Dapatkan Smartphone Keren dengan 10 Rekomendasi Smartphone Rp 2 Jutaan untuk Anak selama Belajar Online di Rumah (2020)

Dapatkan Smartphone Keren dengan 10 Rekomendasi Smartphone Rp 2 Jutaan untuk Anak selama Belajar Online di Rumah (2020)

Adanya pandemi mengharuskan anak-anak untuk belajar secara online atau daring dari rumah saja. Artinya, kebutuhan smartphone untuk menunjang anak belajar sudah menjadi satu keharusan. Nah, tidak perlu bingung karena Anda bisa membelikan smartphone keren untuk anak hanya dengan Rp 2 Jutaan saja. Simak rekomendasinya, yuk!

Pandemi Covid-19 Memaksa Kita untuk Memulai Banyak Kebiasaan Baru

Pandemi memunculkan banyak kebiasaan baru yang sangat berbeda dengan apa yang sering kita lakukan sebelumnya. Virus yang dapat menyebar dengan cepat ini mendorong kita untuk lebih perhatian dengan kebersihan pribadi dan mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan.

Kita dipaksa untuk semakin terbiasa mencuci tangan dan wajib menggunakan masker ketika berada di luar rumah. Tempat-tempat umum banyak yang melakukan pemeriksaan suhu dan pembatasan jarak kepada para pengunjungnya.

Selain itu, interaksi sosial pun ditekan seminimal mungkin, diganti dengan interaksi secara virtual. Berbagai jenis rutinitas baru ini tidak mudah bagi sebagian orang, namun bagaimana pun, kita dipaksa beradaptasi dengan “kenormalan baru” ini, paling tidak sampai vaksin ditemukan.

Kebiasaan Baru yang Sekarang Harus Kita Lakukan di Masa Pandemi

Selalu Mencuci Tangan Setiap Saat

Menurut WHO dan berbagai lembaga kesehatan lain, tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling mudah menularkan virus. Hal ini didukung dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa 98% penyebaran kuman di tubuh manusia bersumber dari tangan kita sendiri.

Tangan kerap memegang sesuatu yang kotor, kemudian memindahkan bakteri atau virus ke mulut dan hidung kita karena kita menyentuhnya. Oleh karena itu, kita perlu rajin dan disiplin menjaga kebersihan tangan demi mengurangi tingkat penularan virus Corona.

Salah satu cara sederhana dan paling ampuh untuk menjaga kebersihan tangan adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan kita untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik lamanya untuk membunuh kuman.

Oleh karena itu, kini mencuci tangan dengan sabun menjadi hal utama, atau bahkan wajib, yang dilakukan hampir di setiap tempat, terutama ketika kita akan makan. Fasilitas untuk mencuci tangan pun lebih mudah ditemukan di mana pun untuk mendukung penerapan kebiasaan baru ini. Selain tempat cuci tangan, banyak juga tempat umum yang menyediakan hand sanitizer yang bisa dipakai dengan bebas oleh para pengunjungnya.

Bekerja dari Rumah atau Sering Disebut WFH

Untuk mendukung gerakan physical distancing di masyarakat, banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja dari rumah atau biasa kita kenal dengan istilah work from home (WFH). Di awal tahun 2020, tidak banyak yang yakin bahwa rumah dapat menjadi tempat untuk bekerja.

Namun sekarang, menurut sebuah survei, hampir 60% responden bersedia untuk melakukan kerja dari rumah maupun dari kantor. Banyak karyawan yang mendukung WFH karena mereka merasa nyaman bekerja dari rumah tanpa membuang waktu di perjalanan, namun banyak juga yang berharap segera kembali bekerja di kantor setelah pandemi sepenuhnya dilonggarkan.

Sebab, jika terus-menerus WFH, sebagian beranggapan bahwa batas antara bekerja secara profesional dengan urusan personal di rumah menjadi kabur.

Belajar Online Menggunakan Smartphone

Tidak hanya kegiatan bekerja, namun kegiatan-belajar yang biasa dilakukan di sekolah pun kini harus dilakukan di rumah masing-masing. Siswa-siswi harus membiasakan belajar di rumah, guru pun harus terbiasa untuk mengajar dari rumah.

Guru dan siswa ini kemudian dipertemukan secara virtual melalui internet dengan video conference. Koneksi internet yang lancar dan perangkat elektronik yang mumpuni mengambil peranan yang penting untuk memungkinkan kegiatan belajar-mengajar secara virtual ini berjalan dengan lancar.

Hal ini memang tidak mudah bagi kedua belah pihak. Guru-guru harus segara menyesuaikan diri dengan beragam aplikasi, membuat video pembelajaran, dan berbagai kegiatan lain untuk membangun kedekatan bersama murid secara virtual. Anak-anak juga harus terbiasa menerima pelajaran secara online.

Meski agak sedikit kelabakan di awal-awal masa pandemi, namun saat ini semua orang harus semakin terbiasa dengan kegiatan ini mengingat kita tidak tahu pasti kapan pandemi akan berakhir dan kapan kita diperbolehkan untuk kembali belajar di sekolah dan bertatap muka dengan para guru.

Tips Memilih Smartphone untuk Digunakan Belajar Online

Jangan Pilih Smartphone Murah, Cari yang Kelas Menengah

Ragam smartphone saat ini ada banyak sekali, mulai dari smartphone dengan harga terjangkau sampai smartphone dengan harga yang mahal. Ada juga smartphone kelas menengah dengan spesifikasi yang cukup mumpuni dan harga yang tidak terlalu tinggi, sekitar Rp 2 sampai 3 jutaan.

Hampir semua merek “bertarung” di kelas menengah ini karena mereka menyadari bahwa pasar terbesar memang ada di kelas ini. Dan karena persaingan di kelas ini cukup ketat, Anda akan menemukan spesifikasi yang sangat beragam pula.

Ada yang unggul dari segi harga, kamera, multimedia, ataupun build quality-nya. Kesempatan kita untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet kita pun semakin besar.

Perhatikan Chipset Smartphone yang Hendak Dibeli

Ketidakpahaman seseorang tentang spesifikasi HP seringkali menjebak mereka untuk membeli smartphone dengan spesifikasi yang kurang dapat diandalkan. Salah satu spesifikasi yang sangat perlu Anda pahami adalah bagian chipset atau prosesornya. Kita dapat mengibaratkan chipset sebagai otak dari smartphone tersebut. Biasanya, chipset terbaik dipasang di smartphone flagship.

Sedangkan untuk smartphone kelas menengah, cukup pastikan bahwa chipset yang terpasang mampu untuk menjalankan berbagai aplikasi media sosial, video, kamera, bahkan game, namun tetap hemat daya. Anda dapat memilih smartphone dengan chipset Qualcomm Snapdragon yang cukup umum di pasaran.

Snapdragon 400 masih dapat diandalkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Namun Anda juga bisa mendapatkan smartphone dengan chipset Snapdragon 625 dan Snapdragon 636 yang menawarkan performa terbaik, mirip dengan smartphone flagship.

Perhatikan RAM Demi Lancarnya Streaming Belajar Online

Jika chipset adalah otak dari smartphone, maka RAM adalah ingatannya yang sangat berguna ketika kita menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Semakin besar kapasitas memory smartphone, maka semakin banyak aplikasi yang dapat kita jalankan.

Dengan RAM yang besar, kita pun dapat berpindah-pindah aplikasi dengan lebih mulus tanpa menyebabkan smartphone lambat. Semakin besar kapasitas RAM, maka smartphone akan semakin nyaman untuk digunakan.

Namun, pemilihan RAM harus disesuaikan dengan kapasitas memori dan chipset yang digunakan. Untuk Snapdragon 400, pilihan RAM-nya adalah 2 GB atau 3 GB. Sedangkan di Snapdragon 600, varian RAM lebih luas dari 3 GB hingga 6 GB.

Hal yang membedakan RAM kecil dan besar biasanya hanya dari segi harga. Jadi, sesuaikan saja dengan bujet yang sudah Anda siapkan. Jika Anda ingin RAM yang lebih besar, maka jangan ragu untuk menyiapkan bujet lebih.

Layar Smartphone yang Lebar Membuat Anak Mudah Melihat

Meski tampak sepele, namun layar adalah komponen penting yang layak dipertimbangkan karena menjadi output utama untuk menampilkan berbagai informasi yang sudah diproses oleh chipset dan RAM.

Setinggi apa pun spesifikasi smartphone, namun memiliki layar yang biasa saja atau bahkan jelek, tetap tidak akan memberikan kenyamanan karena kita tidak bisa menikmati keindahan pengelola grafis seperti foto, video, 3D games, dan lain sebagainya.

Ada beberapa tips untuk memilih kualitas layar smartphone. Pilihlah layar dengan teknologi terbaik seperti Super Amoled, IPS, atau TFT. Cari layar dengan kerapatan pixel yang tinggi, minimal 300 ppi agar tampilan nampak mulus dan enak dipandang.

Kemudian pilih juga layar dengan resolusi tinggi, minimal 1280 x 720 HD. Dan terakhir, sebisa mungkin temukan smartphone dengan layar yang sudah dilindungi oleh anti gores seperti Gorilla Glass, Dragontail, dan sebagainya sehingga layar terbebas dari goresan.

Untuk ukuran layarnya sendiri, kembali ke selera Anda masing-masing. Saat ini kita memang berada di era smartphone dengan layar yang cukup besar, yaitu di atas 6 inci. Namun, tidak semua orang menyukai layar yang besar karena menjadi kurang fleksibel untuk dibawa-bawa. Pilihlah layar dengan ukuran minimal 5 inci karena masih termasuk mudah dioperasikan dan layar dengan ukuran di bawah itu sudah sulit ditemukan.

Resolusi Kamera Besar untuk Hasil Gambar Tugas Anak yang Jernih

Smartphone dengan harga murah pun sudah banyak yang dilengkapi dengan dual kamera. Jadi, untuk smartphone kelas menengah sendiri, sebenarnya Anda tidak perlu lagi meragukan kualitas kameranya. Sebagian besar sudah cukup mumpuni untuk memotret secara konvensional.

Fitur-fiturnya pun cukup lengkap, sehingga memudahkan Anda membidik gambar atau merekam dengan lebih baik. Lagi-lagi, ketahuilah kebutuhan dan eskpektasi Anda terhadap sebuah kamera. Apakah Anda sering menggunakan kamera untuk foto landscape, selfie, foto di malam hari, atau yang lainnya.

Rekomendasi Smartphone Rp 2 Jutaan Keren untuk Anak yang Harus Belajar Online karena Pandemi

Samsung Galaxy A21S 3/32GB

Seperti yang kita tahu, Samsung adalah merek smartphone asal Korea Selatan yang kepopulerannya sudah cukup mendunia, termasuk di Indonesia.

Untuk smartphone kelas menengah, salah satu produk andalan Samsung adalah Samsung Galaxy A21S. Pertama, smartphone ini dilengkapi dengan Chipset Exynos 850 (8nm) Octa-core yang umumnya digunakan di produk-produk smartphone kelas atas.

Kemampuannya pun jauh di atas rata-rata kemampuan prosesor pada umumnya. Untuk mendukung chipset tersebut, Samsung melengkapi smartphone ini dengan RAM 3 GB dan Internal Memory 32 GB.

Dengan kapasitas tersebut, smartphone ini sudah bisa digunakan untuk membuka aplikasi editing foto bahkan video dengan cukup cepat. Kemudian untuk sistem operasi yang dipakai sendiri adalah Android 10, One UI 2.0.

Dari segi tampilan, smartphone dual SIM ini cukup besar karena memiliki layar berukuran 6,5 inci. Desainnya cukup elegan, namun tidak kaku dengan selfie camera di bagian pojok kiri atas dengan resolusi 13 MP.

Bagian belakang bodi dilengkapi dengan 4 buah kamera yang disusun membentuk huruf L dengan resolusi masing-masing 48 MP, 8 MP, 2 MP, dan 2 MP. Masing-masing kamera memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk memberikan hasil terbaik.

Terakhir, dari segi baterai, smartphone ini dilengkapi dengan baterai non-removable dengan kapasitas 5000 mAh. Didukung dengan kemampuan fast charging 15W yang sangat mempersingkat waktu pengisian daya smartphone Anda.  

Harga Rp. 2.326.000-2.455.000

Xiaomi Redmi Note 9 4/64GB

Masih dengan merek smartphone yang sangat populer, kali ini tidak berasal dari Korea Selatan namun dari Tiongkok. Xiaomi adalah salah satu merek smartphone yang diminati banyak orang karena menawarkan produk smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni dan harga yang terjangkau.

Untuk produk smartphone kelas menengah dari Xiaomi, salah satunya adalah Xiaomi Redmi Note 9. Bagaimana kualitas spesifikasi yang ditawarkan? Mari kita bahas satu per satu. Baterai smartphone ini memiliki kapasitas 5020 mAh dengan kemampuan fast charging 18W.

Dari segi tampilan luar, smartphone ini tersedia dalam tiga pilihan warna yang cantik-cantik, Forest Green, Midnight Grey, dan Polar White. Layarnya berukuran 6,53 inci, sedikit lebih besar daripada Samsung Galaxy A21S, dengan resolusi 2340 x 1080 pixel.

Kamera depannya berada di bagian tengah atas smartphone dengan resolusi 13 MP. Sedangkan kamera utama berada di bodi belakang smartphone yang terdiri dari empat buah kamera beresolusi 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP.

Untuk mendukung “kepintaran” smartphone yang satu ini, Xiaomi menambahkan Chipset MediaTek Helio G85. MediaTek adalah produsen chipset berkemampuan tinggi dengan harga terjangkau. Banyak yang menganggap chipset ini tidak akan mampu menyaingin kepopuleran chipset milik Qualcomm. Namun, kemampuan chipset dari MediaTek ini tidak bisa diragukan lagi.

Kualitasnya sudah menyamai chipset Qualcomm Snapdragon. Chipset ini disandingkan dengan Internal Memory 64 GB dan RAM 4 GB yang kompatibel untuk instalasi beberapa aplikasi game atau aplikasi besar lainnya sekaligus.

Harga Rp. 2.295.000-2.400.000

Vivo Y30 4/128GB

Perusahaan teknologi asal Tiongkok, Vivo, merancang dan mengembangkan smartphone, aksesori smartphone, software, dan beberapa jasa online lainnya. Produk smartphone kelas menengah andalan Vivo adalah Vivo Y30 yang tergolong produk baru.

Vivo Y30 baru saja diluncurkan pada 7 Mei 2020 lalu dan mulai dipasarkan di seluruh dunia per tanggal 10 Mei 2020. Sama dengan smartphone asal Tiongkok pada umumnya, Vivo pun menggunakan chipset dari MediaTek, yaitu seri MediaTek MT765 Helio P35 dengan sistem operasi Android 10, Funtouch 10.0.

Smartphone ini didukung dengan RAM 4 GB dan Internal Memory 128 GB yang memungkinkan eksekusi sebuah perintah dengan lebih cepat. Baterainya berkapasitas 5000 mAh tanpa fitur fast-charging. Dual SIM Smartphone ini memiliki satu kamera depan dan empat kamera belakang.

Kamera utamanya beresolusi 13 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP yang dilengkapi dengan LED Flash, terletak di pojok kiri atas bodi belakang smartphone. Sedangkan kamera depannya adalah single camera beresolusi 8 MP dengan fitur wide angle yang terletak di pojok kiri atas bagian depan layar smartphone.

Ukuran layarnya lebih kecil daripada dua rekomendasi smartphone sebelumnya, yaitu 6,47 inci dengan resolusi 720 x 1560 pixel.  

Harga Rp. 2.560.000-2.669.000

Infinix S5 6/128GB

Mungkin sebagian dari Anda belum familiar dengan merek smartphone bernama Infinix. Infinix Mobile merupakan perusahaan smartphone yang berdiri pada tahun 2013 dan berbasis di Shenzhen,China.

Oleh karena itu, perusahaan ini memiliki pusat kegiatan penelitian dan pengembangan yang tersebar di Perancis dan Korea dengan kegiatan perancangan ponsel yang banyak dilakukan di Perancis. Tak heran jika desain-desain smartphone ini elegan dan sangat menawan.

Salah satu produk kelas menengah dari Infinix adalah Infinix S5. Infinix S5 memiliki bodi yang ringan karena terbuat dari plastik dengan frame dari plastik pula. Desainnya pun cukup modern dengan bagian layar yang dilindungi kaca dan finishing glossy yang membuatnya tampak elegan.

Di bagian belakang terdapat 3 buah kamera dengan resolusi 16 MP + 5 MP + 2 MP. Sedangkan di bagian depan, terdapat single camera dengan resolusi 32 MP berbentuk punch hole yang menghasilkan gambar yang tajam, jernih, dan jelas.

Peletakannya pun mirip dengan peletakan punch hole pada smartphone kelas atas. Dilengkapi dengan fitur keamanan canggih seperti fingerprint dan face unlock, menambah keyakinan bahwa Infinix berusaha memberikan rasa nyaman dan aman kepada penggunanya.

Tidak hanya bagian luarnya yang cantik, bagian dalamnya pun sangat canggih mengimbangi desainnya yang sangat modern. Smartphone ini memakai chipset dari MediaTek P22 Processor Octa Core 2.0 GHz dengan sistem operasi Android 9.0 Pie.

Chipset tersebut didukung dengan RAM sebesar 6 GB dan Internal Memory 128 GB yang memungkinkan smartphone bekerja cepat dan hemat daya. Bicara tentang daya, smartphone ini memiliki kapasitas baterai 4000 mAh yang cukup awet untuk dipakai dari pagi hingga malam, bahkan mampu dipakai untuk bermain game selama 13 jam lamanya.

Harga Rp. 2.050.000-2.500.000

Oppo A12 4/64GB

Kali ini kita akan membahas sebuah smartphone dari salah satu anak perusahaan BBK Electronics yang sangat populer, Oppo. Lebih jelasnya, salah satu smartphone keluaran Oppo yang akan dibahas di sini adalah Oppo A12.

Smartphone ini dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P35 Octa-core 2.3 Ghz dengan sistem operasi Android 9.0 Pie. Untuk RAM-nya sendiri, Oppo menyediakan dua pilihan RAM yakni 3 GB dan 4 GB dengan Internal Memory sama-sama 64 GB dan External Memory hingga 32 GB. Kapasitas baterainya 4230 mAh yang akan mendampingi Anda beraktivitas seharian.

Oppo A12 memiliki layar berukuran 6,22 inci. Ukuran yang cukup besar namun juga fleksibel untuk dibawa-bawa. Resolusi layarnya sendiri 720 x 1520 pixel dengan kualitas gambar yang bisa dibilang cukup baik. Untuk fitur keamanan smartphone, produk ini sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint yang cukup canggih.

Smartphone ini memiliki dua kamera belakang 13 MP + 2 MP dengan fitu LED Flash dan beberapa fitur lain seperti Depth, Portrait Mode, dan PDAF. Kamera depannya 5 MP dengan kualitas khas Oppo yang sungguh mumpuni dari segi kamera selfie. Tersedia dalam dua pilihan warna, yakni hitam dan biru, yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

Harga Rp. 2.099.000-2.199.000

Realme 5i 4/64GB

Tiongkok memang negara yang sangat populer akan produksi smartphone murahnya. Masih tentang merek asal Tiongkok, kali ini kami akan membahas salah satu produk dari Realme. Realme didirikan pada 4 Mei 2018 oleh mantan Vice President Oppo, Sky Li.

Selain smartphone, Realme juga memroduksi beberapa produk lain seperti earphone, wireless earphone, T-shirt, bag, fitness band, smartwatch, dan lain-lain. Namun, kali ini kita tidak akan bicara tentang semua produk Realme tersebut, melainkan tentang Realme 5i.

Realme 5i memiliki 3 varian RAM dan Internal Memory, yakni 3 GB/32 GB, 4 GB/64 GB, dan 4 GB/128 GB. Ketiganya memiliki harga yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu menyesuaikan dengan bujet yang ada di kantong Anda.

Sedangkan untuk fitur External Memory, ketiganya memiliki kapasitas yang sama yakni mencapai 256 GB. Untuk chipset-nya sendiri Realme menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 665, salah satu jenis chipset yang paling populer dan banyak digunakan oleh smartphone high-end. Sistem operasi Android 9.0 Pie disematkan ke dalam smartphone yang satu ini.

Smartphone yang baru diluncurkan pada 6 Januari 2020 lalu tampil dengan desain memukau dan dua pilihan warna, yakni Ocean Blue dan Forest Green. Baterainya sendiri berkapasitas 5000 mAh, cukup besar dan dapat diandalkan untuk sebuah smartphone kelas menengah. Namun, ukuran layar smartphone ini tergolong besar yakni 6,5 inci dengan resolusi 1080 x 2340 pixel.

Sedikit merepotkan untuk dimasukkan ke dalam kantong celana, tapi akan memberikan Anda pengalaman menonton yang lebih memuaskan. Untuk kamera sendiri, ia dilengkapi dengan 4 buah kamera utama beresolusi 12 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP dan kamera depan beresolusi 8 MP. 

Harga Rp. 2.160.000-2.499.000

Huawei Y7 Pro 4/64GB

Huawei merupakan salah satu perusahaan yang dapat disebut senior dalam dunia produksi peralatan telekomunikasi dan elektronik. Perusahaan ini telah merancang, mengembangkan, dan menjual perlengkapan telekomunikasi dan elektronik sejak tahun 1987 hingga saat ini.

Salah satu smartphone Huawei yang sangat layak untuk dimiliki adalah Huawei Y7 Pro 2019. Huawei Y7 Pro 2019 memiliki desain yang sangat elegan dan simpel, dengan cover belakang yang sengaja dirancang membundar dan teksturnya yang menyerupai keramik mengilap. Tak heran jika smartphone ini sangat nyaman di dalam genggaman tangan Anda.

Kamera depannya beresolusi 8 MP dan dilengkapi dengan fitur retouch otomatis untuk menghasilkan foto yang lebih sempurna. Bahkan, Anda tidak perlu lagi mengedit hasil foto selfie Anda. Sedangkan kamera belakangnya memiliki resolusi 13 MP + 2 MP yang dapat memotret dengan lebih fokus dan melakukan optimalisasi foto secara real-time.

Dengan layar berukuran 6,25 inci, produk ini cukup kecil dan ringkas untuk dibawa-bawa. Resolusi layar sebesar 1520 x 720 MP dengan saturasi yang lebih besar serta warna yang tampak lebih jelas dan natural jika dilihat dari berbagai sudut.

Uniknya lagi, ponsel ini dilengkapi dengan fitur penghemat daya berkekuatan AI, sehingga mengoptimalkan baterainya yang berkapasitas 4000 mAh agar tahan lebih lama. Di dalamnya disematkan chipset Qualcomm 450 Octa-core yang sangat cerdas dan efisien. Chipset ini didukung dengan RAM 4 GB dan Internal Memory 64 GB, serta External Memory mencapai 512 GB. 

Harga Rp. 2.329.000-2.659.050

Honor 10 Lite 4/64GB

Merek smartphone yang satu ini masih berkaitan erat dengan Huawei karena merupakan anak perusahaan dari Huawei Group. Merek tersebut adalah Honor yang memproduksi Honor 10 Lite, sebuah smartphone kelas menengah berwarna hitam dengan layar berukuran 6,21 inchi beresolusi 1080 x 2340 pixel.

Cukup untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dan nyaman kepada para penggunanya serta desain yang menarik. Kamera depannya beresolusi 24 MP dengan dual kamera belakang beresolusi 13 MP + 2 MP beserta LED Flash.

Smartphone ini memiliki sistem operasi Android 9.0 Pie dan kapasitas RAM 4 GB dengan Internal Memory 64 GB dan dual SIM tanpa slot External Memory. Baterainya berkapasitas 3400 mAh dengan kemampuan fast-charging 10W.

Harga Rp. 2.299.000-2.620.000

Asus Zenfone 5 ZE620KL 4/64GB

Apabila Anda mencari sebuah smartphone dengan desain memukau dan potongan bodi elegan yang terbuat dari material terbaik, cobalah tengok Asus Zenfone 5. Ukuran layar 6,2 inci dengan resolusi 1080 x 2246 pixel, cukup memanjakan mata Anda ketika sedang menonton video.

Meski sistem operasinya tergolong lama yakni Android 8.0 Oreo, smartphone ini sudah dilengkapi dengan chipset terbaik dari Qualcomm yakni Qualcomm Snapdragon 636.

Kapasitas RAM adalah 4 GB dengan dua varian Internal Memory, yakni 64 GB dan 128 GB. Dengan Internal Memory yang cukup besar dan dapat menampung seluruh foto dan video Anda, external memory-nya pun menyediakan ruang yang lebih luas lagi yakni hingga 400 GB.

Dari segi kamera, smartphone ini dilengkapi dengan kamera utama berupa dual camera 12 MP + 8 MP dan kamera depan beresolusi 8 MP. Dan tak lupa, baterainya berkapasitas 3300 mAh yang diklaim mampu siaga hingga 280 jam lamanya.

Harga Rp. 2.049.000-2.899.000

Nokia 4.2 3/32GB

Last but not least, kami menyajikan rekomendasi smartphone dari sebuah merek yang sangat melegenda sejak dulu kala, yakni Nokia. Sejak dulu hingga kini, ponsel Nokia selalu memiliki desain yang elegan, berkelas, dan sangat memahami kebutuhan pengguna yang apik serta memanjakan mata. Kini, Nokia mengeluarkan produk smartphone Android yang dinamai Nokia 4.2, sangat simpel.

Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Black yang memberikan kesan elegan, dan Pink Sand yang memberikan kesan ceria nan cantik. Bodi tipis dan lengkung premium di bagian depan dan belakang ponsel memberikan rasa nyaman ketika Anda sedang menggenggam ponsel ini.

Ukurannya pun sangat pas untuk pengoperasian satu tangan, memberikan tingkat fleksibilitas yang tinggi untuk Anda. Layarnya memiliki 720 x 1520 pixel dengan kamera depan yang ada di bagian tengah atas beresolusi 8 MP. Sedangkan kamera belakangnya, memiliki resolusi 13 MP + 2 MP.

Ponsel dual SIM ini memiliki sistem operasi Android 9.0 Pie dengan chipset Qualcomm Snapdragon 439. RAM dan Internal Memory ponsel ini tersedia dalam dua varian, yakni RAM 2 GB dan Internal Memory 16 GB atau RAM 3 GB dan Internal Memory 32 GB yang sudah sangat memungkinkan Anda untuk membuka beberapa aplikasi media sosial sekaligus. Uniknya, smartphone dengan kapasitas baterai 3000 mAh ini memiliki tombol khusus untuk Google Assistant.

Semakin sering Anda menggunakan Google Assistant, semakin cepat dan semakin detail pula produk ini dapat mempelajari kebiasaan-kebiasaan Anda. Ini sangat bermanfaat untuk Anda yang super sibuk dengan berbagai jadwal pertemuan, meeting, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 2.199.000-2.320.000
From our editorial team

Pilih Smartphone Sesuai dengan Kebutuhan

Kecanggihan teknologi memang tidak akan pernah mati, untuk smartphone dengan fitur lengkap bisa Anda dapatkan hanya dengan harga Rp 2 Jutaan saja. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri apalagi jika Anda memiliki anak-anak yang harus belajar online dari rumah, pastinya kebutuhan smartphone semakin tinggi. Yuk, langsung pilih saja berdasarkan rekomendasi BP-Guide kali ini!