Momen Ngumpul Jadi Makin Seru dengan 10 Rekomendasi Mainan Anak Remaja Ini (2021)

Momen Ngumpul Jadi Makin Seru dengan 10 Rekomendasi Mainan Anak Remaja Ini (2021)

Saat sedang berkumpul dengan teman atau keluarga, manfaatkan momen tersebut untuk mempererat kebersamaan. Banyak cara yang bisa kamu lakukan, kok. Di antaranya dengan memainkan permainan yang seru ini bersama-sama. Mau tahu apa saja rekomendasi mainan anak remaja yang bisa dimainkan bersama? BP-Guide punya rekomendasinya untukmu.

Memainkan Permainan Bisa Mempererat Kebersamaan

Para remaja pasti sangat suka bermain dengan teman-teman mereka. Namun, karena mereka sudah meninggalkan fase kanak-kanak, tentu saja jenis permainan yang dimainkan berbeda. Permainan untuk remaja biasanya lebih interaktif dan melibatkan kemampuan berpikir.

Permainan seperti board games dan penerapan strategi mulai disukai oleh para remaja. Mereka juga suka bermain bersama teman-teman sebaya untuk mempererat kebersamaan. Bermain bersama adalah hal yang sangat baik untuk melatih kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan bersosialisasi.

Tidak Hanya Menghibur, Ini Dia Manfaat Permainan Bagi Remaja

Meningkatkan Perhatian Visual

Permainan yang melibatkan banyak tampilan visual tiga dimensi bisa membentuk kemampuan spasial yang nantinya berguna untuk matematika dan tata ruang. Ini juga melatih kejelian seseorang dalam membedakan dan mengenali objek. Bahkan permainan seperti Counter Strike dan Point Blank juga bisa menjadi permainan edukatif bagi remaja, lho.

Mengatasi Stres

Stres bisa mengancam segala usia, tidak terkecuali remaja. Oleh karena itu, penting untuk menemukan cara tersendiri dalam mengatasi dan mencegah stres. Tampaknya, permainan bisa menjadi cara pelepas stres yang baik, bagi dewasa maupun remaja.

Melalui permainan yang dimainkan, mereka bisa tertawa lepas dan melupakan beban sejenak. Terlebih lagi jika permainan tersebut dimainkan bersama dengan teman-teman, pasti akan terasa lebih menyenangkan karena bisa tertawa bersama.

Melatih Ketrampilan

Saat memainkan permainan bersama-sama, ketrampilan seorang remaja akan diasah. Mereka pasti akan melakukan berbagai cara untuk menghindari kekalahan. Upaya tersebut melibatkan berbagai macma hal seperti perhatian terhadap detail, memecahkan masalah, dan hal yang diperlukan untuk memenangkan permainan.

Mengembangkan Kemampuan untuk Menyelesaikan Masalah

Untuk memenangkan permainan, maka diperlukan strategi yang tepat agar lebih unggul dari semua lawan. Namun, tentu saja hal itu tidak mudah. Ada banyak rintangan dan masalah yang harus diselesaikan. Permainan strategi seperti Warcraft memerlukan strategi yang tepat agar bisa naik ke level berikutnya.

Melatih Koordinasi Antara Otak dan Bagian Tubuh

Jika permainan tidak hanya mengandalkan kemampuan berpikir saja namun juga kekuatan tubuh, maka diperlukan koordinasi yang baik antara otak dan tubuh. Tidak hanya itu, diperlukan fokus dan konsentrasi yang baik untuk bisa menyelesaikan permainan. Jadi, manfaatnya lebih dari sekadar mencari hiburan saja, tetapi juga memiliki fungsi edukatif yang baik.

Tips Memilih Permainan yang Bisa Dimainkan Bersama

Sesuaikan dengan Jumlah Peserta

Jika jumlah peserta yang akan ikut bermain lebih dari 4 orang, pastikan kamu mencari permainan yang tepat. Hindari memilih permainan untuk 2 orang seperti catur atau Othello. Permainan seperti Uno atau Monopoli termasuk jenis permainan yang bisa dimainkan oleh banyak orang.

Pastikan Semua Memahami Aturan Permainan

Permainan seseru apapun tidak terasa menyenangkan jika tidak semua bisa memahami aturannya. Oleh karena itu, pastikan semua peserta memahami aturan yang berlaku agar permainan makin seru. Yang tidak kalah penting, satu sama lain harus saling mengingatkan jika ada pelanggaran peraturan.

Iming-iming Hadiah agar Makin Semangat

Meskipun ini adalah permainan, pasti para pesertanya akan lebih bersemangat jika ada iming-iming hadiah. Atau kalau tidak, tetapkan hukuman untuk siapa saja yang kalah. Dengan demikian, persaingan akan semakin ketat dan jadi lebih seru, bukan?

Rekomendasi Permainan Remaja yang Bisa Dimainkan Bersama

Mattel Games Travel Scrabble Original

Rekomendasi mainan pertama yang bisa dimainkan oleh para remaja adalah Mattel Games Travel Scrabble Original. Permainan kata-kata ini menjadi semakin unik karena dilengkapi dengan berbagai macam "lokasi" seperti puncak gunung, pesawat, kereta, dan masih banyak lagi. Desainnya ringkas dan portabel, sehingga bisa dimainkan di mana saja.

Satu set permainan ini terdiri dari papan, empat buah rak untuk masing-masing pemain, 100 buah ubin huruf, kantong untuk ubin, dan peraturan permainan. Scrabble bisa dimainkan oleh 2 hingga 4 orang, mulai usia 10 tahun ke atas.

Harga Rp. 200.000-280.000

KKV - HASBRO Monopoly Grab and Go

Permainan berikut ini dibuat oleh KKV, merek yang berfokus pada gaya hidup kreatif. HASBRO Monopoly Grab and Go adalah board games yang bisa dimainkan oleh anak, remaja, hingga dewasa. Permainan ini bisa mendekatkan hubungan antara keluarga maupun teman. Terbuat dari bahan yang aman dan berkualitas tinggi, sehingga dipastikan awet dan tahan lama.

Dalam satu set permainan terdiri dari papan permainan, 4 buah token plastik, uang Monopoli, 3 buah batu dadu, 32 buah rumah warna hijau, 12 hotel warna merah, 1 set kartu kesempatan, dan 1 set kartu dana umum. Ukuran papan permainan ini adalah 18,5 x 18,5 cm, cocok dimainkan beramai-ramai.

Harga Rp. 100.000-150.000

UNO Card Original

Jika mencari permainan yang seru dan menghibur, maka UNO Card Original bisa dijadikan pilihan. Produk asli dari Mattel ini tebuat dari komponen yang berkualitas, tidak mudah sobek dan terlipat. Satu set UNO terdiri dari 112 dek kartu dengan komposisi masing-masing 25 kartu untuk warna merah, kuning, biru, dan hijau). Sedangkan 12 kartu lainnya adalah Skip, Reverse, Draw Two, dan Draw Four Wild.

Permainan yang menyenangkan ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan saat berkumpul dengan keluarga dan sahabat. Cocok dimainkan oleh remaja dan dewasa.

Harga Rp. 10.000-70.000

UNO Stacko

Ingin permainan yang menantang dan menyenangkan? UNO Stacko jawabannya. Ini adalah hiburan yang sangat menarik untuk dimainkan dengan banyak orang. Instruksinya sederhana, cukup dengan menarik keluar blok dengan warna, angka, atau perintah.

Permainan ini merupakan gabungan dari strategi, ketelitian, dan kesabaran. UNO Stacko lebih menyenangkan jika dimainkan dengan banyak orang. Makin banyak pemain, makin ramai dan seru. Permainan ini juga dikemas dengan praktis, sehingga bisa dimainkan di mana saja.

Harga Rp. 50.000-250.000

Bananagrams

Berikutnya ada rekomendasi permainan kata selain Scrabble yang bisa dimainkan bersama-sama. Bananagrams lebih praktis karena tidak memerlukan papan permainan atau peralatan apa pun. Permainan ini bisa dimainkan 2-8 orang.

Tinggal susun saja kata-kata dari huruf-huruf yang ada. Seperti namanya, ubin huruf ini dilengkapi dengan pouch lucu berbentuk pisang sehingga mudah dibawa ke mana saja dan dimainkan kapan saja.

Harga Rp. 70.000-200.000

Codenames Pictures

Pernah dengar yang namanya Codenames Pictures? Ini adalah permainan seru yang wajib kamu coba saat ngumpul bersama teman-teman. Siapa saja yang terlibat akan menjadi mata-mata. Bisa banget untuk melatih kamu yang suka bermain strategi.

Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang punya jumlah anggota sama. Mereka harus bisa mencari siapa agen yang lainnya. Setiap tim akan memberi petunjuk satu sama lain melalui satu kata dan satu angka. Siapa yang lebih dulu menemukan anggota timnya adalah pemenang.

Harga Rp. 150.000-500.000

Twister Body Games

Lebih dari sekadar permainan, kamu juga bisa menggerakkan badan juga dengan Twister Body Games ini. Permainan yang seru ini bisa dimainkan bareng teman dan keluarga untuk menjadi waktu berkumpul jadi lebih menyenangkan. Set permainan ini terdiri dari 2 komponen saja yaitu karpet permainan yang berisi lingkaran beraneka warna dan pemutar untuk penunjuk arah.

Apabila salah satu pemain terjatuh, maka dinyatakan kalah. Sebaliknya, siapa yang bisa bertahan hingga akhir adalah pemenangnya.

Harga Rp. 30.000-100.000

Othello

Othello adalah permainan yang sangat mirip dengan catur. Satu set terdiri dari 1 papan, 66 pion, dan 2 buah tempat penyimpanan. Sistem permainannya sangat mudah, yaitu siapa yang punya lebih banyak pasti adalah pemenangnya. Permainan ini bisa dibilang sangat intens karena melibatkan persaingan antara 2 orang yang bermain.

Harga Rp. 60.000-180.000

Sushi Go Party

Dilihat dari namanya, lebih seperti makanan daripada permainan, ya? Sushi Go Party mungkin memang akan bikin kamu laper juga. Tapi permainan yang satu ini sangat pas untuk dimainkan bareng-bareng, lho.

Peraturannya juga sederhana, yaitu setiap pemain akan diberi kartu sushi. Saat permainan berlangsung, kamu bisa memilih untuk menyimpan kartu tersebut atau memberikannya kepada pemain lain. Setiap kartu memiliki nilai masing-masing yang bisa menaikkan skor pemain. Siapa yang skornya paling tinggi di akhir permainan adalah pemenang.

Harga Rp. 150.000-500.000

Rubiks Race Colour Cube Magic Block Game

Bosan dengan permainan rubiks yang biasa? Ada Rubiks Race Colour Cube Magic Block Game yang jauh lebih seru. Permainan edukatif ini dirancang untuk mengasah kecepatan pola pikir dan pengambilan keputusan. Bisa dimainkan oleh 2 orang, di mana setiap pemain harus mencocokkan 9 kotak berwarna yang sudah ditentukan.

Satu set permainan terdiri dari 2 papan, 1 papan koneksi, 1 kotak kubik, 48 balok magic, dan 1 buah instruksi permainan. Cocok banget nih dimainin waktu lagi berkumpul bersama.

Harga Rp. 150.000-500.000
From our editorial team

Jadi, Mana Dulu Nih yang Mau Dimainkan?

Melihat rekomendasi mainan untuk remaja dari BP-Guide di atas sangat menarik, bukan? Permainan di atas bisa mengalihkan perhatian sejenak dari gadget yang kadang menjauhkan kita. Tetapi ingat untuk selalu menjunjung tinggi fair play dan menerima kekalahan dengan lapang dada, ya! Jadi, permainan mana dulu nih yang mau kamu mainkan?