Tidak Hanya Menghibur, Ini Dia Rekomendasi Buku Cerita Anak yang Juga Edukatif (2020)

Tidak Hanya Menghibur, Ini Dia Rekomendasi Buku Cerita Anak yang Juga Edukatif (2020)

Mendengarkan cerita adalah kegiatan yang sangat disukai oleh si kecil. Anak bisa belajar tentang berbagai makna dan nilai yang terkandung di dalam cerita yang baru saja ia dengar. Dapatkan rekomendasi buku cerita terbaik melalui artikel BP-Guide yang satu ini.

Mengedukasi Anak Bisa Lewat Buku Cerita Lho

Mendidik anak bukan pekerjaan yang mudah bagi orang tua. Anak cenderung mudah bosan sehingga orang tua harus pintar-pintar dalam mencari cara yang menghibur untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Selain melalui mainan edukatif, membacakan buku cerita juga merupakan sarana edukasi yang menyenangkan untuk si kecil lho.

Tidak perlu menunggu anak tumbuh besar, ibu sudah boleh mulai membacakan cerita untuk si kecil bisa dilakukan sejak di dalam kandungan. Memasuki trisemester ketiga, indera pendengaran janin sudah berkembang sehingga ia akan bisa menderngarkan suara ibu.

Lalu, kapan saat yang tepat untuk membacakan cerita untuk anak? Kapanpun itu, yang pasti anak harus berada dalam kondisi fokus. Misalnya saat anak sedang makan, ibu bisa menyuapi sementara ayah bercerita. Atau ketika sedang melakukan perjalanan, ayah dan ibu bisa bergantian bercerita di dalam mobil. Namun waktu yang paling umum untuk membacakan cerita biasanya adalah menjelang si kecil tidur.

Manfaat Membacakan Cerita Untuk Anak

Mengasah Daya Imajinasi

Anak-anak sangat kaya dengan kreativitas dan imajinasi. Untuk itu, daya imajinasi anak harus terus dilatih dan dikembangkan melalui berbagai hal, termasuk dengan membacakan cerita kepada mereka. Jika anak sering mendengarkan cerita yang dibacakan oleh ayah atau ibu, maka imajinasi dan kreativitasnya akan semakin terasah.

Usahakan untuk membacakan cerita sesuai dengan karakter yang ada pada buku. Gunakan variasi intonasi yang berbeda untuk setiap tokoh yang ada dalam cerita, bila perlu menggunakan tangan dan benda-benda lain di sekitar agar si kecil bisa membayangkannya.

Menambah Kosakata Anak

Tidak hanya meningkatkan daya imajinasi anak, membacakan cerita untuk anak juga bisa menambah kosakata mereka lho. Melalui cerita yang dibacakan oleh orang tua, anak akan mendengar banyak kata-kata baru yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya.

Hal ini akan memancing rasa ingin tahu anak sehingga mereka bertanya kepada ayah atau ibu. Semakin banyak kosakata yang diketahui anak, maka kemampuan berkomunikasinya pun akan semakin baik. Ada perbedaan kemampuan menyerap bahasa antara anak laki-laki dan perempuan. Anak perempuan biasanya bisa lebih cepat menangkap makna karena memiliki fokus yang lebih baik dibandingkan anak laki-laki.

Melatih Memori Anak

Membacakan buku cerita untuk anak bisa menjadi kegiatan untuk melatih memori dan daya ingatnya. Tokoh-tokoh di dalam buku cerita tentu memiliki nama masing-masing. Nah, di tengah cerita ibu bisa bertanya kepada si kecil pertanyaan seperti "Berapa jumlah kurcaci yang tinggal bersama Putri Salju tadi?"

Atau ibu juga bisa bertanya tentang keseluruhan cerita yang dibacakan kepada mereka keesokan harinya. Namun ibu juga harus memahami bahwa anak mungkin belum bisa mengingatnya dengan baik hanya setelah dibacakan cerita sekali saja. Setelah 2 atau 3 kali membacakan cerita yang sama, ia akan bisa mengingatnya dengan baik.

Mengenalkan Hal Baru Pada Anak

Buku cerita anak lebih banyak dipenuhi gambar dibandingkan tulisan. Kalimat yang ada di setiap lembar buku cerita dibuat pendek-pendek agar anak lebih mudah dalam memahaminya. Inilah saat yang tepat bagi ibu dan ayah untuk memperkenalkan hal-hal baru seperti gambar, warna, bentuk, angka, huruf, dan masih banyak lagi. Hal ini sekaligus bisa menambah pengetahuan si kecil lho.

Waktu Bonding Anak dan Orang Tua

Tunjukkan banyak ekspresi ketika berceita kepada anak. Bukan hanya dengan gerak tangan atau intonasi suara yang bervariasi saja, tetapi juga dengan gestur penuh kasih sayang seperti memeluk, mencium, atau menggelitik anak. Momen-momen seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mempererat hubungan antara anak dengan orang tua. Ingat, bacakan cerita ini langsung dengan suara ibu, bukan melalui media lain seperti Youtube atau audiobook.

Tips Membeli Buku Cerita yang Disukai Si Kecil

Pilih Genre Cerita Buku Anak

Cerita anak punya genre yang bermacam-macam. Mulai dari dongeng atau cerita rakyat nusantara, fabel, hingga cerita yang berbau agama. Orang tua boleh membacakan semua genre cerita. Namun sebaiknya sesuaikan dengan waktu pembacaannya.

Cerita dongeng sangat pas untuk pengantar tidur. Sementara itu, fabel atau cerita hewan bisa dibacakan di siang hari saat fokus anak sedang tinggi. Agar anak semakin bersemangat mendengarkan cerita, jangan lupa tirukan suara dan gerak gerik hewan ya! Cerita edukatif dan agamis juga cocok dibacakan di siang hari.

Perhatikan Bahasa Buku

Buku anak tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Orang tua boleh membacakan keduanya secara berselang seling untuk menambah pengetahuan si kecil sejak dini. Kuncinya adalah kesabaran dan ketelatenan hingga anak bisa menghafal kosakata baru yang ia dengar di luar kepala, baik itu bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Sesuaikan jumlah kata dan panjang kalimat yang ada di buku dengan usia anak supaya tumbuh kembangnya lebih maksimal.

Pilih Jenis Buku Berdasarkan Usia

Tidak seperti buku untuk orang dewasa, buku anak sangat bervariasi tergantung usia mereka. Misalnya untuk anak yang masih di bawah 1 tahun, sebaiknya pilih buku berbahan kain yang aman ketika digigit atau diremas si kecil. Soft book ini cocok untuk anak mulai usia 4 bulan.

Keunggulannya adalah buku ini lebih awet dan tahan lama karena tidak mudah sobek. Buku yang terbuat dari kain juga bisa dicuci dan dikeringkan lho. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir akan kebersihannya.

Selain soft book, ada juga buku jenis bath book. Buku unik ini terbuat dari bahan waterproof, bisa dibacakan dan dimainkan ketika si kecil sedang mandi. Jangan lupa selalu bersihkan buku ini agar bisa dimainkan dengan aman oleh anak.

Rekomendasi Buku Cerita Anak yang Menghibur dan Edukatif

Cilukba - Rabbit Hole

Rekomendasi buku cerita anak yang pertama berjudul Cilukba dari penerbit Rabbit Hole. Buku ini menceritakan tentang rasa kasih sayang yang dimiliki orang tua untuk anak mereka. Hal ini sangat penting supaya anak mengerti gestur yang ditunjukkan oleh ayah dan ibu kepadanya.

Bila perlu, mulai bacakan buku cerita ini sejak trisemester kehamilan yang ketiga di saat indera pendengaran anak sudah mulai berkembang. Kalimat dalam buku ini dibuat sederhana dengan jumlah sedikit. Namun ilustrasi gambarnya diperbanyak karena lebih mudah dimengerti anak. Buku berisi 12 halaman ini sesuai untuk anak mulai usia 6 bulan hingga 3 tahun.

Harga Rp. 40.000-100.000

Buku Cerita Anak Bergambar - Seri Aneka Satwa Unik

Buku Cerita Anak Bergambar - Seri Aneka Satwa Unik adalah buku cerita anak selanjutnya yang direkomendasikan. Buku ini bisa dijadikan sarana untuk memperkenalkan tentang hewan kepada anak melalui cerita bergambar dengan ilustrasi menarik.

Seri buku ini terdiri dari 10 macam judul hewan seperti Kura Kura, Buaya, Penguin, Burung Hantu, Gajah, Kanguru, Landak, Panda, Lumba Lumba, dan Harimau. Agar mudah dimengerti oleh anak, buku ini menggunakan bahasa yang singkat dan jelas. Pada halaman akhir disertai pula pengetahuan menarik tentang hewan yang dijadikan judul buku.

Harga Rp. 20.000-80.000

25 Kisah Nabi & Rasul - Bentang Pustaka

Bagi mereka yang beragama Islam, anak-anak harus dikenalkan kepada nabi dan rasul sedini mungkin. Banyak hal yang bisa diteladani dari kisah beliau. 25 Kisah Nabi & Rasul dari penerbit Bentang Pustaka.

Melalui buku ini, si kecil akan tahu bagaimana umat manusia hidup di bumi melalui kisah Nabi Adam. Kemudian ada juga Nabi Ibrahim yang harus mengorbankan putra kesayangannya, serta Nabi Sulaiman yang bisa berbicara dengan hewan. Ajak anak untuk menemukan keajaiban dan mukjizat melalui kisah nabi dan rasul yang lengkap ini.

Harga Rp. 70.000-150.000

Seri Ayo Berkata Baik - Gramedia Pustaka Utama

Selanjutnya ada rekomendasi buku Seri Ayo Berkata Baik yang ditulis oleh Watiek Ideo. Buku terbitat Gramedia Pustaka Utama ini terdiri dari empat judul yaitu Mimi Bilang Permisi, Tiko Bilang Tolong, Sisi Bilang Terima Kasih, dan Elpa Bilang Maaf.

Buku ini bertujuan untuk mengajarkan empat kata penting pada anak melalui tokoh hewan yang mereka sukai. Melalui cerita yang ada pada buku, anak bisa dengan mudah mempraktekkan kata-kata penting tersebut di kehidupan mereka sehari-hari. Satu buku terdiri dari 26 halaman, dilengkapi ilustrasi dan kalimat singkat yang mudah dimengerti si kecil.

Harga Rp. 25.000-40.000

Aku Anak Pemberani, Percaya Diri dan Mandiri - Penerbit Kanak

Bagaimana cara melatih keberanian dan mengajarkan kemandirian pada anak? Aku Anak Pemberani, Percaya Diri dan Mandiri dari Penerbit Kanak bisa jadi solusinya. Isi buku ini sangat keren karena memberikan pelajaran kepada anak untuk melindungi dan menyelamatkan diri dari keadaan yang tidak menyenangkan.

Mulai dari mencegah dan menghadapi bullying di sekolah, mencegah terjadinya penculikan, hingga jika anak tersesat di mall. Semua ini dikemas secara menarik dengan gambar yang penuh warna agar mudah dimengerti anak. Lewat buku ini, anak diajarkan untuk menjadi pribadi yang berani, mandiri, dan tentunya percaya diri.

Harga Rp. 100.000-150.000

Bella dan Balon Merah - Rabbit Hole

Satu lagi nih rekomendasi buku cerita anak dari Rabbit Hole yang edukatif dan menghibur. Berjudul Bella dan Balon Merah yang ditulis oleh Devi Raissa dan Guntur G yang merupakan pasangan suami istri. Buku ini dibuat untuk anakn usia 3-7 tahun.

Mengisahkan tentang Bella yang sedang mencari balonnya yang terbang. Ternyata balon merah tersebut ditemukan oleh keluarga beruang dan mereka senang dengan balon tersebut. Bella pun harus berpikir keras bagaimana cara mendapatkan balon itu kembali. Cerita dalam buku ini mengasah kemampuan anak untuk mengenal emosi, berempati, hingga mengambil keputusan.

Harga Rp. 20.000-100.000

Alkitab Untuk Balita - Juliet David & Helen Prole

Mengenalkan agama kepada anak memang harus dilakukan sedini mungkin. Alkitab Untuk Balita karya Juliet David & Helen Prole dikemas dalam bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh si kecil. Di dalam buku ini berisi banyak kisah dari Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

Isi teks sangat sedikit, lebih banyak ilustrasi gambar yang cerah ceria untuk menarik perhatian si kecil. Ada 2 bahasa dalam buku ini, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ini sekaligus menjadi sarana untuk mengenalkan bahasa lain kepada si kecil.

Harga Rp. 150.000-200.000

100 Cerita Rakyat Nusantara

Saat kecil dulu, kita pasti sering mendengar tentang dongeng dan cerita rakyat yang berasal dari berbagai daerah bukan? Kini saatnya "mewariskan" kisah dari seluruh penjuru negeri tersebut kepada anak-anak. 100 Cerita Rakyat Nusantara berisi kumpulan cerita rakyat, baik itu mitos maupun fakta yang penuh akan nilai-nilai dan pelajaran uang bisa diambil.

Mulai dari kisah romantis hingga menegangkan ada di buku ini. Dilengkapi pula dengan berbagai ilustrasi penuh warna agar semakin menarik untuk anak-anak. Ini merupakan cara yang baik untuk mengenalkan kekayaan budaya nusantara pada generasi selanjutnya. Cerita dalam buku ini telah dikemas ulang dengan menghilangkan unsur mistis serta kekerasan dari cerita versi lainnya.

Harga Rp. 120.000-160.000

Tiku Si Tikus Yang Gigih

Memasuki usia PAUD dan TK, anak sudah mulai mengenal huruf dan belajar membaca. Tiku Si Tikus Yang Gigih adalah buku karya Watiek Ideo yang dibuat untuk mengasah kemampuan anak dalam membaca. Berisi tentang pembangunan karakter yang dikemas secara menarik dan sederhana. Pada setiap lembar buku 19 halaman ini terdapat nama-nama benda, sehingga anak bisa belajar kosakata baru. Selain itu, buku ini juga kaya akan kesan moral yang bisa dipelajari oleh anak setelah membacanya.

Harga Rp. 40.000-80.000

Seri My Very First Word

Terakhir ada rekomendasi buku cerita anak dari Usbome yang berjudul My Very First Word. Buku berseri ini memiliki tema yang berbeda-beda, namun tujuannya mengenalkan benda-benda yang ada di sekitar kepada anak. Buku terbutan Bhuana Ilmu Populer ini adalah buku bilingual, terdiri dari Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Ada seri Liburan, Peternakan, Tubuhku, Di Rumah, dan Waktunya Tidur. Buku ini hadir dalam ilustrasi kartun yang colorful dan menarik, serta kata-kata dan kalimat singkat yang mudah dipahami oleh si kecil.

Harga Rp. 50.000-70.000
From our editorial team

Jangan Segan Untuk Membaca Satu Buku Berulang-Ulang

Anak-anak biasanya suka dengan satu buku tertentu dan cenderung meminta untuk dibacakan buku yang sama berulang kali. Jika memang demikian permintaan si kecil, Anda sebagai orang tua tinggal menuruti saja. Tunggu hingga anak bosan dan ingin berganti buku. Pilih buku cerita terbaik anak dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!

Tag