8 Rekomendasi Tripod Kamera Berkualitas dan Terjangkau ini Cocok untuk Hobi Fotografi! (2022)

8 Rekomendasi Tripod Kamera Berkualitas dan Terjangkau ini Cocok untuk Hobi Fotografi! (2022)

Sekarang tak lagi kesulitan untuk menciptakan efek gambar foto yang berkualitas. Buat yang suka fotografi tentunya sudah gak asing dengan tripod kamera. Berikut BP-Guide rekomendasikan tripod kamera yang bisa menjadi pilihan. Selain itu, simak juga cara memilih tripod kamera yang sesuai dengan kebutuhan.

Fotografi Sebagai Hobi Menghasilkan

Apakah kamu saat ini mulai menekuni hobi fotografi? Hmmm.. sesuai banget ya sama bahasan artikel kali ini. Makin ke sini, fotografi bukan hanya sekadar hobi belaka. Makin berkembangnya teknologi media sosial, kebutuhan akan fotografi makin meningkat.

Inilah sebabnya, fotografi bisa sebagai hobi yang menghasilkan. Nggak berhenti di situ, bahkan fotografi bisa dijadikan ladang penghasilan. Sudah sering dengar bahwa fotografer bisa dibayar dengan honor fantastis, karena kepiawaiannya mengambil sudut gambar dan membuat objek foto jadi sangat menarik.

Tripod Menunjang Kualitas Foto

Tripod merupakan salah satu aksesoris kamera yang berfungsi sebagai penopang saat membidik objek. Umumnya, tripod punya 3 kaki penyangga agar dapat berdiri seimbang. Selain memudahkan, tripod sangat penting untuk meningkatkan kualitas foto. Kamu bisa membidik objek dengan angle yang pas karena dapat menjangkau area-area yang cukup sulit.

Kita tahu kalau kamera dapat menangkap guncangan sekecil apa pun. Apalagi kalau tangan kita bergetar sedikit saja. Dengan tripod, kamu bisa meminimalisir guncangan yang mungkin terjadi saat menjepret objek. Hasilnya, fotomu akan punya kualitas lebih tajam.

Membantu Menopang Kamera

Beberapa kamera punya beban yang cukup berat, belum lagi ditambah lensa tele yang membuat kamera semakin berat. Melelahkan bukan kalau kamu harus memegangi kamera terus menerus? Itulah kegunaan tripod. Tangan tidak akan terlalu pegal lagi karena membawa beban kamera. Nggak cuma itu, tripod juga bisa kamu fungsikan sebagai stand untuk frame atau duduk flash/reflektor. Sangat membantu ya.

Cara Memilih Tripod Kamera Terbaik

Pilih Tripod yang Ringan Tapi Berkualitas

Memilih tripod ringan tapi berkualitas berarti memilih bahan yang benar-benar baik. Pastikan untuk memilih tripod yang kokoh dan tidak tampak mudah jatuh. Bahan aluminium adalah bahan yang cukup diminati karena bobotnya yang ringan, dengan harga terjangkau, tapi punya kualitas yang cukup.

Karena fungsinya sebagai penopang, meski ringan, tetap pilih yang kuat ya. Apabila kamu punya budget lebih, kamu bisa pertimbangkan untuk memilih tripod dengan bahan carbon karena tahan di segala cuaca.

Pastikan Tripod Sesuai untuk Kebutuhanmu

Dari jenisnya, ada beberapa macam tripod yang digunakan oleh para fotografer profesional, yaitu tripod all in one, tripod mini atau portable, tripod pocket, monopod, dan tripod gimbal. Dari jenis itu, tripod all in one adalah yang paling populer dan dapat digunakan untuk semua jenis kamera, seperti mirrorless, DSLR, bahkan sampai HP. Jika kamu pemula, ada baiknya memilih tripod jenis ini saja. Sesuaikan pula tinggi tripod dengan kebutuhanmu.

Mudah Dibongkar Pasang

Karena bertujuan untuk memudahkan, jangan lupa untuk mengecek kemudahan bongkar pasang tripod. Hal ini akan sangat berguna saat kamu diharuskan bergerak dalam waktu singkat demi mengejar objek-objek yang bagus. Bila memungkinkan, pilih tripod yang ringkas supaya enak dibawa bepergian.

Tentu kamu tidak mau kan repot dan waktumu habis untuk mengurusi tripod kamera. Pertimbangkan pula tripod yang dapat dilipat hingga menjadi kecil agar tak butuh banyak ruang saat menyimpannya maupun membawanya pergi.

8 Rekomendasi Tripod Kamera Terbaik Harga Terjangkau!

KingMa Mini Tripod

Rekomendasi ini sangat ideal untuk kamu yang suka mengambil video atau vlog. KingMa mini tripod memiliki 2 in 1 design yang berfungsi sebagai tripod dan monopod. Sesuai untuk action camera, mirrorless, dan DSLR.

Bentuknya sangat praktis sehingga memudahkan dalam membuat video. Materialnya terbuat dari aluminium bagus, yang menjadinya ringan dibawa-bawa. Desainnya pun juga travel ready lho. Tripod kamera ini juga cocok banget untuk merekam video live streaming lho.

Dengan panjang maksimal 20,5 cm, tripod ini bisa jadi penopang di meja saat kamu live dengan kamera. Menarik banget, nggak salah sih kalau dibilang tripod kamera terbaik! KingMa mini tripod sudah tersedia di seluruh marketplace.

Harga Rp. 275.000-300.000

Tripod Attanta Kaiser 234

Rekomendasi selanjutnya datang dari brand Attanta dengan tipe Kaiser 234. Tripod kamera ini termasuk ringan, dengan berat sekitar 1 kilogram, yang enteng banget dibawa ke mana-mana. Memiliki material dasar aluminium pada bagian kaki-kakinya dan plastik pada bagian quick release-nya.

Di bagian kaki, terdapat 4 sistem pengunci kuat yang gampang banget dibuka tutup. Dan kemampuannya tak bisa diremehkan juga, yang bisa menopang kamera hingga 5 kg.

Cocok banget menjadi sobat setiamu dalam hobi fotografi dan videografi. Langsung cek aja tripod kamera terbaik dari Attanta di marketplace favoritmu ya!

Harga Rp. 275.000-300.000

Takara Rover 50

Berbeda dari tripod kamera kebanyakan, Takara Rover 50 punya desain kaki yang unik, dengan twist lock compact. Penguncinya dilakukan dengan memutar, jadi kamu hanya perlu memutar bagian kakinya untuk membuka dan mengunci tinggi kaki.

Tripod kamera ini berbahan dasar aluminium, dan di bagian kepalanya berbentuk bola yang terbuat dari metal. Model seperti ini punya nilai plus yakni membuatmu lebih leluasa menentukan angle ketika memotret atau membuat video.

Semakin lengkap, dengan tinggi mencapai 117 cm, Takara Rover 50 juga bisa digunakan sebagai tripod reverse sehingga kamu punya berbagai angle baru. Langsung cek marketplace favoritmu ya!

Harga Rp. 299.000-350.000

Zomei Q111

Tripod kamera ini sempat booming beberapa waktu belakang karena termasuk dalam tripod low budget tapi kualitas luar biasa, yaitu tripod Zomei Q111. Desain tripod ini sangat mudah dibawa ke mana-mana.

Berbobot ringan tapi kualitasnya setara dengan tripod-tripod yang digunakan oleh profesional. Memiliki desain kepala yang memudahkanmu mengatur footage dan juga menjepret objek foto dengan cepat. Bagian leher atau penopang kameranya juga kokoh dengan permukaan cukup luas. Aman untuk berbagai jenis kamera.

Tripod kamera ini terbuat dari bahan aluminium alloy berkualitas terbaik, yang sangat kuat dan kokoh, sehingga memungkinkan untuk disetel sampai tinggi maksimal yaitu 139 cm. Wow, tergolong tinggi ya. Langsung aja cek tripod kamera terbaik ini di marketplace ya!

Harga Rp. 280.000-300.000

Costa CT 6218

Costa CT-6218 merupakan tripod kamera yang cukup banyak penggemarnya karena punya remote bluetooth yang dapat disetting untuk mempermudah pengambilan gambar dan video. Tripod kamera ini memiliki tinggi maksimal 125 cm yang mampu menopang kamera hingga 2 kg. Berbahan aluminium kualitas tinggi dan kombinasi plastik memang membuat tripod ini cukup ringan.

Dalam satu paket pembelian Costa CT-6218 juga dilengkapi universal phone holder berbahan magnesium alloy sentra baja ringan yang kokoh. Bisa dibilang all in one ya. Kamu bisa membeli tripod kamera ini di marketplace langgananmu!

Harga Rp. 130.000-150.000

Joby Handypod Mini

Apakah kamu sering live streaming di media social? Dan pengen tripod yang nyaman? Joby Handy Pod Mini jawabannya. Tripod kamera ini memang didesain untuk penggunaan di meja, sehingga terasa ergonomis dengan kaki yang kokoh untuk menopang kamera. Namun, tripod ini juga bisa lho untuk kamu yang suka ngevlog. Apalagi bagian kepalanya bisa diputar hingga 90 derajat, memungkinkan kamu mengambil sudut pengambilan video dari mana saja.

Tripod ini bisa dijadikan handle untuk kamera kamu, sehingga sudut pengambilan gambar jadi bisa lebih luas. Dilengkapi aksesoris lain, seperti holder HP yang bisa mencengkeram smartphone-mu dengan erat. Yuk, langsung cek marketplace!

Harga Rp. 299.000-300.000

Beike ZP100

Tripod Beike ZP 100 direkomendasikan untuk kamu yang suka dengan tripod ultra-portable dan fleksibel. Desainnya sangat simple, mudah dibongkar, bahkan bisa dijadikan sebagai tongsis. Tripod ini sangat cocok untuk hobi foto yang sederhana atau pemula.

Stick-nya dapat dipanjangkan hingga 142 cm, dan dipendekkan hingga 33 cm, yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai sudut pengambilan foto dan video. Berbahan aluminium yang jelas lebih awet dan anti karat. Ringan sekali saat digunakan dan sesuai untuk semua jenis kamera. Jangan sampai kehabisan, segera cek di marketplace ya.

Harga Rp. 225.000-250.000

Somita ST 3520

Rekomendasi tripod kamera ini cocok untuk kamu yang suka memotret dalam jarak pengambilan berdekatan, yaitu SOMITA ST 3520. Sebab, tripod ini memiliki gagang yang memudahkanmu berpindah dengan cepat. Kamu bisa menentengnya dari gagang itu.

Tripod kamera ini terbilang compact dengan 3 way sistem panhead, mudah dilipat dan dibawa bepergian. Saat proses pengambilan foto atau video, kamu tak perlu takut kamera terselip karena tripod ini memiliki 3 karet di bagian kakinya.

Sangat aman digunakan ketika medan pengambilan gambar licin. Tripod kamera terbaik ini bisa digunakan untuk semua jenis kamera, mirrorless, digital, maupun DSLR. Coba cek dulu aja di marketplace langganan ya!

Harga Rp. 180.000-250.000
From our editorial team

Sesuaikan Tripod dengan Tipe Kamera

Tripod kamera tentunya sangat dibutuhkan untuk pecinta fotografi. Namun, memilih tripod untuk kamera tidak bisa sembarangan. Pemilihan tripod harus disesuaikan dengan tipe kamera yang digunakan dan juga lokasi pengambilan foto. Rekomendasi di atas bisa menjadi pilihan terbaik bagi pecinta fotografi.