Sebentar Lagi Ulang Tahun Anak? Yuk, Cek Dulu 5 Resep Kue Ulang Tahun Anak Kekinian yang Bisa Dibikin Sendiri (2020)

Sebentar Lagi Ulang Tahun Anak? Yuk, Cek Dulu 5 Resep Kue Ulang Tahun Anak Kekinian yang Bisa Dibikin Sendiri (2020)

Kue ulang tahun jadi hal wajib untuk merayakan ulang tahun anak yang meriah. Pilihlah kue ulang tahun sesuai keinginan anak dan rasanya yang tentu saja harus enak. Jika memiliki bujet terbatas, maka Anda bisa membuat kue ulang tahun sendiri untuk anak, lho. Yuk, cek dulu resep kuenya sekarang!

Kue Ulang Tahun Selalu Ada Dalam Setiap Perayaan Ulang Tahun

Perayaan ulang tahun selalu identik dengan sebuah kue sebagai hidangan utamanya. Kue ini merupakan simbol suka cita atau kebahagiaan atas pertambahan umur seseorang. Kemudian dilakukan tradisi meniup lilin dan memotong kue yang dianggap mewakili harapan yang dipanjatkan. Tradisi ini diyakini berasal dari kebiasaan orang Yunani Kuno.

Namun, beberapa sejarawan lain berpendapat bahwa tradisi ini berasal dari Jerman pada masa abad pertengahan. Ketika itu, kue ulang tahun terbuat dari adonan roti manis yang dibentuk menyerupai anak kecil untuk memperingati hari raya umat Kristiani.

Untuk jenis kue yang digunakan sendiri ada beraneka ragam. Di banyak negara biasanya menggunakan kue sejenis bolu lembut sebagai kue ulang tahun.

Jenis Cake Dasar yang Biasa Digunakan sebagai Kue Ulang Tahun

Sponge Cake

Sesuai dengan namanya, sponge cake merupakan jenis kue yang bertekstur empuk dan berongga-rongga seperti sebuah sponge. Inilah yang menjadi ciri khas dari kue dengan varian paling banyak ini.

Konon, sponge cake sudah ada sejak zaman Renaissance dan kemungkinan besar berawal dari era pemerintahan Kerajaan Spanyol klasik.

Dalam proses pembuatannya, kue ini paling rawan bantat apabila pencampuran mentega cairnya tidak merata dengan baik. Agar dapat mengembang, ia memerlukan emulsifier seperti SP atau cream of tartar, baking soda, dan baking powder.

Chiffon Cake

Mirip dengan sponge cake, chiffon cake ini memiliki tekstur yang sangat halus dan tidak memiliki remah. Namun demikian, ketika dimakan terasa lebih ringan daripada sponge cake.

Tekstur halus dan ringan ini berasal dari putih telur yang dikocok menggunakan mixer listrik berkecepatan tinggi. Agar nampak sedikit lebih tebal dengan rongga tetap nampak seperti serat, pembuatan kue ini menggunakan minyak sayur dan bukan mentega atau margarin.

Butter Cake

Jenis kue yang satu ini merupakan sajian klasik dari Amerika Serikat yang masih dianggap berkerabat dengan pound cake dari Inggris. Dibandingkan dengan kue jenis lain, butter cake ini merupakan jenis kue yang paling padat sehingga sifatnya menjadi lebih mudah kering.

Oleh karena itu, jika Anda menyimpannya di dalam kulkas, Anda perlu meletakkannya di suhu ruangan terlebih dahulu sekitar 15 menit sebelum disantap. Ini untuk mengembalikan tekstur lembut dari butter cake itu sendiri.

Dalam proses pembuatannya, butter cake menggunakan beberapa jenis lemak. Salah satu jenis lemak yang paling banyak digunakan adalah butter (mentega) atau margarin dengan komposisi yang cukup banyak. Terkadang ditambahkan baking powder atau baking oil untuk mendapatkan bentuk kue yang lebih mengembang.

Untuk membuatnya kita perlu mengocok mentega dan gula terlebih dahulu sampai lembut, lalu tambahkan telur dan tepung terigu hingga adonan menjadi lembut. Perpaduan gula dan mentega inilah yang membuat teksturnya sangat padat, mengenyangkan, dan sedikit berminyak.

Cotton Cake

Sejak pertama jenis kue ini ditemukan hingga sekarang, cotton cake merupakan kue yang cukup populer dan paling digemari karena teksturnya yang unik seperti kapas, lembut, dan agak lumer. Banyak yang menyebut cotton cake sebagai cheese cake karena menggunakan krim keju sebagai basis adonannya.

Awal kemunculan cotton cake adalah di Perancis, namun mengalami perkembangan yang cukup pesat di Jepang. Itulah mengapa salah satu jenis cotton cake yang paling terkenal adalah Japanese Cotton Cheesecake. Teknik pembuatannya mirip dengan chiffon cake.

Pertama-tama, pisahkan putih dan kuning telur lalu aduk masing-masing adonan di wadah yang berbeda. Tambahkan susu cair hangat ke dalam adonan kuning telur. Panaskan mentega, lalu aduk rata dengan tepung terigu hingga halus. Barulah campurkan adonan ini ke dalam adonan putih telur yang sudah kaku.

Ice Cream Cake

Ingin menawarkan sajian kue yang sedikit berbeda untuk hari spesial anak Anda? Daripada menyajikan kue biasa yang sudah sering kita temui, Anda bisa menyajikan kue yang menggabungkan lapisan kue dan es krim sebagai layer-nya. Kue jenis ini biasa dikenal dengan sebutan ice cream cake.

Adanya es krim pada layer kue membuatnya memberikan sensasi unik ketika disantap. Untuk es krim yang digunakan sendiri bisa beraneka rasa. Lalu sebagai sentuhan terakhir, tambahkan hiasan seperti buah-buahan segar, macaroon, biskuit, atau topping lezat lainnya.

Tips Memilih Kue Ulang Tahun Anak

Sesuaikan Kue Ulang Tahun dengan Usia

Ketika memilih kue ulang tahun, sebaiknya pilih kue yang sesuai dengan usia anak Anda. Kue ulang tahun yang paling cocok untuk anak-anak adalah kue dengan warna terang dan mencolok yang sangat menarik perhatian.

Anda bisa menggunakan rainbow cake ataupun chiffon cake dengan krim dan topping warna-warni. Dengan begini, kue ulang tahun anak Anda akan sangat menarik dan begitu memeriahkan suasana perayaan.

Sesuaikan Warna dan Dekorasi Kue Ulang Tahun dengan Tema Pesta

Jika Anda membuat perayaan ulang tahun dengan tema tertentu, pastikan juga untuk memilih kue ulang tahun yang sesuai dengan tema yang Anda pilih. Cara mudahnya adalah dengan memilih tema yang sesuai dengan warna favorit anak Anda.

Misalnya, untuk pesta tema safari, pilihlah kue ulang tahun yang punya suasana hewan ataupun hutan. Jika Anda memilih tema Iron Man, Anda dapat memilih kue berwarna merah tua seperti baju besi milik Iron Man. Dengan demikian antara dekorasi ruangan dengan kue ulang tahun tersebut akan memiliki kecocokan.

Perhatikan Ukuran Kue Ulang Tahun agar Tidak Terbuang Sia-Sia

Demi menghemat bujet dan menghindari membuang-buang makanan, Anda perlu memperhitungkan ukuran kue ulang tahun. Jangan sampai ukuran kue terlalu kecil ataupun terlalu besar.

Selain itu, ukuran kue juga menjadi faktor utama dalam menentukan bentuk dari sebuah kue. Jika Anda kebingungan dalam pemilihan ukuran kue, sebaiknya konsultasikan dengan penjualnya.

Pertimbangkan mengenai berapa banyak tamu undangan yang kira-kira akan menyantapnya, model yang Anda inginkan, lalu sesuaikan dengan jenis kue yang cocok untuk Anda.

Pilih Kue dengan Bahan yang aman Dikonsumsi Anak

Ada beberapa bahan makanan yang dapat membahayakan anak Anda karena mengganggu kesehatannya. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda perlu memilih bahan-bahan yang aman untuk dikonsumsi oleh mereka.

Hindari kue yang mengandung terlalu banyak bahan kimia, pewarna berbahaya, pengawet berlebihan, dan alkohol. Jika anak Anda punya alergi terhadap zat makanan tertentu, hindari juga bahan-bahan pemicu alergi tersebut.

Hindari juga memilih kue yang mengandung terlalu banyak krim karena dikhawatirkan akan memberikan asupan gula berlebih ke dalam tubuh anak.

Pastikan Membeli Kue Ulang Tahun di Toko Kue yang Memiliki Reputasi Baik dan Terjamin

Selain rasanya yang belum terjamin, membeli kue di toko kue sembarangan juga bisa berbahaya bagi anak. Kita tidak mengetahui bahan-bahan apa saja yang dipakai untuk membuat kue tersebut.

Oleh karena itu, pilihlah toko kue yang punya reputasi dan kualitas baik. Pilih toko kue yang sudah Anda percaya dan lebih baik lagi yang bisa menerima pesanan khusus.

Dengan begini toko tersebut dapat membuatkan kue sesuai dengan permintaan Anda. Jika Anda kebingungan, lebih baik Anda meminta rekomendasi dari teman atau keluarga Anda.

5 Rekomendasi Bakery di Indonesia yang Menjual Kue Ulang Tahun yang Lezat dan Nikmat

Corica Pastries

Corica Pastries merupakan sebuah pastry shop yang sudah sangat terkenal di Perth, Australia. Toko ini pertama kali berdiri pada tahun 1975 hingga saat ini. Pada tahun 2016, Corica Pastries membuka cabangnya di Indonesia, lebih tepatnya di Surabaya. Lalu pada tahun 2020, toko ini membangun cabang pertamanya di Jakarta.

Semua kue dari Corica Pastries diolah menggunakan bahan baku pilihan dan berkualitas serta teknik yang sangat mumpuni. Menu makanan yang mejadi andalan toko roti ini adalah apple strudel-nya. Apple strudel dari Corica Pastries memiliki rasa yang sangat khas dengan kenikmatan yang luar biasa.

Menariknya lagi, resep apple strudel yang ada di cabang Indonesia sama persis dengan resep yang ada di Perth. Sehingga keaslian dan keotentikan rasanya akan benar-benar terasa. Jika Anda lebih suka cita rasa manis, Anda bisa memesan blueberry strudel-nya yang juga tak kalah lezat.

Holland Bakery

Sumber gambar commons.wikimedia.org

Seperti layaknya bakery pada umumnya, Holland Bakery juga menawarkan varian roti yang sangat beragam. Holland Bakery berdiri sejak tahun 1978 dan dikelola oleh PT Mustika Citra Rasa.

Perusahaan ini merupakan salah satu pelopor bisnis bakery modern di Indonesia yang kini sudah memiliki 22 dapur cabang dan mengelola lebih dari 400 gerai di seluruh Indonesia.

Dengan jangka waktu yang cukup lama dan jumlah cabang yang cukup banyak, tak mengejutkan jika Holland Bakery ini cukup populer di masyarakat.

Untuk jenis kuenya sendiri ada bermacam-macam, sesuai dengan daerah masing-masing. Ada banyak sekali varian roti, kue, jajanan pasar, kue pernikahan, juga kue ulang tahun.

Komugi Boulangerie

Sumber gambar https://sg.trip.com/

Sudah bisa dilihat dari pemilihan namanya bahwa toko roti modern yang satu ini berusaha menggabungkan unsur Jepang dan unsur Perancis. Komugi dalam bahasa Jepang berarti biji-bijian dan boulangerie dalam bahasa Perancis berarti varian roti dan kuenya.

Komugi Boulangerie menggunakan resep langsung dari Jepang yang mengutamakan kualitas dan keaslian resep, proses produksi, hingga cara penyajiannya. Setiap hari, toko yang sudah berdiri sejak tahun 2000 ini memproduksi lebih dari 300 varian bakery dan pastry dengan minimal 3 varian rasa baru setiap bulannya.

Dapur Cokelat

Dapur Cokelat merupakan salah satu toko kue dengan produk khasnya yang “cokelat banget”. Perusahaan ini didirikan oleh Ermey Trisniarty karena kecintaannya terhadap cokelat. Pada awalnya, Dapur Cokelat hanya punya visi untuk membuat kue dan kue kering dengan cita rasa yang luar biasa.

Toko ini pun hanya berbentuk usaha paruh waktu berbasis rumahan. Siapa sangka bahwa bertahun-tahun kemudian, Dapur Cokelat berkembang menjadi perusahaan yang sudah memiliki lebih dari 20 gerai penjualan ritel di beberapa kota besar di Indonesia.

Sejak dulu hingga sekarang, konsep tokonya selalu sama. Mereka selalu berusaha untuk membuat pelanggan merasa nyaman, senyaman di rumah.

The Harvest

Sumber gambar http://regional.id

Pada tahun 2004, seorang mantan koki pastry Four Seasons Hotel Jakarta, Lal De Silva, membuka sebuah butik kue di daerah Senopati. Tempat ini kemudian dikenal sebagai cikal bakal The Harvest, sekaligus merupakan toko kue bergaya Eropa pertama di Indonesia. Berbekal dengan konsistensi yang mereka terapkan, kini The Harvest sudah punya lebih dari 45 gerai di berbagai daerah di Indonesia.

Sebagai salah satu toko kue premium, The Harvest menjanjikan kualitas dan pelayanan terbaik untuk para pelanggannya. Kualitas produk superior, presentasi produk sensasional, dan kemasan inventif serta standar pelayanan yang luar biasa adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh toko kue ini.

Uniknya lagi, The Harvest ini merupakan toko kue yang sangat jarang memberikan diskon kepada para pelanggannya. Hal ini dikarenakan mereka enggan mengedukasi pelanggan untuk membeli produk mereka hanya ketika sedang diskon. Oleh karena itu, diskon bukanlah strategi yang mereka pilih untuk memasarkannya produknya agar tetap laris.

5 Rekomendasi Resep Kue Ulang Tahun Anak

Kue Ulang Tahun Chocolate Moist Cake

Sumber gambar https://cookpad.com

Kue yang satu ini sudah jelas sangat sulit ditolak oleh para penggemar coklat. Teksturnya lumer di mulut, sangat lembut, dengan cita rasa khas cokelat banget. Apalagi cara membuatnya sangat mudah, cukup dengan dikukus tanpa perlu menggunakan oven.

Saking mudahnya, mereka yang baru pertama kali membuat kue pun sebagian besar berhasil membuat kue coklat yang satu ini. Sajikan dengan buah-buahan seperti strawberry, cherry, atau buah dengan cita rasa masam lainnya untuk menyeimbangkan rasa manis dari cokelat.

Bahan-bahan:

  • 100 gram gula pasir halus
  • 100 gram susu cair full cream
  • 90 gram butter
  • 50 gram tepung cake
  • 25 gram coklat bubuk
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • ¼ sdt baking powder
  • ¼ sdt soda kue
  • ½ sdt essense vanilla

Bahan saus:

  • 60 gram susu kental manis putih
  • 40 cc susu cair
  • 30 gram coklat bubuk
  • 3 sdm kirschwasser cherry brandy (opsional, karena mengandung alkohol)
  • 1 st minyak sayur
  • Larutan maizena

Cara membuat:

  • Lelehkan susu cair, butter, dan gula dengan api kecil. Cukup lelehkan jangan sampai mendidih.
  • Kocok lepas telur dan essense vanilla. Lalu tuang ke dalam cairan susu hangat, aduk rata menggunakan whisk.
  • Masukkan adonan ke dalam campuran tepung terigu (terigu, cokelat, BP) yang sudah diayak. Aduk rata menggunakan whisk
  • Olesi loyang dengan butter. Tuang adonan ke dalam loyang lalu kukus menggunakan api sedang selama 20-25 menit.
  • Untuk sausnya, cukup panaskan seluruh bahan kemudian tambahkan larutan maizena di akhir agar lebih kental.
  • Jika sudah matang, keluarkan adonan dari loyang lalu siram menggunakan saus yang sudah dibuat. Kue pun siap disajikan.

Meyer Lemon Chiffon Tart

Sumber gambar www.pinterest.se

Jika Anda lebih suka kue dengan cita rasa yang manis dan segar, maka kue yang satu ini cocok untuk Anda. Rasa segar dari jeruk yang dijadikan topping memberikan sensasi tersendiri ketika dipadukan dengan krim pada kue.

Agar lebih segar dan lezat, Anda bisa menggunakan meyer lemon yang merupakan hasil persilangan antara lemon dan jeruk mandarin. Jenis jeruk yang satu ini juga punya aroma yang sangat menyegarkan, cocok untuk teman ngopi ataupun ngeteh.

Tapi, jika Anda sulit menemukan meyer lemon, Anda pun bisa menggunakan jeruk jenis lain yang mudah ditemukan di supermarket.

Bahan-bahan:

  • 85 gram gula pasir
  • 75 gram tepung protein sedang
  • 40 ml minyak sayur
  • 40 ml air perasan meyer lemon
  • 3 butir kuning telur
  • 3 butir putih telur
  • 1,5 buah parutan kulit meyer lemon
  • 1 sdt baking powder

Bahan untuk dekorasi:

  • 200 ml heavy whip cream
  • 1,5 sdm gula pasir
  • Buah segar, sesuai selera

Cara pembuatan:

  • Kocok putih telur dan 60 gram gula pasir menggunakan mixer kecepatan tinggi. Masukkan gula pasir secara bertahap sebanyak 3 kali. Jika sudah sedikit kaku maka sisihkan.
  • Kocok kuning telur dan 25 gram gula pasir menggunakan whisker. Tambahkan minyak sayur dan parutan lemon, aduk rata.
  • Tambahkan air perasaan lemon, aduk kembali.
  • Tuang tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak, lalu ratakan kembali.
  • Masukkan 1 sendok spatula putih telur yang sudah di-mixer sebelumnya.
  • Masukkan campuran kuning telur dan putih telur ke dalam sisa putih telur. Aduk rata.
  • Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak sayur.
  • Panggang dengan suhu 140 derajat Celcius selama 30 menit.
  • Begitu matang, keluarkan kue dari oven dan tunggu hingga dingin.
  • Untuk membuat dekorasinya, cukup campurkan heavy whip cream dan gula ke dalam sebuah wadah. Mixer menggunakan kecepatan tinggi.
  • Setelah dingin, keluarkan kue dari loyang. Potong kue menjadi dua bagian secara horizontal, lalu oleskan krim dekorasi. Setelah selesai, tumpuk kembali kue tersebut.
  • Kue pun siap disajikan.

Kue Ulang Tahun Strawberry Cheese Cake

Sumber gambar https://resepgulaku.com

Cheesecake merupakan salah satu jenis kue yang selalu punya penggemar. Kue ini mengombinasikan adonan keju krim yang lembut dan gurih dengan buah strawberry yang manis.

Jenis keju yang dipakai bisa bermacam-macam, mulai dari cream cheese, keju ricotta, keju cottage, dan sour cream. Dalam penyajiannya, bisa juga ditambahkan serpihan kacang almond yang renyah dan gurih.

Bahan-bahan:

  • 300 gram cream cheese
  • 200 ml whipping cream
  • 100 gram mentega cair
  • 80 gram icing sugar
  • 1 sdt gelatin
  • Biskuit sesuai selera (Marie, Oreo, atau lainnya)
  • Biji vanilla secukupnya (opsional)

Cara membuat:

  • Hancurkan biskuit hingga halus. Anda bisa menggunakan ulekan, rolling pin, botol kaca, atau food processor jika ada.
  • Campur dengan mentega cair, aduk hingga rata.
  • Siapkan wadah cheesecake. Ratakan remahan biskuis tadi ke bagian dasar wadah tersebut, padatkan.
  • Larutkan gelatin ke dalam 3 sendok makan air es, sisihkan.
  • Kocok whip cream menggunakan mixer di wadah terpisah, sisihkan.
  • Kocok cream cheese dan icing sugar di wadah terpisah hingga lembut, sisihkan.
  • Larutkan gelatin yang sudah mengembang ke dalam sedikit air hangat.
  • Campurkan sedikit demi sedikit ke adonan cream cheese, lalu campurkan lagi dengan whipping cream dan biji vanilla hingga rata.
  • Tuang adonan cream cheese ke atas dasar kue dari biskuit yang sudah dipadatkan sebelumnya.
  • Simpan di dalam lemari pendingin hingga padat.
  • Jika sudah padat, hias cheesecake menggunakan berbagai topping sesuai selera. Anda bisa memakai cokelat cair, selai buah, potongan buah, ataupun aneka kacang-kacangan.
  • Cheesecake pun siap disajikan.

Kue Ulang Tahun Rainbow Cake

Sumber gambar http://www.driau.com/

Jenis cake yang satu ini adalah salah satu yang paling populer dan digemari oleh berbagai usia. Rainbow cake pada dasarnya terbuat dari sponge cake yang memiliki warna pelangi, kemudian dipadukan menjadi satu.

Bagian luarnya dilapisi dengan butter cream yang cantik dan cocok untuk berbagai perayaan. Selain warna-warni di bagian dalam, Anda juga bisa menghiasnya dengan topping warna-warni yang meriah. Sehingga penampilannya akan tampak semakin menarik.

Bahan-bahan:

  • 215 gram gula pasir
  • 125 gram tepung terigu
  • 125 ml minyak goreng
  • 75 gram tepung maizena
  • 65 ml santan instan
  • 37 gram susu bubuk
  • 5 butir telur
  • ½ sdt vanilla bubuk
  • ½ sdt SP

Bahan pewarna:

  • Siapkan pewarna makanan warna merah, oranye, kuning, hijau, biru, dan ungu, masing-masing sebanyak ½ sdm.

Bahan olesan:

  • 250 ml susu cair dingin
  • 100 gram whip cream bubuk
  • 100 gram cream cheese
  • 50 ml susu kental manis
  • Sprinkle secukupnya

Cara membuat:

  • Ayak semua bahan kue ke dalam wadah, lalu aduk hingga rata. Sisihkan.
  • Kocok telur, gula, dan SP hingga kental berjejak.
  • Setelah itu turunkan kecepatan mixer, lalu masukkan semua bahan ayak yang sudah disisihkan, aduk rata. Tambahkan santan dan minyak goreng, lalu aduk lagi.
  • Bagi adonan menjadi 6 bagian sama banyak dan tambahkan pewarna makanan ke dalam masing-masing adonan.
  • Panaskan kukusan. Siapkan loyang berukuran 20 x 10 x 4 cm yang sudah diolesi margarin dan dialasi dengan kertas kue.
  • Tata masing-masing adonan pada loyang lalu kukus satu per satu hingga habis.
  • Buat olesannya dengan cara mencampurkan semua bahan olesan menjadi satu, lalu mix hingga lembut dan mengembang. Sisihkan.
  • Setelah masing-masing adonan matang, tata rainbow cake sesuai urutan. Lapisi masing-masing lapisan menggunakan whip cream.
  • Taburi bagian luar kue dengan sugar sprinkle, lalu potong-potong kue. Rainbow cake pun siap disajikan.

Kue Ulang Tahun Red Velvet

Kue dengan cita rasa red velvet berasal dari Jerman pada masa Perang Dunia II. Namun, kue ini justru menjadi sangat populer di Amerika Serikat.

Daya tarik utama dari kue red velvet adalah warnanya yang merah merona. Cita rasanya pun cukup unik karena merupakan perpaduan dari rasa asam, gurih, dan manis.

Di Indonesia sendiri, kue ini baru populer beberapa tahun belakangan. Kue jenis ini cocok dijadikan pilihan apabila Anda bosan dengan kue strawberry yang begitu-begitu saja.

Bahan topping:

  • 100 gram blueberry
  • 100 gram strawberry
  • 5 batang daun mint

Cream cheese frosting:

  • 350 ml whip cream, kocok hingga beku
  • 150 gram cream cheese
  • 75 gram gula bubuk

Bahan kue:

  • 340 gram tepung terigu protein rendah
  • 300 gram gula bubuk
  • 240 ml susu cair
  • 227 gram mentega tawar
  • 30 gram cokelat bubuk
  • 4 butir telur ayam
  • 3 sdm pewarna makanan merah
  • 2 sdm air jeruk lemon
  • 1 sdt ekstrak vanilla
  • 1 sdm baking powder

Cara membuat:

  • Kocok cream cheese dan gula bubuk menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga lembut.
  • Tambahkan whipped cream, kocok hingga rata. Masukkan frosting ke dalam plastik segitiga dan simpan di dalam kulkas.
  • Untuk kuenya, ayak tepung terigu dan cokelat bubuk.
  • Kocok mentega tawar, gula bubuk, dan ekstrak vanilla menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga lembut.
  • Pindahkan kecepatan mixer ke kecepatan rendah. Tambahkan telur satu per satu, tepung, dan susu cair secara bergantian. Sisihkan.
  • Aduk rata air jeruk lemon, baking powder, dan pewarna merah sampai berbuih. Masukkan ke dalam adonan kue, lalu aduk lipat hingga rata.
  • Tuang adonan ke dalam dua buah loyang berdiameter 18 cm dan tinggi 4 cm dengan alas baking paper. Panggang menggunakan oven dalam suhu 180 derajat Celcius selama 20-30 menit. Angkat dan dinginkan.
  • Potong cake menjadi dua bagian horizontal. Semprot tiap layer dengan cream cheese frosting dan tambahkan buah-buahan di layer paling atas sebagai topping-nya.
  • Red velvet cake pun siap disajikan.
From our editorial team

Pilih Kue Ulang Tahun Paling Favorit

Sudah selayaknya memilih kue ulang tahun sesuai dengan kue favorit mereka yang berulang tahun, selain itu pastikan untuk membeli kue ulang tahun di toko-toko kue terpercaya dan sudah sangat terkenal dengan kualitas cake yang mereka sajikan. Karena, akan semakin bahagia jika dapatmenikmati kue ulang tahun bersama orang-orang tersayang.