10 Rekomendasi Mainan Mobil untuk Menghibur Si Kecil (2020)

10 Rekomendasi Mainan Mobil untuk Menghibur Si Kecil (2020)

Di antara banyaknya jenis mainan untuk anak, mobil-mobilan bisa mendukung tumbuh kembangnya agar lebih optimal. Salah satunya adalah melatih motorik kasar dan motorik halus anak. Temukan rekomendasi mainan mobil dalam artikel BP-Guide berikut ini agar waktu bermain anak lebih bermanfaat.

Mainan Mobil Bisa Melatih Motorik Anak

Ketika anak berusia 0 sampai 5 tahun, maka ini merupakan periode emas pertumbuhan yang harus dimaksimalkan dengan baik oleh orang tua. Salah satunya dengan melatih kemampuan motorik anak melalui permainan.

Bermain mobil-mobilan misalnya, dapat membantu melatih motorik anak karena melibatkan gerakan dari sebagian tubuh mereka. Hal ini dapat membantu si kecil untuk tetap aktif dalam bermain, sehingga tumbuh kembangnya akan semakin optimal. Semakin anak bertumbuh besar, mainan juga bisa menjadi sarana untuknya bersosialisasi dengan anak-anak lain seusia dirinya.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk memberikan mainan kepada anak. Mainan mobil-mobilan juga bisa membantu mengenalkan tentang jenis-jenis transportasi yang ada di sekitar mereka, sehingga hal ini sekaligus menambah pengetahuan anak.

Manfaat Mainan Mobil Bagi Anak untuk Mendukung Tumbuh Kembangnya

Melatih Motorik Kasar dan Motorik Halus

Salah satu manfaat terbesar yang bisa dirasakan oleh anak dari mainan mobil-mobilan adalah motorik kasar dan motorik halusnya yang semakin terlatih. Mainan ini dapat meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan kecil, membuatnya lebih tangkas saat memainkannya.

Penggunaan tangan dan otot tangannya pun juga semakin banyak dengan memainkan mobil-mobilan model pullback, yaitu jenis mainan yang harus ditarik ke belakang untuk bisa meluncur ke depan.

Memperkaya Perbendaharaan Kata Anak

Jangan anggap bermain mobil-mobilan hanya sekadar kegiatan untuk menghibur mereka atau mengisi waktu saja. Dengan memiliki mainan mobil seperti ini, keingintahuan anak akan semakin bertambah karena mereka menemukan hal-hal baru.

Misalnya seperti bagian-bagian mobil, warna mobil, hingga kata-kata yang sering digunakan saat mengoperasikan mobil. Ini sekaligus menambah perbendaharaan kata yang mereka miliki.

Menjadi Konsep Belajar yang Baik untuk Anak

Melalui mobil-mobilan yang dimainkannya, anak akan belajar tentang konsep-konsep baru yang terkait. Anak akan tahu apa itu jalan, berhenti, mengerem, turun, naik, lambat, dan masih banyak lagi. Selain itu, ini bisa menjadi sarana yang tepat untuk mengenalkan anak pada rambu-rambu lalu lintas atau tanda-tanda lain yang ada di jalan.

Melatih Kemampuan Kognitif Anak

Mainan mobil-mobilan memiliki manfaat yang besar untuk tumbuh kembangnya. Termasuk dalam melatih kemampuan kognitifnya. Anak jadi tahu bahwa ketika ia memainkan mobilnya terlalu cepat, maka mainan mobilnya lebih mudah menabrak sesuatu.

Atau jika mobil yang ia mainkan keluar dari jalur, maka akan membentur sisi jalan dan menyebabkan kerusakan. Melalui hal-hal ini, anak bisa tahu apa itu bahaya dan membuatnya lebih berhati-hati.

Sarana Bersosialisasi untuk Si Kecil

Semakin bertambah usia anak, maka lingkungan sosialnya juga akan semakin besar. Ia akan memiliki teman yang diajak bermain dan berbagi. Salah satu hal yang bisa mendekatkan anak dengan teman seusianya adalah dengan bermain. Jika ia memiliki mainan, ia bisa mengajak anak-anak lain untuk ikut bermain dengannya dan ini sama dengan menyediakan sarana bersosialisasi untuknya.

Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan yang Tepat untuk Anak

Sesuaikan Ukuran dan Usianya

Mobil-mobilan memang punya ukuran yang mini. Namun, tetap saja saat Anda membelikan mainan mobil-mobilan untuk anak harus disesuaikan dengan usianya. Jika akan masih berusia antara 1-2 tahun, pilih mainan yang berukuran besar agar tidak tertelan oleh anak.

Kalau anak sudah sedikit besar dan tahu apa itu bahaya, maka boleh memberikan mainan yang lebih kecil untuk mereka. Selain itu, sebaiknya mainan untuk anak tidak terdiri dari bagian-bagian yang mudah terlepas. Misalnya seperti bagian roda yang bisa dilepas, maka tetap bisa berisiko tertelan oleh si kecil.

Pilih Tipe Gerak Mobil Mainan

Mobil mainan biasanya memiliki dua cara bergerak yang berbeda, yaitu jenis yang didorong secara manual serta pullback. Mainan yang didorong secara manual relatif lebih aman, namun tidak bisa melaju dengan kecepatan.

Berbeda dengan jenis pullback yang bisa melaju kencang. Namun, justru ini yang harus diperhatikan. Jangan sampai mobil dengan jenis pullback justru melaju dengan kecepatan tinggi tanpa terkendali karena bisa-bisa malah berbahaya untuk anak.

Bahan Pembuat Harus Diperhatikan

Aspek terakhir yang harus diperhatikan saat memilih mainan mobil untuk anak adalah bahan pembuatnya. Jika mainan terbuat dari bahan plastik, pastikan plastik tersebut sudah terbukti aman jika digigit oleh anak. Selain bahan plastik, mainan anak juga biasanya terbuat dari bahan kayu. Sangat penting untuk memastikan bahwa bahan kayu tersebut juga aman untuk anak.

Rekomendasi Mainan Mobil untuk Si Kecil yang Juga Bisa Dijadikan Koleksi untuk Orang Dewasa

Robocar Poli Figure Set Isi 8

Rekomendasi pertama datang dari satu set mainan mobil bernama Robocar Poli Figure Set yang diambil dari karakter kartun Robicar Poli yang sangat disukai oleh anak-anak. Mainan ini terbuat dari bahan plastik berkualitas yang aman untuk dimainkan anak-anak. Tidak menggunakan baterai, namun bisa maju dengan sendirinya menggunakan sistem pull back. Mainan dengan skala 1:24 ini tidak bisa diubah bentuk menjadi robot.

Karakter dari mainan mobil miniatur ini adalah Poli, Helly, Amber, Roy, Max, Dump, School-B, dan Cap. Bisa dimainkan bersama dengan teman-teman si kecil, juga sangat baik untuk melatik kemampuan motorik si kecil.

Harga Rp. 70.000-130.000

Tomica Firefighter Collection No 50 Lotus Exige S Diecast

Buat Anda yang suka mengoleksi miniatur mobil atau diecast, maka produk yang satu ini bisa jadi rekomendasi yang tepat buat Anda. Tomica Firefighter Collection No 50 Lotus Exige S Diecast namanya. Ini merupakan produk original Tomica Takara Tomy dengan skala 1/69.

Namun tidak seperti mobil mainan yang biasa dimainkan anak kecil, mobil ini terbuat dari bahan besi berkualitas. Bentuknya sangat mirip dengan mobil jenis Lotus Exige S dengan warna yang sangat menarik. Mobil mainan buatan Vietnam ini sangat pas untuk dijadikan pelengkap koleksi Anda.

Harga Rp. 50.000-110.000

Tayo The Little Bus Set Pullback Action Isi 4

Siapa sih anak kecil yang tidak kenal dengan TAYO? Ini adalah kartun yang sangat disukai oleh anak-anak. Memberikan mereka mainan berupa miniatur karakter Tayo tentu akan membuat mereka lebih bersemangat dalam memainkannya. Tayo The Little Bus Set Pullback Action Isi 4 ini bisa dijadikan kado yang tepat untuk si kecil.

Ini adalah mainan kekinian yang bisa dimainkan dengan sangat mudah. Hanya dengan ditarik ke belakang dan dilepas untuk membuat bus melaju ke depan. Dalam satu set berisi 4 karakter Tayo yang berbeda dan ukuran busnya hanya 9 cm saja. Pintu bus juga bisa digeser. Mainan yang terbuat dari bahan plastik PVC ini memiliki berat 400 gram.

Harga Rp. 70.000-100.000

Tobot Tritan XYZ 3 Cars Combine

Mainan yang satu ini adalah jenis mainan yang sangat disukai oleh anak laki-laki. Bukan hanya anak-anak, kadang orang dewasa juga sangat suka dengan mainan ini lho. Tobot Tritan XYZ 3 Cars Combine adalah 3 buah mobil yang bisa diubah menjadi robot jika digabungkan menjadi satu.

Siapa yang menyangka 3 mobil ini bisa berubah menjadi Tobot Tritan yang sangat gagah. Mainan ini juga bisa melatih motorik halus anak ketika ia merakitnya menjadi robot. Ini juga bisa menjadi sarana untuk mengembangkan kreativitas anak.

Harga Rp. 75.000-150.000

Hot Wheels® 14 Custom Mustang

Kalau membahas tentang mainan mobil, tentu harus menyertakan Hot Wheels yang sangat terkenal ini. Ada mainan Hot Wheels® 14 Custom Mustang dengan skala 16:4 yang memiliki corak yang realistis dan dekorasi otentik.

Baik untuk anak-anak atau dewasa, mobil mainan ini layak dijadikan koleksi. Agar semakin seru untuk dimainkan, tersedia juga trackset yang dijual secara terpisah lho. Para pecinta Hot Wheels pasti sangat senang dengan koleksi yang satu ini.

Harga Rp. 60.000-125.000

KiNSMART 1932 Ford 3-Window Coupe

KiNSMART 1932 Ford 3-Window Coupe adalah mobil mainan yang sangat cocok untuk dijadikan koleksi bagi orang dewasa, namun juga bisa dijadikan sarana untuk mengenalkan mainan kepada si kecil. Produk ini dibuat sangat menyerupai aslinya dan sangat detail, termasuk pintunya yang bisa dibuka dan ditutup.

Tidak hanya itu, mobil ini juga tersedia dalam 4 pilihan warna berbeda yang semakin menambah keunikannya. Namun jangan salah, warna tertentu dijual dengan harga lebih mahal dari warna lainnya. Buat Anda yang suka mengoleksi mobil atau ingin memberikan mainan kepada anak Anda, mobil ini layak untuk dipertimbangkan.

Harga Rp. 80.000-250.000

IKEA Lillabo Toy Vehicle

Berikutnya ada rekomendasi produk bernama IKEA Lillabo Toy Vehicle. Kalau melihat mereknya, tentu tidak perlu mempertanyakan tentang kualitasnya lagi, bukan? Bahan pembuat mainan ini sudah terjamin keamanannya. Satu set mainan terdiri dari 3 buah mobil yang sudah memiliki sertifikat CE yang menandakan produknya sesuai dengan standar keamanan Eropa.

Tidak hanya itu, mainan ini juga terdiri dari bagian-bagian yang sangat mudah dibongkar pasang. Mainan ini juga dapat melatih kemampuan koordinasi mata dan tangan agar semakin terasah. Cocok untuk diberikan kepada anak mulai usia 18 bulan ke atas.

Harga Rp. 100.000-250.000

WinFun Go Go Drivers Emergency Rescue

WinFun Go Go Drivers Emergency Rescue adalah mainan edukatif yang dibuat khusus untuk si kecil usia 18 bulan ke atas. Mainan ini sekaligus mengenalkan si kecil kepada berbagai macam profesi yang ada. Satu set terdiri dari 3 mobil yaitu mobil patroli, mobil pemadam kebakaran, dan mobil ambulans.

Mobil ini dibuat seperti aslinya karena bisa mengeluarkan suara sirene dan dilengkapi dengan lampu yang bisa menyala. Bahan pembuatnya adalah plastik bebas BPA yang dijamin aman untuk anak-anak. Selain itu, mobil-mobilan ini juga bisa mengeluarkan melodi yang menghibur untuk si kecil.

Harga Rp. 500.000-700.000

Tomica Disney Pixar Cars C07 Red

Koleksi mainan mobil berikutnya yang bisa menjadi mainan edukatif menghibur untuk anak-anak adalah Tomica Disney Pixar Cars C07 Red. Diambil dari karakter kartun Cars yang sangat terkenal itu, sehingga pasti disukai oleh mereka.

Mobil diecast ini memiliki desain yang detail dan menarik serta merupakan bagian dari seri Disney Cars. Mainan ini dibuat untuk anak mulai usia 4 tahun ke atas. Menggunakan bahan yang berkualitas dengan ban yang sangat realistis serta roda yang memiliki suspensi.

Harga Rp. 130.000-250.000

Rail Overpass Track Race Wooden Toys

Produk terakhir yang direkomendasikan adalah Rail Overpass Track Race Wooden Toys. Ini merupakan mainan edukasi yang sangat cocok untuk anak balita, melatih kreativitas, sekaligus imajinasi mereka. Mainan ini adalah pelengkap yang pas untuk mendukung tumbuh kembangnya secara optimal di usia emas.

Rail overpass ini memiliki banyak varian yang tidak akan membuat anak cepat merasa bosan. Ukuran kota adalah 80 x 35 cm, dilengkapi dengan banyak penghuni selain mobil seperti rambu, pohon, dan jalan. Mainkan bersama anak untuk menjalin kedekatan dengan mereka.

Harga Rp. 150.000-350.000
From our editorial team

Dampingi Anak Saat Memainkan Mobil-mobilan Miliknya

Ketika anak bermain, sebagai orang tua pastikan Anda selalu mendampingi si kecil. Kegiatan bermain bisa menjadi sarana yang tepat untuk mendekatkan hubungan antara anak dengan orang tua. Oleh karena itu, sebaiknya mainkan mobil-mobilan bersama agar semakin berkesan dan bisa dikenang oleh si kecil, ya! Rekomendasi mainannya bisa Anda lihat dari artikel BP-Guide di atas ya!

Tag