Buah Hati Makin Semangat Membaca dengan 10 Rekomendasi Buku Cerita Bergambar PDF (2020)

Buah Hati Makin Semangat Membaca dengan 10 Rekomendasi Buku Cerita Bergambar PDF (2020)

Buku merupakan jendela dunia. Sayangnya, anak-anak zaman sekarang malah sulit diajak membaca. Perkenalkan saja membaca melalui gadget. Anak tentu lebih bersemangat jika bukunya hadir dalam bentuk softcopy dan bisa dibaca pada gadget. Kecanduan anak pada gadget jadi bisa lebih positif. Intip yuk, aneka rekomendasi buku PDF bergambar dari kami!

Yuk, Menumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini

Bagi orangtua, anak merupakan investasi paling berharga. Adanya anak membuat para orangtua jadi menaruh berbagai harapan pada anak. Kita tentu ingin anak jadi lebih cerdas, memiliki wawasan luas, dan lain sebagainya. Untuk yang satu ini, kita bisa menumbuhkannya sejak dini. Caranya adalah dengan menanamkan rasa gemar membaca pada anak sejak kecil.

Membaca bisa dibilang sebagai kegiatan yang produktif. Jika anak sudah terbiasa membaca sejak kecil maka wawasan mereka bisa lebih luas dan tentu saja mereka jadi lebih tergelitik untuk tahu lebih banyak dalam segala hal. Saat anak sudah menikmati aktivitas membaca maka mereka akan lebih mudah memahami aneka bacaan dan kecerdasan berbahasa mereka jadi lebih baik.

Tidak mudah memang mengajarkan anak membaca sejak dini. Hal ini karena anak belum mengerti akan manfaatnya bagi mereka. Banyak anak yang menganggap aktivitas membaca sebagai sesuatu yang membosankan. Anak lebih lebih suka melakukan hal sesuai nalurinya, misalnya bermain, berlarian, dan lain sebagainya. Maka dari itu, jika ingin membuat anak mencintai membaca, Anda harus tahu caranya membuat aktivitas membaca menjadi hal yang menyenangkan.

Ciptakan suasana menyenangkan dan membuat mereka merasa nyaman. Jauhkan hal yang bisa mendistraksi konsentrasi mereka. Anda bisa juga membuat membaca sebagai kebiasaan anak sebelum tidur. Anda bisa mulai dengan membacakan buku dongeng. Ini tentu akan menarik minat anak. Anda bisa juga memilih buku yang penuh warna dan gambar. Pilihan buku semacam ini tentu bisa menggugah minat baca anak sejak usia dini.

Manfaat Memberikan Cerita Bergambar kepada Anak

Menumbuhkan minat baca anak sebenarnya bisa dimulai dari cara yang mudah. Salah satunya adalah memberikan buku cerita bergambar. Buku semacam ini tentunya akan membuat anak jadi tertarik. Si kecil tentu senang dengan buku yang penuh warna-warni karena jauh dari kata membosankan. Anda juga jadi lebih mudah menyampaikan jalan cerita dari dongeng tersebut.

Memberikan buku cerita bergambar kepada anak termasuk langkah mengenalkan dunia buku pada anak. Ini tentu akan jadi cara yang menyenangkan bagi anak untuk mulai menyukai buku. Dalam buku semacam ini tidak mengandung banyak tulisan. Hasilnya, anak jadi terhibur dengan adanya gambar-gambar lucu tersebut.

Buku cerita bergambar juga bisa menjadi media anak untuk belajar mengekspresikan diri. Dalam buku cerita tersebut tentu ada alur cerita yang mengandung konflik. Anak bisa belajar bagaimana menyelesaikan masalah saat menemui hal serupa seperti yang ia baca dalam buku tersebut. Anak juga bisa lebih berani mengambil tindakan atas sesuatu yang ada di hadapannya. Rasa percaya diri anak jadi lebih meningkat dan ia pun jadi tidak mudah takut dalam mencoba hal baru.

Manfaat memberikan buku cerita bergambar pada anak selanjutnya adalah untuk merangsang rasa ingin tahu si kecil. Anak memang banyak bertanya tentang aneka hal. Ia pastinya akan lebih tergelitik saat melihat aneka gambar pada bukunya. Anda bisa merangsang rasa ingin tahu tersebut dengan memberikan banyak pilihan buku cerita bergambar. Jawablah pertanyaan anak dengan sabar karena aneka pertanyaan tersebut bisa menjadi ilmu pengetahuan yang membantunya tumbuh menjadi individu yang logis dan kritis.

Buku cerita bergambar juga bisa mendukung daya imajinasi buah hati. Anak-anak memang perlu dilatih daya imajinasinya. Hal ini untuk membuatnya lebih kreatif dalam membuat sesuatu, atau mengkreasikan sesuatu. Manfaatkan masa kecilnya untuk membuat imajinasinya berkembang baik. Dengan daya imajinasi yang bagus maka bakat si kecil bisa tumbuh, ia juga jadi lebih terampil berkomunikasi dan bersosialisasi. Selain itu, ia jadi lebih pintar menganalisa dan bisa lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah.

Manfaat buku cerita anak selanjutnya adalah untuk menambah kosakata. Jika sejak dini, buah hati sudah terbiasa dibacakan dongeng atau cerita sambil melihat gambarnya, maka anak akan lebih cepat bertambah kosakatanya. Saat kosakata makin banyak maka kemampuan komunikasi, menyusun kata, melafalkan, dan memakainya dalam percakapan keseharian jadi lebih terlatih.

Kelebihan Buku Cerita Bergambar Dalam Format PDF

Saat ini zaman sudah semakin canggih. Penggunaan buku fisik sudah jarang meski masih ada juga yang menggunakannya. Buku fisik lebih banyak makan tempat. Selain itu, usai dibaca biasanya hanya ditumpuk dan menjadi tempat berkumpulnya debu-debu.

Anak zaman sekarang juga mengikuti teknologi terkini. Mereka cenderung malas jika sudah ditunjukkan buku bentuk fisik. Untuk menarik perhatiannya, Anda bisa mengenalkan asyiknya membaca melalui gadget. Mereka tentu akan lebih tertarik jika sudah melihat gadget. Nah, kecanduan gadget pada anak bisa diarahkan ke arah yang positif. Perkenalkan gadget sebagai benda di mana ia bisa memperoleh informasi, bukannya sebagai media bermain saja.

Penggunaan gadget ditambah dengan cerita bergambar penuh warna tentu bikin anak jadi ketagihan untuk membaca cerita bergambar lainnya. Buku cerita bergambar anak ada yang hadir dalam bentuk e-book alias buku digital. Format buku digital sendiri sangat beragam. Namun, yang paling umum ditemukan untuk buku cerita bergambar anak adalah format PDF.

Ada banyak kelebihan buku cerita bergambar bentuk PDF. Salah satunya adalah mudah disimpan dalam penyimpan data baik berupa harddisk, DVD, flashdisk, hingga smartphone. Anda bisa menyimpan ratusan buku cerita bergambar tersebut dengan simpel tanpa memakan banyak space.

Kelebihan lainnya adalah mudah dibawa kemana saja. Sehingga meski Anda dan buah hati sedang bepergian ke luar kota pun, Anda tetap bisa melakukan aktivitas membaca karena bukunya ada dalam format PDF yang bisa disimpan dalam smartphone dan bisa dibaca kapan saja diinginkan.

Buku cerita bergambar dalam bentuk PDF juga tidak lapuk. Karena formatnya bisa bertahan sepanjang masa dengan kualitas yang tidak berubah, tentunya buku tetap menarik untuk dibaca, diingat, dan dipahami anak.

Cara membaca buku cerita bergambar PDF juga terbilang lebih mudah karena tinggal swipe saja pada gadgetnya. Anak bisa kembali ke halaman sebelumnya dan ke halaman selanjutnya dengan lebih cepat. Ini membuat anak jadi lebih semangat membaca pastinya.

Tips Memilih Buku Cerita Bergambar Bentuk PDF

Saat memilih buku cerita bergambar dalam bentuk PDF tentu kita juga perlu pertimbangan tersendiri. Ini supaya anak lebih semangat dan juga tidak cepat merasa bosan. Pertama, kita wajib melihat tajuknya. Pikirkan apakah tajuk tersebut sesuai dengan karakter buah hati kita. Pikirkan juga usianya. Sesuaikan tajuknya dengan usia buah hati.

Selanjutnya, cek cover dan juga isinya sekilas. Pastikan cover dan isian PDF tersebut hadir dengan gambar menarik. Anak tentu akan melihat halaman depan bukunya dulu. Jika gambar di awal sudah menarik tentu anak jadi lebih penasaran dengan isian cerita PDF tersebut.

Jangan lupa juga untuk mencoba membaca buku tersebut sebelum diberikan pada anak. Pastikan buku PDF tersebut bisa memberi pengaruh positif bagi si anak. Untuk awalan agar anak makin semangat, Anda bisa memilih buku PDF yang susunan katanya sederhana dan mudah dipahami.

Pilih buku bergambar yang tidak terlalu banyak bacaannya dan tidak panjang ceritanya. Dengan begini maka anak makin rajin membaca buku PDF-nya. Tingkatkan pilihan bukunya seiring waktu berjalan. Anda bisa memilihkan buku dengan bacaan yang lebih panjang sesuai usia anak.

Ini Dia Buku Cerita Bergambar PDF yang Bisa Anda Berikan kepada Buah Hati

Singa dan Tikus

Sumber gambar www.slideshare.net

Sebagai rekomendasi pertama, kami sarankan buku PDF yang satu ini. Dengan judul Singa dan Tikus, buku cerita bergambar PDF ini isiannya singkat dan jelas. Hanya ada sedikit bacaan namun ada banyak gambar yang menarik buah hati. Anda bisa berimprovisasi saat membacakan cerita ini kepada anak sambil menunjukkan slide gambar PDF-nya. Kisahnya adalah mengenai seekor singa dan seekor tikus yang saling membantu dan saling membalas budi. Anda bisa cek selengkapnya di Slideshare, ya.

Ramuan Penyihir yang Tertukar

Sumber gambar www.ebookanak.com

Buku cerita bergambar PDF selanjutnya yang bisa Anda berikan kepada buah hati adalah Ramuan Penyihir yang Tertukar. Buku yang satu ini sangat menarik dengan gambar ilustrasi yang indah. Seri fabel ini akan menggugah rasa penasaran buah hati. Buku ini ditulis oleh Nurul Ihsan sementara ilustratornya adalah Dwiprihartono. Buku berformat PDF ini memiliki 15 halaman dengan ukuran file 2,86 MB.

Buku bergambar PDF ini cocok untuk anak usia SD. Ceritanya adalah tentang seekor kerbau yang iri dengan kecerdikan si kancil. Selanjutnya, sang kerbau menemui penyihir untuk meminta ramuan yang bisa membuat si kancil jadi sial. Bagaimana kelanjutan ceritanya? Tentunya Anda dan buah hati jadi penasaran. Buku yang satu ini bisa dicek di ebookanak secara gratis. Ada banyak dongen pilihan lainnya dan pastinya setiap dongeng mengandung pesan moral yang bagus untuk anak.

Buku pdf Cerita Bergambar 25 Nabi & Rasul

Cerita Bergambar 25 Nabi & Rasul tentunya bisa jadi pilihan untuk anak. Buku yang satu ini menarik untuk membuat anak mengenal dan juga mencintai Nabi dan Rasulnya. Buku yang dipublikasikan tahun 2015 lalu ini bisa dibaca setiap akan tidur atau setiap ada waktu luang. Produk ini disusun berdasarkan Al-Quran dan riwayat yang diceritakan dalam kitab-kitab karangan ulama Islam terkemuka.

Tidak hanya berisi cerita bergambar saja, buku PDF ini juga dilengkapi dengan hikmah dan pesan moral. Selain itu ada juga doa-doa nabi yang bisa membantu tumbuh kembang mental anak-anak. Ilustrasi gambarnya juga indah karena bisa menggambarkan situasi pada masa tersebut tanpa menghilangkan esensi cerita yang penuh inspirasi. Anda bisa mendapatkannya gratis di downloade-booknovel1.

Buku Cerita Bergambar Pajak Kita

Sumber gambar edukasi.pajak.go.id

Berikutnya ada Buku Cerita Bergambar Pajak Kita. Buku dalam bentuk PDF ini dihadirkan oleh Lembaga Perpajakan. Dalam buku bergambar PDF ini berisi 3 cerita fabel. Ada cerita raja lebah dan satu sendok madu, kisah anjing dan kelinci, dan kisah semut dan jangkrik. Pada setiap ceritanya terdapat nilai-nilai moral yang perlu diketahui anak seperti sikap jujur, teladan, disiplin, tekun, bekerja keras, dan lain sebagainya.

Nantinya, diharapkan anak-anak bisa menerapkan nilai-nilai moral tersebut sejak dini hingga dewasa dan hidup bermasyarakat nantinya. Anak merupakan generasi penerus bangsa, maka dari itu penting untuk membentuk karakter positif sejak dini. Buku ini diharapkan bisa membantu para orangtua mengajarkan anak sikap-sikap yang positif.

Anak Jujur Anak Yang Hebat

Anak Jujur Anak Yang Hebat juga bisa jadi pilihan buku cerita bergambar PDF yang bisa diberikan pada buah hati. Buku ini dipersembahkan oleh Ruang Guru PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Anda bisa mengakses bukunya dengan gratis. Buku ini cocok dibacakan guru atau orang dewasa kepada anak.

Kisah yang dibawa dalam cerita ini adalah mengenai Miko yang meminjam buku milik Meilan. Sayangnya, Miko lalai dan menghilangkan bukunya. Akankah Miko berlaku jujur dan mengatakan kepada Meilan bahwa bukunya hilang? Nah, silakan unduh PDF-nya di website Ruang Guru PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

10 Menit Kumpulan Dongeng Teladan

Sumber gambar www.ebookanak.com

10 Menit Kumpulan Dongeng Teladan menjadi rekomendasi selanjutnya. Buku cerita bergambar PDF ini merupakan buku dongeng anak yang menarik. Ditulis oleh Nurul Ihsan dengan ilustrasi buatan Uci Ahmad Sanusi. Buku PDF ini berisi 43 halaman dengan ukuran file 9 MB. Produk ini cocok untuk anak usia PAUD atau TK. Dalam buku ini berisi banyak sekali kumpulan kisah menarik, di antaranya adalah Petani dan Keledai, Anna dan Peri Keju, Akibat Suka Berbohong, dan lain sebagainya. Buku PDF ini bisa diperoleh gratis di ebookanak.

Nabi Muhammad Idolaku

Sumber gambar www.ebookanak.com

Nabi Muhammad SAW merupakan tokoh besar yang bisa jadi idola anak-anak saleh. Tentunya anak-anak bisa mencontoh banyak hal dari kehidupan beliau. Nabi Muhammad dikenal sebagai pribadi yang sabar dalam menghadapi ujian dari Allah maupun perlakuan dari kaum lain. Beliau juga dikenal sebagai pribadi yang selalu baik kepada anak yatim maupun kaum yang lemah. Dari buku cerita bergambar PDF Nabi Muhammad Idolaku ini tentunya kita bisa belajar sifat baiknya.

Buku yang satu ini ditulis oleh Nurul Ihsan. Ilustrasi buku dibuat oleh Uci Ahmad Sanusi. Buku PDF ini hadir dalam ukuran file 4 MB. Produk ini cocok untuk anak PAUD dan TK. Anda bisa memperolehnya di ebookanak secara gratis.

52 Kisah Teladan untuk Anak Saleh

Sumber gambar www.ebookanak.com

52 KISAH TELADAN UNTUK ANAK SALEH merupakan buku cerita bergambar PDF yang berisikan kisah-kisah teladan yang ada pada zaman Nabi Muhammad SAW. Uniknya, setiap kisah dilengkapi kamus bergambar Bahasa Indonesia-Inggris. Banyak sekali kosakata yang bisa dipelajari anak. Buku PDF ini juga lengkap dengan pesan moral yang berisi ayat-ayat al-Qur’an dan al-Hadits sehingga bisa mengasah kecerdasan anak. Buku ini bisa dimiliki dengan cara donasi. Anda bisa berdonasi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 100.000. Selengkapnya, Anda bisa melihat di ebookanak.

Kumpulan Fabel Bergambar : Ayo Jadi Anak Baik

Sumber gambar ebooks.gramedia.com

Kumpulan Fabel Bergambar : Ayo Jadi Anak Baik bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini bisa dibaca dari e-reader Gramedia Digital. Buku yang rilis tanggal 26 Agustus 2019 ini menarik karena ceritanya mengenai keseharian. Ibu selalu menasihati Didi agar berhati-hati. Tapi, karena keasyikan bermain, Didi melupakan nasihat Ibu! Nah, bagaimana kelanjutan kisahnya? Buku ini ditulis oleh Cucu Nurhasanah. Buku 88 halaman ini bisa dibaca dalam formal PDF.

Anak Kera Yang Nakal Dan Kumpulan Cerita Kera Lainnya

Sumber gambar ebooks.gramedia.com

Anak Kera Yang Nakal Dan Kumpulan Cerita Kera Lainnya tentu menjadi buku yang bisa dijadikan pilihan. Buku cerita bergambar yang satu ini dirilis tanggal 20 November 2020. Buku fabel ini menggambarkan watak dan budi manusia. Melalui buku ini diharapkan anak bisa mendapatkan pesan moral dan sikap yang positif. Buku PDF yang ditulis Winkanda Satria Putra ini bisa didapatkan di ebookgramedia.

From our editorial team

E-Book Lebih Menarik di Mata Anak

Anak-anak memang selalu ingin tampak lebih keren dan selalu meniru apa yang banyak dilakukan orangtuanya. Jika Anda ingin anak rajin membaca tentunya Anda juga wajib ikut rajin membaca. Nah, di zaman serba canggih seperti sekarang ini, buku dalam bentuk softcopy alias e-book memang lebih dinikmati karena memiliki sejumlah keunggulan. Ajarkan buah hati mengenal teknologi dan mencintai membaca dengan mengenalkan buku cerita bergambar berbentuk PDF. Ini tentu akan bikin anak makin semangat membaca karena kesannya lebih keren dan menarik. Buku yang bisa dibaca lewat gadget bikin anak jadi ketagihan membaca juga, loh.

Tag