Ingin Mulai Berkebun? Ini 10 Rekomendasi Alat Berkebun Terbaik Untuk Pemula (2022)

Ingin Mulai Berkebun? Ini 10 Rekomendasi Alat Berkebun Terbaik Untuk Pemula (2022)

Berkebun jadi salah satu hobi yang banyak diminati untuk mengisi waktu luang. Anda juga ingin mencoba? Berikut BP-Guide akan memberikan rekomendasi alat berkebun terbaik buat Anda!

Berkebun Adalah Aktivitas yang Menyenangkan

Apakah Anda termasuk orang yang gemar berkebun? Atau mulai tertarik untuk mempelajari dunia bercocok tanam? Berkebun memang merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan sebagai hobi atau mengisi waktu luang.

Berkebun bukan hanya dapat membuat rumah menjadi lebih cantik dan sejuk, tetapi berkebun juga memberikan manfaat untuk kesehatan jiwa raga. Selain membuat tubuh Anda jadi aktif bergerak, berkebun pun dapat melepas stres.

Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

Membantu Menjaga Berat Badan

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa, seseorang yang rutin mengurus tanaman di kebun maupun pot memiliki Indeks Massa Tubuh yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak suka berkebun.

Masuk akal. Sebab, berkebun dapat membakar kalori tubuh. Pasalnya, berbagai aktivitas yang Anda lakukan saat berkebun seperti menggali tanah, memupuk, menyiram tanaman, akan membuat tubuh Anda terus bergerak.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Rutin berkebun membuat Anda jadi lebih sering terpapar sinar matahari. Sinar matahari mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan kesehatan sistem imun tubuh.

Namun, Anda perlu ingat, bahwa meskipun matahari memberikan banyak manfaat, Anda tetap perlu melindungi kulit dari UVA dan UVB dengan menggunakan tabir surya sebelum mulai berkebun.

Mengurangi Stress

Jika Anda sedang memiliki pikiran yang kusut, cobalah berkutat dengan tanaman di kebun Anda. Berbaur dengan alam yang asri dapat mengurangi perasaan negatif dan menghilangkan stres, lho.

Dilansir dari rhs.org.uk, pada 2019 lalu dalam rangka menyambut Pekan Berkebun Nasional, The Royal Horticultural Society mengadakan survei mengenai manfaat berkebun untuk kondisi mental, yang diikuti lebih dari 6000 peserta.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa peserta yang berkebun setiap hari memiliki skor kesejahteraan 6,6% lebih tinggi dan tingkat stres 4,2% lebih rendah dibanding yang tidak berkebun.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Pada saat berkebun, seluruh tubuh terutama tangan dan kaki akan bekerja lebih keras, seperti berolahraga ringan. Walau bukan termasuk olahraga kardio, tapi ini juga bisa memberikan pengaruh yang baik untuk otot jantung Anda.

Ada sebuah studi dalam jurnal The British Journal of Sports Medicine yang meneliti tentang manfaat berkebun. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang berusia di atas 60 tahun yang aktif melakukan pekerjaan rumah seperti berkebun memiliki risiko yang lebih rendah terhadap serangan jantung sebanyak 27%.

Menyehatkan Pola Makan

Jika Anda menanam sayur dan buah sendiri, Anda bisa memastikan bahwa makanan hasil panen di kebun Anda bebas dari pestisida. Jadi, sayur dan buah hasil panen sendiri bisa jadi lebih sehat untuk Anda konsumsi.

Semakin banyak jenis sayur, buah, bahkan herbs dan rempah yang Anda tanam, maka akan semakin terjamin juga bahan makanan yang Anda konsumsi. Anda juga tak perlu bingung saat menyiapkan menu makan sehat yang bervariasi.

Tips Berkebun di Rumah Untuk Pemula

Manfaatkan Area Terbuka di Rumah

Tak perlu lahan yang luas untuk bisa berkebun. Manfaatkanlah area kosong di rumah Anda untuk berkebun. Anda bahkan bisa meletakkan tanaman di dinding, pagar, atau menggunakan pot gantung. Anda juga bisa meletakkan tanaman di dalam ruangan yang dekat dengan sumber cahaya.

Pilih Tanaman yang Berwarna Cerah dan Mudah Dirawat

Warna-warna tanaman yang cerah dapat membuat kebun menjadi lebih “hidup”, dan akan memberikan variasi di kebun minimalis Anda. Jika Anda tidak terlalu menyukai bunga, Anda bisa menanam kucai, daun bawang, dan tomat yang relatif mudah dirawat dan bisa dikonsumsi pula.

Waspada Gulma dan Hama Tanaman

Gulma dan hama tanaman bisa datang kapan saja, dan dimana saja, bahkan di pot kecil. Jadi, Anda harus bersiap melawan mereka jika tidak ingin tanaman Anda rusak. Periksalah tanaman Anda secara berkala, apakah ada tanda-tanda invasi oleh hama dan gulma.

Rekomendasi Alat Berkebun Terbaik Buat Anda

Garden Genie Gloves Sarung Tangan Berkebun

Pemakaian sarung tangan akan melindungi tangan Anda dari kotoran yang terdapat di tanah atau media tanam Anda, goresan tajam dari tanaman, sekaligus gigitan serangga yang mungkin terjadi.

Anda dapat memilih sarung tangan berbahan karet yang waterproof, sehingga melindungi tangan Anda dengan lebih sempurna pada tanah yang lembap. Sarung tangan yang dilengkapi dengan kuku dapat membantu Anda untuk menggali tanah.

Harga Rp. 10.000-20.000

Lion Star Botany Watering Can

Peralatan pendukung berkebun selanjutnya yang patut Anda miliki adalah watering can/pot penyiram. Dengan ujung yang berlubang, alat ini akan memudahkan Anda dalam menyiram karena cipratan air yang mengembang saat dituangkan.

Pilihlah bokor siram yang dibuat dari bahan plastik yang tebal dan kokoh, sehingga tidak mudah pecah. Pegangannya pun didesain dengan ergonomis sehingga memudahkan Anda saat menggunakannya.

Harga Rp. 25.000-50.000

Easy Grow Celemek Berkebun

Apron atau celemek tidak hanya diperlukan pada saat memasak. Anda juga dapat menggunakan apron pada saat berkebun, untuk melindungi pakaian agar tidak terkena noda tanah.Terlebih cipratan tanah akan merepotkan Anda saat mencuci pakaian.

Model apron berkebun tidak jauh berbeda dengan apron memasak. Bedanya, apron berkebun berbahan tebal, tidak mudah sobek, waterproof, dan dilengkapi beberapa kantong depan untuk menyimpan peralatan. Kegiatan berkebun jadi lebih gampang saat memakai apron.

Harga Rp. 45.000-100.000

Krisbow Gunting Dahan

Sesekali, pangkas tanaman Anda. Memangkas tanaman dapat membuat tanaman jadi tumbuh dengan lebih cantik, mengarahkan pertumbuhan tanaman, juga untuk meningkatkan hasil panen yang diinginkan.

Dalam memangkas tanaman, gunakanlah gunting dahan, agar pekerjaan Anda dapat dilakukan dengan mudah. Hasil potongan dahan pun jadi lebih rapi dengan menggunakan gunting pangkas khusus tanaman.

Harga Rp. 170.000-250.000

CAMEL Sekop Taman Mini Set 3 Pcs

Saat berkebun, Anda mungkin juga membutuhkan sekop, garukan, dan garpu yang dapat mendukung kegiatan tanam-menanam Anda, terutama saat akan menanam benih atau bibit tanaman.

Agar lebih praktis, Anda dapat membeli 1 set perlengkapan berkebun ini, yang biasanya sudah terdiri dari sekop, garukan, dan garpu. Semuanya dapat Anda gunakan untuk kegiatan berkebun, jadi tidak ada yang sia-sia.

Harga Rp. 20.000-50.000

Kyokan Pressure Sprayer

Barangkali Anda juga membutuhkan botol untuk menyemprot pupuk atau anti hama. Nah, Anda bisa menggunakan botol spray yang dilengkapi dengan nozzle yang berfungsi untuk mengatur kekuatan semprotan dan cara semburan yang diinginkan.

Dengan menggunakan botol spray ini, pemakaian pupuk atau anti hama jadi lebih efektif dan merata pada tanaman. Bahkan beberapa tanaman seperti aglaonema atau anggrek bulan disarankan untuk disiram menggunakan botol sprayer, karena tanaman ini tidak boleh terlalu basah.

Harga Rp. 30.000-50.000

GEMUK Selang Air 1/2 15 Meter

Menyiram tanaman dengan selang memang praktis. Tinggal sambungkan selang dengan kran air, lalu menyemprotkan air ke tanaman. Nah, biar penggunaannya lebih maksimal, Anda bisa menggunakan selang bersama watergun.

Watergun merupakan alat yang dipasang di ujung selang, dan biasanya memiliki fungsi siram dengan 7 jenis mode penyiraman. Ada mode full, jet, shower, flat, cone, center, mist yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Harga Rp. 25.000-100.000

Greenstar Pupuk Organik Serbuk Bunga dan Buah

Anda tentu menginginkan tanaman Anda tumbuh dengan baik, bukan? Agar tanaman di kebun Anda bisa tumbuh dengan subur, berikanlah mereka pupuk yang berkualitas secara berkala.

Pemberian pupuk dapat membuat tanaman jadi sehat segar, terhindar dari hama, juga dapat mengurangi kerontokan bunga, dan berujung juga pada menambah hasil panen.

Harga Rp. 40.000-75.000

BS-BYL Bibit Sayuran

Benih sayuran biasanya banyak diandalkan oleh rumah tangga. Hal ini memenuhi kebutuhan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Lengkapi kebun sekitar rumah dengan menanam sayuran yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Tersedia banyak pilihan sayuran di antaranya ada kacang panjang, brokoli, kembang kol, bayam, kubis, dll.

Harga Rp. 1.000-20.000

ACE Sekop Taman Hand Trowel Nylon

Sekop taman dapat Anda gunakan untuk menyiapkan media tanam, menggali lubang, hingga menebar pupuk. Jadi, sekop ini memiliki beberapa kegunaan dalam berkebun.

Pilihlah sekop dengan material yang berkualitas, contohnya bahan nylon. Di samping bahannya, Anda juga perlu mempertimbangkan desain handle sekop yang ergonomis sehingga nyaman saat digenggam.

Harga Rp. 27.000-50.000
From our editorial team

Sudah Siap Berkebun? Lakukan Juga Bersama Keluarga

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga, salah satunya adalah berkebun. Setelah menyiapkan semua peralatan sesuai rekomendasi BP-Guide di atas, ajak juga anggota keluarga untuk berkebun. Dijamin akan makin menyenangkan!

Tag