Yuk, Bacakan Cerita untuk Anak dengan 10 Rekomendasi Buku Cerita yang Cocok Dibacakan sebelum Tidur (2021)

Yuk, Bacakan Cerita untuk Anak dengan 10 Rekomendasi Buku Cerita yang Cocok Dibacakan sebelum Tidur (2021)

Membacakan buku untuk anak menjadi hal yang menyenangkan, lho. Anak-anak paling suka saat orang tuanya membacakan cerita, apalagi sebelum tidur. Nah, ada beberapa rekomendasi buku cerita anak yang bisa jadi referensi untuk para orang tua nih. Yuk, cek dulu berbagai rekomendasi bukunya!

Anak-anak Paling Suka jika Orang tua Membacakan Buku Cerita

Bukan rahasia lagi bahwa anak-anak sangat suka ketika orang tua membacakan buku cerita. Meski merupakan aktivitas santai biasa, membacakan buku cerita pada anak memberikan dampak yang besar.

Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh orang tua sebagai pengantar tidur untuk si kecil. Namun, kini banyak juga orang tua yang memanfaatkan waktu luang untuk membacakan dongeng bagi anak sembari bersantai.

Manfaat Besar saat Anak Dibacakan Buku Cerita oleh para Orang tua

Memperluas Kosakata Anak

Kegiatan sederhana membacakan buku cerita pada anak rupanya memberikan manfaat yang besar. Salah satu manfaatnya adalah memperluas kosakata si kecil.

Dengan membaca dan mendengarkan, anak akan mengenal kosakata dan bahsa baru yang mempercepat perkembangan bicaranya. Pengetahuan ini membuat si kecil mampu mengungkapkan sesuatu dengan kosakata yang tepat.

Anak akan Memiliki Imajinasi

Dongeng selalu identik dengan imajinasi. Membacakan buku cerita pada anak mampu mengembangkan daya imajinasi pada anak. Meski umumnya dilengkapi dengan ilustrasi, anak akan membayangkan karakter dan plot ketika mendengarkan cerita. Kemampuan imajinasi ini membuat si kecil menjadi anak yang kreatif.

Mendekatkan Hubungan Orang Tua dan Anak

Membacakan cerita untuk anak juga menjadi momen bonding antara orang tua dan si kecil. Kegiatan ini merupakan cara yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama anak. Anda bisa membacakan cerita untuk si kecil sambil memeluk dan bercanda dengannya. Dengan demikian hubungan antara Anda dan si kecil akan lebih erat.

Minat Baca Anak akan Tumbuh

Perlu diketahui bahwa membacakan cerita kepada anak mampu menumbuhkan minat baca bagi si kecil. Membacakan buku cerita bergambar membuat anak merasa penasaran dengan isi buku cerita dan juga kisah-kisah lainnya. Rasa penasaran ini akan membuat si kecil tertarik untuk membaca buku-buku yang lain dan menemukan cerita dan pengetahuan baru.

Daya Ingat Anak menjadi Tajam

Tak hanya menambah kosakata, membacakan buku cerita kepada anak juga bermanfaat untuk melatih daya ingatnya. Hal ini bisa dilakukan dengan melontarkan beberapa pertanyaan sederhana mengenai nama karakter atau latar tempat cerita kepada si kecil. Dengan demikian anak akan berusaha untuk mengingat cerita yang dibacakan dan terbiasa menyimak serta mengingat apa yang didengarkan.

Tips Memilih Buku Cerita yang Tepat untuk Anak Kesayangan Kita

Isi Harus Sesuai dengan Usia Anak

Bingung memilih buku cerita yang cocok untuk anak kesayangan Anda? Sebelum memutuskan untuk membeli, pahami beberapa tips dalam memilih buku cerita. Pertama, sesuaikan isi cerita dengan usia anak.

Usia adalah hal yang pertama kali dipertimbangkan dala membeli buku cerita. Pastikan tema buku cerita yang Anda beli sesuai dengan umur anak, sehingga si kecil tidak kesulitan dalam memahami bahasa dan mampu menangkap nilai moral cerita dengan baik.

Buku Cerita Bergambar Lebih Baik

Agar si kecil tidak mudah bosan ketika membaca buku cerita, pilhlah buku yang disertai dengan ilustrasi. Buku cerita bergambar dengan penuh warna mampu membangkitkan minat anak terhadap buku. Selain itu, adanya ilustrasi juga memudahkan anak dalam memahami isi cerita yag disampaikan.

Lebih Bagus jika Ada Jalan Cerita

Tips yang terakhir adalah pastikan bahwa buku cerita yang Anda pilih memiliki jalan cerita yang menarik. Anda bisa membacakan cerita dengan intonasi yang tepat, sehingga emosi anak ikut terlibat.

Sebaiknya pilih buku cerita dengan alur yang mudah dipahami dan lekat dengan kehidupan anak-anak, sehingga si kecil lebih mudah menangkap pesan moral dalam buku.

Rekomendasi Buku Cerita Anak yang Cocok bagi Orang tua untuk Menemani Anak Tidur di Malam Hari

Bintang Indonesia Seri Fabel Aesop - Kisah Gagak dan Kendi

Rekomendasi buku cerita yang pertama adalah Bintang Indonesia Seri Fabel Aesop - Kisah Gagak dan Kendi. Buku cerita ini merupakan seri fabel yang menceritakan kehidupan dunia binatang dengan dilengkapi nilai moral dan budi pekerti.

Buku ini terdiri atas 24 halaman dengan soft cover. Menghadirkan cerita bergambar berwarna membuat buku cerita ini banyak disukai anak-anak. Bermanfaat dalam mengajarkan bahasa pada anak, buku ini hadir dalam dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris.

Harga Rp. 3.500-7.000

Komik Anak Islami Pengen Jadi Baik Jilid 6

Sedang mencari buku cerita dengan nuansa islami? Anda bisa melirik Komik Anak Islami Pengen Jadi Baik Jilid 6. Buku cerita ini berupa komik yang menanamkan nilai-nilai agama Islam bagi pembacanya.

Masih seperti jilid sebelumnya, komik ini kembali menceritakan keseharian Kevin dan kedua orang tuanya. Buku ini juga mendokumentasikan kisah-kisah masa pandemi tahun 2020. Komik terbitan SQU ini tidak hanya ditunggu oleh anak-anak, namun juga para remaja dan orang dewasa.

Harga Rp. 45.000-60.000

Monsville Kisah Persahabatan Anak-Anak

Bila berbicara tentang monster, pasti terbayang sosok yang jahat dan menakutkan. Berbeda dari monster pada umumnya, anak akan menemukan cerita menarik mengenai monster-monster baik melalui buku cerita Monsville Kisah Persahabatan Anak-Anak.

Buku cerita terbitan BIP ini mengisahkan persahabatan anak-anak monster di desa Monsville yang seru dan menyentuh. Buku yang ditulis oleh Fitri Kurniawan dan Watik Ideo ini terdiri dari 169 halaman.

Harga Rp. 55.000-133.000

Cerita Nabiku : Aku Ingin Dermawan Seperti Nabi Ayyub (Boardbook)

Salah satu cara mengajarkan kebaikan pada anak adalah dengan menceritakan kisah-kisah nabi yang patut diteladani. Bagi Anda yang ingin mengajarkan sifat dermawan bagi si kecil, Cerita Nabiku : Aku Ingin Dermawan Seperti Nabi Ayyub (Boardbook) bisa menjadi solusi.

Buku yang ditulis oleh Ali Muakhir ini menceritakan kedermawanan dan kebijaksanaan Nabi Ayyub yang patut dicontoh. Terdiri atas 20 halaman, buku ini telah memiliki ISBN. Buku dengan berat 360 gram ini menggunakan cover berjenis hard cover.

Harga Rp. 35.000-49.000

Buku Anak Islam Bergambar Dongeng Putri & Pangeran + 99 Asmaul Husna

Rekomendasi buku cerita berikutnya adalah Buku Anak Islam Bergambar Dongeng Putri & Pangeran + 99 Asmaul Husna. Buku ini memuat 99 dongeng putri dan pangeran yang dilengkapi 99 Asmaul Husna beserta penjelasannya. Tak hanya itu, buku cerita ini juga memiliki ilustrasi menarik yang penuh warna.

Cerita anak ini merupakan karya Mulasih Tary dan Sofia Al Virzhie. Bahasa Indonesia yang digunakan cukup lugas dan khas anak, sehingga mudah dipahami. Buku dengan jumlah 244 halaman ini diterbitkan oleh penerbit Checklist tahun 2017.

Harga Rp. 81.250-100.000

Aku Anak Jujur & 14 Cerita Pembangun Karakter

Aku Anak Jujur & 14 Cerita Pembangun Karakter adalah buku cerita berikutnya yang direkomendasikan. Buku ini menceritakan tentang kisah kejujuran dan karakter lainnya yang patut diteladani oleh anak.

Buku Aku Anak Jujur & 14 Cerita Pembangun Karakter ditulis oleh Liza Erfiana. Terdiri atas 184 halaman, buku cerita ini merupakan terbitan Bhuana Ilmu Populer tahun 2019.

Harga Rp. 158.000-198.000

Kumpulan Cerita Anak Muslim Hebat

Rekomendasi buku cerita berikutnya adalah Kumpulan Cerita Anak Muslim Hebat. Buku cerita ini berisi kumpulan kisah anak-anak muslim hebat serta kisah teladan dari Rasulullah SAW serta para sahabatnya.

Buku cerita ini ditulis oleh Avan F. dengan menggunakan bahasa Indonesia. Diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer, buku ini terdiri atas 124 hal. Dengan menggunakan buku ini, orang tua dapat mengajarkan nilai-nilai kebaikan sekaligus membangun kedekatan dengan si kecil.

Harga Rp. 79.900-125.000

Happy Holy Kids Cerita Taat Peraturan

Bingung mengajarkan si kecil agar taat pada peraturan? Tak perlu khawatir, Anda bisa mengajarkannya melalui media buku cerita Happy Holy Kids Cerita Taat Peraturan.

Buku ini memuat beragam kisah yang mampu membentuk sifat disiplin pada si kecil. Buku cerita berbahasa Indonesia ini ditulis oleh Kak Yudi. Telah terdaftar ISBN, buku dengan total 28 halaman ini diterbitkan oleh penerbit Hapy Holy Kids.

Harga Rp. 27.000-95.000

Gema Insani Sayangi Sesama Komik Hadist

Salah satu akhlak terpuji yang patut diteladani dari Rasulullah SAW adalah menyayangi sesama. Anda bisa mengajarkan si kecil mengenai kasih sayang terhadap sesama dengan media buku cerita Gema Insani Sayangi Sesama Komik Hadist.

Buku cerita ini ditulis oleh Izzah Annisa dan diterbitkan oleh penerbit Gema Insani tahun 2018. Memiliki berat 300 gram, buku cerita ini menggunakan cover jenis soft cover.

Harga Rp. 52.000-81.250

Pro-Kids Baling-Baling Bambu

Rekomendasi buku cerita yang terakhir adalah Pro-Kids Baling-Baling Bambu. Buku cerita dari Pro U Kids ini ditulis oleh Qonita Nida Khoffiya. Memiliki berat 125 gram, buku ini terdiri atas 128 halaman. Buku yang diterbitkan tahun 2016 ini telah terdaftar ISBN.

Harga Rp. 19.500-19.500
From our editorial team

Luangkan Waktu Membacakan Cerita untuk Anak, Yuk!

Seringkali, orang tua menyepelekan waktu sebelum tidur yang dapat dimanfaatkan bagi Anda dan anak untuk kembali merekatkan ikatan batin. Melalui membacakan buku cerita kepada anak, Anda telah menjadi orang tua yang hadir seutuhnya bagi anak dan manfaat lain yang bisa mengasah kognitif anak melalui kegiatan membaca buku cerita. Jadi, mulai malam ini, yuk isi kegiatan sebelum tidur bersama si kecil dengan membacakan buku cerita.

Tag