Yuk, Ajak Anak Bermain dengan 10 Rekomendasi Mainan yang Bisa Dinaiki (2021)

Yuk, Ajak Anak Bermain dengan 10 Rekomendasi Mainan yang Bisa Dinaiki (2021)

Dunia anak adalah dunia bermain, jadi jangan terlalu membatasi anak bermain di usia awal kehidupannya. Melalui permainan, anak bisa belajar banyak hal. Anda juga wajib mendampingi anak saat bermain agar ia bisa mendapatkan manfaat maksimal dari bermain. Nah, berikan mainan yang bisa dinaiki agar si kecil makin ceria dan bisa melatih motoriknya. Yuk, cek rekomendasi kami!

Luangkan Waktu untuk Bermain Bersama Buah Hati

Sebagai orangtua, kita tidak ingin buah hati tumbuh dengan kekurangan. Kita pastinya ingin melihat si kecil tumbuh makin aktif dan riang setiap harinya. Nah, Anda wajib tahu bahwa semua aktivitas yang ia lakukan bisa berdampak pada tumbuh kembangnya, loh. Maka dari itu, di masa emas perkembangannya, Anda wajib mendampingi si kecil ya. Ingat, masa kecil anak tidak akan terulang, maka Anda tidak akan mau melewatkan tumbuh kembangnya hanya karena alasan kesibukan.

Sesibuk apapun Anda, luangkan sedikit waktu Anda untuk bermain bersama si kecil. Awasi anak bermain dan ikutlah berinteraksi dengan anak. Anda pasti setuju bahwa usai lelah bekerja atau melakukan aktivitas di rumah, bermain bersama anak bisa menjadi obat mujarab yang menghilangkan penat dan lelah. Dan aktivitas bermain bersama anak ternyata juga memiliki banyak manfaat lainnya yang tidak kalah penting.

Bermain bersama anak membuat Anda jadi tahu perkembangan anak secara signifikan, dari sisi motorik, kognitif, sosial, hingga bahasanya. Dengan bermain bersama, Anda juga bisa sedikit banyak membantu anak mengoptimalkan kemampuannya yang kurang. Tentunya si kecil makin tumbuh dengan baik jika didampingi orangtuanya.

Bermain dengan anak juga bisa mempererat ikatan emosional antara orangtua dan anak. Si kecil akan lebih nyaman dengan Anda dan tidak malu menceritakan berbagai hal pada Anda. Mendampingi anak bermain juga bisa membuat anak makin dekat dengan lingkungannya dan tidak takut mengeksplorasi sekitarnya.

Ketika bermain bersama anak, kita akan banyak bercanda dan tertawa. Hal ini membuat anak dan orangtua jadi terbebas dari stres. Saat Anda dan si kecil bebas stres tentu mood jadi lebih baik dan komunikasi bisa berjalan dengan lancar.

Manfaat Bermain Bagi Anak

Meningkatkan Kemampuan Motorik dan Kognitif Anak

Anak-anak memang senang bermain. Ini adalah aktivitas utama anak di usia awal kehidupannya. Bermain bisa membuat anak melatih kemampuan motoriknya. Jika anak aktif bermain baik di dalam maupun di luar rumah maka kemampuan motorik anak jadi sangat baik. Hal ini membuat berat badan anak tetap ideal, tinggi badannya cepat bertumbuh, dan bisa mencegah obesitas karena anak terus bergerak aktif. Ajak anak bermain seluncuran, menendang bola, bersepeda, lompat tali, dan lain sebagainya yang bisa melatih kemampuan motorik anak dengan baik.

Bermain dengan aktif juga membuat anak bisa meningkatkan kemampuan kognitifnya. Anak-anak yang banyak bermain memiliki tingkat intelektual yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang hanya bermain sebentar saja. Anda bisa mengajak anak bermain lego, puzzle, mengenal warna, dan lain sebagainya untuk mengasah kemampuan kognitifnya.

Belajar Bersosialisasi dan Komunikasi

Bermain adalah cara anak mempelajari banyak hal. Salah satunya adalah belajar bersosialisasi. Baik dengan keluarga atau teman, saat bermain anak tentu butuh belajar mendekat dan bermain dengan teman sebayanya. Mereka sedikit banyak akan belajar bersosialisasi dengan baik. Mulai dari mengajak bermain, menghargai keinginan teman, mengendalikan emosi, belajar berbagi, dan lain sebagainya.

Bermain juga bisa mengasah komunikasi anak. Ia akan berusaha mengungkapkan keinginannya pada keluarga atau temannya. Selanjutnya, ia bisa menambah kosakata dan bisa merangkai kalimat dengan lebih baik melalui bermain bersama baik dengan keluarga atau teman.

Menemukan Minat Anak

Lewat bermain, kita bisa juga menemukan minat dan bakat anak. Berikan aneka mainan untuk anak dan Anda bisa melihat mainan mana yang paling membuatnya tertarik. Jika anak sudah sedikit besar, Anda bisa memberikan mainan yang sekiranya bisa mengasah bakatnya. Anda bisa pilih mainan berupa alat musik, alat gambar, sepeda, atau berbagai mainan yang sekiranya bisa melatih kemampuannya dengan baik.

Mainan yang Bisa Dinaiki Memberikan Banyak Manfaat untuk Anak

Di pasaran, kita bisa menemukan beragam jenis mainan yang menarik. Namun kita tak bisa asal saja memberikan mainan pada anak. Ada jenis mainan yang sebaiknya tidak diberikan dan ada pula jenis mainan yang sebaiknya diberikan pada anak. Untuk itu, kita harus menyesuaikan dengan usia, kemampuan, dan tinggi atau besar tubuh anak.

Untuk anak usia 1,5 tahun ke atas, Anda bisa berikan mainan yang bisa dinaiki. Ada banyak jenis mainan yang bisa dinaiki, seperti sepeda, boneka hewan, mobil-mobilan dan lain sebagainya. Mainan yang bisa dinaiki tentunya menarik perhatian buah hati. Mainan semacam ini juga bisa memberikan banyak manfaat untuk anak.

Si kecil bisa melatih motorik kasarnya. Ia bisa memainkan mainan tersebut di luar atau di dalam rumah. Untuk mainan yang diam di tempat maka Anda bisa mengajarkan anak untuk tidak takut ketinggian. Sementara mainan yang bisa bergerak bisa membuat anak berlatih agar lebih aktif bergerak.

Mainan yang dinaiki seperti sepeda misalnya bisa melatih kekuatan kaki. Ini juga bisa melatih keterampilan tangannya dalam mengendalikan mainan yang ia naiki. Anak juga bisa belajar mengasah konsentrasinya kala sedang menaiki mainannya. Manfaat lainnnya adalah anak bisa belajar keseimbangan dan juga bisa mengenal arah.

Ini Loh Mainan Anak yang Bisa Dinaiki untuk Bikin Anak Makin Ceria

Labeille Chick Ride On Toys Kc 106

Labeille Chick Ride On Toys Kc 106 ini bisa jadi pilihan Anda untuk buah hati. Mainan ini memiliki bentuk lucu dan menggemaskan. Ada pilihan warna hijau dan ungu yang tersedia. Mainan yang satu ini cocok untuk melatih keseimbangan dan kekuatan otot kaki. Terbuat dari bahan plastik, mainan ini sudah bersertifikat SNI sehingga aman digunakan.

Produk yang satu ini bisa memberikan sensasi bermain lebih seru. Mainan ini mudah dikendarai anak. Anda juga lebih mudah membersihkannya. Ukuran produk ini adalah 52 x 30 x 42 cm sehingga cocok untuk anak usia 1,5 tahun ke atas dengan berat maksimal 30 kg.

Harga Rp. 310.000-578.000

Mobil Dorong Polisi

Mobil Dorong Polisi tentu menjadi rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan desain yang keren. Anak tentu akan tertarik menaikinya. Ukuran mainan ini adalah 60 x 30 x 50 cm. Produk ini membutuhkan baterai AA sebanyak 2 buah untuk dioperasikan. Mainan ini juga sudah bersertifikat SNI sehingga lebih aman digunakan.

Harga Rp. 134.000-153.000

Mainan Kuda Jumping Karet

Anda tentu tidak ingin melewatkan Mainan Kuda Jumping Karet. Produk yang satu ini terbuat dari karet padat dan kuat. Mainan ini bisa menahan beban hingga 30 kg. Mainannya unik dan menggemaskan dengan desain bentuk kuda. Ada tombol yang jika ditekan bisa mengeluarkan musik. Ada pilihan seperti kuda, sapi, atau rusa. Ukuran mainan ini adalah 55 x 25 x 47 cm.

Harga Rp. 70.000-149.000

ibebe Forest Swing / Mainan Ayunan Anak

ibebe Forest Swing / Mainan Ayunan Anak jangan sampai dilewatkan jadi pilihan. Mainan yang satu ini cocok untuk anak usia 1,5 tahun ke atas. Ayunan anak ini bisa dinaiki dan aman untuk anak karena dilengkapi dengan pijakan kaki. Dilengkapi pula dengan pegangan dan pelindung depan.

Alunan musik pada mainan ini membuat anak makin tenang dan ceria saat bermain. Pilihan warna yang tersedia adalah pink dan biru. Mainan ini tergolong BPA free sehingga Anda tidak perlu khawatir. Produk ini mudah dipasang dan bahannya tebal sehingga kokoh dan tahan lama.

Harga Rp. 850.000-1.275.000

Mainan Mobil Aki Lamborghini Lambrado M6869 PMB

Mainan Mobil Aki Lamborghini Lambrado M6869 PM juga bisa jadi rekomendasi keren untuk Anda dan buah hati. Produk ini bisa dinaiki dengan kapasitas 1 kursi. Mainan yang satu ini hadir dengan tenaga baterai 6 volt 7Ah. Pada produk ini lengkap dengan air fan, sabun pengaman, anti kejut, dan suspensi.

Selain itu juga ada musik, slot USB, kabel socket MP3, dan lampu depan belakang. Anda bisa mengarahkan mobil dengan remote control sehingga lebih aman. Produk ini memiliki kecepatan 6km/jam.

Ukuran produk ini adalah 130 x 70 x 48cm dengan beart 20 kg. Ada banyak pilihan warna seperti putih, oranye, merah, biru, dan hijau. Produk mainan ini bisa diakselerasi dengan pedal injak dan bisa ditransmisikan maju dan mundur.

Harga Rp. 1.500.000-2.550.000

Perosotan Tayo Bus 2 in 1 Mobil Ayunan 3 in 1

Perosotan Tayo Bus 2 in 1 Mobil Ayunan 3 in 1 merupakan produk mainan keren selanjutnya untuk anak. Mainan ini unik dan lucu dengan bentuk karakter bus yang ramah. Dalam satu set lengkap dengan perosotan dan ayunan. Ada pula bangku, setir mobil, dan 2 daun pintu realistik yang dapat dibuka tutup.

Bagian perosotan bisa dinaiki karena memiliki anak tangga yang lebar. Perosotan bisa menahan beban hingga 50 kg. Ada juga pegangan di bagian atasnya sehingga aman untuk dimainkan. Mainan juga dilengkapi dengan papan landasan pada ujungnya untuk memberi rasa lebih aman bagi anak-anak.

Produk ini terbuat dari bahan plastik yang aman dan sudah SNI. Ada juga ayunan di samping perosotan. Ayunan sudah lengkap dengan safety T-bar. Kapasitas ayunan untuk anak dengan berat maksimal 25 kg. Mainan ini juga dilengkapi ring basket dan bola basket sehingga anak bisa makin aktif bermain.

Harga Rp. 2.459.000-5.459.000

Mainan Mobil Aki BY SHP TOYS Volta 5004 Classy

Mainan Mobil Aki BY SHP TOYS Volta 5004 merupakan rekomendasi yang tidak bisa dilewatkan. Mobil ini berbahan plastik berkualitas yang nyaman. Mainan yang satu ini bisa dinaiki dan pastinya bikin anak tertarik. Mainan mobil aki ini bisa bergerak maju mundur. Selain itu juga bisa diakselerasi dengan menginjak pedalnya. Pintunya bisa dibuka tutup. Mainan ini lengkap dengan seatbelt jadi lebih aman. Ada lampu LED pada mobil-mobilan dengan aki 6 volt ini. Mobil juga dilengkapi musik sehingga lebih seru.

Harga Rp. 580.000-812.000

Mainan Ride On Cars SHP TOYS SMC 628

Mainan Ride On Cars SHP TOYS SMC 628 adalah rekomendasi kami selanjutnya. Mainan yang satu ini memiliki ukuran 80,5 cm x 47 cm x 35 cm. Desain mobil-mobilannya keren sehingga membuat anak tidak sabar untuk menaikinya. Ada pilihan warna merah, kuning, biru, putih, dan lainnya. Fitur mainan ini juga lengkap seperti lampu dan musik.

Mainan ini akan membantu mengembangkan saraf motorik anak. Si kecil bisa belajar mengkoordinasikan tangan dan kaki. Mainan ini sudah bersertifikat SNI jadi lebih aman digunakan.

Harga Rp. 340.000-425.000

SHP TOYS MAINAN TRICYCLE MINI VASTER 616

SHP TOYS MAINAN TRICYCLE MINI VASTER 616 adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini bisa digunakan anak usia 3 tahun ke atas. Mainan ini terbuat dari bahan plastik berkualitas dan bersertifikat SNI. Ukuran mainan ini adalah 73 cm x 29 cm x 33 cm. Ada banyak pilihan warna seperti hijau, kuning, putih, dan merah. Mainan ini akan melatih saraf motorik anak dan melatih keseimbangannya.

Harga Rp. 260.000

Mainan Anak Tricycle by SHP TOYS Rocker 673

Mainan Anak Tricycle by SHP TOYS Rocker 673 menjadi rekomendasi terakhir dari kami. Mainan yang satu ini hadir dalam ukuran 74 cm x 36 cm x 61 cm dan terbuat dari bahan plastik murni. Mainan yang satu ini memiliki musik di bagian setangnya. Produk juga dilengkapi lampu di depan dan belakang. Ada dorongan yang bisa bikin Anda dan buah hati menjadi lebih nyaman.

Mainan ini cocok untuk anak usia 1 hingga 3 tahun. Beban maksimal untuk naik mainan ini adalah 25 kg. Produk sudah bersertifikat SNI sehingga Anda tidak perlu was-was dengan bahan yang digunakannya.

Harga Rp. 225.000-315.000
From our editorial team

Sesuaikan Bujet Anda

Untuk buah hati, kita memang ingin selalu memberikan segala yang terbaik. Namun, jangan sampai Anda menguras habis isi dompet hanya untuk menyenangkan buah hati. Ada banyak mainan yang bisa diberikan tanpa harus menguras dompet. Sediakan bujet tersendiri untuk anak dan usahakan untuk tidak melebihi bujet tersebut. Ini karena kebutuhan anak ke depannya juga masih banyak sehingga Anda perlu mempertimbangkan hal tersebut. Jadi, belilah mainan sesuai bujet yang Anda sediakan agar tidak keteteran dengan jatah uang bulanan, ya.

Tag