleh anak-anak. Produk ini juga sudah dilengkapi dengan fitur waterproof, sehingga aman dipakai saat anak berenang atau melakukan aktivitas lain yang berhubungan dengan air.

Harga Rp. 500.000-1.000.000

Gitar Akustik Yamaha CS40

Bakat dan ketrampilan adalah sesuatu yang bisa dikembangkan melalui minat yang dimiliki sejak kecil. Jika seorang anak laki-laki suka memainkan musik, memberikan kado berupa alat musik adalah keputusan yang tepat. Gitar Akustik Yamaha CS40 adalah produk yang direkomendasikan sebagai kado ulang tahun.

Gitar ini berukuran mungil, hanya 3/4 dari ukuran gitar yang biasa dimainkan oleh orang dewasa. Cocok untuk anak-anak yang masih dalam tahap belajar memainkan alat musik. Gitar terbuat dari kayu mahoni yang memberikan kesan estetik. Ada 2 pilihan warna untuk gitar ini yaitu sunburst dan tobacoo brown yang sama-sama menawan. Alat musik ini bisa jadi kado yang untuk diberikan pada anak usia 8 hingga 11 tahun.

Harga Rp. 1.000.000-2.500.000

LEGO Junior Fire Patrol Suitcase

Anak-anak harus dilatih kreativitas dan imajinasinya supaya mereka dapat tumbuh secara optimal. Mainan yang tepat bisa menjadi rangsangan agar imajinasinya semakin aktif. LEGO Junior Fire Patrol Suitcase ini salah satunya.

Mainan ini tidak hanya melatih kreativitas saja, tetapi juga melatih kesabaran anak. Mereka harus merangkai satu demi satu bagian Lego hingga menjadi bentuk yang diinginkan. Lego ini dikemas dalam koper yang menarik untuk menyimpan kembali mainan setelah selesai dimainkan. Mainan ini dirancang untuk anak mulai usia 4 sampai 7 tahun.

Harga Rp. 500.000-800.000

Amazon Fire HD 8 Kids Edition Tablet

Anak-anak yang tumbuh di era digital seperti sekarang ini tidak bisa dilepaskan dari yang namanya gadget. Namun jangan sembarang memilih gadget yang justru membuat mereka malas bergerak ya. Amazon Fire HD 8 Kids Edition Tablet adalah contoh gadget edukatif yang bisa mendukung tumbuh kembang mereka.

Tablet ini hadir dalam pilihan warna yang lucu dan disukai oleh di kecil. Di dalamnya sudah termasuk langgangan Amazon Kids+ selama setahun penuh. Melalui aplikasi ini, anak bisa mengakses semua koleksi video, audiobook, buku, permainan, aplikasi, dan berbagai konten edukatif lainnya.

Tablet ini juga bisa diatur ke mode anak-anak untuk memastikan mereka tidak dapat mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya.

Harga Rp. 3.000.000-4.500.000

SKMEI 1095 Kids LED Digital Children Cartoon Sports Watch

Meskipun aksesori untuk anak laki-laki tidak sebanyak aksesoris untuk anak perempuan, bukan berarti mereka tidak bisa tampil gaya lho. SKMEI 1095 Kids LED Digital Children Cartoon Sports Watch ini bisa mereka kenakan di semua kesempatan.

Jam tangan ini cocok untuk anak laki-laki yang tertarik dengan permainan robot. Desain jam tangan adalah robot Transformer dan uniknya lagi jam tangan ini bisa berubah menjadi robot yang bisa berdiri saat dilepaskan dari strap-nya. Dilengkapi dengan penanda waktu digital yang bisa mengajarkan anak untuk mebaca waktu.

Harga Rp. 35.000-120.000
From our editorial team

Sertakan Ucapan yang Berkesan Saat Memberikan Kado

Memberi kado saja tidak akan menimbulkan kesan yang mendalam. Saat Anda memberikan kado untuk anak laki-laki, sertakan doa yang tulus agar ia tumbuh dengan baik dan selalu sehat di masa depan. Menyertakan doa semacam ini akan membuat kado yang Anda berikan menjadi lebih bermakna. Segera pilih mana kado terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas.