8 Rekomendasi Permainan Dadu yang Bisa Dimainkan Bersama dan Cocok Dijadikan Hadiah (2019)

8 Rekomendasi Permainan Dadu yang Bisa Dimainkan Bersama dan Cocok Dijadikan Hadiah (2019)

Permainan dadu tak hanya bisa dimainkan anak-anak tapi juga orang dewasa. Permainan dadu cocok dimainkan saat berkumpul bersama teman atau kerabat. Nah, berikut BP-Guide rekomendasikan beberapa permainan dadu menarik yang bisa dimainkan bersama. Atau bisa dijadikan hadiah menarik untuk teman atau kerabat.

Permainan Dadu Merekatkan Suasana dan Menghibur

Sumber gambar macandtoys.blogspot.com

Board game atau permainan papan akhir-akhir ini mulai dilirik lagi. Permainan ini ternyata tidak hanya menghibur, tetapi juga memilki banyak manfaat untuk anak-anak maupun orang dewasa. Permainan papan dapat membantu melatih kemampuan sosial dengan komunikasi dan nilai-nilai sportivitas seperti menerima kekalahan. Permainan papan juga dapat mengundang tawa dan mengurangi stress.

Salah satu permainan papan yang melibatkan banyak orang adalah permainan dadu. Permainan dadu menggunakan dadu sebagai komponen bermainnya. Seperti permainan papan yang lain, untuk memainkan permainan dadu, kamu harus memiliki lawan minimal satu orang.

Permainan dadu juga dapat dimainkan lebih dari lima orang hingga dua belas orang. Cara bermain permainan dadu tidak hanya sekadar bertaruh dengan melempar dadu, tetapi pemain juga membutuhkan strategi untuk menang. Strategi tersebut adalah pemain dituntut lihai dalam perhitungan angka (aritmatika) dan memahami teori probabilitas (peluang).

8 Rekomendasi Permainan Dadu yang Asyik

Bunco

Sumber gambar camelcamelcamel.com

Bunco idealnya dimainkan dua belas orang yang dibagi menjadi tiga meja, dengan masing-masing per meja empat orang. Meja pertama disebut head table kemudian disusul meja satu dan meja dua. Head table memegang bel yang dibunyikan untuk berakhirnya setiap putaran permainan. Untuk memainkannya kamu membutuhkan tiga dadu, kertas skor, dan bel.

Bunco bertujuan untuk mendapatkan mata dadu yang sama dan meraih skor dari jumlah mata dadu yang sama itu. Skor tertinggi adalah 21, yaitu jika ketiga dadu menunjukkan angka yang sama (disebut dengan Bunco).

Setiap orang harus melempar dadu sampai tidak ada skor lagi. Setiap lemparan dadu yang menunjukkan angka sama, maka pemain tersebut mendapat satu skor. Bunco terdiri dari 2-4 set putaran. Jika ada pemain dari head table sudah mendapat Bunco atau skor mencapai 21, maka satu set permainan akan berakhir. Setelah itu, para pemain di setiap meja dapat bertukar tempat.

Pada akhir set, skor akan dihitung dan yang paling banyak mendapat skor adalah pemenangnya. Bunco sangat cocok dimainkan saat pesta atau perkumpulan keluarga. Kamu dapat membeli satu set permainan dadu ini di Amazon dengan harga mulai dari Rp 194.500.

Qwixx

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Qwixx dapat dimainkan oleh dua hingga lima orang pemain. Permainan dadu ini bertujuan untuk memperoleh angka paling banyak. Satu set kotak Qwixx terdiri enam dadu, papan skor, dan peraturan permainan. Permainan ini membutuhkan strategi.

Untuk mendapatkan poin, pemain harus menandai angka sebanyak mungkin dan hanya boleh menandai angka di sebelah kanan di garis yang sama. Permainan akan berakhir kalau semua baris sudah terisi. Satu set boks Qwixx ini dapat kamu peroleh di toko daring dengan harga mulai dari Rp 320.000.

Shut the Box

Sumber gambar www.amazon.in

Permainan Shut the Box adalah permainan dadu dengan kotak kayu yang memiliki kepingan angka-angka. Ada tiga versi angka mulai nomor 1-9, 1-10, dan 1-12. Permainan ini bertujuan untuk melihat pemain mana yang banyak membuka atau mengangkat kepingan angka tersebut.

Meski cara bermainnya terlihat mudah, tapi kamu harus memiliki strategi agar menang. Setiap dadu yang dilempar, misalnya pemain mendapatkan angka 8, maka pemain harus menghitung berapa angka yang dibutuhkan untuk mendapat angka 8.

Pemain dapat memilih 1+4+3 atau 5+3. Jika angka 7,8,9 sudah terpenuhi, permainan akan dilanjutkan dengan satu dadu. Permainan ini dapat dimainkan sendiri hingga empat orang pemain. Kamu dapat membeli Shut the Box di Lazada mulai dari Rp 229.000.

Pass the Pigs

Sumber gambar www.amazon.com

Pass the Pigs menggunakan figur berbentuk babi sebagai pengganti dadu konvensional (berbentuk kubus, memiliki enam sisi). Pada permainan ini, pemain harus mengetahui berbagai posisi jatuhnya figur babi setelah dilempar. Setiap posisi jatuh figur babi memiliki skor dan ada pula beberapa posisi figur babi yang akan membuat pemain kehilangan skor.

Setiap posisi dan skor yang diperoleh sudah ada di panduan permainan ini. Permainan akan berakhir jika ada pemain yang memperoleh 100 poin. Kamu dapat membeli permainan ini mulai dari Rp 88.400 di Amazon.

Bamboozled

Sumber gambar www.rankcardgame.com

Apakah kamu lihai dalam berpura-pura? Bamboozled adalah permainan dadu yang menantang pemain menipu lawannya. Tujuannya adalah agar lawan menebak angka yang sebenarnya saat ada pemain melempar dadu dan siapa yang bertahan paling akhir.

Ketika dadu dilempar, pemain akan melihat dadu tersebut tanpa memperlihatkan ke lawan. Misalnya, dadu menunjukkan angka 3 dan 4, pemain harus memutuskan antara angka 34 atau 43 untuk diberitahukan ke lawan. Skor terendah adalah ketika seorang pemain mendapat dadu yang memiliki angka 2+1 dan 6+5.

Untuk angka 1+1 dan 6+6 disebut dengan double. Permainan ini memiliki kartu bantu untuk menjatuhkan lawan. Jika kamu ketahuan berbohong, maka kamu akan kehilangan satu nyawa. Satu set permainan Bamboozled ini dapat kamu beli di Amazon mulai dari Rp 278.584.

Golo Golf

Sumber gambar weshop.co.id

Tidak ada waktu atau tidak punya uang untuk pergi golf? Permainan Golo Golf dapat menjadi solusi. Permainan papan ini memang dibuat memiliki aturan-aturan yang mirip dengan golf. Dadu berjumlah 9 merepresentasikan hole golf yang berjumlah 9. Setiap dadu memiliki 12 sisi dengan angka yang berbeda.

Pemain melempar dadu untuk mendapatkan skor dan menghilangkan skor dengan angka terendah. 9 dadu tersebut harus dilempar dan pemain harus menghitung dari 9 hole tersebut. Satu set boks Golo Golf terdiri dari 9 dadu, papan skor, dan gelas untuk mengocok dadu. Kamu dapat membeli permainan ini di Amazon mulai dari sekitar Rp 167.000.

Yamslam

Sumber gambar www.amazon.in

Yamslam merupakan permainan yang cenderung mudah tetapi kompetitif. Pemain harus melempar lima dadu ke dalam kotak Yamslam. Setiap pemain memiliki kesempatan tiga kali untuk melempar. Pada boks yamslam, terdapat koin untuk menghitung poin.

Pemain harus pintar berstrategi karena setiap kelompok poin hanya terdiri dari empat keping. Yamslam dapat dimainkan selama 15 menit. Pemain yang memperoleh poin tertinggi adalah pemenang. Jika kamu bermain Yamslam dengan anak-anak, kamu harus mengajak mereka berdiskusi mengenai keputusan untuk mengambil koin. Kamu dapat membeli satu set boks Yamslam mulai dari Rp 236.500 di Amazon.

Last Chip Standing Devil's Luck

Sumber gambar www.amazon.com

Permainan ini mengambil tema Wild West atau Koboi. Dadu yang digunakan untuk Last Chip Standing tidak seperti dadu yang lain karena bergambar, bukan berupa angka atau titik-titik. Dari gambar-gambar yang ada di dadu tersebut, pemain dapat menentukan langkah selanjutnya. Permainan ini memiliki keping-keping untuk mengumpulkan koin. Pemain yang memiliki kepingan terbanyak adalah yang menang.

Permainan dadu ini dapat dimainkan anak-anak hingga dewasa. Waktu bermain Last Chip Standing Devil's Luck sekitar 10 menit. Dalam satu boks permainan papan ini ada gelas untuk mengocok dadu, tiga buah dadu, dan keping koin plastik. Permainan ini dapat dimainkan oleh tiga hingga delapan pemain. Kamu dapat membeli permainan ini mulai dari Rp110.600 di Amazon.

From our editorial team

Permainan Dapat Melatih Kemampuan Sosial Emosional Anak

Itulah permainan dadu yang bisa dijadikan pilihan untuk bermain bersama. Melalui permainan, anak-anak bisa melatih perkembangan komunikasi antar sesama pemain. Selain itu, permainan dapat melatih kemampuan sosial emosional. Di mana dalam hal ini anak akan belajar melatih kesabaran saat menunggu giliran bermain. Akan lebih baik bila saat bermain dadu, anak didampingi oleh orang tua. Hal ini akan membantu kedekatan anak dan orang tua.