Cermat Memilih Sepatu Tenis dan 10 Rekomendasinya untuk Menunjang Permainanmu di Lapangan (2019)

Cermat Memilih Sepatu Tenis dan 10 Rekomendasinya untuk Menunjang Permainanmu di Lapangan (2019)

Sesuaikan jenis sepatu dengan jenis olahraga yang akan kamu lakukan. Untuk kamu yang sedang hobi tenis, gunakan sepatu khusus tenis supaya bisa menunjang performa di lapangan, ya. Intip yuk sederet rekomendasi sepatu tenis dari kami!

Jika Ingin Bermain Tenis, Sebaiknya Gunakan Sepatu Khusus Tenis

Berolahraga belum lengkap jika belum memakai alas kaki yang tepat. Ini artinya kamu harus menyesuaikan sepatu yang kamu gunakan sesuai dengan cabang olahraga yang kamu lakukan. Penyesuaian ini perlu dilakukan supaya olahraga jadi bisa lebih maksimal.

Kalau hendak melakukan olahraga tenis, maka kamu akan lebih tepat saat kamu memakai sepatu tenis. Olahraga tenis memerlukan banyak pergerakan ke samping. Jika kamu hanya memakai sepatu lari biasa, maka kurang bisa memberikan stabilitas yang tepat untuk gerakan tenis yang kebanyakan menyamping. Bersama BP-Guide, intip yuk cara memilih sepatu tenis yang tepat.

Pilih Sepatu Tenis yang Tepat

Sesuaikan dengan Jenis Lapangan

Untuk melakukan olahraga tenis, kamu perlu melakukannya dengan peralatan yang lengkap. Salah satu yang kamu butuhkan adalah sepatu. Untuk memaksimalkan permainan tenismu, gunakanlah sepatu yang sesuai dengan jenis lapangan di mana kamu memainkannya.

Secara umum ada tiga jenis lapangan tenis. Yang pertama adalah tipe lapangan hard court. Permukaan lapangannya keras sehingga sepatumu harus bekerja keras saat berlarian di lapangan semacam ini. Gunakan sepatu tenis yang menyediakan bantalan superior sehingga kakimu tersangga dengan baik.

Yang kedua ada tipe lapangan clay court. Lapangan dengan permukaan tanah liat ini membutuhkan sepatu yang menawarkan cengkeraman kuat. Dengan begini, meski permukaan tanahnya licin, kamu tetap bisa berlarian dengan nyaman.

Berikutnya ada jenis lapangan grass court. Lapangan rumput ini merupakan jenis lapangan tenis tertua. Ada sepatu khusus untuk lapangan ini sehingga sepatu tidak merusak rumput lapangan. Gunakan sepatu dengan sol yang bermotif dan bagian atas sepatu yang merupakan perpaduan bahan jaring dan sintetis untuk jenis lapangan rumput.

Cermat Memilih Tapak Sepatu


Ada banyak jenis sepatu tenis di pasaran. Umumnya sepatu sudah dibuat sesuai dengan jenis lapangannya. Bagian tapaknya juga berbeda-beda tergantung sepatu tersebut untuk jenis lapangan apa.

Sepatu tenis untuk lapangan keras memiliki tapak yang keras sehingga menandingi beton yang jadi permukaan lapangan. Sementara sepatu tenis untuk lapangan rumput dan tanah liat, bagian tapaknya tidak begitu tahan lama. Umumnya bagian tapaknya lebih dibuat untuk membuat kaki lebih fleksibel bergerak di permukaan yang licin.

Jenis Kaki

Sebelum membeli sepatu tenis, kenali dulu jenis kakimu. Ini supaya kamu bisa mendapatkan sepatu tenis yang paling cocok dengan karakteristik kakimu. Usahakan memilih sepatu yang bikin kaki nyaman. Ada sepatu yang bagian depannya sedikit melengkung dan ada yang datar dan melebar. Ketika memilih sepatu tenis, pastikan saja ruang di bagian jari-jari tidak sempit.

Kebanyakan orang memiliki kaki pronasi. Jenis kaki ini akan membuat sepatu cepat aus di bagian dalamnya. Untuk tahu jenis kakimu pronasi atau bukan, coba lakukan percobaan. Basahi kaki lalu injak tanah untuk menciptakan jejak. Kalau jejak kakimu benar-benar menapak tanpa ruang kosong berarti kakimu tipe pronasi. Kamu bisa gunakan sepatu dengan dukungan lateral yang maksimal untuk menghindari cedera pada bagian pergelangan kaki.

Desain dan Bahan

Desain dan bahan adalah hal berikutnya yang harus kamu perhatikan kala akan membeli sepatu tenis. Umumnya desain sepatu untuk tenis adalah beralas datar. Sementara untuk bahannya sedikit keras teksturnya. Hal ini karena sepatu perlu menahan kaki dan juga perlu memberikan kontrol keseimbangan saat bermain. Pilihlah sepatu tenis yang bahannya lembut dan nyaman. Dengan begini, kaki kamu akan lebih fleksibel bergerak dan kamu tetap nyaman kala bermain dalam waktu lama.

Merek Sepatu

Perhatikan juga merek sepatu saat akan membeli sepatu untuk tenis. Merek akan memberi pengaruh pada kualitas sepatunya. Kamu yang serius belajar tenis tentu tidak akan keberatan membeli sepatu bermerek guna mendukung hobimu.

Memang sih sepatu bermerek tercatat lebih mahal dibanding sepatu biasa. Namun mahal tidak masalah jika memang kualitasnya lebih baik. Selain itu, sepatu bermerek juga pastinya lebih awet kamu gunakan dan kamu tidak perlu bolak-balik beli karena sepatunya tahan lama.

10 Rekomendasi Sepatu Tenis Terbaik

Yonex Power Cushion Eclipsion

Sumber gambar www.jd.id

Dalam menentukan jenis sepatu tenis yang cocok, bisa saja melihat dari gaya bermain kamu di lapangan tenis. Gunakan sepatu yang bisa mendukung gaya bermainmu. Misalnya kamu adalah pemain baseline yang gemar bermain di belakang garis maka kamu bisa memakai sepatu tenis dengan bantalan superior.

Supaya permainan tenis kamu makin keren, kamu bisa gunakan sepatu dari Yonex yang satu ini. Ada Power Cushion Eclipsion yang terbuat dari bahan mesh kombinasi PU leather. Sepatu warna hitam ini bagian outsole-nya terbuat dari bahan karet sehingga kuat mencengkeram di berbagai permukaan. Dilengkapi dengan resin elastis khusus, sepatu ini ringan dan bisa bertahan terhadap goncangan tinggi. Kamu bisa membelinya di JD dengan harga Rp 2.100.000.

Nike Zoom Cage 3 All Court

Sumber gambar www.tokopedia.com

Untuk kamu yang gemar bermain di hard court, kamu bisa lirik produk dari Nike. Zoom Cage 3 All Court ini nyaman banget untuk kamu pakai bermain di lapangan yang keras. Ini karena sepatunya menawarkan daya tahan yang luar biasa.

Sepatu ini bagian tumitnya dilengkapi dengan bantalan yang responsif. Selain itu bagian sol luarnya dimodifikasi hingga bisa memberikan traksi yang sangat baik. Bagian klip tumit eksternal dibentuk secara ergonomis untuk mengamankan tumit. Outsole sepatu ini mampu mencengkeram permukaan dengan kuat sehingga kamu lebih aman melakukan aneka gerakan. Sepatu dengan bobot ringan ini hadir dalam warna hitam. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 2.233.000.

Wilson Men's Kaos 2.0

Sumber gambar www.tokopedia.com

Sepatu persembahan Wilson bisa juga kamu gunakan untuk bertanding tenis. Produk bernama Wilson Men's Kaos 2.0 ini mengunggulkan bobotnya yang ringan sehingga bisa fleksibel dalam mendukung aneka gerakanmu. Sepatu ini menghadirkan teknologi Skinguard dan Endofit. Fitur tersebut membuat sepatu bisa mendukung gerakan lateral dan push-off.

Dengan desain yang keren, sepatu ini bisa bikin kamu makin cepat dan gesit di lapangan. Dengan SkinGuard dan 2D-F.S, daya tahan sepatu dan stabilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Bagian midsole dibekali bantalan EVA yang empuk dan bikin tumit lebih nyaman. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 1.399.000.

Speed Blushfield Fly AG

Sumber gambar www.tokopedia.com

Diadora merupakan merek sepatu yang menghadirkan deretan sepatu bermutu tinggi. Salah satu produk yang bisa kamu lirik sebagai sepatu tenis berkualitas adalah Speed Blushfield Fly AG. Produk persembahan Diadora ini memiliki pelindung kaki Pguard yang bisa menambah daya tahan pada bagian depan sepatu. Selain itu, sepatu ini juga memiliki lapisan kerah Personal Heel Fit untuk mengamankan bagian belakang kaki.

Bagian midsole sepatunya dilengkapi dengan bantalan gel yang empuk dan dikombinasikan dengan teknologi midsole Solyte. Hal ini membuat sepatu responsif terhadap gerakan di setiap langkah. Bagian outsole sepatunya memiliki pola herringbone yang dimodifikasi sehingga bisa memberikan daya cengkeram dan daya tahan yang luar biasa. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 2.200.000.

Le Coq Sportif Arthur Ashe Lea Tumbled Shoes

Sumber gambar www.zalora.co.id

Kamu yang memiliki bobot tubuh berat, bisa memilih sepatu yang memiliki landasan cukup tebal. Sepatu ini akan membantu menopang berat tubuhmu. Gunakan sepatu yang ringan untuk mendukung performa bermain tenismu. Untuk hal tersebut, kamu bisa lirik Le Coq Sportif Arthur Ashe Lea Tumbled Shoes. Produk yang satu ini hadir dengan ujung membulat. Haritage sneakers ini merupakan sepatu uniseks dengan warna putih. Sepatu berdetail tali ini terbuat dari bahan kulit sapi kombinasi PU. Dapatkan di Zalora dengan harga Rp 979.930.

Head Sprint Team 2.0

Produk keren bernama Head Sprint Team 2.0 akan mendukung performamu saat bermain tenis. Sepatu ini terbuat dari bahan TPU dan juga dilapis jaring demi kenyamanan, dukungan, dan stabilitas yang ringan. Sneakers ini juga dilengkapi Pguard guna menambah daya tahan pada bagian depan sepatu. Outsole sepatunya terbuat bahan karet dengan pola tapak herringbone sehingga lebih aman untuk digunakan dalam berbagai permukaan.

Harga Rp. 1.750.000

New Balance 996V3 Tournament

Sumber gambar www.newbalance.com

Sepatu tenis kamu perlu diganti pada waktunya. Jika sepatu sudah mencapai tingkat keausan 500 mill, maka sepatu akan mulai terasa kurang nyaman digunakan. Ini karena sol sepatu sudah keras dan menjadi licin sehingga perlu segera diganti.

Yuk ganti sepatu tenismu dengan New Balance 996V3 Tournament. Sepatu yang satu ini dilengkapi dengan teknologi probank yang menawarkan stabilitas ringan yang dirancang untuk memandu posisi kaki ketika bergerak aktif. Produk warna hitam ini juga dilengkapi Revlite midsole yang bikin tumit terasa empuk. Dapatkan di New Balance dengan harga Rp 1.857.199.

Adidas Ubersonic 2

Sumber gambar www.adidas.com

Dengan sepatu yang tepat, maka performa dan pergerakan kamu jadi lebih baik. Untuk itu gunakan sepatu dari merek yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya seperti Adidas.

Ada Ubersonic 2 yang bisa kamu jadikan pilihan sepatu tenis keren. Dengan konstruksi bootee yang mulus, sepatu bisa mendukung kenyamanan dan kenyamanan kaki kala bermain tenis. Dengan Adituff yang tahan abrasi, sepatu bisa melindungi kaki lebih maksimal. Bagian outsole sepatu ini menawarkan daya tahan aus tertinggi sehingga sepatu tahan lama digunakan. Dapatkan di Adidas dengan harga Rp 1.185.841.

Babolat SFX All Court Men

Sumber gambar www.smashinn.com

Kenyamanan adalah faktor utama yang harus diperhatikan. Karenanya Babolat SFX All Court Men hadir untuk kamu. Hadir dengan desain midsole ganda Ergo Motion, sepatu ini begitu empuk dan bikin tumit jadi lebih terlindung. Dengan penyerapan guncangan yang dinamis, sepatu ini akan meminimakan cedera akibat permainan yang terlalu aktif. Kamu bisa membeli sepatu ini di Smash Inn dengan harga Rp 1.072.226.

Asics Gel Resolution 7

Sumber gambar www.smashinn.com

Kaki kita mudah lecet saat bermain tenis dengan aktif. Maka dari itu kamu wajib memilih sepatu yang memiliki batalan dan bisa menghilangkan kelembapan.

Asics Gel Resolution 7 ini yang hadir khusus untuk kamu yang tidak ingin dibatasi kala bermain tenis. Dengan bantalan EVA, sepatu ini empuk dan bisa melindungi kaki. Dilengkapi teknologi Impact Guidance System, sepatu ini akan membantu melindungi kaki lebih maksimal. Kamu bisa membelinya di Smash Inn dengan harga Rp 1.716.660.

From our editorial team

Sepatu yang Tepat Bikin Olahraga Lebih Maksimal

Memilih sepatu sebenarnya mudah saja. Kita hanya perlu memilih sepatu yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jika untuk hangout dan acara kasual, maka kamu bisa gunakan aneka sneakers kekinian. Namun kalau memilih sepatu untuk olahraga, kamu tidak bisa asal saja. Kamu wajib menyesuaikan sepatu dengan jenis olahraga yang akan kamu lakukan. Dengan sepatu yang tepat, olahraga lebih maksimal dan performa kamu juga jadi lebih baik. Cek segera rekomendasi sepatu tenis dari kami di atas ya!