Lagi Cari Mobil Mainan untuk Anak? Yuk, Intip 10 Rekomendasinya (2021)

Lagi Cari Mobil Mainan untuk Anak? Yuk, Intip 10 Rekomendasinya (2021)

Memilih mainan untuk anak memang gampang-gampang susah. Selain harus membuat anak senang, mainan juga harus memberi keamanan untuk anak. Bagi Anda yang memiliki anak laki-laki, biasanya ia meminta mobil-mobilan sebagai mainannya. Bagaimana memilih mainan mobil-mobilan yang tepat untuk anak? Simak penjelasannya.

Mobil-mobilan Adalah Mainan Favorit Anak-anak

Mobil-mobilan menjadi salah satu mainan favorit anak-anak karena memiliki berbagai macam bentuk yang lucu. Apalagi model dan bentuknya terus diperbarui dan berubah dari masa ke masa. Bentuk dan model mobil-mobilan terkadang membuat anak ingin memilikinya, khususnya anak laki-laki.

Meskipun terlihat lucu, tetapi Bunda juga perlu memerhatikan keamanannya, ya. Jangan sampai memilih mainan mobil-mobilan yang tidak menggunakan bahan yang aman.

Macam-macam Mobil Mainan Anak

Mobil Mainan Listrik

Mobil yang bisa dikemudikan tentu sangat disukai karena anak langsung dapat mempraktikkannya. Anak dapat mengeksplorasi dengan mengemudikan setir, menggunakan pedal gas, memakai sabuk pengaman, atau mengoperasikan tuas transmisi. Hal yang menyenangkan ialah dengan perkembangan teknologi sekarang ini, ada mobil listrik yang bisa dikemudikan dengan tenaga aki atau listrik.

Meskipun mobil mainan ini dapat membuat anak menyenanginya, pastikan anak bermain di tempat yang aman ya. Dikhawatirkan mobil menjadi tidak terkendali sehingga dapat berbahaya bagi anak.

Mobil Mainan Mini (Pullback)

Pullback ialah cara menggerakkan mainan mobil-mobilan dengan cara ditarik lalu dilepaskan. Meskipun mainan mobil-mobilan dengan pullback sangat menyenangkan, tetapi perlu memperhatikan umur anak ya. Paling tidak, anak telah menginjak usia 3 tahun untuk bermain mobil-mobilan tipe ini.

Ukuran mainan ini juga beragam, bisa memilih berdasarkan usia anak. Dengan mengenalkan mainan ini juga bisa memberi gambaran kepada anak mengenai transportasi yang ada di sekitar.

Mobil Remote Control

Mobil remote control bisa menjadi pilihan mainan anak ketika beranjak umur 5 tahun. Mainan mobil-mobilan ini dijalankan dengan menggunakan remote control.

Permainan ini bisa membuat anak melatih kecekatan. Hal ini bisa didapatkan dengan cara bagaimana anak harus mengendalikan mobil melewati benda, berbelok, maju, dan mundur. Selain itu, permainan ini juga dapat melatih motorik anak karena jari-jari mereka akan cepat mengendalikan remote control.

Manfaat Bermain Mobil-mobilan untuk Anak

Media untuk Melatih Keseimbangan

Ukuran mainan mobil-mobilan sangat beragam, ada yang besar, kecil, dan sedang. Ketika anak mulai memainkannya tentu membuatnya harus melatih keseimbangan. Meskipun mobil-mobilan memiliki empat roda yang terlihat tidak mudah jatuh ketika dimainkan anak, tetapi ketika anak memainkannya tentu perlu keseimbangan.

Konsep keseimbangan akan mereka dapatkan dari pengalamannya selama bermain. Mereka akan melakukan gerakan tubuh agar tidak terjatuh atau oleng. Ketika anak sudah terbiasa melatih keseimbangannya sejak kecil, maka bermanfaat pula untuk masa depannya. Tidak perlu takut anak terluka, dengan memberi alat keselamatan, anak akan aman ketika terjatuh.

Belajar Memecahkan Masalah

Mainan mobil-mobilan memang lebih cocok untuk anak-anak yang aktif. Meskipun mobil-mobilan juga ada yang menggunakan mesin atau dikontrol dengan mesin, tetapi anak perlu aktif berpikir. Ketika menaiki mobil-mobilan tentu ada berbagai rintangan yang datang. Dari bagaimana caranya si anak menghindari rintangan tersebut dapat melatih dia bagaimana mengatasi masalah.

Membantu Sosialisasi Anak

Ketika orang tua membiarkan anak bermain mobil-mobilan dengan teman sebayanya itu membantu bersosialisasi. Dengan bersama-sama memainkan mobil-mobilan akan membentuk keakraban anak sekaligus kerja sama. Tentu cara ini sangat bagus digunakan untuk membantu anak mempermudah proses sosialisasi.

Mengembangkan Keterampilan

Bermain mobil-mobilan dapat membantu si kecil mengembangkan keterampilan dasar. Keterampilan kognitif dan fisik disebut keterampilan dasar yang akan terlatih ketika anak harus melakukan sesuatu terhadap masalah yang mereka dapatkan.

Keterampilan anak juga akan terlatih ketika ia harus cekatan mengatasi rintangan. Tentu dibutuhkan kecerdasan anak untuk mengatasi masalah yang terjadi. Cara tersebut menjadi salah satu teknik dalam melatih keterampilan anak dengan cara bermain.

Pilihan Mobil Mainan Anak yang Bagus dan Berkualitas

Mainan Mobil-mobilan Truck Konstruksi Diecast Anak 6PCS - CP1073

Bermain mobil-mobilan truk konstruksi dapat memberi gambaran kepada anak tentang sistem kerja truk konstruksi. Memiliki sistem pergerakan alat-alat yang realistik, sehingga anak memahami cara kerjanya. Terbuat dari bahan plastik sehingga tidak khawatir patah.

Dalam satu paket mainan ini terdapat masing-masing 1 unit buldozer, 1 unit mobil roller, 1 unit excavator, 1 unit dumptruck, 1 unit tanker, dan 1 unit forktruck. Dengan isi permainan mobil-mobilan yang lengkap ini akan membuat anak mengetahui berbagai jenis mobil-mobilan.

Harga Rp. 64.000-76.900

Happy Truck Blade Mini Car Mainan Mobil

Happy Truck Car Blade merupakan jenis mainan mobil-mobilan yang cara mainnya ditarik kemudian dilepas. Memiliki pantulan lampu di setiap rodanya, tentu membuat hal ini sangat menarik di mata anak-anak. Mobil ini bisa melaju kencang dan biasanya diadu atau dijadikan pertarungan.

Terbuat dari bahan yang aman sehingga tidak perlu khawatir membahayakan anak. Mobil berukuran 12 x 27 cm ini sangat tepat diberikan untuk anak usia 3 tahun.

Harga Rp. 21.000

Tayo The Little Bus Tayo Pull Back Metal Mainan Mobil [Original]

Tayo The Little Bus dibuat dengan mengikuti karakter bus Tayo di film Tayo the Little Bus. Hal ini karena anak cenderung menginginkan hal yang pernah mereka lihat. Cara memainkannya dengan cara tekan dorong terlebih dahulu kemudian lepaskan.

Desainnya yang ceria tentu membuat anak menyukainya. Terbuat dari material plastik dan karet yang aman untuk anak-anak. Memiliki ukuran 11 x 5,5 x 5 cm yang tepat untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Harga Rp. 95.900-180.000

TLP RC Batman Car Mainan Mobil Remote Control

Mobil Remote Control Batman Car akan menambah keceriaan anak karena model mobil-mobilan ini identik dengan warna hitam, seperti Batman. Cara memainkannya dengan menggunakan remote control yang dapat dikendalikan oleh si anak. Batman car ini memiliki dimensi 28x10x15 cm yang cocok untuk anak usia di atas 5 tahun. Untuk mengoperasikannya dibutuhkan 2 buah baterai AA.

Harga Rp. 107.500-239.475

7Pcs Logam Mainan Mobil Disney Pixar McQueen

Mobil Disney Pixar McQueen terinspirasi dari salah satu film Disney yaitu Cars 2. Cara memainkannya adalah dengan cara didorong secara manual tanpa menggunakan baterai. Terbuat dari bahan logam kombinasi plastik yang aman untuk anak-anak. Dalam satu set terdiri dari 6 mobil dan 1 truk, sehingga akan membuat anak lebih senang dengan pilihan yang banyak.

Harga Rp. 173.942-306.600

IKEA Lillabo Toy Vehicle

Ikea Lillabo Toy Vehicle bisa menjadi pilihan mainan bagi anak di atas 18 bulan. Mainan ini dapat melatih anak mengembangkan imajinasi, keterampilan motorik halus, dan pemikiran logis anak. Terbuat dari bahan solid beech, clear acrylic lacquer, plastik ABS, polyethylene plastic, logam galvanized, dan plastik polyamide yang aman untuk anak.

IKEA Lillabo Toy Vehicle memiliki tiga pilihan warna, yaitu merah, biru, dan kuning yang menarik. Tentu dengan warna-warna tersebut bisa membuat anak tertarik.

Harga Rp. 207.000-288.000

MOMO Speed Car Mainan Mobil Remote Control

Momo Racing Car RC Noble Car BO merupakan mainan mobil-mobilan yang menggunakan sistem remote control. Mainan ini diperuntukkan bagi anak di atas usia 3 tahun. Dirancang dengan lampu yang bisa menyala. Mobil-mobilan ini bisa dioperasikan maju, mundur, belok kanan, dan belok kiri. Dibutuhkan 5 buah baterai AA agar mainan ini bisa digunakan.

Harga Rp. 67.700-120.800

Ocean Toy Protege5 PMB M7688 Ride On Mobil Aki

Ocean Toy PMB Mobil Aki M-7688 Protege5 merupakan mainan mobil-mobilan yang mirip dengan mobil asli. Memiliki tombol starter, tombol maju mundur, tombol klakson, seat belt, bahkan pintunya pun bisa dibuka tutup.

Tidak hanya itu, mobil-mobilan ini memiliki 5 pilihan musik yang bisa dimainkan anak. Memiliki pilihan warna pink-putih, hijau-putih, merah-hitam, dan merah. Cocok sebagai hadiah untuk anak di atas 4 tahun.

Harga Rp. 980.000-1.716.000

Toylogy Mobil Pemadam Kebakaran Fire Squad Firemen Truck Mainan Anak

Mobil pemadam kebakaran ini sangat direkomendasikan untuk anak-anak untuk melatih kreativitasnya. Desainnya persis seperti mobil pemadam kebakaran sungguhan, memiliki tangki penampungan air yang bisa diisi secara manual, tangga dengan tinggi 28 cm, dan lampu sirine yang dapat mengeluarkan bunyi ketika dinyalakan.

Pengoperasannya menggunakan baterai AA sebanyak 3 buah. Sudah memiliki label SNI sehingga aman untuk anak-anak. Dengan model yang mirip dengan mobil pemadam, cocok untuk anak-anak karena mereka bisa belajar bermain peran sebagai petugas pemadam kebakaran.

Harga Rp. 73.900-84.300

Rail Overpass Track Race Wooden Toys

Mainan Edukasi Rail Overpass merupakan mainan yang tepat diberikan kepada balita. Berbentuk puzzle tiga dimensi sehingga anak perlu menyusunnya terlebih dahulu. Selain itu, tersedia pula puzzle untuk membuat tata letak perkotaan dan lampu lalu lintas.

Mainan ini terbuat dari bahan kayu, plastik, dan karton. Satu paket permainan ini terdiri dari alas untuk disusun berukuran 80 x 35 cm, 10 buah balok untuk menyusun jembatan, 2 piers, 2 rambu lalu lintas, 4 kendaraan, 3 orang-orangan, 5 pohon, 5 rumah, dan 8 blok jalanan.

Harga Rp. 159.750-231.500
From our editorial team

Dampingi Anak Saat Bermain Mobil-mobilan

Apa pun mainannya, sebaiknya dampingi anak ketika sedang bermain. Cara ini memiliki banyak manfaat untuk anak dan orang tua. Anda dan si kecil bisa memiliki ikatan batin yang lebih kuat. Perkembangan fisik dan mental anak pun bisa Anda pantau dengan lebih mudah.

Tag