Mencari Mainan Anak Perempuan 9 Tahun? Kami Punya 10 Rekomendasinya

Mencari Mainan Anak Perempuan 9 Tahun? Kami Punya 10 Rekomendasinya

Seorang anak yang telah berusia mencapai 9 tahun biasanya sudah dapat memilih mainannya sendiri. Tentunya, mereka akan memilih mainan yang sekiranya menarik bagi mereka. Peran orang tua sangat dibutuhkan di sini guna memilihkan mainan yang tepat. Selain menarik, pilihlah mainan yang edukatif seperti berikut ini.

Mainan Apa yang Pas Buat Anak Usia 9 Tahun?

Sumber gambar nymag.com

Bermain adalah dunianya anak yang tak boleh terlalu kita batasi. Namun, terlalu banyak main juga kurang baik untuk si kecil. Maka sebaiknya tentukan saja jam bermain si anak dan buatlah agar waktu bermain anak lebih berkualitas.

Anda bisa membuat waktu bermain anak jadi sekaligus waktu belajar untuknya. Berikan mainan edukatif supaya ia makin kreatif dan juga dapat melatih segala sensor dan motoriknya. Mainan edukatif secara tak langsung juga akan mengasah otaknya untuk jadi lebih imajinatif.

Nah, mainan memang dibedakan berdasarkan usia anak. Jika Anda memiliki anak perempuan berusia 9 tahun, mainan apa yang paling cocok untuknya?

Untuk anak usia 6 hingga 12 tahun umumnya mereka gemar bermain ketangkasan. Bisa juga bermain role play atau mengasah memori. Anda bisa berikan mainan berupa kartu, boneka, buku hingga alat lukis untuk anak usia 6 hingga 8 tahun. Sementara untuk anak usia 9 hingga 12 tahun, Anda bisa memberikan mainan seperti puzzle, pekerjaan tangan, sepeda, dan lain sebagainya.

Tips Memilih Mainan Anak

Pilih Permainan dengan Konten Edukatif

Sumber gambar aptparenting.com

Memilih permainan untuk anak memang sebaiknya tak asal saja. Memang tak perlu mahal, namun pilihlah mainan yang bisa sekaligus membantunya belajar. Anda boleh saja memilih permainan yang memiliki konten edukatif.

Salah satu permainan yang menarik dan menyenangkan adalah puzzle. Mainan ini bisa juga menjadi mainan edukatif karena mampu mengasah otaknya untuk berimajinasi. Bisa juga melatih konsentrasi dan ketelitian menyusun puzzle.

Mainan lainnya adalah boneka, mainan ini seringkali disepelekan. Padahal dengan main boneka, anak bisa melatih imajinasi, kemampuan berbahasa, dan juga indera perabanya.

Sesuaikan dengan Minat Anak

Sumber gambar www.verywellfamily.com

Anda bisa juga menyesuaikan mainan dengan minat anak. Perhatikan kesukaan anak dan Anda bisa pilih mainan dari apa yang biasa ia lakukan. Misalnya saja ia gemar melihat ibu memasak, maka bisa jadi ia ingin membantu ibu di dapur. Anda bisa hadiahkan aneka mainan yang berhubungan dengan masak-memasak.

Misalnya ia berminat dalam olahraga atau kegiatan yang menguji fisik maka berikan mainan yang sesuai. Anda bisa berikan ia mainan berupa sepeda atau tali untuk bermain lompat tali.

Pastikan Keamanan Bahan

Sumber gambar fortune.com

Bukan hanya memilih mainan saja, namun ibu juga wajib meneliti bahan mainan yang dipakai anak. Anda tak mau bukan, jika anak Anda bermain dengan bahan yang berbahaya. Bisa saja usai bermain ia makan sesuatu lalu zat berbahaya dalam mainan ikut tertelan tanpa sengaja.

Maka dari itu sebelum membeli mainan, apapun itu pastikan Anda melihat dan meneliti bahannya. Anda bisa juga cek produk tersebut apakah ada label SNI. Ini akan menjamin keamanan dari produk tersebut untuk dimainkan.

Hindari Mainan yang Bertepi Tajam

Sumber gambar www.ebay.in

Untuk anak usia 9 tahun, hindari juga mainan dengan tepian tajam. Anda pasti tak mau kan buah hati terluka karena mainannya memiliki sisi yang tajam dan membahayakan. Hindari juga mainan yang memiliki tali atau pita terlalu panjang. Ditakutkan mainannya bisa membuatnya terikat atau tercekik.

Mencari Mainan untuk Anak Perempuan 9 Tahun? Lihat 10 Rekomendasi Berikut Ini

Loz Gift Girl 9498 Mainan Blok dan Puzzle [Large]

Sumber gambar www.blibli.com

Puzzle merupakan mainan yang ditujukan supaya anak lebih sabar dan lebih kreatif. Butuh ketelitian dan juga konsentrasi untuk memainkan puzzle.

Ada yang berupa gambar dalam kepingan-kepingan kecil yang harus digabung untuk menjadi satu gambar utuh. Ada juga puzzle yang berupa balok-balok yang bisa disusun sehingga membentuk suatu bentuk atau gambar. Nah, mainan ini cocok untuk anak usia 9 tahun, lho.

Loz Gift Girl 9498 Mainan Blok dan Puzzle ini hadir dalam ukuran besar. Mainan ini berbahan ABS plastic. Aman dimainkan anak dan cukup fun desainnya. Mainan ini bisa meningkatkan imajinasi anak. Balok bisa disusun menjadi karakter Anna pada film "Frozen". Bisa dibeli di Blibli pada harga Rp 62.600.

Mao Beauty Girl Set Koper Mainan Anak

Sumber gambar www.blibli.com

Anak perempuan memang suka bermain rumah-rumahan. Sesekali ajak anak untuk bermain peran profesi. Ini untuk mengajarkan anak tentang sebuah profesi dan siapa tahu menumbuhkan kecintaannya pada sebuah profesi.

Mao Beauty Girl Set Koper Mainan Anak ini bisa Anda berikan kepada buah hati Anda. Mainan ini berupa satu set perlengkapan untuk salon berbentuk koper. Bisa dijadikan workshop dan bisa membuat anak berlatih peran sebagai perias wajah. Mainan ini cocok untuk melatih anak berinteraksi dengan temannya.

Di dalam koper ada lipstik mainan, sisir, dan gunting. Ada juga hairdryer, cermin, dan banyak lagi alat mainan salon. Produk bisa dibeli di Blibli pada harga Rp 150.000.

Otoys PA-008-58 Kitchen Set Portable Dapur Mainan Anak Perempuan

Sumber gambar www.blibli.com

Anak perempuan pasti sedikit banyak suka melihat ibu kala memasak di dapur. Nah, ajarkan juga si kecil memasak dan kenalkan dengan aneka peralatan masak. Nantinya ia juga harus terjun sendiri ke dapur untuk membantu ibu.

Saat ini Anda bisa memberikan satu set peralatan memasak untuk dipakainya bermain. Mainan ini akan melatih imajinasinya dan juga mampu belajar mandiri.

Otoys PA-008-58 Kitchen Set Portable Dapur Mainan Anak Perempuan cocok jadi hadiah. Bahannya terbuat dari PVC dengan desain fun. Mainan portable ini memiliki lampu dan suara sehingga membuat anak tertarik kala memainkannya. Bisa juga untuk melatih imajinasi dan membantu perkembangan otak anak. Portable Mainan Dapur ini bisa dibeli pada harga Rp 225.000 di Blibli.

LEGO DC Super Hero Girls 41239 Eclipso Dark Palace Mainan Blok dan Puzzle

Sumber gambar www.amazon.com

Puzzle pertama kali dibuat tahun 1766. Puzzle diperkenalkan oleh John Spilsbury. Ia adalah ahli peta dan ia membuat jigsaw puzzle karena memiliki ide untuk mempelajari peta lebih mudah. Maka ia menggambar sebuah peta pada lembaran kayu. Selanjutnya ia memotong-motongnya berdasarkan batas garis negaranya.

Peta ini kemudian dipergunakan oleh anak sekolah guna mempelajari peta dengan cara menyambungkan potongan-potongan tersebut. Kini puzzle muncul dalam aneka model. Salah satunya model balok yang disusun-susun.

LEGO DC Super Hero Girls 41239 Eclipso Dark Palace Mainan Blok dan Puzzle ini menarik untuk dimiliki. Mainan ini cocok untuk anak usia 9 tahun ke atas. Lego yang terbuat dari plastik ini sangat pas untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi. Satu set terdiri dari 107 buah lego. Anda bisa membelinya seharga Rp 2.150.000 di Blibli.

Klikko Creative Block Girl Set Mainan Anak

Sumber gambar www.blibli.com

Mainan bongkar pasang alias lego sangat banyak disukai. Mainan ini bisa juga menjadi pengasah kognitif dan psikomotorik putra putri Anda. Mainan ini baik diberikan pada anak usia 9 tahun. Dengan membuat aneka bentuk unik maka anak mampu mengekspresikan dirinya.

Klikko Creative Block Girl Set Mainan Anak bisa Anda pilih sebagai hadiah. Mainan ini terbuat dari bahan plastik. Desainnya lucu dan menyenangkan. Berbentuk geometri dan bisa dibentuk menjadi 3 bentuk berbeda. Sesuaikan dengan kreativitas dan imajinasi anak. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 179.000.

Sylvanian Families Girls Dressing Table Mainan Anak

Sumber gambar www.jakmall.com

Jangan terlalu mengekang si kecil kala ia belajar berdandan. Ia pasti juga meniru apa yang ia lihat dari ibunya. Bagi anak perempuan, wajar saja jika ia mulai tertarik dengan make up dan peralatan rias. Berikan ia mainan di mana ia bisa mencoba imajinasinya untuk berdandan.

Sylvanian Families Girls Dressing Table Mainan Anak ini baik juga untuk anak Anda. Mainan ini diperuntukkan bagi mereka yang usianya 3 tahun ke atas. Bisa membuat anak berlatih bermain peran. Mainan juga bisa melatih kreativitas anak. Mainan ini mampu merangsang sensor dan motorik anak juga. Mainan ini bisa dibeli di Jakmall pada harga Rp 152.910.

St4rshop Glamor Girl Twisted & Beaded Fashion Accessories Mainan Anak

Sumber gambar www.blibli.com

Mainan anak memang tak harus selalu mahal. Yang penting bisa mengasah kreativitasnya dan bisa melatih kemampuan motorik serta sensoriknya.

Anda bisa mengajarkan anak perempuan lebih kreatif dengan memberikan mainan di mana ia bisa merangkai sendiri aksesorinya. Misalnya saja ia jadi lebih kreatif dalam membuat gelang atau kalung.

St4rshop Glamor Girl Twisted & Beaded Fashion Accessories Mainan Anak ini pasti bikin si kecil senang. Mainan ini bisa dimainkan anak perempuan sejak usia 6 tahun ke atas.

Mainan berupa manik ini bisa dipakainya membuat kalung maupun gelang dan sudah bersertifikat SNI. Aman dimainkan dan pastinya sangat menyenangkan. Bisa dibeli pada harga Rp 105.000 di Blibli.

Yoyo 1377-1 Beauty Hair Angel Dresser Make Up Dol

Sumber gambar www.blibli.com

Anak perempuan pastilah gemar main boneka. Nah, berikan ia ide lain dalam bermain boneka selain main peran. Anda bisa mengajarkannya untuk merias bonekanya. Dari mengutak-atik model rambut boneka hingga mendandaninya. Ini akan mengasah imajinasinya supaya lebih kreatif mendandani bonekanya.

Yoyo 1377-1 Beauty Hair Angel Dresser Make Up Dol sangat sayang jika dilewatkan. Mainan ini merupakan satu set mainan Barbie. Desainnya lucu dan menyenangkan yang terbuat dari bahan plastik. Bisa dimainkan anak usia 9 tahun. Mainan ini mampu melatih imajinasi anak dan rambut bonekanya bisa dimainkan. Produk bisa dibeli di Blibli pada harga Rp 108.000.

Whipple Perfect Pastries Mainan Anak

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Bagi anak perempuan belajar masak-masakan pasti akan sangat menyenangkan. Nah, anak bisa juga nih dilatih untuk mengembangkan imajinasinya lewat mainan yang berhubungan dengan masak-memasak. Misalnya saja untuk membuat kue, wah, anak pasti senang sekali. Apalagi jika ia bisa menghias kuenya.


Whipple Perfect Pastries Mainan Anak ini pasti cocok untuk anak Anda. Mainan ini diperuntukkan bagi anak usia 7 tahun ke atas. Mainan ini lengkap dengan cake, buah, serta aneka pernik. Si kecil bisa makin kreatif kala menghias kue. Mainan ini juga bisa membuat otak kanan dan kirinya makin digunakan secara imbang. Mainan bisa dibeli di Elevenia dengan harga Rp 219.900.

Barbie Jump Rope

Sumber gambar www.bukalapak.com

Ajarkan anak untuk rajin berolahraga sejak kecil. Anda bisa memberikannya mainan yang sekaligus bisa membuatnya berolahraga. Misalnya mainan berupa tali yang bisa ia dan temannya gunakan untuk main lompat tali.

Ia bisa belajar mengasah otaknya untuk berkoordinasi dengan semua otot anggota gerak. Selain itu ia juga bisa jadi lebih sehat kala memainkannya.

Barbie Jump Rope ini hadir dalam warna ungu. Mainan ini akan bikin si kecil makin sehat. Ia bisa belajar membakar kalori sejak kecil. Ia akan belajar melompat dan bisa juga dilakukan bersama teman-teman mainnya yang lain. Mainan ini bisa meningkatkan koordinasi dan irama antara tangan dan gerakan kaki.

Mainan ini cocok untuk anak usia 9 tahun dan bisa dibeli di Bukalapak seharga Rp 29.900.

From our editorial team

Selektif dalam Memilih Mainan Anak

Tidak sulit menemukan mainan edukatif untuk melatih kecerdasan si kecil. Karena mainan tersebut bisa ditemui di beberapa marketplace. Mulailah lebih memerhatikan buah hati lewat mainan yang bermanfaat bagi mereka. Jangan asal membeli mainan, karena akan memengaruhi kecerdasannya.