10 Rekomendasi Kado untuk Bayi Laki-Laki 1 Tahun di Ulang Tahunnya yang Pertama (2020)

10 Rekomendasi Kado untuk Bayi Laki-Laki 1 Tahun di Ulang Tahunnya yang Pertama (2020)

Sumber gambar parenting.firstcry.com

Saat jagoan kecil merayakan ulang tahunnya yang pertama, tentu orang tua ingin merayakannya dengan meriah. Tapi jangan lupa kadonya ya! Kado seperti apa sih yang pas untuk bayi laki-laki 1 tahun? Simak rekomendasinya dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Usia 1 Tahun Sangat Bermakna untuk Anak dan Orang Tua

Sumber gambar pinterest.com

Anak adalah anugerah yang sangat indah bagi semua orang tua. Kehadiran anak melengkapi keluarga kecil dan menambah kebahagiaan di antara pasangan suami istri. Tidak heran ulang tahun pertama seorang anak selalu dirayakan dengan meriah dan istimewa, meski sebenarnya mungkin si kecil tidak akan mengingatnya saat ia besar nanti.

Ulang tahun pertama merupakan rasa syukur dari kedua orang tua atas bertambahnya usia sang anak untuk yang pertama kali. Oleh karena itu, keluarga dan kerabat turut diundang untuk menghadiri perayaan tersebut. Jangan datang dengan tangan kosong, tentu para undangan harus membawa serta kado untuk anak yang sedang berulang tahun.

Kado yang diberikan tentu harus disesuaikan dengan jenis kelamin sang anak. Artikel ini akan memberikan rekomendasi kado yang tepat untuk bayi laki-laki agar nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh anak.

Tips Merayakan Ulang Tahun Anak yang Pertama

Tentukan Bujet Perayaan Ulang Tahun

Sumber gambar pinterest.com

Semua orang tua tentu ingin mengadakan acara ulang tahun yang semeriah mungkin untuk sang buah hati. Namun jangan lupa, bujet untuk ulang tahun anak harus diperhitungkan dengan matang. Jika tidak ada bujet berlebih, merayakan ulang tahun anak dengan makan bersama seluruh keluarga besar juga sudah cukup berkesan. Tidak perlu merasa tertekan untuk menggelar acara yang mewah, terlebih lagi di luar batas kemampuan.

Pilih Tamu Undangan dengan Seksama

Sumber gambar pinterest.com

Di usianya yang baru menginjak usia 1 tahun, si kecil mungkin saja merasa kurang nyaman jika harus bertemu dengan banyak orang asing atau berada di tempat yang baru. Meskipun ada bayi lain yang turut menghadiri pestanya, anak juga belum tahu bagaiman cara bermain bersama. Oleh karena itu, penting untuk memilih siapa yang akan diundang ke pest ulang tahun anak.

Sebaiknya tamu undangan terbatas pada keluarga dan kerabat dekat saja, terutama yang sudah dikenal anak dengan baik. Dengan demikian, anak akan merasa aman dan bahagia sepanjang acara karena melihat wajah-wajah yang sudah familiar dengan mereka.

Pemilihan Tempat

Sumber gambar pinterest.com

Selain siapa yang akan diundang, tempat di mana acara tersebut diadakan juga tidak kalah pentingnya. Di usianya yang masih satu tahun, anak mudah takut dengan tempat baru. Itulah mengapa kebanyakan ulang tahun anak yang pertama sering diadakan di rumah. Tetapi ukuran rumah juga harus diperhitungkan.

Tidak perlu rumah yang luas, namun yang penting pas dengan jumlah undangan dan memastikan bahwa semua orang nyaman selama acara berlangsung. Jangan memaksakan diri untuk merayakan ulang tahun anak di rumah jika ukuran ruangan memang tidak memadai. Ulang tahun anak juga bisa dirayakan di tempat lain seperti taman bermain.

Cara Memilih Kado Anak Laki-laki Usia 1 Tahun

Sesuaikan dengan Tahapan Tumbuh Kembangnya

Sumber gambar www.healthline.com

Kado terbaik yang bisa diberikan kepada anak berusia 1 tahun adalah kado yang sesuai dengan tumbuh kembang si kecil. Di usia ini, anak banyak mengeksplorasi segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Indera peraba anak menjadi bagian tubuh yang sering digunakan oleh anak berusia 1 tahun.

Anda bisa memberikan kado berupa boneka untuk ia mainkan setiap hari atau mainan sederhana berupa balok dan puzzle untuk mempersiapkan anak mengembangkan kemampuan motoriknya menuju usia 2 tahun.

Pilih Warna-warna yang Terang untuk Membuatnya Tertarik

Sumber gambar www.popsugar.com

Warna-warna yang terang dan mencolok akan mudah membuat anak merasa tertarik dengan berbagai mainan yang ada di depan mereka. Tidak peduli barang apa pun itu, mereka akan langsung mendekatinya karena warnanya yang menarik perhatian mereka.

Memberikan mainan dengan warna mencolok adalah pilihan yang tepat bagi anak yang berusia 1 tahun. Mainan yang diberikan bisa berupa apa saja. Untuk anak laki-laki misalnya adalah mobil-mobilan, puzzle, atau boneka.

Pastikan Mainan Aman untuk Digunakan Anak-anak

Sumber gambar www.verywellfamily.com

Dari banyak hal yang harus dipertimbangkan saat membelikan mainan untuk anak yang masih berumur satu tahun, ini adalah yang paling penting. Ukuran mainan tidak boleh terlalu kecil karena bisa ditelan oleh anak jika orang tua lengah sedikit saja. Selain itu, pastikan mainan tersebut tidak memiliki bagian-bagian kecil yang bisa terlepas dengan mudah.

Tidak hanya itu, mainan sebaiknya juga tidak memiliki ujung-ujung tajam supaya tidak melukai anak. Bahan pembuat mainan juga harus aman jika digigit atau masuk ke dalam mulut si kecil. Mainan anak tidak boleh terbuat dari bahan plastik yang berbahaya untuk mereka.

Kado Hasil Kreasi Sendiri juga Boleh, Kok!

Sumber gambar www.thesprucecrafts.com

Jika bingung mau memberikan kado apa untuk si kecil yang usianya masih setahun, kado berupa kreasi sendiri juga bisa bermakna untuk anak lho. Jika memberikan kado hasil kreasi sendiri, justru bisa menunjukkan ketulusan hati dan rasa cinta saat Anda membuatnya. Beberapa benda yang bisa dibuat sendiri antara lain adalah boneka dari potongan kertas dengan berbagai macam warna yang dibentuk hewan, bintang, dan bentuk-bentuk lainnya.

Kemas Kado dengan Menarik

Sumber gambar pinterest.com

Terakhir, kado harus punya kemasan yang menarik. Tujuannya agar si kecil menjadi penasaran dan tertarik untuk membuka kado tersebut. Meski di usia 1 tahun anak belum bisa menunjukkan rasa terkejut atau senang, namun jika ia menemukan kado yang dibungkus dengan warna mencolok maka bisa dipastikan ia akan mendekatinya.

Rekomendasi Kado yang Bisa Diberikan kepada Bayi Laki-laki Usia 1 Tahun

Sugar Baby Healthy Silicone Feeding Set Isi 3 Pcs

Menginjak usia 1 tahun, anak sudah bisa berjalan yang artinya ia mulai mandiri. Salah satu hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan kemandirian kepada anak adalah dengan membiarkan mereka untuk makan sendiri. Tentu anak tidak bisa menggunakan piring dan sendok yang digunakan oleh orang tua.

Sugar Baby Healthy Silicone Feeding Set Isi 3 Pcs bisa jadi kado yang tepat sebagai alat makan pertama si kecil. Terbuat dari bahan food grade silicone yang aman dan berkualitas untuk digunakan si kecil. Bebas BPA dan bebas PVC serta tidak mengandung tambahan bahan kimia lainnya. Produk ini memiliki ketahanan terhadap panas yang lebih tinggi dari bahan plastik, yaitu bisa menahan suhu mulai -20 derajat celcius hingga 220 derajat celcius.

Bahan silikon membuat alat makan ini tetap aman meski terjatuh. Dilengkapi dengan antislip di bagian bawah sehingga tidak mudah bergeser saat diletakkan di atas meja. Sendok dan garpu yang terbuat dari bahan silikon sangat aman untuk gigi bayi yang sedang tumbuh.

Harga Rp. 150.000-250.000

PYOPP Gallop Sneaker

Ada satu tahap tumbuh kembang anak yang sangat signifikan ketika ia memasuki usia 1 tahun, yakni berjalan. Anak sudah harus dibiasakan dengan sepatu dan sandal, terutama jika berjalan di luar rumah. Jangan sembarangan memilihkan sepatu untuk anak ya! Selain harus stylish modelnya, bahan sepatu juga harus nyaman dan tidak membuat kaki anak mudah cedera.

PYOPP Gallop Sneaker adalah sepatu yang bisa memenuhi tuntutan para ibu masa kini. Hadir dalam berbagai pilihan warna lembut dan netral, baik untuk anak laki-laki maupun anak perempuan. Sepatu ini terbuat dari knitting dan eco leather yang lentur, melar, dan breathable. Bentuk dan desainnya mampu mendukung perkembangan kaki secara optimal. Sepatu ini sangat ringan sehingga anak serasa tidak mengenakan alas kaki apa pun.

Harga Rp. 200.000-600.000

Kolam Renang Anak Kisubo 200 x 150 x 50 cm

Anak pasti sangat senang bila diizinkan bermain air oleh orang tuanya. Kolam Renang Anak Kisubo 200 x 150 x 50 cm bisa memberikan wahana mainan baru di rumah untuk dimainkan anak kapan saja dan di mana saja. Jika khawatir akan keselamatan anak, maka kolam bisa diisi dengan bola plastik sebagai gantinya.

Kolam berukuran besar ini juga bisa digunakan sebagai tempat mandi untuk anak. Selain itu, kolam ini juga bisa digunakan sebagai area bermain anak yang aman saat orang tua sedang mengerjakan pekerjaan rumah. Mainan ini bisa digunakan hingga anak berusia lebih dari 3 tahun lho. Namun, selagi anak belum mengerti apa itu bahaya, sebaiknya awasi anak ketika bermain di dalam kolam yang berisi air.

Harga Rp. 200.000-350.000

Joan Miro - Washable Silky Crayon 12Pcs

Di usia 1 tahun anak mulai penasaran dengan alat tulis. Namun jika ia menggunakan alat tulis sembarangan, tentu bisa berbahaya jika masuk ke dalam mulut mereka. Joan Miro - Washable Silky Crayon 12Pcs adalah krayon yang bisa berfungsi sebagai face painting. Tidak perlu khawatir jika krayon ini mengenai pakaian, dinding rumah, atau bahkan wajah anak.

Krayon yang khusus dibuat untuk anak-anak ini terbuat dari food grade pigments yang memastikan bahwa krayon ini tidak berbau dan tidak beracun. Tinggal usap dan bersihkan saja dengan air tanpa perlu diberi sabun. Krayon ini sangat aman untuk anak-anak dengan bahan yang ramah lingkungan dan mudah dibersihkan. Bisa digunakan untuk anak mulai usia 1 tahun.

Harga Rp. 100.000-450.000

Pok Ame-Ame Sing-and-Record Fun Book

Anak berumur 1 tahun mungkin belum paham apa itu buku. Tetapi bukan berarti terlalu dini untuk mengenalkan mereka pada buku. Pok Ame-Ame Sing-and-Record Fun Book lebih dari sekadar buku, namun buku yang diciptakan khusus untuk anak-anak yang mampu mengeluarkan suara dan mampu merekam suara anak lho.

Keunggulan dari buku ini adalah disajikan dalam bahasa Indonesia, yang tergolong sangat jarang lho. Kebanyakan buku semacam ini hadir dengan lagu-lagu berbahasa Inggris. Tidak hanya anak, ayah dan ibu juga bisa bernyanyi bersama anak dan merekam suara bersama-sama. Ketika si kecil besar nanti, hal ini bisa menjadi kenangan yang berharga untuk mereka.

Buku ini menggunakan baterai AAA sebanyak 3 buah, yang bisa diganti dengan mudah jika dayanya sudah habis. Selain itu, buku ini juga hadir dalam 2 bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Buku dengan padded hard cover ini memiliki ukuran 22 x 22 cm dengan ketebalan 2 cm.

Harga Rp. 250.000-300.000

Mainan Edukasi Piano Motif Peternakan Hewan

Biarkan anak belajar sekaligus berekspresi dengan musik menggunakan mainan yang desainnya menarik ini. Mainan Edukasi Piano Motif Peternakan Hewan hadir dalam dua pilihan warna, yaitu merah dan kuning. Piano ini ini juga bisa melatih anak untuk mengenali warna-warna yang berbeda, melatih kemampuan anak untuk memedakan warna, sehingga menambah kekayaan warna dan imajinasi mereka.

Ada juga berbagai macam bentuk hewan ternak pada mainan ini. Antara lain adalah anjing, domba, ayam, dan masih banyak lagi. Piano mainan ini bisa mengeluarkan suara sungguhan, sehingga bisa dipastikan anak-anak akan merasa senang dan terhibur.

Harga Rp. 70.000-150.000

TweedyToys - Mainan Montessori Matching Color

Berikutnya ada rekomendasi mainan yang bisa dijadikan kado edukatif untuk bayi laki-laki berusia 1 tahun. Nama produknya adalah TweedyToys - Mainan Montessori Matching Color adalah mainan yang bertujuan untuk melatih motorik halus anak dan pengenalan warna serta susunan warna. Ukuran mainan ini adalah 27 x 18.5 x 4.5 cm.

Dengan mainan ini, anak bisa membedakan warna-warna dasar seperti kuning, merah, hijau, dan biru. Terbuat dari bahan kayu yang jelas aman untuk anak-anak. Pewarna pada mainan ini juga aman bagi si kecil lho.

Harga Rp. 120.000-190.000

hb PASSWORD FULLPRINT CAR Setelan Sweater 1 - 7 Tahun

Anak laki-laki umur 1 tahun pasti sangat lucu dan menggemaskan dengan setelan baju piyama yang hangat saat mereka tidur. hb PASSWORD FULLPRINT CAR Setelan Sweater 1 - 7 Tahun adalah produk dari bahan berkualitas yang bisa diberikan untuk si kecil.

Warna merahnya yang cerah membuat anak terlihat lebih ceria. Motif kendaraan yang menghiasi set sweater ini membuat tampilannya semakin imut. Setelan baju ini tersedia dalam ukuran untuk anak usia 1 sampai 7 tahun. Baju ini terbuat dari bahan katun berkualitas yang adem dan nyaman untuk si kecil.

Harga Rp. 500.000-750.000

Seri Early Reader karya Yoon Yeo Rim

Menanamkan kepercayaan diri kepada anak sedini mungkin juga sangat penting. Seri Early Reader karya Yoon Yeo Rim terdiri dari 3 buah buku berbeda. Judulnya adalah "Aku Sayang Diriku!", "Aku Suka Semua!", dan "Halo, Semua!".

Buku "Aku Sayang Diriku!" adalah buku yang mengajarkan anak bagaimana cara membuat dunia terlihat lebih menyenangkan. Melalui buku ini, anak dapat menyayangi diri mereka sendiri dan merasa lebih percaya diri. Sementara itu, buku "Aku Suka Semua!" mengajarkan anak untuk menyukai segala sesuatu di sekitar mereka. Buku terakhir yang berjudul "Halo, Semua!" mengajarkan anak menjadi pribadi yang positif dan ceria.

Harga Rp. 39.000-50.000

ONE-M28 Mainan Mandi Bola Plastik Warna Warni SNI Isi 50PCS

Kalau tadi ada rekomendasi kolam, kini ada bola plastik yang menjadi isian kolamnya. ONE-M28 Mainan Mandi Bola Plastik Warna Warni SNI Isi 50PCS adalah bola dengan berbagai warna yang menarik untuk si kecil. Terbuat dari bahan plastik yang aman untuk si kecil. Bola ini cukup tebal dengan diameter 6,5 cm. Bola ini sudah mendapatkan sertifikasi SNI, sehingga bisa dipastikan aman.

Harga Rp. 14.000-25.000
From our editorial team

Pesan Kado dari Jauh-jauh Hari Sebelum Ulang Tahunnya Tiba

Satu hal yang harus diperhatikan saat membeli kado ulang tahun adalah waktu pemesanannya. Pastikan kado sudah dipesan dari jauh-jauh hari agar tiba tepat di hari ulang tahun si kecil. Memberi kado tepat di hari ulang tahun tentu memberikan makna tersendiri. Pilih kado terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas.