Sedia Selalu di Musim Hujan, Ini Dia 10 Rekomendasi Obat Masuk Angin Alami yang Patut Dijadikan Stok di Rumah

Sedia Selalu di Musim Hujan, Ini Dia 10 Rekomendasi Obat Masuk Angin Alami yang Patut Dijadikan Stok di Rumah

Musim hujan dengan cuaca yang dingin membuat Anda mudah mengalami masuk angin. Untuk mengatasinya, Anda perlu selalu menyediakan obat masuk angin alami di rumah. Terbuat dari bahan-bahan herbal berkualitas, ini dia rekomendasi obat masuk angin alami yang patut Anda pilih.

Musim Hujan Tiba, Waspada Masuk Angin!

Sebagai negara tropis, Indonesia tentu tidak lepas dari musim hujan. Bukan rahasia lagi, bahwa cuaca yang dingin membuat tubuh rentan mengalami masuk angin. Masuk angin sendiri sebenarnya bukanlah suatu penyakit yang ada dalam istilah medis, melainkan istilah yang kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menggambarkan berbagai keluhan.

Berbagai keluhan masuk angin, antara lain tidak enak badan, pusing, mual, demam, perut kembung, hingga pegal-pegal. Daya tahan yang menurun selama musim hujan, serta padatnya aktivitas menjadi penyebab terjadinya masuk angin. Meski umumnya bersifat ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya, tentu kondisi ini dapat membuat Anda tidak nyaman apabila tidak segera diatasi.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Banyak Minum Air Putih

Cara pertama untuk mengatasi masuk angin adalah dengan banyak mengonsumsi air putih. Saat tubuh merasa kurang sehat, pastikan untuk tidak kekurangan cairan tubuh. Apalagi ketika Anda mengalami demam sebagai gejala masuk angin, minum air putih akan membantu untuk menstabilkan suhu badan.

Konsumsi air putih akan membantu melancarkan semua organ tubuh. Hindari pula konsumsi minuman berkafein dan juga beralkohol yang justru dapat membuat dehidrasi. Bagi Anda yang menyukai minuman berperasa, Anda bisa menyeduh air lemon untuk menghangatkan badan.

Istirahat yang Cukup

Masuk angin kerap kali disebabkan oleh aktivitas yang padat, sehingga Anda mengalami kelelahan. Hal ini yang kemudian membuat daya tahan tubuh menurun dan mudah mengalami masuk angin. Agar tubuh kembali segar, Anda memerlukan istirahat yang cukup.

Tubuh yang terlalu diforsir tanpa diimbangi istirahat yang cukup akan membuat Anda mudah lelah dan sakit. Sempatkan untuk istirahat di sela-sela waktu kerja Anda. Kurangi begadang, sehingga tubuh segar kembali saat bangun tidur.

Makan Makanan yang Bergizi

Selain kurang waktu istirahat, aktivitas yang padat juga membuat sebagian orang memilih untuk melewatkan waktu makannya. Padahal, tubuh membutuhkan asupan nutrisi agar dapat bekerja dengan optimal. Saat tubuh sedang tidak fit, pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang kaya nutrisi untuk mengembalikan kesehatannya.

Makanan yang sehat akan membantu tubuh untuk melawan berbagai penyebab penyakit. Bagi Anda yang mengalami masuk angin dengan disertai demam, meriang, dan flu, sebaiknya konsumsi makanan yang berkuah hangat agar tubuh menjadi lebih nyaman. Penuhi pula kebutuhan mineral dan vitamin untuk membantu melawan infeksi.

Minum Obat Masuk Angin Alami

Obat herbal adalah opsi yang banyak dipilih untuk mengatasi masuk angin. Mulai dari seduhan jahe, ginseng, madu, mint, pala, kunyit, adas, cengkeh, hingga royal jelly bisa dijadikan pilihan. Meski mudah dibuat, sayangnya bahan-bahan alami tersebut tidak mudah dicari, apalagi di kota-kota besar.

Tak perlu khawatir, kini Anda bisa mengonsumsi herbal secara mudah dengan tersedianya obat masuk angin alami di pasaran. Tak kalah berkhasiat, obat masuk angin alami terbuat dari berbagai bahan herbal berkualitas yang cocok untuk meredakan berbagai gejala masuk angin, seperti sakit kepala, mual, perut kembung, pegal-pegal, hingga flu.

10 Rekomendasi Obat Masuk Angin Alami

Tolak Angin

Tolak Angin adalah salah satu obat masuk angin alami yang banyak dikenal di Indonesia. Produk ini merupakan Obat Herbal Terstandar (OHT) yang diproduksi di pabrik terstandar GMP, ISO, dan HACCP. Dengan demikian, kualitas produknya tidak perlu lagi diragukan.

Obat herbal ini terbuat dari buah adas, kayu ules, daun cengkeh, jahe, daun mint, dan madu alami. Selain melalui uji khasiat, Tolak Angin juga sudah melalui uji toksisitas subkronik. Produk ini bermanfaat untuk mengatasi masuk angin dengan gejala kembung, mual, sakit perut, pusing, meriang, dan tenggorokan kering.

Harga Rp. 18.500-22.200

Antangin JRG Sirup Herbal

Obat masuk angin alami berikutnya adalah Antangin JRG Sirup Herbal. Produk yang juga menjadi banyak pilihan keluarga Indonesia ini mampu meredakan berbagai gejala masuk angin, seperti meriang, mual, perut kembung, pusing, dan rasa lelah.

Sirup herbal ini hadir dengan kandungan utama jahe, royal jelly, dan ginseng yang berkhasiat. Komposisi lain yang melengkapinya, antara lain daun mint, daun sembung, pala, kunyit, akar manis, dan madu. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau diseduh dahulu dengan air hangat.

Harga Rp. 33.000-39.000

BEJO Bintang Toedjoe Masuk Angin

Bintang Toedjoe juga memiliki produk obat masuk angin yang direkomendasikan, yaitu BEJO Bintang Toedjoe Masuk Angin. Sirup herbal ini dilengkapi dengan jahe merah yang mampu membantu meredakan berbagai gejala masuk angin.

BEJO Bintang Toedjoe Masuk Angin mampu meredakan perut kembung, pegal-pegal, sakit kepala, mual, dan meriang. Berbentuk sirup dalam sachet membuatnya mudah dikonsumsi dan praktis disimpan, baik di dalam tas hingga di saku.

Harga Rp. 27.000-28.250

Herbangin Plus Habbatussauda

Obat masuk angin alami berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Herbangin Plus Habbatussauda. Produk ini terbuat dari berbagai ekstrak tumbuhan herbal, seperti temulawak, kencur, adas, biji jinten hitam, jahe merah, serta peppermint oil dan madu.

Seperti namanya, Herbangin Plus Habbatussauda ini dilengkapi dengan habbatussauda atau jintan hitam yang menambah khasiatnya. Obat alami ini berkhasiat untuk meredakan masuk angin dan membantu memelihara daya tahan tubuh.

Harga Rp. 25.937-29.063

Fitangin

Fitangin adalah obat masuk angin alami berikutnya yang direkomendasikan. Produk ini hadir dalam bentuk sirup dalam kemasan sachet. Obat herbal ini terbuat dari bahan-bahan alami pilihan dan berkualitas yang dipadu dengan pas.

Komposisinya antara lain madu, sari kurma, habbatussauda, propolis, jahe merah meniran, kayu ules, minyak adas, menthollium, daun cengkeh dan daun mint. Fitangin praktis dikonsumsi dan dibawa bepergian. Produk ini bisa diminum sebelum atau sesudah makan.

Harga Rp. 2.000-2.500

Basmingin Flu

Tak hanya masuk angin, musim penghujan juga membuat tubuh rentan mengalami flu. Basmingin Flu adalah salah satu obat masuk angin alami yang bisa Anda pilih untuk mengatasinya. Produk keluaran Jamu Jago ini merupakan obat berbentuk cair yang siap dikonsumsi.

Berbagai komposisi utamanya, antara lain lada hitam, kulit pulasari, dan sha ren. Produk ini mampu meredakan berbagai gejala masuk angin dan flu, termasuk pusing, perut kembung, dan meriang. Selain bisa diminum langsung, Anda juga bisa menyeduhnya dengan air hangat.

Harga Rp. 18.000-20.000

Promag Gazero Herbal

Perut kembung dan mual adalah salah satu gangguan lambung yang kerap terjadi kala mengalami masuk angin. Gangguan lambung tentu membuat Anda merasa tidak nyaman dalam menjalani aktivitas. Tak perlu khawatir, Promag Gazero Herbal adalah salah satu solusinya.

Obat herbal dari Promag ini terbuat dari bahan-bahan herbal yang hangat di perut, sehingga mampu meredakan gangguan lambung dan masuk angin, termasuk kembung, mual, dan begah. Komposisinya, antara lain jahe merah, adas, kunyit, akar manis, peppermint, nanas, madu, dan royal jelly. Hadir dengan kemasan praktis membuatnya mudah dikonsumsi di mana saja.

Harga Rp. 13.350-14.000

Gastro Hiu

Bagi Anda yang kurang menyukai obat dengan sediaan cair atau sirup, Gastro Hiu mungkin bisa menjadi pilihan. Obat masuk angin alami ini hadir dengan sediaan kapsul yang mudah dikonsumsi. Selain dapat meredakan masuk angin, obat herbal ini juga dapat dikonsumsi oleh penderita maag akut dan asam lambung.

Komposisi obat ini, antara lain ketumbar, adas, kunyit, kayu manis, temulawak, dan kapulaga. Gastro Hiu bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mengalami nyeri lambung, kembung, mual, kejang perut, dan gangguan pencernaan. Tak hanya mengobati, obat herbal ini juga membantu memelihara fungsi pencernaan.

Harga Rp. 30.900-60.000

Obat Angin Patpoles

Rekomendasi obat masuk angin alami berikutnya adalah Obat Angin Patpoles. Obat yang juga dikenal sebagai Obat Soyosan ini mampu meredakan masuk angin, perut kembung, mulas, dan mual. Produk keluaran PT. SOYOSAN Pharmaceutical Industries ini dikemas dengan botol dalam kardus yang praktis dan aman.

Obat Angin Patpoles terbuat dari bahan-bahan herbal yang alami dan berkualitas. Aneka komposisinya, antara lain patchouli herba, arecae pericarpium, citri aurantii immaturus Fructus, gentianae radix, daun peppermint, Jahe, Helenii Radix, glycyrrhizae radix, peppermint oil, dan borneol. Obat ini bisa dikonsumsi dengan dicampur sedikit air hangat.

Harga Rp. 43.100-47.000

Sri Angin

Sri Angin merupakan obat masuk angin alami terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi. Produk ini merupakan keluaran Jamu Jago yang sudah dikenal dengan berbagai produk herbalnya. Obat herbal ini berbentuk serbuk ultra halus yang mengandung berbagai bahan-bahan berkualitas.

Komposisinya, antara lain Jahe, Temulawak, Eukaliptus, dan bahan herbal lainnya yang terbukti berkhasiat. Sri Angin mampu membantu mengatasi gejala masuk angin, seperti pusing, mual, dan perut kembung. Anda bisa mengonsumsinya dengan dicampur Madu Murni Jago atau Jagotonik Sari Jamu Rasa Anggur.

Harga Rp. 17.000-21.000
From our editorial team

Meski Kerang Dianggap Sebagai Gangguan Kesehatan Ringan, Jangan Sepelekan Masuk Angin!

Seperti yang telah dijelaskan di atas, masuk angin bukanlah penyakit yang ada dalam istilah medis. Keluhan muncul, seperti sakit kepala, mual, perut kembung, hingga demam adalah gejala umum pada berbagai jenis penyakit. Maka dari itu, jangan pernah menyepelekan masuk angin. Apabila masuk angin tak kunjung sembuh dengan istirahat yang cukup dan minum obat, bisa jadi hal tersebut merupakan gejala penyakit lain yang lebih serius. Pastikan untuk segera menghubungi dokter untuk mendapatkan diagnosa lebih lanjut dan penanganan yang tepat.

Tag