10 Rekomendasi Gimbal Terbaik Untuk Content Creator (2022)

10 Rekomendasi Gimbal Terbaik Untuk Content Creator (2022)

Gimbal stabilizer kamera jadi salah satu alat wajib yang harus dimiliki oleh content creator. Fungsinya adalah untuk menghasilkan rekaman yang lebih stabil. Melalui artikel berikut ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi gimbal hanya untuk Anda!

Gimbal Stabilizer Adalah Amunisi Konten Kreator Saat Ini

Gimbal yang satu ini bukan akan membahas rambut gimbal, tetapi membahas stabilizer, gimbal stabilizer. Alat ini dapat menjaga kamera atau smartphone Anda dalam posisi yang stabil dan fokus pada objek video, sehingga video yang dihasilkan pun jadi lebih smooth dan tidak goyang karena guncangan.

Enaknya, sekarang ini, ada banyak rekomendasi gimbal kamera terbaik bisa ditemukan di pasaran. Anda bisa memasangkan stabilizer ke kamera DSLR, mirrorless, action cam, dan smartphone.

Namun, memilih gimbal tidak sesimpel yang dibayangkan. Anda perlu memperhatikan kompatibilitasnya, maupun pertimbangan lain. Setiap gimbal memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Maka, Anda perlu mengulik terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk gimbal.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Gimbal Stabilizer

Pahami Fungsinya

Stabilizer berguna untuk membuat shot rekaman video jadi lebih stabil atau minim goyangan. Stabilizer berfungsi lebih baik daripada monopod.

Jika Anda mengambil gambar dengan memasang kamera pada monopod, lalu memegangnya tinggi-tinggi untuk merekam angle atas, hasilnya tidak akan semulus dengan pengambilan gambar menggunakan stabilizer.

Monopod dibuat untuk mendukung kamera agar tetap steady di tanah, sementara stabilizer dibuat khusus untuk penggunaan handheld sehingga bisa digunakan saat berjalan.

Cek Kemulusan Gerakan

Untuk menentukan kualitas suatu stabilizer kamera, Anda perlu mengecek seberapa mulus pergerakan gimbal (bagian yang dapat berputar). Jika gerakan pada bagian ini tidak mulus, maka hasil gambar akan tetap goyang meskipun sudah menggunakan stabilizer.

Utamakan Kenyamanan Saat Menggunakan

Agar Anda bisa tetap nyaman saat menggunakan stabilizer, maka hal penting yang menjadi tolak ukur dalam menilai stabilizer adalah desain dan bobotnya. Pastikan stabilizer yang Anda pilih memiliki desain dan bobot yang membuat Anda nyaman memakainya dalam waktu yang lama.

Periksa Kepraktisannya

Kepraktisan suatu stabilizer akan berpengaruh terutama untuk perjalanan jauh. Anda tentu tidak ingin repot dengan banyaknya perlengkapan yang dibutuhkan. Sebaiknya Anda mencari opsi stabilizer yang mudah untuk dikemas dan praktis untuk dibawa travelling.

Pilih Tipe yang Sesuai Kebutuhan

Tentukan jenis perangkat yang akan digunakan dengan stabilizer. Apakah Anda akan menggunakannya pada kamera atau ponsel. Sebelum membeli stabilizer, Anda juga perlu tahu angle pengambilan gambar seperti apa yang diharapkan.

Tipe Gimbal Stabilizer Menurut Jenis Handelnya

Handheld

Handheld adalah jenis stabilizer yang memiliki satu pegangan sehingga dapat dioperasikan dengan satu tangan. Jenis stabilizer ini cocok untuk Anda yang suka merekam di luar ruangan atau vlogging. Dengan stabilizer ini, Anda dapat merekam dan menghasilkan beragam footage seorang diri.

Ada banyak stabilizer tipe handheld yang memiliki berat kurang dari 1 kg, sehingga tangan Anda tidak akan mudah pegal saat mengoperasikannya. Proses merekam menggunakan stabilizer handheld ini pun jadi makin mudah.

Body Mount

Sumber gambar tiffen.com

Body-mount stabilizer merupakan stabilizer mekanik yang tidak menggunakan baterai, sehingga dapat digunakan di mana pun dan kapan pun. Stabilizer ini juga biasa digunakan oleh para videografer profesional untuk mengambil gambar.

Salah satu produk stabilizer body-mount yang populer adalah yang memiliki handel sehingga dapat dioperasikan dengan satu tangan. Namun, bobotnya agak berat sehingga tangan akan terasa pegal bila merekam dalam waktu yang lama.

Setup stabilizer ini pun cukup rumit dan membutuhkan trik tersendiri agar bisa seimbang. Sebelum menggunakan stabilizer ini untuk merekam, Anda perlu menyetel sumbunya supaya stabilizer berada pada posisi horizontal.

Should Mount Rig

Sumber gambar youtube.com

Shoulder mount rig memiliki bentuk yang berbeda dengan jenis stabilizer yang lainnya. Stabilizer ini tidak hanya dipegang dengan tangan, tetapi juga ditopang dengan bahu. Oleh karena itu, berat stabilizer, kamera, dan perangkat lainnya pun terasa lebih ringan.

Anda pun bisa lebih leluasa bergerak untuk mendapatkan hasil tangkapan yang terlihat mulus.Terlebih jika Anda mengambil angle yang tinggi atau sejajar dengan bahu. Sayangnya, stabilizer jenis ini terbilang masih sulit ditemukan di Indonesia.

Rekomendasi Gimbal Stabilizer Terbaik Buat Anda

DJI OM 4 SE Stabilizer

DJI OM 4 SE Stabilizer ini masih menjadi salah satu gimbal stabilizer terbaik yang ada saat ini, meski sudah ada versi terbarunya yaitu OM 5. Kualitas bodinya kokoh, desainnya kompak, bisa dilipat, dan punya magnetic clamp yang membuat proses pemasangan smartphone Anda jadi lebih mudah dan aman.

Ditambah lagi, DJI OM 4 SE ini juga memiliki baterai yang lebih awet hingga 15 jam, dan bisa digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya ponsel Anda saat traveling. Produk ini juga memiliki sistem gimbal 3-axis, yang tidak dimiliki oleh banyak gimbal yang lebih murah. DJI juga menawarkan beberapa aplikasi serbaguna, seperti Story Mode, Gesture Control, Quick Roll, dan mode rekaman seperti time lapse, panorama, dan SpinShot.

Harga Rp. 1.500.000-2.000.000

Brica B-Steady Multi

Jika Anda sedang mencari stabilizer terbaik yang bisa digunakan untuk kamera dan juga untuk smartphone, Anda dapat menjatuhkan pilihan pada Brica B-Steady Multi. Produk ini memiliki 3 Axis dan kapasitas baterai 3600mAh. Brica B-Steady Multi juga dilengkapi dengan aplikasi untuk Android dan iOS yang memudahkan Anda untuk mengakses semua fitur.

Fitur-fitur yang terdapat di dalam produk ini antara lain adalah mode panorama, mode tracking, zoom control, melakukan berbagai pengaturan, memulai atau menghentikan perekaman, dan masih banyak lagi.

Anda dapat melacak wajah subjek, objek, atau gerakan apa pun menggunakan aplikasi. Anda juga bisa membuat time lapse dan motion lapse dengan mudah. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan tripod yang dapat dilepas untuk membantu Anda mengambil gambar atau video yang stabil.

Harga Rp. 2.000.000-2.500.000

Zhiyun Smooth Q3

Zhiyun Smooth Q3 adalah pilihan gimbal yang layak Anda pertimbangkan. Meskipun gimbal ini berbahan plastik, namun bodinya cukup kokoh. Bodi produk ini juga didesain dengan kompak, sehingga memudahkan Anda untuk membawanya.

Gimbal dari Zhiyun ini juga dibekali dengan gimbal 3-axis dan fungsi aplikasi yang mumpuni. Menariknya lagi, gimbal ini mempunyai fitur Fill Light tertanam yang membantu pencahayaan saat pengambilan foto dan video. Anda juga dapat mengatur 3 tingkat brightness berbeda sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Moza Mini MX

Moza Mini MX juga layak dipertimbangkan sebagai gimbal terbaik. Gimbal ini dibekali dengan sistem 3-axis dan intelligent tracking dengan mode anti-shake. Hebatnya lagi, baterainya dapat mencapai 20 jam pemakaian nonstop, sehingga sangat cocok untuk dibawa saat travelling. Ditambah lagi, produk ini bisa dilipat dan memiliki bobot yang ringan, hanya 280 g saja.

Secara fungsi aplikasi, Moza Mini MX juga dapat bersaing dengan kompetitornya. Anda dapat memanfaatkan 4 mode operasi berbeda termasuk tilt follow, follow you, all-locked, and FPV mode. Gimbal ini juga menyediakan 340° pan, 140° tilt, and 300° roll motion. Anda pun dapat mengedit video di aplikasi tanpa harus pakai aplikasi berbeda.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

DJI OM 5 Stabilizer

DJI OM 5 hadir dengan banyak upgrade yang signifikan dibandingkan versi gimbal DJI yang sebelumnya. Produk ini dirancang dengan desain yang baru yang lebih kompak dan portable. Terdapat juga tongkat ekstensi sepanjang 21,5 cm yang bisa digunakan untuk swafoto. Peningkatan signifikan lainnya adalah algoritma tracking yang lebih canggih dan dapat mendeteksi banyak jenis gerakan baru. Gimbal akan tetap stabil bila digunakan saat bersepeda.

DJI juga menghadirkan berbagai upgrade pada fungsi aplikasi. Anda akan menemukan beberapa fitur baru seperti mode Shot Guide, Active Track, Dynamic Zoom, CloneMe Pano, Time Lapse, Panorama, dan masih banyak lagi. Sayangnya, DJI memangkas daya hidup baterainya hingga 6 jam. Namun baterainya akan tetap cukup untuk berbagai kebutuhan dan bisa diisi ulang dengan cepat.

Harga Rp. 2.500.000-3.500.000

DJI Ronin-S Gimbal Stabilizer

Ada lagi gimbal keluaran DJI, yaitu DJI Ronin yang dapat diandalkan dalam merekam gambar tanpa goyang. Gimbal ini begitu membantu proses produksi rekaman Anda karena sangat praktis digunakan, baik dalam membawanya maupun mengaturnya. Terdapat juga garansi dan layanan service yang baik dari DJI.

Dengan menggunakan gimbal ini, Anda dapat menghasilkan rekaman yang mulus tanpa goyang. Oleh karena itu, tak perlu lagi menyulitkan editor saat proses editing video, karena yang gambar yang didapatkan sudah sangat stabil dan memuaskan.

Harga Rp. 7.000.000-12.000.000

DJI Ronin RSC2 Stabilizer

Jika Anda seorang filmmaker atau videografer profesional, sangat disarankan untuk memilih DJI RSC 2. Produk ini memiliki 6 konfigurasi RSC 2 yang memudahkan Anda dapat mengambil gambar dari angle yang paling rumit sekalipun. Video yang dihasilkan pun jadi tampak profesional.

Terdapat dual handle yang memungkinkan Anda memegang stabilizer dengan dua pegangan. Jika gagang terlalu pendek untuk digenggam, Anda bisa menambahkan grip extension. Anda juga bisa menambahkan handle portable sehingga cara memegang stabilizer-nya dapat disesuaikan dengan jenis shot yang ingin direkam.

Harga Rp. 5.000.000-9.000.000

Gudsen Moza AirCross 2

Selanjutnya, stabilizer yang direkomendasikan untuk Anda adalah Gudsen Moza AirCross 2. Stabilizer ini memiliki beragam mode yang dapat Anda gunakan untuk memudahkan pengoperasiannya dan menghasilkan video yang bermacam-macam.

Ada Braket L yang membuat mode potrait dan landscape jadi lebih switchable. Ada juga inception mode yang bisa diatur sendiri sehingga Anda tidak harus mengendalikan joystick secara manual. Lalu ada mode Sport Gear Mode untuk merekam pertandingan olahraga atau merekam gerakan cepat. Selain itu juga ada mode Timelapse, Motion Control, serta Panorama.

Harga Rp. 6.000.000-8.000.000

EVO RAGE GEN2

Apakah Anda sering bepergian atau sering merekam di luar ruangan yang jauh dari daya listrik? Jika iya, pertimbangkanlah stabilizer keluaran EVO Gimbals yang memiliki baterai tahan lama ini. Produk ini memiliki baterai yang tahan lama, yang mana dalam sekali charging saja, dapat dioperasikan hingga 18 jam.

Bukan hanya kapasitas baterainya saja yang unggul, stabilizer ini juga memberikan box penyimpanan yang tangguh. Selain bisa menggunakan stabilizer seharian penuh, Anda pun tidak perlu khawatir stabilizer akan rusak saat dibawa bepergian.

Harga Rp. 3.500.000-5.000.000

Zhiyun CRANE M2

CRANE M2 dari Zhiyun dirancang untuk Anda yang senang mengabadikan momen di mana saja dan kapan saja. Hal ini berkat fitur Quick Release Camera Mounting System dan Scale and Memory Lock. 2 fitur-fitur tersebut membuat Anda tidak kehilangan momen-momen penting yang terjadi dalam waktu singkat.

Fitur Quick Release Camera Mounting System memungkinkan Anda mengunci dan melepas kamera hanya dengan menekan 1 tombol. Sementara itu, Scale and Memory Lock membantu Anda menyeimbangkan kamera dan mengunci posisi stabilizer. Kehadiran fitur ini membuat Anda tidak perlu mengatur ulang agar stabilizer kamera bisa seimbang.

Harga Rp. 2.500.000-3.000.000
From our editorial team

Sudah Punya Gimbal? Asah Juga Keahlian Bikin Konten!

Setelah memilih produk gimbal pilihan rekomendasi BP-Guide di atas, sebagai konten kreator Anda juga harus mengasah keahlian bikin konten. Tujuannya agar video Anda jadi lebih menarik, profesional, dan mendapatkan banyak perhatian! Yuk, mulai bikin konten pertama Anda hari ini!