10 Rekomendasi Smartwatch Anak untuk Membuat Orangtua Tenang Meski Jauh dari Anak (2021)

10 Rekomendasi Smartwatch Anak untuk Membuat Orangtua Tenang Meski Jauh dari Anak (2021)

Anak-anak juga perlu mengikuti tren terkini dalam teknologi agar tidak gaptek. Anda bisa memberikan smartwatch khusus anak agar anak lebih aman bepergian sendirian. Anda bisa memantau buah hati dan juga mengajarkannya disiplin dengan waktu yang dimilikinya. Untuk produknya, Anda bisa cek rekomendasi dari kami.

Smartwatch Khusus Anak Memberikan Sederet Manfaat

Belakangan ini, ada banyak benda canggih bermunculan. Salah satunya adalah smartwatch khusus anak. Alat yang satu ini sama seperti jam tangan pada umumnya, yakni berfungsi menunjukkan waktu. Tetapi, ada kelebihan yang tidak ada pada jam biasa, yakni adanya berbagai fitur mirip smartphone yang bikin kesan jamnya makin canggih.

Anda bisa memberikan smartwatch khusus anak kepada buah hati. Utamanya, jika mereka sudah mulai bersekolah. Pemberian jam tangan pintar ini bisa memberikan banyak manfaat untuk anak maupun orangtua.

Anda bisa memantau posisi anak melalui GPS yang disematkan pada jam tangan pintar anak tersebut. Di zaman seperti sekarang, kita tentunya khawatir jika melepas si kecil bersekolah sendiri atau bermain sendiri. Anda tentu akan jadi lebih tenang dengan adanya fitur ini. Anda bisa memantau pergerakan anak dan kemana saja ia pergi. Anda juga bisa menghubunginya dengan cara meneleponnya dan melihat pergerakannya selama ia masih memakai jam tangan tersebut.

Smartwatch ini juga bisa menjadi pengganti smartphone untuk anak. Kita tentu tahu bahayanya anak saat sudah kecanduan smartphone. Maka dari itu, smartwatch bisa jadi gantinya. Secara fungsi, sedikit banyak smartwatch ini sudah mirip smartphone. Mainan yang tersedia pada smartwatch ini sangat terbatas sehingga anak tidak akan terlalu kecanduan layaknya dengan smartphone.


Memberikan smartwatch kepada anak juga bisa bermanfaat sebagai alat komunikasi antara orangtua dan anak. Dilengkapi koneksi berupa bluetooth, WiFi, bahkan juga SIM Card, smartwatch bisa digunakan untuk menerima telepon dan juga menghubungi nomor telepon. Beberapa jenis smartwatch juga dilengkapi fitur video call sehingga orangtua bisa menghubungi anak kapan saja dan melihat lingkungan di mana anaknya berada.

Smartwatch juga bisa jadi teman setia anak untuk mengingatkan berbagai kegiatannya. Anak bisa memakainya untuk pengingat aktivitas mulai dari bangun tidur, belajar, sekolah, bermain, dan lain sebagainya. Fitur alarm dan pengingat notifikasi bisa membuat anak lebih teratur menjalani hidupnya.

Jam tangan pintar anak bisa digunakan dalam berbagai aktivitas. Ini karena bahannya tentu sudah antigores dan tahan air. Anak bisa lebih bebas bergerak aktif melakukan aneka hobinya tanpa takut jam tangannya rusak. Dengan desain yang keren, jam tangan pintar bisa menunjang gaya anak. Ia juga bisa lebih percaya diri karena tampilannya makin keren.

Tips Memilih Smartwatch untuk Anak

Sesuaikan dengan Usia

Ketika memilih smartwatch untuk anak, Anda perlu menyesuaikan dengan usia anak. Jika anak memang masih belum terlalu mengerti soal jam, maka kebutuhan berinteraksi dan bermain dengan jam tangan pintar ini makin kecil. Maka dari itu, Anda pilih saja smartwatch yang tidak terlalu banyak fiturnya dan tidak terlalu rumit modelnya.

Di sisi lain, jika anak sudah bersekolah dan sudah mulai mengerti teknologi, maka Anda boleh saja memberikan smartwatch yang sedikit canggih. Pilih teknologi yang sekiranya dibutuhkan anak dan juga bisa bermanfaat untuk kehidupannya. Pilih yang bisa menunjang kehidupan sosial dan juga aktivitasnya.

Perhatikan Kebutuhan

Sesuaikan pembelian smartwatch dengan kebutuhan saat ini. Misalnya saja, jika sekolah anak jauh, dan ia harus pergi sendiri, maka Anda wajib memberikan smartwatch yang dilengkapi GPS supaya Anda tidak was-was dan bisa selalu memantau anak.

Jika anak ingin memiliki smartwatch hanya karena iri dengan teman-temannya, alias hanya karena ikut-ikutan saja, maka Anda bisa memikirkan lagi untuk memberikan produk ini. Anda bisa menahan keinginan anak tersebut dan memberikannya pengertian bahwa ia masih belum butuh alat tersebut dalam kehidupannya. Ini akan bisa mengontrol keinginan impulsif anak sehingga ia bisa mulai belajar mana yang hanya sekadar keinginan impulsif dan mana yang benar-benar kebutuhan.

Cek Fiturnya

Sebelum memberikan smartwatch, perlu bagi kita untuk mengecek fitur yang ada pada smartwatch tersebut. Ada beberapa fitur yang bisa Anda pertimbangkan.

Pertama adalah fitur GPS tracker yang membuat kita bisa memantau lokasi anak secara real time. Adanya fitur ini membuat kita bisa melepas anak untuk bermain dan belajar agak jauh dari rumah. Ini juga bisa melatihnya agar lebih berani bersosialisasi dengan temannya tanpa membuat kita terlalu was-was akan keberadaan anak.

Fitur penting lainnya yang wajib ada dalam smartwatch anak adalah fitur telepon dan pesan. Dengan adanya dua fitur tersebut, Anda bisa sewaktu-waktu menelepon dan mengirim pesan kepada buah hati. Anda bisa tenang karena sewaktu-waktu menelepon dan berkirim pesan padanya ketika diperlukan.

Fitur lain yang juga perlu ada pada smartwatch anak adalah fitur waterproof. Kita tidak tahu apa saja aktivitas anak. Kadang mereka bermain air dan lain sebagainya. Adanya fitur ini bikin jam tangan pintarnya lebih aman. Selain itu, semisal anak kehujanan pun, jamnya masih bisa digunakan untuk melacak keberadaan anak.

Sesuaikan dengan Bujet

Saat memilih smartwatch untuk anak, tidak ada salahnya kita menyesuaikan dengan bujet yang kita miliki. Smartwatch memang cukup mahal harganya, apalagi jika untuk diberikan untuk anak yang belum terlalu mengerti. Maka dari itu, jangan terlalu terbebani untuk membelikan yang terlalu mahal, apalagi jika anak masih terlalu kecil. Ada banyak kok smartwatch anak yang dijual dengan harga terjangkau namun dengan kualitas yang bagus dan fitur yang mumpuni.

Ini Dia Rekomendasi Smartwatch Anak yang Bisa Anda Berikan kepada Buah Hati

Al-Qolam Hafiz Smart Watch

Al-Qolam Hafiz Smart Watch ini bisa jadi pilihan utama untuk buah hati. Desain jam tangan ini tampak mewah dan full color sehingga menarik perhatian anak. Dengan smartwatch ini, anak-anak bisa berlatih untuk makin disiplin setiap hari dengan waktu. Alat ini bisa jadi asisten pribadi orang tua untuk memantau rutinitas buah hati.

Jam tangan pintar yang satu ini hadir dengan ukuran 57,6 x 35,5 x 16,7 mm. Baterainya berjenis Li-on 400 mAH yang bisa bertahan 3 hari lamanya. Untuk mengisi ulang baterai dibutuhkan waktu 3 jam lamanya. Produk ini dibekali SIM nano card sehingga bisa digunakan untuk telepon dan SMS. Ada juga koneksi WiFi dan bluetooth yang tersedia.

Jam yang satu ini hadir dengan 100 ikon kegiatan umum anak sehari-hari. Ada game 5 level yang bisa dimainkan anak. Produk ini cocok untuk anak usia 5 tahun ke atas.

Harga Rp. 464.900-1.755.000

imoo Watch Phone Y1

imoo Watch Phone Y1 ini juga bisa jadi andalan berikutnya. Produk yang satu ini bergaransi resmi selama 1 tahun. Ada warna biru dan pink yang lucu dan ceria untuk buah hati. Smartwatch anak ini memiliki fitur panggilan, real time locating, dan swiming waterproof. Ada juga fitur ultra long standby, class mode, dan GPS yang bisa diandalkan. Untuk koneksinya, smartwatch ini memiliki WiFi.

Dengan teknologi Two-Way High Quality Class, smartwatch ini bisa mengeluarkan suara dengan jelas saat dipakai telepon. Ada fitur Family Chat sehingga bisa digunakan untuk membuat grup keluarga sehingga mudah dihubungi. Anggota keluarga bisa saling berkirim pesan suara.

Produk yang satu ini memakai baterai 680 mAh yang tahan lama. Ada fitur SOS signal yang tentu sangat penting untuk anak dan orangtua.

Harga Rp. 242.000-999.000

Lemfo 2020 Smartwatch Anak

Lemfo 2020 Smartwatch Anak menjadi rekomendasi yang tidak bisa terlewatkan. Produk yang satu ini hadir dengan banyak sekali fitur menarik, mulai dari video call, flip dual camera, dan lainnya. Ada juga fitur SOS emergency sehingga anak bisa terlindung lebih baik. Alat ini bisa juga menunjukkan ramalan cuaca.

Jam tangan pintar ini memakai baterai berkapasitas 680mAh. Layar jamnya IPS 1,4 inci sehingga cukup lega. Produk ini dibekali RAM 512MB dan ROM 4 GB. Anak-anak bisa menggunakannya di luar ruangan karena jam tangan ini bersifat waterproof. Produk ini mendukung siste operasi Android 5.0 ke atas dan iOS 9.0 ke atas.

Untuk koneksinya, ada bluetooth dan WiFi yang disematkan. Jam ini juga memiliki pengingat jika baterai lemah, ada SMS masuk, dan jika anak melewati area batas aman yang ditentukan.

Harga Rp. 1.262.000-1.534.100

A36E Smartwatch Anak

A36E Smartwatch Anak ini adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan layar IPS yang penuh warna sebesar 1,4 inci. Jam tangan ini mudah dioperasikan dan bisa mendukung komunikasi orangtua dan anak berkat adanya jaringan 4G yang disematkan.

Alat yang satu ini memiliki fitur anti air dan anti debu sehingga cocok untuk anak yang aktif di luar ruangan. Jam tangan pintar ini juga dilengkapi GPS tracker sehingga orangtua lebih mudah mengawasi anak. Dilengkapi baterai 680 mAh, baterainya bisa tahan 7 hari lamanya.

Fitur menarik lainnya adalah buku alamat, kamera, remote monitoring, rekam jejak arah anak, dan lain sebagainya. Produk ini memakai sistem operasi Android 4.4. Ada fitur SOS sehingga anak lebih terlindungi dengan maksimal. Alat ini juga lengkap dengan fitur video call sehingga Anda bisa menghubungi anak dan melihat lokasinya dengan langsung.

Harga Rp. 659.800-1.277.000

S51 Smartwatch Anak

S51 Smartwatch Anak juga bisa jadi pilihan berikutnya yang canggih. Alat yang satu ini dilengkapo GPS, WiFi, dan LBS positioning. Ada juga jaringan 4G yang disematkan. Anak jadi bisa melakukan video call, voice call, dan berkirim pesan. Produk ini juga mendukung WeChat.

Dengan fitur antiair, jam tangan ini aman jika terkena air saat mandi atau kehujanan. Layarnya memakai IPS 1,4 inci yang bersih dan jernih sehingga mata lebih jelas memandangnya. Produk juga lengkap dengan fitur anti debu, anti gores, dan anti guncangan.

Strap jam tangan memakai bahan silikon yang anti keringat dan anti debu sehingga nyaman dipakai dalam waktu lama. Produk ini memakai Nano SIM card. Ada dukungan RAM 512 MB dan ROM seluas 4GB.

Harga Rp. 204.000-1.209.635

myFirst Fone R1 - 4G

myFirst Fone R1 - 4G ini adalah pilihan yang pas untuk Anda dan buah hati. Smartwatch yang satu ini merupakan kombinasi keren dari jam tangan, ponsel, kamera, pemutar musik, hingga pelacak kebugaran. Dengan alat ini, si kecil lebih semangat beraktivitas.

Anda bisa melacak keberadaan anak-anak memakai GPS yang dikoneksikan WiFi. Anda juga bisa menjadwalkan pembaruan lokasi secara rutin berdasarkan interval waktu dengan produk ini. Jam ini sudah splash proof sehingga aman jika dipakai hujan-hujanan.

Baterainya berkapasitas 580 mAh yang bisa tahan hingga 2 hari. Telepon bisa digunakan hingga durasi 6 jam lamanya mulai dari baterai penuh sampai habis. Untuk musiknya bisa tahan 10 jam lamanya. Ada kapasitas penyimpanan sebesar 4 GB.

Harga Rp. 2.299.000

Amazfit GTS Fashion Fit Smartwatch

Amazfit GTS Fashion Fit Smartwatch adalah rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini bisa bikin tampilan buah hati makin stylish. Layarnya berjenis AMOLED 341 PPI 1,65 inci sehingga terkesan bening dan sangat menawan. Jam tangan ini antiair hingga kedalaman 5 ATM.

Tersedia 12 mode olahraga yang dilengkapi dengan GPS built-in. Ada juga biotracker yang merupakan sensor detak jantung presisi tinggi. Baterainya bisa tahan hingga 14 hari.

Strap berbahan silikon membuat jam tangan tidak bikin gerah dan nyaman dipakai sepanjang hari. Jam ini bisa mendukung sistem Android 5 ke atas dan iOS 10 ke atas. Dalam pembelian sudah ada magnetic charger, buku panduan manual, dan kartu garansi.

Harga Rp. 1.289.000-2.099.000

myFirst Fone S2

myFirst Fone S2 adalah produk yang sayang untuk dilewatkan. Jam tangan keren ini hadir dengan fitur telepon dan video 3G. Ada juga fitur pelacakan GPS sehingga Anda bisa mengecek lokasi anak. Anda juga bisa berkirim pesan teks lengkap dengan emoticon dan memo suara. Anak juga bisa berkirim pesan foto pada Anda sehingga Anda tak perlu khawatir.

Ada fitur SOS dalam satu sentuhan sehingga bikin kita tidak perlu was-was. Ada juga fitur pelatih kebugaran yang bisa menghitung langkah anak setiap harinya. Jam tangan ini juga hadir dengan mode ruang kelas. Alat ini memakai pengisi daya magnetik untuk memudahkan pengisian daya.

Harga Rp. 1.799.000-2.560.000

Wonlex GPS Waterproof Kids Watch GW400S

Jangan lewatkan juga Wonlex GPS Waterproof Kids Watch GW400S. Bahan produknya dari silika gel yang aman saat terjilat tak sengaja. Fitur utamanya adalah SOS yang sensitif sehingga anak lebih aman. Produk ini juga dilengkapi dengan GPS real time sehingga Anda bisa tenang mengawasi anak.

Jam tangan pintar ini mendukung SMS, mikrofon dengan sensitivitas tinggi, dan lain sebagainya. Dengan fitur waterproof, produk ini aman digunakan untuk keseharian anak. Sistem operasi yang bisa digunakan adalah Andorid dan IOS. Alat ini dibekali baterai 400mAh yang bisa tahan 100 jam lamanya. Ada garansi resmi 1 tahun dalam pembelian.

Harga Rp. 697.000-1.492.000

Wonlex 4g Smart Watch KT12

Wonlex 4g Smart Watch KT12 merupakan jam tangan pintar terakhir rekomendasi dari kami. Produk yang satu ini hadir dengan fitur video call. Ada juga sistem block otomatis pada nomor-nomor yang tidak tersimpan. Alat ini juga dilengkapi dengan fitur telepon, pesan, GPS tracker, kamera, dan senter.

Baterainya menggunakan jenis 730mAh yang bisa tahan lama digunakan. Fitur waterproof membuat produk ini aman digunakan saat anak beraktivitas outdoor. Produk ini juga dilengkapi SOS signal dan GEO fence safety area untuk memastikan keamanan anak. Pilihan warnanya beragam dengan desain yang ceria sehingga pastinya disukai anak-anak.

Harga Rp. 1.735.000-2.468.000
From our editorial team

Pilih Kapasitas Baterai Smartwatch yang Memadai

Tidak bisa dipungkiri bahwa smartwatch bisa menjadi alat komunikasi orangtua dan anak saat berjauhan. Maka dari itu, fitur kapasitas baterai wajib dicermati sebelum membelinya. Pastikan baterainya bisa tahan lama. Umumnya baterai smartwatch bisa tahan lebih dari satu hari penuh tanpa mengisi ulang daya. Dengan daya baterai yang tinggi, maka Anda bisa tetap tenang mengawasi anak selama 24 jam meski tidak sedang bersamanya.

Tag