Buat Video Kamu Sempurna dengan 10 Rekomendasi Gimbal Kamera Terbaik 2022

Buat Video Kamu Sempurna dengan 10 Rekomendasi Gimbal Kamera Terbaik 2022

Sebagai content creator pasti tidak lepas dengan video sebagai bahan konten. Jangan sampai konten kamu tidak nyaman dinikmati karena terlalu banyak shake atau tidak stabil. Gimbal kamera akan membantu kamu menciptakan video berkualitas dan menciptakan angle impian kamu. Sebenarnya gimbal kamera itu apa sih? BP-Guide jelaskan di artikel ini. Ikuti pula tips memilih gimbal kamera yang baik untuk kebutuhan kamu. Jika bingung, ada rekomendasi gimbal yang bisa jadi pilihan kamu. Simak di sini ya.

Apa Itu Gimbal Kamera?

Pasti sudah pernah melihat bagaimana content creator melakukan pengambilan gambar melalui kamera. Meskipun pada suatu kamera sudah memiliki fitur anti flicker, tetapi memang dirasa kurang.

Menghindari gambar yang terlalu goyang atau shake membuat para kameramen content creator menggunakan gimbal. Jadi, gimbal kamera adalah peralatan stabilizer kamera untuk membantu menghasilkan gambar lebih stabil.

Saat ini, gimbal kamera memang masih tren dan sangat diperlukan, khususnya untuk youtuber. Mobilitas yang tinggi, membuat gambar rentan sekali tidak stabil, maka salah satu solusinya ialah menggunakan stabilizer yang lebih praktis.

Berbeda dengan tripod, gimbal kamera lebih fleksibel dan membantu menstabilkan pengambilan gambar bergerak. Memiliki putaran hingga 180 derajat sehingga memudahkan untuk mengambil gambar dengan angle apa pun.

Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Ketika Membeli Gimbal Kamera

Harga

Kamu perlu tahu terlebih dahulu bahwa gimbal kamera memiliki berbagai model dan fungsi. Ada gimbal untuk smartphone, DSLR, atau mirrorless dan harga dari jenis yang berbeda tersebut juga tidak sama.

Apa kebutuhan pengambilan gambar kamu? Apabila kamu seorang videografer, tentu perlu memilih gimbal yang memiliki fungsi untuk pengambilan gambar yang lebih estetik. Tentu saja harganya juga lebih tinggi.

Apabila kamu hanya untuk kebutuhan smartphone atau mirrorles, tentu harganya akan lebih murah.
Sebelumnya, pastikan kamu melihat reviewnya terlebih dahulu dan mengetahui harga standar. Hal itu untuk menghindari kamu tertipu dengan harga di pasaran.

Kompatibel

Setelah mengetahui harganya, tentu kamu sudah punya incaran produknya bukan? Sebelum memutuskan membeli, perhatikan dulu review produk. Apakah gimbal incaran Anda kompatibel dengan kamera yang Anda miliki.

Gimbal yang kompatibel dengan berbagai macam tipe kamera akan lebih baik dibandingkan hanya satu tipe. Pastikan kamu memilih yang mampu digunakan untuk beberapa tipe kamera ya.

Sumbu

Memperhatikan sumbu yang bisa dilakukan gimbal perlu Anda tahu. Apakah hanya mampu memutar untuk sumbu 90 derajat atau bisa hingga 180 derajat. Kamu harus bisa menyesuaikan pula dengan kebutuhan kamu ya.

Umumnya gimbal kamera memiliki dua sumbu dan tiga sumbu. Apabila kamu lebih sering membuat video pada benda mati, bisa menggunakan dua sumbu. Jika kamu lebih sering membuat video bergerak bisa menggunakan tiga sumbu.

Baterai

Pengambilan video pasti membutuhkan mobilitas yang tinggi. Kamu perlu mempertimbangkan baterai dari gimbal kamera agar mengurangi habis baterai ketika sedang menggunakannya.

Umumnya, gimbal menggunakan baterai ukuran AA dan AAA. Kamu perlu sesuaikan dengan kebutuhan ya. Pastikan baca spesifikasinya dengan teliti sebelum memilih produk.

Konektivitas

Gimbal juga memiliki fitur koneksi dari sebuah platform. Jika kamu ingin mempertimbangkan konektivitas perlu memperhatikan, apakah akan menggunakan bluetooth atau Wi-Fi.

Apabila kamu ingin menggunakannya untuk smartphone, kamu bisa menggunakan koneksi bluetooth. Jika kamu ingin menggunakannya pada kamera, maka harus memungkinkan terkoneksi dengan Wi-Fi.

Aksesoris

Selanjutnya, kamu juga perlu mempertimbangkan aksesoris tambahan, seperti LCD tambahan, microphone, atau lighting. Jangan sampai gimbal pilihan Anda bermasalah dengan tambahan aksesoris.

Apabila kamu sering melakukan pengambilan video seperti vlog tentu membutuhkan aksesoris tambahan. Jadi, pastikan gimbal tersebut bisa menerima aksesoris tambahan.

Fitur Tambahan

Ketika pengambilan video mungkin kamu membutuhkan fokus yang cepat pada sebuah objek. Dengan gimbal yang dapat mendukung fitur tambahan tersebut tentu akan membantu Anda.

Cek terlebih dahulu, apakah gimbal pilihan kamu memiliki fitur tambahan yang akan membantu pekerjaan kamu.

10 Rekomendasi Gimbal Kamera Terbaik

Feiyu AK4000 3-Axis Gimbal Stabilizer

Memiliki muatan 8,8 lb dengan tambahan fitur yang canggih dan modern. Sangat kompatibel dan memudahkan pengguna dalam mengontrol fokus dan zoom secara digital.

Mampu mengontrol gerakan 360 derajat pan, 230 derajat tilt, dan 360 derajat roll. Handwheel-nya mampu mengontrol aksesoris fokus yang optional.

Lengkap pula dengan panel layar sentuh LCD yang akan memudahkan pengguna karena terintegrasi dengan pegangan. Lengan motornya miring sehingga tidak menghalangi layar kamera dan gambar bisa Anda ambil secara maksimal.

Harga Rp. 4.450.000-550.000

Zhiyun Weebill 2 Handheld Gimbal Stabilizer

Mendukung muatan 7,3 lb yang juga dilengkapi dengan sensor infineon. Sensor ini mampu meningkatkan stabilitas dan daya tanggap.

Menggunakan layar sentuh flip-out 2,9" built-it yang bisa kamu putar ke sudut yang kamu inginkan. Selain itu, gimbal ini juga bisa dilipat sehingga lebih praktis dalam penyimpanan.

Fitur layar sentuh yang dimiliki Zhiyun Weebill 2 ini akan membantu kamu dalam menentukan bidikan, panorama, selang waktu, atau selang gerak.

Harga Rp. 4.399.000-4.599.000

DJI Ronin RSC 2 Gimbal Stabilizer Basic

Mendukung beban kamera 6,6 lb yang bisa kamu gunakan untuk kamera DSLR ataupun mirrorless. Mampu mendukung berbagai aksesoris kamera pula.

Memiliki baterai internal dengan kemampuan bertahan hingga 14 jam. Bisa Anda gunakan untuk mobilitas yang tinggi.

Pengisian baterai bisa Anda lakukan dari pegangan gimbal meskipun sedang digunakan. Gimbal juga dapat dilipat sehingga mudah dalam penyimpanan atau ketika Anda bawa.

Harga Rp. 3.340.000-669.000

Moza AirCross 2 3-Axis Handheld Gimbal Stabilizer Black

Mendukung bebas hingga 7 lb yang kuat untuk menopang kamera DSLR dan mirrorless. Desainnya sangat ringan dan praktis, tetapi cukup kuat untuk mendukung kamera.

Memiliki sistem 3 kait yang sangat kuat dan memberikan keseimbangan yang maksimal. Memiliki sumbu pengunci yang akan memberikan keamanan pada kamera.

Menggunakan baterai catu daya yang bisa dilepas ketika pengisian daya. Kapasitas baterai sebesar 3000mAh yang mampu bertahan hingga 12 jam.

Harga Rp. 4.490.000-5.590.000

Leofoto PG-1 Gimbal Tripod Head

Memiliki desain yang ringan dan simple. Mampu menahan hingga 2,2 lb untuk kamera mirrorless dan DSLR.

Bodynya terbuat dari aluminium T6061 yang sangat kuat. Memiliki kekuatan yang maksimal apabila Anda ingin menangkap gambar yang bergerak cepat.

Tidak perlu khawatir, gimbal ini juga mampu menahan kamera dengan lensa telefoto besar dan berat. Kompatibel dengan aksesoris tambahan.

Harga Rp. 5.480.000-5.550.000

Steadicam S60

Sangat kompatibel untuk kamera maupun smartphone. Memiliki desain yang simple dan ringan sehingga mudah kamu bawa ke mana-mana.

Sistem counterweight di dalam gimbal ini sangat membantu membuat gambar yang stabil. Kamu bisa mudah mengambil gambar dengan gerakan yang cepat ketika membuat film.

Kamu bisa memasangkan dua kamera sekaligus dengan satu kamera kecil, misalnya gopro atau smartphone.

Desainnya yang bisa dilipat sangat praktis ketika menyimpannya dan membawanya ke luar.

Harga Rp. 310.000-400.000

Rig Shoulder 5 In 1 Camera Cage

Memiliki fungsi 5 in 1 dalam satu alat gimbal. Kamu akan terbantu dengan fungsi stabilizer, penyangga pundak, follow focus, hand grip, dan penutup lensa.

Terbuat dari material aluminium ABS yang sangat kuat dan tidak berkarat. Kuat menyangga dengan tambahan lensa kamera yang berat dan besar.

Kompatibel dengan berbagai macam tipe kamera DSLR, seperti Canon 6D, 7D, 60D, 5DII, Nikon, dan Sony.

Harga Rp. 2.449.000-3.000.000

SevenOak Steadicam SK-W02

Memiliki desain dengan pegangan yang nyaman. Material yang digunakan juga sangat ringan, sehingga mudah ketika kamu menggunakannya.

Sistem counterweight-nya membantu kamera kamu tetap stabil dan maksimal ketika mengambil gambar.

Lengkap pula dengan bubble level pada bagian kepala gimbal. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah melihat keseimbangan kamera.

Kompatibel dengan kamera DSLR, mirrorless, gopro, hingga smartphone. Mampu menahan beban hingga 1 kg.

Harga Rp. 639.000-858.000

Brica B-Steady Multi

Kompatibel dengan berbagai jenis kamera, mulai dari DSLR, mirrorless, dan smartphone. Desainnya juga praktis dan mudah dibawa ke mana-mana.

Memiliki pegangan yang nyaman dan memudahkan kamu ketika merekam video. Dapat memutar dengan rotasi panning 340 derajat, tilting 160 derajat, dan rolling 325 derajat.

Memiliki fitur zoom dan fokus control yang mudah kamu mainkan. Fitur lainnya ialah memiliki autofokus yang bagus dan membantu kamu ketika mengambil gambar bergerak.

Harga Rp. 1.000.000-140.000

Zhiyun Crane M2 3-Axis Gimbal Stabilizer

Memiliki desain yang lebih ramping, simple, dan kecil. Meskipun demikian, gimbal ini juga kuat mengunci kamera.

Kompatibel dengan berbagai kamera, mulai dari DSLR, mirrorless, dan smartphone. Memiliki sistem seamless camera control yang dapat membantu kamu ketika merekam video.

Kamu juga akan mendapatkan box kemasan untuk membantu dalam penyimpanan. Kamu akan lebih gampang ketika membawanya bepergian.

Harga Rp. 2.660.000-2.990.000
From our editorial team

Gimbal Kamera untuk Hasil Video yang Sempurna

Jangan biarkan karya video kamu tidak nyaman dinikmati. Stabilizer dari kamera saja tidak cukup dan gimbal kamera bisa membantu kamu dengan fitur tambahan lainnya. Pilih gimbal yang sesuai dengan kebutuhan dan ciptakan karya video yang nyaman ditonton.