Anak jadi Lebih Pintar dengan 10 Rekomendasi Buku Ensiklopedia Anak yang Lebih Menarik dan Tidak Membosankan (2021)

Anak jadi Lebih Pintar dengan 10 Rekomendasi Buku Ensiklopedia Anak yang Lebih Menarik dan Tidak Membosankan (2021)

Salah satu alasan anak-anak tidak menyukai buku adalah karena buku tidak menarik sehingga membacanya terasa membosankan. Nah, buku ensiklopedia anak ini khusus didesain agar tidak membosankan sehingga membuat anak-anak lebih tertarik untuk membaca.

Anak-anak Perlu Banyak Belajar untuk Mengenal Dunia Sejak Dini

Sumber gambar kadin360.com

Masa anak-anak adalah masa di mana mereka mulai menyerap pengetahuan tentang dunia. Orang tua memiliki peran penting atas tumbuh kembang seorang anak. Survei membuktikan bahwa 80% proses pembelajaran anak adalah dari mengamati tingkah laku orang sekitar mereka.

Oleh sebab itu, orang tua harus memberikan contoh yang baik agar anaknya mendapat pemahaman yang baik pula. Orang tua bisa membantu anak-anak memahami dunia dengan cara yang sederhana seperti membacakan dongeng, menyanyikan lagu, dan mengenalkan buku ensiklopedia kepada anak.

Beberapa Manfaat Membacakan Buku Ensiklopedia untuk Anak-anak

Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Sumber gambar readabilitytutor.com

Banyak sekali hal-hal baru yang dapat diketahui oleh anak melalui ensiklopedia. Dengan adanya ensiklopedia, orang tua tidak perlu bingung mau mengajarkan apa kepada sang anak karena banyak sekali topik menarik yang dapat ditemukan dalam buku ensiklopedia ini.

Contohnya saja adanya dua musim yang tidak ditemukan di Indonesia tetapi ada di negara lain, seperti musim salju dan musim semi. Ini akan mejadi pemahaman baru yang bisa diketahui oleh sang anak meski tidak melihatnya secara langsung.

Menumbuhkan Rasa Ingin Tahunya

Sumber gambar rainbowpreschools.com

Ketika seorang anak sudah mulai tertarik pada hal baru, mereka akan terus menggali dan mencari tahu hal-hal yang mungkin bersangkutan dengan apa yang mereka sukai. Ini adalah kunci bagi sang anak untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak lagi. Misalnya, mereka mengetahui tentang dua musim yang sebelumnya tidak diketahui, otomatis mereka pasti akan mencari tahu negara mana saja yang memiliki musim tersebut atau kapan musim itu terjadi.

Sebagai Bahan Bacaan

Sumber gambar cdn.need4study.com

Dengan membaca, anak akan bisa mengetahui banyak hal baru yang sebelumnya tidak mereka ketahui. Membaca juga bagus untuk pola pikir anak yang nantinya lebih terbuka terhadap dunia luar dan pengetahuan baru. Tidak hanya itu, melalui ensiklopedia, orang tua juga bisa mengajarkan tentang kehidupan sehari-hari kepada anak, mulai dari kegiatan sosial, tata krama, kesehatan, hingga emosi. Namun, kadang rasa malas bisa menyebabkan anak tidak mau membaca.

Nah, karena ensiklopedia ini dikemas ringkas dengan pilihan kata dan kalimat yang menarik, anak-anak tidak akan mudah merasa bosan untuk terus membaca dan imajinasi yang dimilikinya pun akan semakin terasah.

Jawaban untuk Pertanyaan Anak yang Kadang di Luar Dugaan

Sumber gambar happy-nest.co.uk

Karena daya imajinasi anak yang sangat luar biasa, akan muncul pertanyaan-pertanyaan di luar dugaan ketika mereka mulai mempelajari sesuatu. Sebagai orang tua, kita harus mampu memberikan jawaban yang logis agar anak mampu memahami apa yang sedang mereka tanyakan.

Sayangnya, tidak semua pertanyaan anak bisa dijawab dengan mudah sehingga seringkali membuat para orang tua jadi kebingungan. Dengan adanya ensiklopedia anak yang menyediakan pembelajaran tentang dunia, tentunya akan sangat membantu para orang tua untuk memberikan pemaparan yang valid kepada sang anak.

Membantu Anak Mengerjakan Tugas Sekolah

Sumber gambar speechtherapyworks.ca

Tugas adalah hal yang tidak bisa dihindari oleh anak saat masuk sekolah. Banyak sekali pertanyaan yang sulit untuk dipecahkan oleh anak meski sudah belajar keras di sekolah. Dengan adanya buku ensiklopedia, anak akan mendapatkan sumber baru sebagai rujukan yang bisa mempermudah mereka dalam mengerjakan tugas-tugas dari sekolah. Ensiklopedia ini akan menjadi rujukan valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Tips Memilih Buku Ensiklopedia Anak

Pertimbangkan Usia Anak

Sumber gambar steemit.com

Usia adalah hal yang sangat penting untuk menentukan buku mana yang harus dibeli. Berdasarkan usia, anak memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda, oleh karena itu pilihlah buku yang mudah dipahami anak sesuai dengan usianya saat ini.

Contohnya saja pada anak usia 3 tahun, kemampuannya dalam memahami sesuatu tentu berbeda dengan anak yang berumur 6 tahun. Namun pada dasarnya, anak-anak akan menyukai buku yang disertai banyak gambar, warna, dan font berukuran besar. Hindari memberikan anak buku bertema horor, mengandung unsur kekerasan, apalagi percintaan.

Sesuaikan dengan Minatnya

Sumber gambar www.ugorizont.ru

Memilih buku ensiklopedia anak juga bisa disesuaikan dengan minat anak. Minat seorang anak bisa dilihat dari keseharian atau kebiasaan yang sering ia lakukan. Contohnya saat anak terlihat memiliki ketertarikan terhadap kendaraan seperti motor, mobil, atau sepeda, maka orang tua bisa membelikan buku anak edisi kendaraan sehingga pengetahuan anak tentang kendaraan bisa bertambah. Buku yang berisi tentang hal yang disukai anak tentunya juga akan menambah minat baca anak karena didorong rasa ingin tahunya.

Pilih Ensiklopedia yang Banyak Gambar dan Minim Teks

Sumber gambar irecommend.ru

Memilih buku ensiklopedia anak sebaiknya pilih yang lebih banyak gambar dengan penjelasan ringkas dan sederhana sehingga lebih mudah dicerna anak. Gambar atau visual yang disajikan di dalam buku mampu membantu anak untuk memahami isi dari buku yang sedang ia baca. Selain itu, anak-anak juga sangat menyukai buku bergambar yang akan bisa meningkatkan ketertarikannya pada buku tersebut.

Penampilan Buku

Sumber gambar verywellfamily.com

Hal yang juga perlu diperhatikan saat membeli barang adalah penampilan luarnya. Itu juga berlaku pada saat membeli buku. Untuk anak-anak, pilihlah buku bergambar dengan warna cerah karena itu akan mampu menarik perhatian sang anak untuk membaca buku tersebut. Selain itu, pilihlah buku dengan kemasan yang sekiranya akan bertahan lama agar bisa dibaca dalam jangka panjang.

10 Rekomendasi Buku Ensiklopedia Anak

Ensiklopedia Anak Hebat: Bumi

Buku Ensiklopedia Anak Hebat: Bumi yang ditulis oleh Son Seung-Hwi dan diterbitkan oleh BIP Gramedia ini membahas secara lengkap tentang bumi dan gejala-gejala yang terjadi di bumi ini, seperti banjir, tsunami, badai, gempa bumi, dan sebagainya.

Anak bisa mengetahui segala macam hal tentang bumi dengan membaca buku ini. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi lucu dan warna yang menarik. Sampulnya berjenis hardcover yang memungkinkan buku ini untuk bertahan lama.

Harga Rp. 107.980-135.000

Ensiklopedia Cilik: Langit

Buku Ensiklopedia Cilik: Langit ini ditulis oleh Emilie Beaumont dan Helene Grimault yang diterbitkan oleh BIP Gramedia. Buku ini membahas tentang benda-benda yang ada di langit seperti planet, matahari, bulan, bintang, dan sebagainya. Ukurannya kecil yang memungkinkan untuk dibawa kemana pun. Buku dilengkapi dengan gambar dan warna yang menarik sehingga dapat meningkatkan keinginan membaca sang anak.

Harga Rp. 44.000-101.000

Ensiklopedi Anak Dunia Serangga

Menstimulasi anak sejak usia dini untuk rajin membaca sangatlah bagus karena dapat mendorong anak untuk rajin belajar yang juga akan berpengaruh terhadap kesuksesan anak di masa depan. Buku Ensiklopedi Anak Dunia Serangga ini membahas tentang dunia serangga yang sangat cocok untuk anak pra-sekolah usia 4-6 tahun.

Anak akan diajak untuk mengetahui tentang serangga, bagaimana serangga ini memperoleh dan memproduksi makanan, dan apa dampak yang dapat disebabkan oleh serangga-serangga ini. Dalam buku terdapat gambar yang bisa meningkatkan ketertarikan anak untuk membaca buku ini.

Harga Rp. 60.000-175.000

Ensiklopedia Cilik: Laut

Buku Ensiklopedia Cilik: Laut ini sangat cocok untuk anak yang tertarik pada dunia air termasuk laut. Buku ini ditulis oleh Groupe Fleurus yang membahas tentang ekosistem yang ada di laut. Pemahaman tentang laut juga sangat berpengaruh untuk memberdayakan laut dan isinya. Buku ini dilengkapi dengan gambar dan warna yang menarik. Melalui buku ini anak juga akan mengetahui tentang pasang surut air laut hingga lautan beku di kutub.

Harga Rp. 25.000-96.000

Andai Cican jadi Astronaut

Andai Cican Jadi Astronaut adalah buku karya Richanadia dan Wahyu Hidayat yang memaparkan tentang khayalan seorang karakter bernama Cican yang bercita-cita sebagai astronout. Buku ini termasuk dalam kategori pengenalan profesi yang bisa menginspirasi cita-cita seorang anak. Buku ini memiliki ilustrasi dan pilihan huruf yang lucu sehingga mampu meningkatkan keinginan membaca anak. Susunan kalimatnya juga sederhana sehingga mudah dipahami anak.

Harga Rp. 43.200-54.000

Ensiklopedia Junior: Luar Angkasa

Buku Ensiklopedia Junior: Luar Angkasa ini membahas tentang benda-benda yang ada di langit seperti bulan, bintang, matahari, dan planet. Selain itu, buku ini juga membahas tentang bagaimana manusia menjelajah di luar angkasa. Buku ini sangat cocok untuk anak yang ingin mengetahui tentang dunia ruang angkasa. Melalui buku ini anak juga akan mengetahui bagaimana cara orang zaman dahulu mengamati benda langit yang jelas berbeda dengan saat ini yang peralatannya jauh lebih modern.

Harga Rp. 110.000-118.000

Ensiklopedia Junior: Transportasi

Transportasi memiliki peran yang sangat penting dalam peradaban manusia karena dapat memudahkan manusia untuk bepergian. Anak-anak pun tentunya telah mengenal berbagai jenis transportasi yang ia temui sehari-hari. Untuk menambah pengetahuan anak tentang transportasi yang ada saat ini dan di masa lampau serta sejarah penemuannya, buku Ensiklopedia Junior: Transportasi ini bisa menjadi pilihan.

Buku ini membahas tentang segala macam transportasi yang pernah diciptakan manusia sepanjang sejarah. Mulai dari masa di mana hewan dijadikan sebagai alat transportasi, penemuan balon udara, hingga berbagai jenis transportasi darat, laut, dan udara.

Harga Rp. 88.000-110.000

Ensiklopedia Pintar: Sains

Anak-anak bisa dikatakan sebagai ilmuwan cilik karena rasa ingin tahunya yang tinggi dan mencoba mengeksplorasi berbagai hal yang ada di sekitarnya. Untuk anak yang memiliki ketertarikan tentang sains, buku Ensiklopedia Pintar Sains ini bisa menjadi langkah awal bagi sang anak untuk mengetahui lebih banyak lagi.

Sains sendiri merupakan ilmu tentang kumpulan pengetahuan dan proses. Di dalam buku ini dibahas banyak hal tentang rumus-rumus dan penemuan ilmiah yang bisa menjawab berbagai pertanyaan anak yang tentunya membuat anak jadi lebih pintar.

Harga Rp. 99.000-182.000

Ensiklopedia Pintar : Hewan

Di dunia, manusia dan hewan hidup secara berdampingan. Oleh sebab itu anak-anak pun tidak asing lagi dengan dunia hewan. Namun, tidak semua jenis hewan diketahui oleh anak. Untuk anak yang baru mengenal hewan, buku ini sangat cocok dijadikan referensi untuk mengetahui jenis-jenis hewan dan bagaimana cara hewan hidup dan bertahan hidup. Dengan membaca buku ini, anak juga akan mampu membedakan mana hewan yang bisa diajak bermain dan mana hewan yang berbahaya.

Harga Rp. 125.000-182.000

Ensiklopedia Favoritku: Peternakan

Buku ini sangat cocok untuk anak-anak karena memberikan pengetahuan umum tentang hewan ternak dan lingkungan hidupnya. Penjelasan yang ringkas dan padat akan memudahkan anak untuk memahami tentang hewan ternak. Buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar dan warna yang menarik sehingga anak bisa mengetahui rupa dari berbagai jenis hewan dengan jelas.

Harga Rp. 53.000-125.000
From our editorial team

Yuk, Mulai Ajak si Kecil Membaca Buku!

Terkadang anak-anak tidak suka membaca karena dianggap sebagai kegiatan yang tidak menarik. Padahal membaca dapat membuat anak jadi lebih pintar. Dengan buku ensiklopedia yang menarik yang penuh warna dan gambar, kita bisa ajak si kecil mulai membaca buku yang tidak membosankan.

Tag